wanita-yang-sering-kerja-lembur-berisiko-tinggi-diabetes-ini-penyebabnya-1

Tips Jika Ditolak Pekerjaan Berkali-kali

Pekerjaan menjadi hal yang banyak orang buru untuk dapat menjalani kehidupan dengan baik. Setiap pekerjaan tentu memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi tiap calon pekerja. Beberapa persyaratan tersebut melingkupi aspek latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja, usia, dan masih banyak lagi. Lalu apakah mungkin jika sudah melamar pekerjaan bekali-kali namun masih saja ditolak dan tidak ada kemajuan?

Kamu tidak perlu berkecil hati dan menyalahkan diri sendiri.karena hal seperti ini umum terjadi. Beberapa perusahaan pun memiliki kuota calon pekerja yang bisa direkrut. Keterbatasan jumlah karyawan yang bisa terekrut ini pun bisa jadi salah satu alasan kamu belum bisa bergabung dengan perusahaan. Oleh karena itu berhentilah bersedih dan tetaplah bersemangat untuk mencoba berusaha lagi. Bob akan membagikan tips bagaimana cara menghadapi penolakan pekerjaan dengan baik.

Refleksi Diri

Pada dasarnya wajar jika manusia melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan saat kamu mengisi soal ujian, kesalahan menjawab pertanyaan wawancara, maupun kesalahan lainnya itu wajar terjadi. Tak perlu terlalu merisaukannya dan jangan berkecil hati atas kesalahan yang kamu lakukan. Bagaimana jika kamu tidak merasa melakukan sebuah kesalahan namun kamu tetap ditolak dari pekerjaan yang kamu lamar?

Tentu terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu kelulusan calon pekerja untuk mendapatkan pekerjaan. Faktor-faktor tersebut dapat melingkupi kemampuan, penampilan, kepercayaan diri, atau bahkan faktor keberuntungan saat kamu melalui proses tes dan wawancara. Namun bukan berarti kemudian kamu harus menyalahkan diri sendiri karena kurang maksimal dalam menjalani proses tes dan wawancara pekerjaan yang telah kamu lalui.

suka duka working mom

Daripada menyalahkan diri atas kesalahan yang telah kamu lakukan lebih baik coba pelajari lagi pengalaman wawancara pekerjaan yang telah kamu lalui. Mungkin kamu berbicara terlalu cepat atau tidak jelas, terlihat kurang percaya diri, atau mungkin kamu tampil tidak rapi saat wawancara? Tulislah beberapa poin kesalahan atau kekurangan yang kamu lakukan saat wawancara tersebut lalu jadikan pelajaran untuk wawancara selanjutnya.

Tetap Berpikir Positif

Ditolak pekerjaan tentu bukanlah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Sebagain orang mungkin langsung merasa tidak bersemangat, murung, dan bersedih saat menerima berita penolakan pekerjaan. Ketika orang-orang di sekitar kamu malah menyudutkan kamu dibandingkan memberi kamu dorongan mungkin membuat kamu malah semakin kesal dan kian menyalahkan diri sendiri. Berhentilah menyalahkan diri sendiri, orang lain, dan situasi yang ada.

Kendalikan rasa kesal, amarah, dan sedih kamu dan ambil nafas panjang untuk menenangkan hati dan pikiran kamu. Saat amarah dan rasa sedih menguasai diri kamu hal ini justru merugikan kamu dan hanya akan mempersempit kemungkinan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Kesempatan untuk mendapatkan panggilan wawancara sebenarnya sudah menjadi tanda bahwa kamu memliki potensi. Buang pikiran negatif dan tetaplah berpikir positif.

Jangan Menyerah Mencari Pekerjaan

Jangan sampai penolakan pekerjaan yang kamu terima malah membuat kamu merasa tidak berarti. Percayalah kamu memiliki potensi yang harus kamu perjuangkan untuk bisa dikembangkan di perusahaan yang tepat. Perjalanan mencari dan menemukan perusahaan yang tepat untuk potensi yang kamu miliki memang terkadang terasa sulit.

Ingatlah bahwa penolakan pekerjaan yang terjadi pada kamu bukan berarti kamu harus menyerah. Hadapi penolakan tersebut dengan positif dan kembalilah berusaha untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah ya, Bob yakin kamu pasti bisa!

Hadapi dengan Kerja Keras

Saat kamu ditolak oleh sebuah perusahaan janganlah merasa khawatir karena kesuksesan akan tetap menunggu kamu. Jangan sampai kamu malah menghabiskan waktu kamu dengan bersedih selepas ditolak dari pekerjaan harapan kamu. Kembalikan fokus kamu dan berusahalah untuk memperbaiki CV, surat lamaran, dan berlatih mengisi beberapa soal kemampuan tes akademik kamu jika dirasa diperlukan.

Beberapa pekerjaan tidak hanya menjadikan sesi wawancara kerja sebagai bahan perhitungan kelulusan calon pekerja. Beberapa tes seperti tes akademik, tes bahasa asing, dan juga tes psikologi terkadang dilakukan untuk mengetahui kemampuan calon pekerja. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu kamu untuk berlatih kemampuan public speaking juga tes tertulis kamu agar dalam kesempatan selanjutnya kamu bisa melalui proses seleksi calon pekerja dengan maksimal.

Kamu Butuh Istirahat Sejenak

Ketika kamu mengalami penolakan pekerjaan berkali-kali tentu hal tersebut akan membuat kamu merasa lelah dan emosional. Tentu saja situasi seperti itu tidak baik untuk kamu terutama jika kamu terus memaksakan diri untuk mencari kerja. Oleh karena itu Bob sangat sarankan untuk kamu mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dan menenangkan diri. Ambillah waktu agar hati dan pikiran kamu merasa kembali siap untuk berjuang mencari pekerjaan.

Jika dipaksakan, Bob khawatir kesehatan tubuh dan mental kamu lama-lama akan terganggu. Tak perlu terburu-buru dalam melakukan sesuatu dan mengambil keputusan. Mengambil keputusan secara terburu-buru tentu akan memperbesar peluang untuk mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Istirahatlah dengan cukup untuk mengobati hati kamu yang lelah hingga kamu merasa sudah yakin untuk berusaha lagi. Lakukanlah hal yang kamu suka agar kamu kembali bersemangat.

pekerjaan

Jangan Terlalu Serius

Saat kamu ditolak oleh sebuah perusahaan bukan berarti dunia kamu telah berakhir. Perasaan langit serasa runtuh mungkin kamu rasakan namun ingatlah bahwa kegagalan merupakan awal dari suatu keberhasilan. Ambillah pelajaran dari setiap sesi seleksi calon pekerja yang telah kamu lalui. Jangan terlalu serius dengan kegalalan kamu dan fokuskan pikiran kamu dengan hal-hal yang positif. Jangan berikan peluang sedikit pun untuk energi negatif menguasai diri kamu.

Mulailah membuat langkah baru dengan mencari lowongan kerja lainnya dan menjaga kesehatan kamu untuk agar tetap sehat dan segar saat proses seleksi calon pekerja. Fokuskan pikiran kamu terhadap hal-hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu lebih baik dan lebih siap di seleksi selanjutnya.

Latihan

Setelah kamu selesai mempelajari hasil seleksi calon pekerja yang telah kamu lalui maka inilah saatnya untuk kamu berlatih. Praktekkanlah hal apa saja yang seharusnya kamu tingkatkan saat proses seleksi pekerja. Kamu bisa memperbanyak berlatih dengan menonton video wawancara yang baik dan benar atau berlatih menjawab pertanyaan wawancara di depan cermin.

Pastikan untuk senantiasa menjaga kontak mata dan tersenyum saat menjawab pertanyaan pewawancara. Siapkan diri kamu dengan mengenakan pakaian yang rapi agar kesan pertama pihak perusahaan yang menemui kamu merupakan kesan yang baik. Sudah siap memulai hari dengan penuh semangat sambil kembali mencari pekerjaan?

Jika kamu memiliki agenda wawancara di luar kota pastikan untuk memilih akomodasi yang nyaman agar kamu dapat beristirahat maksimal dan segar keesokan harinya. Bobobox kini hadir di beberapa kota menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengasyikan tanpa harus bikin kantong kamu bolong. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk booking kamar kapsul kamu!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles