Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Dijamin Anti Apek, Aplikasikan 10 Tips Jemur Pakaian Saat Musim Hujan Ini

Selamat tinggal, pakaian apek!

Bobobox.co.id — Menjemur pakaian saat hujan butuh ekstra kesabaran. Minimnya sinar matahari membuat pakaian lama kering dan bisa saja membuat bau tak sedap muncul.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, Bob akan membagikan 10 tips jemur pakaian saat musim hujan tiba. Tips yang akan Bob bagikan bakal berguna untuk menghindarkan pakaian yang tidak benar-benar kering.

Seperti apa tips jemur pakaian yang dimaksud oleh Bob? Simak tipsnya berikut ini.

Tips Jemur Pakaian Wajib Diaplikasikan

1. Gunakan Pewangi Pakaian Saat Mencuci

Tips jemur pakaian saat hujan pertama adalah dengan menggunakan pewangi pakaian. Untuk tips satu ini, pewangi pakaian digunakan demi memastikan bahwa pakaian nantinya tidak jadi apek.

Pasalnya, saat hujan, waktu yang dibutuhkan agar pakaian kering relatif lama. Walaupun sudah menggunakan detergen yang terbilang wangi, hal tersebut rasanya masih belum cukup di cuaca tak mendukung.

Wangi yang dihasilkan oleh detergen pun tak akan bertahan lama pada pakaianmu. Untuk itu, pewangi pakaian adalah solusinya. Kamu pun bisa memilih wewangian sesuai dengan kesukaanmu.

Pewangi pakaian tips jemur pakaian
Pewangi pakaian via Shutterstock

2. Peras Pakaian Semaksimal Mungkin

Setelah dicuci, tips jemur pakaian saat hujan selanjutnya adalah memaksimalkan momen mengeringkan pakaian. Untuk yang satu ini, ada baiknya jika kamu memeras semaksimal mungkin sebelum dijemur.

Jika kamu mencuci manual dengan tangan, gantunglah pakaian di kamar mandi agar air menetes terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mulai diletakkan di dudukan pakaian untuk kemudian diperas semaksimal mungkin.

Menggunakan fitur pengering sebenarnya bakal memudahkanmu karena tak perlu keluar keringat. Kamu hanya perlu menjalankan fitur tersebut sebanyak dua sampai tiga kali untuk hasil yang lebih optimal.

Mengeringkan pakaian tips jemur pakaian
Mengeringkan pakaian via unsplash.com/@planetcare

3. Pisahkan Pakaian Ringan dan Berat

Sering kali, untuk mempersingkat momen mencuci, kamu kerap menyatukan baik pakaian ringan dan berat. Tak hanya itu, biasanya, jumlah pakaian yang dicuci pun terbilang banyak karena bekas beberapa hari.

Namun, saat musim hujan, usahakan untuk tidak mencuci dalam jumlah yang banyak. Dengan jumlah yang banyak, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama hingga pakaiannya benar-benar kering.

Tak hanya itu, dengan jumlah yang sedikit, kamu pun dapat menghemat ruang menjemur. Namun, tips jemur pakaian ini bakal lebih efekif jika kamu memilih jemuran yang sudah kering, setengah kering, dan masih basah.

Pisahkan pakaian tips jemur pakaian
Pisahkan pakaian via pexels.com/@sarah-chai

Baca Juga: Kesepian Saat WFH? Lakukan Tips Melawan Kesepian Berikut Ini!


4. Gulung dengan Handuk Sebelum Dijemur

Setelah memisahkan pakaian dan jumlahnya tak terlalu banyak, menggulung pakaian yang dicuci dengan handuk adalah tips jemur pakaian saat hujan selanjutnya. Cara ini termasuk yang wajib kamu aplikasikan.

Tips jemur pakaian ini sebenarnya memaksimalkan fungsi dari handuk yang mampu menyerap air. Dengan terserapnya air oleh handuk tersebut, proses pengeringan pakaian akan jauh lebih cepat nantinya.

Untuk hasil optimal, kamu bisa menambahkan tisu di atas handuk sebelum menggulung pakaiannya. Tak hanya itu, kamu bisa mengeringkan gulungan pakaian dalam handuk tersebut dengan dibantu setrika.

Gulung dengan handuk tips jemur pakaian
Gulung dengan handuk via pexels.com/@dom-j-7304

5. Gantung dengan Gunakan Hanger

Cara menjemur yang kamu lakukan nyatanya dapat memengaruhi pakaian yang dicuci agar lebih cepat kering. Untuk mempercepat proses keringnya pakaian, cobalah gunakan gantungan pakaian.

Gantungan pakaian atau hanger mempercepat proses pengeringan karena terkena angin lebih merata. Berbeda ceritanya jika kamu hanya meletakkan pakaian yang dijemur dengan meletakkannya begitu saja.

Tips jemur pakaian ini tak hanya sekadar solusi untuk mengeringkan pakaian lebih cepat. Gantungan pakaian dipilih sebagai solusi jika kamu sudah tak memiliki tempat kosong saat menjemur pakaian.

Hanger pakaian tips jemur pakaian
Hanger pakaian via unsplash.com/@nimblemade

6. Jemur Pakaian di Pagi atau Siang Hari

Saat musim hujan tiba, sinar matahari yang dibutuhkan untuk mengeringkan cukup terbatas. Untuk memudahkan pakaian lebih cepat kering, jemurlah pakaian di pagi atau siang hari untuk batas maksimalnya.

Tips jemur pakaian ini direkomendasikan untuk dilakukan bukan tanpa alasan. Pada kedua waktu tersebut, masih ada banyak angin atau udara yang bakal mempercepat keringnya pakaian yang sudah dicuci.

Untuk itu, segerakanlah untuk mencuci pakaian yang cuaca pun relatif bersahabat. Pasalnya, cuaca yang mendukung untuk keringkan pakaian relatif jarang terjadi khususnya saat musim hujan tiba.

Jemur di pagi hari tips jemur pakaian
Jemur di pagi hari via unsplash.com/@ewitsoe

Baca Juga: Ingin Mulai Nge-Gym? Simak Tips Gym Untuk Pemula Berikut Ini!


7. Manfaatkan Kipas Angin

Masalah muncul saat pagi atau siang hari pada saat mencuci dan menjemur pakaian, udara yang dibutuhkan tidak ada. Kamu bisa memanfaatkan kipas angin sebagai tips jemur pakaian saat hujan lainnya.

Angin yang dihasilkan oleh kipas dapat membantu mengeringkan pakaian lebih cepat. Tak hanya kipas angin, kamu pun bisa memanfaatkan hairdryer di rumah jika memang sedang tak digunakan.

Walaupun begitu, gunakan tips jemur pakaian ini untuk pakaian setengah kering saja. Jangan gunakan pada pakaian yang masih basah karena justru akan membuat pemakaian listrik rumah menjadi lebih boros.

Kipas angin tips jemur pakaian
Kipas angin via unsplash.com/@delaneyvan

8. Letakkan di Dekat Jendela

Jendela merupakan tempat di mana sinar matahari masuk serta keluar masuknya udara untuk sebuah ruangan. Saat musim hujan tiba, mau tak mau kamu harus menjemur pakaian yang dicuci di dalam rumah.

Untuk proses pengeringan yang lebih cepat, ada baiknya untuk menjemur pakaian di dekat jendela. Tips jemur pakaian ini sendiri wajib dicoba karena jendela jadi tempat yang paling cerah dan ternag di rumah.

Tips satu ini dilakukan untuk memaksimalkan sinar matarhari yang sewaktu-waktu bisa didapatkan. Tak hanya itu, dengan bantuan angin yang masuk dari luar, proses untuk keringnya pakaian jadi lebih cepat.

Jemur dekat jendela tips jemur pakaian
Jemur dekat jendela via pexels.com/@joaojesusdesign

9. Beri Jarak

Jarak yang terlalu rapat antar pakaian yang dijemur justru memperlambat proses keringnya pakaian. Untuk itu, tips jemur pakaian saat hujan lainnya adalah dengan memberi jarak untuk antar pakaiannya.

Usahakanlah untuk meletakkan setiap baju secara merata di dudukan jemuran. Hal tersebut sengaja dilakukan agar setiap pakaian yang dijemur mendapatkan angin yang cukup untuk cepat kering.

Pastikan juga untuk tidak menumpuk pakaian walaupun pakaiannya terbilang tipis dan ringan. Berilah tanda dengan menggunakan penjepit jika kamu merasa kesulitan dalam memberi jarak pada jemurannya.

Jarak menjemur pakaian tips jemur pakaian
Jarak menjemur pakaian via unsplash.com/@vidarnm

Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Berikut 7 Tips Menjaga Kesehatan Telinga


10. Manfaatkan Sebaik Mungkin Sinar Matahari

Tips jemur pakaian terakhir dari Bob saat musim hujan tiba adalah memanfaatkan sebaik mungkin sinar matahari. Cara ini terbilang tricky karena kamu wajib memerhatikan waktu mencuci dan menjemur pakaian.

Pasalnya, sinar matahari di musim penghujan sulit diprediksi. Walaupun begitu, jika sinar matahari muncul, segeralah untuk mengeluarkan jemuran yang sudah coba diperas untuk dijemur di area luar.

Untuk mendapatkan waktu yang tepat, ramalan cuaca jadi kunci utama. Perhatikan dengan saksama ramalan cuaca di beberapa hari untuk bisa menentukan waktu yang tepat untuk mencuci dan menjemur pakaian.

Sinar matahari tips jemur pakaian
Sinar matahari via pexels.com/@bradleyhook

***

Itulah tadi 10 tips jemur pakaian saat musim hujan tiba agar pakaian cepat kering.

Nah, semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas untuk momen me timemu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like