Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mulai Investasi NFT? Simak Tips Investasi NFT Ini Terlebih Dahulu, Ya!

Bobobox.co.id — NFT semakin melejit popularitasnya pasca mendadak kayanya Ghozali Everyday. Jika kamu termasuk yang tertarik untuk memulai investasi NFT, kamu perlu mengetahui tips investasi NFT.

Sama seperti halnya investasi instrumen lainnya, mengetahui tips investasi NFT sendiri demi menghindarkanmu dari hal yang kamu inginkan. Salah satunya adalah terjebak penipuan dan juga kerugian yang besar.

Apa sajakah tips investasi NFT yang Bob maksud untuk kamu para pemula investor NFT? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Investasi NFT untuk Para Pemula

1. Bukan Jadi Tujuan Keuangan Utama

Tips investasi NFT pertama untuk kamu yang baru ingin memulainya adalah memastikan bahwa NFT bukan tujuan keuangan utama. Walaupun begitu, kamu masih menjadikan NFT sebagai instrumen investasi.

Pasalnya, nilai NFT saat ini masih sangat variatif dan layaknya kripto yang awalnya hanya sebagai pertukaran di sebuah komunitas. Untuk itu, kamu perlu memastikan terlebih dahulu tips investasi NFT ini.

Perbedaan yang terlihat antara NFT dan kripto saat ini terletak pada regulasi dan skema perdagangannya. Regulasi dan skema perdagangan kripto sudah jelas sedangkan NFT masih sangatlah spekulatif.

Dengan demikian, pembelian NFT untuk saat ini hanya sekadar sebagai aset koleksi saja. Jika pun kamu ingin menginvestasikan uangmu pada NFT, bangun fondasi keuangan terlebih dahulu.

tips investasi NFT bukan tujuan keuangan utama
Investasi via unsplash.com/@markuswinkler

2. Jangan Pakai ‘Uang Panas’

Sama seperti halnya investasi lainnya, uang yang kamu pergunakan pun tak boleh ‘uang panas’. Cara tersebut pun berlaku sebagai tips investasi NFT jika kamu memang berniat terjun di dunia NFT.

Saat kamu akan membeli NFT dan menjadikannya aset, alokasikan dana khusus terlebih dahulu. Jangan sampai kamu mengambil alokasi dana untuk keperluan lain khususnya keperluan harianmu.

Pasalnya, fluktuasi dari NFT yang masih begitu tinggi menjadi alasan utamanya. Jika menggunakan pos keuangan lain, hal yang dikhawatirkan adalah terganggunya flow keluar masuknya uangmu.

Tak lupa juga untuk melakukan diversifikasi aset investasi ke instrumen lain yang setidaknya lebih aman. Selain itu, tips investasi NFT ini pun hanya menganjurkan alokasi sebesar 10 persen saja.

tips investasi NFT tidak pakai uang panas
Alokasi dana khusus via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Hati-Hati Berinvestasi! Pelajari Tips Investasi Saham Pemula Ini


3. Pahami Risiko Investasi NFT

High risk, high reward. Prinsip investasi tersebut biasanya berkaitan dengan kripto dan saham. Sama seperti kedua instrumen investasi tersebut, NFT bisa dikategorikan sebagai instrumen berisiko tinggi.

Dengan risiko yang tinggi tersebut, memahami risiko adalah tips investasi NFT yang wajib kamu pegang. Pahamilah bahwa kamu bisa saja pada suatu waktu mendapatkan keuntungan yang begitu besar.

Namun, pada waktu tertentu, kerugian yang kamu derita pun terbilang tinggi. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu mulai mempelajari instrumen ini lebih jauh khususnya soal risiko yang mungkin terjadi.

Pasalnya, NFT mempunyai risiko ganda karena sebagai aset riil dan finansial. Dari segi riil, ada potensi penurunan nilai aset. Sedangkan, risiko finansial, adanya risiko fluktuasi nilai uang kripto yang jadi kurs pembelian.

NFT via latestnews.plus

4. Jangan Fear Of Missing Out

Satu hal yang menjadi perhatian dalam berinvestasi adalah ikut-ikutan. Banyak orang yang ikut-ikutan begitu ada seseorang, baik yang mereka kenal atau tidak, mendapatkan keuntungan.

Hal tersebut membuat mereka pun akhirnya terjebak pada FOMO (Fear of Missing Out). Kondisi tersebut kondisi di mana seseorang merasa takut ketinggalan dari hal-hal yang sedang tren.

Terjebak pada FOMO justru bakal merugikanmu dalam jangka pendek. Pasalnya, karena kamu hanya ikut-ikutan saja, kamu tidak mengetahui risiko yang bisa saja terjadi saat kamu berinvestasi NFT.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu tahan keinginan untuk terjun berinvestasi NFT jika melakukan riset. Dengan begitu, kamu pun bisa menghindari loss yang tentu tidak kamu inginkan.

tips investasi NFT FOMO
Fear of Missing Out via Getty Images

Baca Juga: Berniat Untuk Investasi Saham? Coba Baca 7 Rekomendasi Buku Investasi Untuk Pemula Berikut Ini!


5. Riset Secara Mendalam

Sebelumnya Bob sempat memberikan tips investasi NFT di mana kamu harus melakukan riset risiko. Selain riset risiko, ada banyak elemen penting yang wajib kamu riset untuk mengetahui NFT secara keseluruhan.

Misalkan saja, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kegunaan dari NFT tersebut. Hal tersebut wajib kamu ketahui karena NFT artwork tidak likuid seperti halnya kripto yang bisa kamu perjual belikan kapan saja.

Saat akan menjual NFT, kamu harus menemukan pembelinya terlebih dahulu. Biasanya, kamu akan menemukan pembeli di marketplace seperti OpenSea atau SolSea saat menjual NFT.

Di samping itu, transaction fee baik saat minting, membeli, maupun menjual NFT terbilang cukup mahal. Tak lupa juga banyaknya penipuan di marketplace yang mengaku-ngaku proyek tertentu.

tips investasi NFT riset secara mendalam
Riset secara Mendalam via

6. Riset Karya dan Kreatornya

Dalam berinvestasi NFT, kamu wajib mengetahui karya dan kreator di balik karya tersebut. Cobalah pelajari siapa kreator dari NFT yang ingin kamu beli dan juga pelajari juga nilai historisnya.

Tak lupa juga kamu wajib mengetahui utilitas NFT tersebut sebagai tips investasi NFT lainnya. Ceklah apakah NFTnya collectible items, akses untuk play-to-earn game, merchandising, dan lain sebagainya.

Kreator NFT via tcsnetwork.co.uk

Baca Juga: Baru Ingin Mulai Investasi Kripto? Ini Dia 7 Tips Memulai Investasi Kripto Untuk Pemula Terbaik. Nggak Akan Gagal, Deh!


7. Cek Komunitas NFT

Tips investasi NFT terakhir adalah mengecek komunitas NFT itu sendiri. Tak hanya komunitasnya saja, kamu pun wajib mengetahui roadmap dari proyek NFT yang kamu sedang minati saat ini.

Untuk komunitas, kamu bisa mengecek mengecek seberapa besar komunitas lewat media sosial. Kamu bisa melihat besarnya komunitas karya NFT yang akan kamu beli lewat Discord, Twitter, YouTube dan juga telegram.

Untuk roadmap NFT, pengecekan ini pun demi mengetahui apa yang akan dilakukan oleh kreator NFT. Dengan mengecek roadmap ini, kamu bisa menagih janji sesuai jika ada yang tak sesuai.

Komunitas NFT via unsplash.com/@alexbemore

***

Itulah tadi 7 tips investasi NFT sebelum kamu benar-benar terjun untuk berinvestasi NTF langsung ke depannya.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Tidur Nyenyak di Hotel Kapsul? Tentu Saja Bisa!

Banyak hal mitos yang biasanya menghantuimu saat ingin menginap di hotel kapsul. Salah satunya adalah kamu tidak bisa tidur nyenyak selama di menginap di hotel kapsul.

Padahal, hal tersebut nyatanya tidak akan terjadi saat kamu menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini menjamin kenyamanan yang akan kamu dapat saat menginap di Bobobox.

Dengan begitu, kamu pun bisa tidur nyenyak selama menginap. Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox dengan mengklik link ini.

promo bobobox

You might also like