Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips jalan-jalan gratis bahkan bisa jadi sumber penghasilan

tips jalan-jalan

Jalan-jalan bisa dianggap sebagai salah satu kegiatan menyenangkan untuk melepas penat dan melarikan diri dari keseharian kamu. Beban kerja yang berat, tugas sekolah yang menumpuk, dan kegiatan yang monoton biasanya menjadi pemicu untuk segera menyegarkan otak kamu dengan berjalan-jalan.

Namun keinginan untuk berjalan-jalan tidak selalu sejalan dengan rencana, waktu, dan terutama budget yang kamu punya. Selain perencanaan yang matang dan waktu yang harus kamu luangkan, kamu tentunya juga harus mempersiapkan dana untuk bisa menfasilitasi agenda jalan-jalan kamu.

Jika tujuan perjalanan kamu cukup jauh, tentunya kamu harus memikirkan moda transportasi (tiket pesawat, bus, kereta, dan semacamnya), akomodasi, makan, dll.

Mungkin kamu sudah berusaha menabung agar kamu bisa mewujudkan keinginan jalan-jalan kamu ini. Namun, tabungan kamu belum mencukupi  atau terkadang selalu ada hal mendesak yang memaksa kamu menggunakan uang jalan-jalan kamu untuk hal lain yang lebih penting.

Atau mungkin kamu juga berpikir terlalu sayang untuk menghabiskan uang kamu hanya untuk berjalan-jalan. Namun di satu sisi, wanderlust kamu terus mendorong kamu untuk tidak mengurungkan niat untuk segera travelling.

Kamu tentunya ingin bisa berjalan-jalan dengan budget seminim mungkin dengan pengalaman semenarik dan senyaman mungkin. Bahkan kalau bisa kamu tidak usah mengeluarkan biaya sepeser pun, alias gratis!

Ada banyak kesempatan untuk bisa jalan-jalan gratis ke berbagai tempat di dunia. Nah, di sini Bob akan memberikan beberapa tips jalan-jalan gratis, bahkan ada yang bisa jadi sumber penghasilan buat kamu. Yuk simak tips berikut ini!

Kuis

Salah satu cara yang bisa kamu tempuh agar bisa berjalan-jalan gratis adalah dengan kuis. Brand-brand tertentu biasanya memberikan hadiah berupa liburan gratis ke berbagai tempat.

Kalau beruntung, kamu mungkin bisa mendapat hadiah jalan-jalan gratis ke luar negeri. Nah, untuk bisa mendapatkan kesempatan ini, kamu tentunya harus rajin berburu kuis dan mencoba peruntungan kamu.

Kompetisi menulis

Bagi kamu pecinta menulis, tentunya bukan perkara sulit untuk mencoba mengikuti sebuah kompetisi berbau tulisan. Ada banyak kesempatan untuk memenangkan hadiah liburan ke luar negeri dengan mengikuti kompetisi seperti ini.

Umumnya, kamu diharuskan menuliskan pengalaman travelling kamu dan mengemasnya semenarik mungkin. Hadiahnya pun tak kalah menarik.

Selain kamu mendapatkan hadiah untuk berjalan-jalan gratis di luar negeri, kamu bahkan akan berkesempatan untuk mengembangkan bakat menulis kamu dengan arahan dari para profesional.

Selain itu, biasanya kamu akan mendapatkan uang jajan, akomodasi gratis, dan tiket pesawat pulang pergi, dan tentunya kesempatan untuk menjelajah tempat-tempat di mana kamu akan berlibur nanti.

Yuk mulai browsing, siapa tahu kamu menjadi penulis berutung yang mendapatkan kesempatan emas ini.

Kompetisi video

Tidak jauh berbeda dengan kompetisi menulis, kesempatan untuk jalan-jalan gratis juga bisa kamu raih dengan mengikuti kompetisi berbau video. Umumnya, kamu diharuskan membuat sebuah video tertentu, tentunya dengan pengemasan yang menarik agar dapat mengesankan para juri kompetisi.

Salah satu contohnya, kamu akan diminta untuk membuat video tentan keseharian kamu yang menjadikan alasan agar kamu bisa refreshing sejenak dari rutinitas tersebut.

Jika kamu menang, kamu akan memperoleh kesempatan jalan-jalan di luar negeri yang biayanya ditanggung si penyelenggara kompetisi. Tentunya kamu akan berkesempatan untuk mengabadikan momen-momen liburan kamu ke dalam video-video yang menarik.

Menyenangkan bukan, apalagi kalau ini adalah hobi kamu. Tapi hati-hati ya saat mencari kompetisi seperti ini, jangan sampai tertipu dan pada akhirnya kamu harus merugi.

Sukarelawan

Bagi kamu yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang volunteer atau sukarelawan. Ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu pakai untuk jalan-jalan gratis.

Kesempatan untuk menjadi sukarelawan itu sendiri cukup banyak, dan tersebar di berbagai belahan dunia. Kamu hanya perlu mencari kegiatan yang sesuai dengan keahlian kamu.

Selama kegiatan berlangsung, umumnya kamu akan diberi fasilitas akomodasi dan makan gratis. Agar kamu bisa mendapat tiket pesawat gratis juga, kamu bisa mengajukan sponsor yang bisa membiayai kam untuk terbang ke tempat tujuan.

Karena kegiatan ini  bertema sosial, kamu tentunya tidak bisa mengharapkan hal-hal mewah. Kamu justru akan belajar untuk bisa hidup sederhana. Tentunya ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, di mana kamu bisa berlibur sambil memberikan kontribusi pada masyarakat!

Mengajar

Jika kamu memiliki passion dalam mengajar, kamu bisa mencoba tips ini. Mungkin terbersit di pikiran kamu, bagaimana bisa mengajar menjadi peluang untuk jalan-jalan gratis.

Sama halnya seperti volunteer, ada banyak kesempatan untuk mengajar di berbagai tempat. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan kesempatan ini. Di Indonesia sendiri, kesempatan ini cukup banyak.

Setelah mengikuti seleksi yang cukup ketat, kamu akan dikirim untuk mengajar ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Di sana, kamu akan tinggal di sebuah rumah tinggal agar kamu dapat berbaur dengan masyarakat sekitar.

Nah, di sela-sela kegiatan kamu mengajar, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengeksplor dan berjalan-jalan di tempat-tempat sekitar wilayah kamu tinggal.

Umumnya, kamu bisa menemukan tempat menarik yang belum terjamah atau tidak memiliki begitu banyak pengunjung sehingga kamu benar-benar bisa menikmati keindahan tempat yang kamu tuju.

Ini akan jadi pengalaman yang unik dan menyenangkan karena selain kamu bisa mendapatkan kesempatan jala-jalan gratis  di tempat baru, kamu juga akan mendapatkan penghasilan dari kegiatan mengajar kamu. Sambil menyelam, minum air!

Jika yang kamu inginkan adalah jalan-jalan ke luar negeri, jangan khawatir, karena ada banyak kesempatan untuk bisa mengajar di luar sana. Untuk bisa mencapainya, salah satu  syarat yang harus kamu penuhi adalah kemampuan berbahasa Inggris yang memadai.

Kalau tujuan kamu ke  Australia, kamu bisa mencari peluang untuk mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Mengingat kedekatan hubungan serta letak geografis kedua negara tersebut, tidak heran jika pengajar bahasa Indonesia cukup dibutuhkan di sana.

Kesempatan ini juga bisa menjadi sumber penghasilan untuk kamu, karena tentunya jasa mengajar kamu akan diapresiasi dengan bayaran yang cukup memadai. Nah, di sela-sela kesibukan mengajar kamu, kamu bisa meluangkan waktu untuk menjelajah negeri kangguru tersebut.

Selain di Australia, kamu juga bisa mencari kesempatan mengajar di negara lainnya yang membutuhkan tenaga pengajar bahasa Inggris. Kamu bisa mengasah kemampuan mengajar serta bahasa Inggris kamu sambil menjelajah tempat-tempat baru dan bertemu orang-orang baru.

Sama halnya seperti di dalam negeri, untuk bisa mengajar di luar, kamu harus mengikuti serangkain seleksi agar dapat diterima. Jangan sampai kamu lewatkan kesempatan emas ini.

Au-pair

Tips jalan-jalan gratis lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi seorang au-pair. Menjadi seorang aupair berarti kamu saling bertukar jasa dengan keluarga angkat kamu (host family). Umumnya kesempatan ini banyak tersebar di negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Belanda.

Program ini rata-rata berlangsung selama satu tahun dan selama itu pula kamu akan tinggal besama host family kamu, gratis. Hanya saja, kamu harus menganggung biaya tiket pergi ke negara tujuan. Namun, jika kamu beruntung, ada host family yang bersedia membayar biaya tiketnya.

Pekerjaan seorang au-pair adalah membantu mengurus rumah serta menjaga anak-anak pemilik rumah tersebut.  Sebagai imbalannya, kamu akan diberi uang jajan dan kesempatan untuk belajar bahasa negara yang kamu tinggali. Nah, uang jajan ini yang nanti bisa kamu pakai untuk mendanai agenda jalan-jalan kamu.

Kalau soal akomodasi, kamu tidak usah pusing, Bobobox saja. Hotel kapsul yang satu ini menyuguhkan pengalaman menginap yang unik namun tetap terjangkau. Dilengkapi dengan fitur teknologi terkini yang bisa kamu akses dengan aplikasi dari ponsel kamu, kunjungan kamu tidak akan mengecewakan.

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.