Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-hati Berinvestasi! Pelajari Tips Investasi Saham Pemula Ini

Agar tidak rugi, yuk pahami tips investasi saham pemula bareng Bob!

Tips investasi saham pemula berikut ini bisa jadi panduan bagi kamu yang baru saja akan memulai terjun investasi saham. Siapapun yang sudah berusia 17 tahun alias sudah memiliki kartu identitas (KTP) sendiri maka mereka bisa melakukan proses jual dan beli saham. Tak sedikit orang yang salah paham dan mengira bahwa saham hanyalah investasi yang dibuat dirancang untuk orang dewasa saja dan harus memiliki modal yang besar.

Faktanya mereka yang masih duduk di bangku SMA dan sudah memiliki Kartu Tanda Pengenal bisa memiliki rekening saham atas nama mereka sendiri. Saham merupakan salah satu investasi yang tak memerlukan modal yang besar, lho. Cukup dengan beberapa ratus ribu rupiah pun kamu bisa membeli produk saham dan menjadi salah satu pemilik perusahaan. Namun meskipun begitu, investasi saham memerlukan pengetahuan yang mencukupi agar kamu tidak rugi.

Lalu apa itu saham? Singkatnya saham adalah sebuah instrumen yang dapat memberikan kamu keuntungan melalui dividen dan capital gain. Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Selanjutnya capital gain adalah keuntungan yang kamu dapatkan dari selisih antara harga beli dan harga jual. Cara kerja saham itu sangat simpel.

Intinya kamu sebagai investor memberikan tanda penyertaan modal (saham) baik itu kepada seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan memberikan modal tersebut, maka investor memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Masih bingung? Yuk langsung saja kita simak beberapa tips investasi saham pemula berikut ini!

 Tips Investasi Saham Pemula

1. Tips Investasi Saham Pemula: Pahami Investasi Saham

Tips investasi saham pemula yang pertama adalah memahami terlibih dahulu cara kerja investasi saham dengan baham. Seperti yang Bob jelaskan di atas, saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Dengan begitu saat kamu membeli saham sebuah perusahaan maka kamu telahmenjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan tersebut dan menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada management professional.

Ibaratnya kamu punya perusahaan tapi kamu tak perlu repot mengurus operasional perusahaan tersebut. Kamu hanya tinggal beraktivitas seperti biasa seiring perusahaan yang kam miliki tersebut bertumbuh. Tips investasi saham pemula selanjutnya adalah pilih perusahaan yang kamu percaya bisa mengelola bisnis perusahaannya dengan baik dalam meningkatkan nilai perusahaan tersebut. Dengan mengetahui profil perusahaan yang akan kamu pilih maka kamu akan cenderung tenang.

2. Tips Investasi Saham Pemula: Pilih Reksadana

Tips investasi saham pemula selanjutnya adalah dengan memulai berinvestasi di reksadana jika diperlukan. Jika kamu tak ingin buang banyak waktu untuk mempelajari saham, kapan waktu yang tepat untuk beli dan jual maka kamu bisa pilih reksadana. Sederhanaya kamu menitipkan sejumlah uang yang kamu miliki untuk di investasikan ke produk saham yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Tips investasi saham pemula ini memerlukan manajer investasi yang terpercaya.

3. Tips Investasi Saham Pemula: Saham Blue-Chip

Tips investasi saham pemula berikutnya adalah membeli saham blue-chip. Saham blue-chip adalah saham perusahaan dengan kualitas terbaik. Perusahaan ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan karena kapitalisasi atau uang yang beredar di dalam perusahaan tersebut cukup tinggi, Beberapa contoh saham blue-chip yang bisa dijadikan tips investasi saham pemula di antaranya adalah Bank BCA, Unilever Indonesia, dan Bank BRI.

Ketiga saham blue-chip tersebut menjadi tips investasi saham pemula yang banyak direkomendasikan para pakar investasi saham di Indonesia. Jadi bagi kamu yang masih belajar namun ingin langsung terjun dan mencoba sendiri experience jual dan beli saham kamu bisa mencoba salah satu saham blue-chip di atas. Ketiga saham tersebut dikenal ramai diperdagangkan setiap hari di bursa.

4. Tips Investasi Saham Pemula: Diversifikasi Investasi

Tak kalah penting dengan tips investasi saham pemula di atas, tips investasi saham pemula yang satu ini pun penting untuk kamu aplikasikan. Semua jenis investasi pasti memiliki resikonya tersendiri, baik itu resiko yang rendah, menengah, maupun resiko yang tinggi. Saham masuk ke dalam salah satu investasi dengan tingkat resiko yang bisa dibilang tinggi.

Namun meskipun demikian kamu tak perlu khawatir dan takut untuk mulai berinvestasi saham. Kamu bisa melakukan tips diversifikasi saham untuk meminimalisir resiko investasi saham. Dengan membeli beberapa produk saham yang berbeda atau memiliki cadangan investasi lain di luar saham maka kamu bisa menjaga uang kamu tetap aman.

5. Tips Investasi Saham Pemula: Investasi Jangka Panjang

Tips investasi saham pemula ini sangat direkomendasikan bagi kamu agar kamu tak perlu pusing emikirkan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham. Dengan membeli saham secara rutin untuk jangka panjang atau kamu jual beberapa tahun ke depan maka kamu bisa mendapatkan keuntungan sekaligus meminimalisir resiko. Hal ini memang bisa dibilang tidak mudah karena psikologi pasar mungkin membuat kamu ingin buru-buru membeli maupun menjual saham .

Setiap bisnis memerlukan proses dan waktu yang tidaklah singkat untuk pada akhirnya bertumbuh menjadi besar dan memberikan keuntungan yang besar pula. Tips investasi saham pemula ini bisa memberi peluang dan waktu bagi perusahaan yang kamu pilih untuk melalui proses bisnis yang harus dijalani dalam mencapai hasil yang maksimal.

6. Tips Investasi Saham Pemula: Nikmati Proses

Tips investasi saham pemula yang terakhir adalah dengan menikmati proses dan fluktuasi harga di pasar saham. Naik dan turun harga saham merupakan hal yang wajar. Setiap kali saham kamu mengalami kenaikan harga maka merupakan hal yang normal jika setelah itu mengalami penurunan harga. Kamu tak perlu khawatir dan panik yang kemudian membuat kamu terburu-buru menjua semua aset saham kamu dengan harga jual yang rendah.

Kamu hanya perlu memelajari saham perusahaan kamu apakah perusahaan tersebut masih dalam kategori perusahaan yang sehat atau tidak. Jika perusahaan yang kamu pilih masih dalam kondisi prima maka kamu tak perlu khawatir sehingga yang kamu perlukan selanjutnya adalah bersabar, menunggu, dan menikmati prosesnya.

Investasi Tenaga dan Energi

Investasi bukan soal uang saja. Kesehatan juga merupakan investasi, lho. Makanya jaga kesehatan kamu baik-baik. Jangan terlalu banyak kerja dan beristirahatlah dengan cukup. Kalau kamu bosan istirahat di rumah, mending mampir ke rumah Bob aja sekali-sekali. Rasakan sensasi menginap yang tidak biasa. Pasti badan kamu jadi seger lagi.

Jangan takut dulu dengan istilah hotel kapsul. Di Bobobox, kenyamanan kamu yang utama. Kamarnya dilengkapi dengan kasur king size, lampu led yang bisa kamu atur sesuai keinginan kamu, dan kunci kamar QR code yang terhubung dengan telepon pintar kamu. Cara pesan kamarnya juga gampang lo. Kamu bisa pergi ke situs atau unduh aplikasi Bobobox. Jadi tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like