Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Jika Kamu Ingin Jalan-jalan ke Lokasi Taman Nasional Baluran

Di antara negara-negara di Asia Tenggara, negara Indonesia merupakan negara yang punya Taman Nasional paling banyak. Masing-masing taman nasional di Indonesia punya keunikan dan ciri khasnya sendiri. Salah satu taman nasional Indonesia yang berada di Jawa Timur tepatnya di Banyuwangi adalah taman nasional Baluran. Taman Nasional Baluran tersebut sering disebut dengan Africa Van Java karena memang identik dengan suasana yang ada di Afrika berupa padang rumput kering, hewan-hewan liar serta hutan belantara.

Untuk menjangkau Taman Nasional Baluran ini relatif mudah karena berada di jalur utama Jalan Raya Jawa-Bali. Apalagi Taman Nasional Baluran bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun. Walaupun demikian, Jika kamu ingin jalan-jalan ke lokasi taman nasional Baluran maka harus tahu beberapa tipsnya. Berikut tips-tips yang harus Anda tahu.

taman nasional baluran 2

  1. Hindari Musim Hujan

Teks pertama yang harus kamu tahu yaitu saat jalan-jalan ke lokasi taman nasional Baluran harus menghindari musim hujan. Meskipun Taman Nasional Baluran tersebut bisa dikunjungi sepanjang tahun, namun saat-saat terbaik untuk mengunjunginya adalah pada saat musim kemarau.

Ketika musim kemarau, maka padang rumput dan pepohonan akan semakin memberikan kesan bagaikan di Afrika sungguhan. Sedangkan pada saat musim hujan, maka kondisi di Taman Nasional Baluran akan berkabut, basah dan mendung yang akan mengganggu view terbaik Taman Nasional Baluran, terutama view Sunset dan sunrise.

  1. Siapkan Perlengkapan

Taman Nasional Baluran terkenal dengan Savana dan hutannya. Di samping itu juga terkenal dengan taman bawah laut serta terumbu karangnya yang sangat indah yang berada di sekitar Pantai Bama. Akan tetapi, karena penyewaan alat snorkling masih terbatas, maka kamu bisa membawa alat snorkeling maupun diving sendiri.

  1. Membawa Bekal

Taman Nasional Baluran merupakan tempat konservasi fauna dan flora yang Tentu saja tidak ada yang menjual makanan dan minuman di dalamnya. Oleh karena itu, apabila kamu ingin jalan-jalan ke lokasi taman nasional Baluran harus membawa bekal sendiri. Mulai dari air mineral sampai dengan makanan ringan.

  1. Memilih Penginapan

Di area Savana Bekol dan juga Pantai Bama terdapat beberapa cottage dan juga penginapan yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Bahkan ada juga beberapa penginapan murah yang bisa kamu sewa di daerah sekitar Watudodol serta Ketapang Kabupaten Banyuwangi.

  1. Responsible Traveler

Taman Nasional Baluran adalah rumah untuk banyak fauna dan flora langka. Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk ikut serta menjaga kelestariannya. Responsible traveler sangat dibutuhkan saat jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran seperti tidak menyalakan api, tidak melakukan aksi vandalisme dan juga tidak membuang sampah sembarangan.

Destinasi Wisata di Taman Nasional Baluran

Saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran, akan kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi destinasi wisata di sekitarnya. Kamu bisa melakukan hal-hal menarik saat jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran seperti di bawah ini.

  1. Menikmati Indahnya Padang Savana Bekol

Padang Savana Bekol bisa kamu jadikan sebagai salah satu destinasi pertama yang kamu kunjungi saat berada di Taman Nasional Baluran ini. Hamparan Padang Savana di Taman Nasional Baluran tersebut menjadi salah satu primadona. Ditambah lagi pada saat musim kemarau warna rumputnya akan kekuningan emas dan ketika musim semi akan berwarna hijau menyegarkan.

Di samping itu, di Savana bekol tersebut juga ada banyak segerombolan kawanan banteng, merak, suara ayam hutan sampai dengan rusa yang akan menambah keindahan Taman Nasional Baluran. Nah, jangan lewatkan juga untuk berfoto di hamparan Savana bekol.

Selain itu, kamu juga bisa berbagai makanan dengan para monyet, berfoto seperti pahlawan bertopeng sampai dengan memantau hewan-hewan dari ketinggian menara pandang. Kamu juga bisa menginap di sana yang mana telah disediakan penginapan oleh pengelola Taman Nasional Baluran.

  1. Wisata sejarah ke Goa Jepang

Hal-hal menarik saat jalan-jalan ke lokasi taman nasional Baluran yang selanjutnya yaitu dengan berwisata sejarah ke goa Jepang. Jadi, di Taman Nasional Baluran ini bukan hanya sekedar tempat wisata alam saja melainkan kamu juga bisa belajar sejarah dari goa Jepang tersebut. Goa Jepang yang berada di Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 12 m² daun merupakan salah satu tempat menyimpan amunisi dan bertahan.

Letak Goa Jepang ini persis di pintu masuk Taman Nasional Baluran. Sebelum masuk ke Taman Nasional Baluran kamu bisa menyempatkan diri untuk mampir ke goa Jepang.

gua jepang baluran

  1. Bersua Satwa-satwa Liar Sepanjang Taman Nasional Baluran

Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran dimulai dari resort Batangan yang menjadi pintu gerbang pertama Taman Nasional Baluran. Mulai dari resort Batangan tersebut kamu akan disuguhi keelokan panorama alam di sepanjang kawasan rute hutan Evergreen, Savana bekol sampai ke pantai Bama yang berjarak 15 km.

Di tengah-tengah perjalanan, kamu bisa melihat banyak satwa liar seperti tupai, ayam hutan, monyet, aneka burung, kijang, merak, banteng dan masih banyak lagi.

  1. Menikmati Keindahan Pantai Bama

Dari Savana Bekol berjarak sekitar 3 kilometer terdapat pantai cantik yaitu Pantai Bama. Pantai Bama memiliki hamparan pasir putih yang luas serta terumbu karang yang sangat menakjubkan.

Maka dari itu, jangan lewatkan untuk bersnorkling di pantai Bama untuk Menikmati keindahan alam bawah lautnya. Pantai Bama ini makan sepi saat week day dan bisa kamu manfaatkan untuk bisa menikmati Pantai Bama yang serasa pantai pribadi.

pantai bama

  1. Berkunjung ke Dermaga Mangrove Bama

Sekitar 100 meter dari Pantai Bama ke arah selatan, terdapat salah satu tempat yang romantis dan tenang bernama dermaga mangrove Bama. Dermaga yang dikelilingi oleh tanaman mangrove tersebut adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pantai Bama.

Untuk bisa sampai ke dermaga mangrove Bama, maka kamu harus lewat jalan setapak serta rimbunan pohon-pohon mangrove dan juga kayu-kayu hutan yang menjulang tinggi. Selain bisa menikmati indahnya alam Baluran, di dermaga mangrove Bama juga kamu bisa menjumpai berbagai macam hewan liar. Mulai dari monyet, biawak, burung bangau dan lain-lain. Bahkan kamu juga bisa menjumpai mangrove terbesar di Asia.

  1. Memancing di Pantai Kajang di Balik Belantara Baluran

Apabila kamu seorang yang suka memancing, maka kamu sangat beruntung jika datang ke Taman Nasional Baluran. Sebab di balik belantara Baluran terdapat pantai yang sangat cocok dijadikan spot memancing bernama Pantai Kajang. Untuk bisa sampai ke Pantai Kajang ini, maka kamu harus meminta ijin terlebih dahulu di resort Bama.

Selanjutnya kamu bisa berjalan dengan kaki maupun naik motor menuju Pantai Kajang. Selama perjalanan ke Pantai Kajang, kamu akan merasakan sensasi yang tidak terlupakan melakukan perjalanan di alam bebas. Kamu akan merasakan menembus belantara hutan Taman Nasional Baluran. Di Pantai Kajang sendiri akan memanjakanmu dengan pasir dan air lautnya yang sangat jernih.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke Lokasi Taman Nasional Baluran. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat berlibur.

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...