Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati dengan Hati! Kenali Tips Jaga Kesehatan Hati Wajib Dilakukan dari Sekarang!

Agar kesehatan hati tetap prima!

Bobobox.co.id — Hati merupakan organ terbesar dalam tubuh yang juga menjadi organ garda terdepan dalam menghadapi racun. Dengan pentingnya fungsi dari hati, kamu perlu tips jaga kesehatan hati.

Pasalnya, mengaplikasikan tips jaga kesehatan hati tersebut demi menghindarkanmu dari hal yang diinginkan. Salah satunya adalah meningkatkan risiko berbagai penyakit hati seperti hepatitis, hepatomegali, dan sirosis.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, mulai kenali tujuh tips jaga kesehatan hati berikut ini. Bersama Bob, mari lakukan tips-tips yang ada di bawah ini mulai dari sekarang guna menjaga kesehatan hati agar tetap prima!

Berikut adalah Tips Jaga Kesehatan Hati

1. Lakukan Vaksinasi Sejak Dini

Tips jaga kesehatan hati pertama adalah dengan melakukan vaksinasi. Untuk tips satu ini, alangkah baiknya jika kamu melakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit hati yang disebabkan oleh virus sedini mungkin.

Sama seperti halnya vaksin covid-19, vaksin hepatitis A dan B misalkan bakal mencegah terjadi penyakit peradangan hati tersebut. Nah, dari vaksin tersebut, vaksin hepatitis B malah disarankan untuk diberikan saat bayi baru lahir.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendapatkan vaksin hepatitis ini. Kamu bisa menanyakan pada orang tuamu apakah kamu sudah mendapatkan vaksin hepatitis yang tadi sudah Bob disebutkan sebelumnya.

Nah, jika kamu memiliki anak yang masih kecil, segerakanlah untuk melakukan tips jaga kesehatan hati ini. Semakin cepat dilakukan, semakin baik pula untuk meminimalisir risiko terkena penyakit hati seperti hepatitis.

Lakukan vaksinasi tips jaga kesehatan hati
Lakukan vaksinasi via pexels.com/@artempodrez

2. Minum Air yang Cukup

Tips jaga kesehatan hati berikutnya adalah meminum air yang cukup. Air sendiri berperan penting dalam membantu hati dalam menghilangkan racun dan juga membantu kelancaran proses penyerapan nutrisi penting.

Tak hanya itu, meminum air dalam jumlah yang dianjurkan dapat membantu menghilangkan efek samping pengobatan. Walaupun begitu, ada hal yang perlu kamu perhatikan untuk tips jaga kesehatan hati yang satu ini.

Jika kamu sudah mengalami sirosis hati, hal yang dilakukan justru sebaliknya yakni mengurangi asupan air putih. Pasalnya, hal tersebut justru dilakukan agar tubuhmu tidak mengandung terlalu banyak cairan.

Di samping itu, masih banyak manfaat air putih untuk kesehatan tubuh secara umum selain juga untuk kesehatan hati. Jadi, kamu bakal mendapatkan lainnya dari memenuhi asupan cairan tubuh sehari-hari dengan air putih.

Minum air yang cukup tips jaga kesehatan hati
Minum air yang cukup via pexels.com/@daria

Baca Juga: Mag Kerap Kambuh? Coba 10 Obat Mag Alami Ini Yang Aman Di Perut


3. Tetap Aktif Bergerak

Selama pandemi covid-19, salah satu anjuran guna memutus rantai penyebaran virus covid-19 adalah diam di rumah. Nah, anjuran tersebut justru membuat sebagian besar orang malah lupa untuk tetap bergerak aktif.

Padahal, terus menjaga tubuh tetap aktif bergerak memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain mampu membuat tubuh tetap fit, tetap aktif bergerak merupakan salah satu bagian dalam rangka tips jaga kesehatan hati.

Seperti yang disinggung sebelumnya, tetap aktif bergerak seperti olahraga memiliki berbagai manfaat. Beberapa di antaranya adalah menurunkan stres pada liver, meningkatkan energi, dan bantu cegah obesitas.

Di samping itu, untuk kesehatan hati, tips jaga kesehatan hati ini dapat membantu pembakaran trigliserida. Kadar lemak dan trigliserida yang terlalu tinggi dalam tubuh justru dapat mengakibatkan perlemakan hati.

Tetap aktif bergerak tips jaga kesehatan hati
Tetap aktif bergerak via pexels.com/@pixabay

4. Perhatikan Asupan

Memerhatikan asupan makanan adalah tips jaga kesehatan lainnya. Untuk menjaga hati tetap dalam kondisi prima, asupan makanan bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap kesehatan organ garda depan ini.

Banyakan asupan yang mampu membantu hati memproses detoksifikasi. Beberapa makanan yang wajib dikonsumsi secara rutin tersebut antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang, dan rempah-rempah.

Di samping itu, tentu ada makanan yang wajib kamu hindari. Makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, tinggi kalori, rendah karbohidrat serta banyak gula menjadi yang wajib dikurangi bahkan dibatasi konsumsinya.

Hal lain yang masih berkaitan dengan tips jaga kesehatan hati ini adalah menghindari paparan langsung zat beracun. Paparan at beracun seperti produkaerosol, insektisida, dan zat adiktif justru dapat merusak sel hati.

Perhatikan asupan tips jaga kesehatan hati
Perhatikan asupan via unsplash.com/@jarritos

Baca Juga: Indra Penciuman Hilang Akibat Anosmia? Simak 7 Cara Menyembuhkan Anosmia Berikut Ini


5. Miliki Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah upaya seseorang dalam menjaga tubuh tetap sehat. Dengan melakukan pola hidup sehat, banyak manfaat yang bisa diraih. Salah satunya adalah membantu meringankan kerja hati.

Bahkan, tak hanya itu saja, pola hidup sehat dapat membantu hati dalam mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Oleh karena itu, memiliki dan juga menjaga pola hidup sehat adalah tips jaga kesehatan hati lainnya.

Tips jaga kesehatan hati ini bisa dimulai dari hal sederhana. Misalkan saja, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk memakan makanan sehat dan bergizi seimbang untuk membantu mencegah hepatomegali.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengubah pola tidur jika dirasa masih berantakan. Usahakan untuk patuh di mana tidur tak melebihi jam 11 malam dengan durasi delapan hingga sembilan jam untuk jaga kualitas tidur.

Pola hidup sehat tips jaga kesehatan hati
Pola hidup sehat via pexels.com/@iamtrangdoan

6. Hati-Hati dalam Konsumsi Obat

Tips jaga kesehatan hati lainnya adalah hati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui, organ hati memiliki fungsi untuk mengubah zat obat menjadi aktif atau netral.

Nah, banyak obat atau suplemen yang dijual di pasaran justru dapat menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi secara berlebihan dan atau tanpa aturan yang kurang jelas. Hal tersebut berbahaya bagi kesehatan hati.

Untuk itu, ada baiknya untuk berhati-hati dalam memilih obat atau suplemen sebagai tips jaga kesehatan hati. Jika tidak berhati-hati, hal tersebut justru bakal membuat kerja hati akan semakin berat lagi.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Selalu ikuti dosis yang tercantum di label dan juga jangan sembarangan dalam mencampurkan obat-obat tertentu saat akan dikonsumsi.

Hati-hati dalam konsumsi obat tips jaga kesehatan hati
Hati-hati dalam konsumsi obat via pexels.com/@polina-tankilevitch

Baca Juga: Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur Yang Wajib Kamu Lakukan


7. Hindari Minuman Beralkohol

Tips jaga kesehatan hati terakhir adalah menghindari minuman beralkohol. Alkohol sendiri merupakan musuh besar hati. Pasalnya, konsumsi berlebihan alkohol dapat menyebabkan pengerutan hati atau disebut juga sirosis.

Bahkan, dalam jangka panjang, alkohol pun dapat menyebabkan kanker hati. Oleh karenanya, jika kamu belum pernah mengonsumsi minuman beralkohol, sangat disarankan untuk benar-benar menghindari minuman ini.

Nah, jika kamu pernah mengonsumsi minuman beralkohol, mulailah untuk membatasi konsumsi alkohol. Malahan, ada baiknya jika kamu benar-benar menghentikan konsumsi minuman beralkohol walaupun sulit.

Tips jaga kesehatan hati ini tak hanya untuk menjaga hati agar tetap sehat. Pasalnya, alkohol sendiri tidak hanya racun bagi hati dalam jangka panjang tetapi juga penyakit lainnya seperti gangguan pada jantung.

Hindari minuman beralkohol tips jaga kesehatan hati
Hindari minuman beralkohol via unsplash.com/@giisilveira

Kenyamanan Sempurna selama Beristirahat di Bobobox

Kenyamanan adalah sebuah keharusan dalam beristirahat. Jika terganggu sedikit saja, kualitas istirahat yang kamu butuhkan untuk mengisi kembali energi jadi berankan. Hasilnya, kamu tak bersemangat di keesokan harinya.

Namun, kamu tak perlu khawatir terganggu saat menginap di Bobobox. Fasilitas mumpuni yang ditawarkan bakal memberikan rasa nyaman yang membuatmu bakal tidur dengan rileks dan nyenyak.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

bobobox luas

You might also like