Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jual atau Beli: Tips Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Tips investasi emas berikut ini dijamin bikin kamu aman dan untung!

Tips investasi emas menjadi topik pembahasan Bob kali ini mengingat investasi ini bisa kamu lakukan tanpa harus memiliki modal yang besar seperti berpuluh sampai beratus juta ala pebisnis. Tips investasi emas ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan investasi dengan nominal 100 ribu rupiah bahkan dibawah nominal itu. Banyaknya pilihan investasi membuat kamu memiliki beragam pilihan pengelolaan finansial masa depan kamu.

Tentunya setiap jenis investasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda dimulai dari perbedaan persentase keuntungan, tingkat resiko, cara pembelian, masa jatuh tempo investasi, dan masih banyak lagi. Lalu kira kira-seperti apakah karakteristik investasi emas dan bagaimana tips investasi emas lebih lengkapnya? Jangan sampai kamu salah melakukan proses pembelian dan penjualan emas agar tidak rugi. Oleh karena itu yuk simak tips investasi emas berikut ini!

1. Tips Investasi Emas: Kenali Seluk-Beluknya!

Sebelum kita mengupas tuntas tips investasi emas alangkah lebih baik untuk mengenali investasi emas itu terlebih dahulu. Emas adalah jenis investasi yang stabil dari masa ke masa. Meskipun terjadi inflasi, deflasi, atau resesi, nilai emas cenderung sama. Ini menjadikan emas sebagai salah satu jenis investasi yang paling diminati.

Kamu bisa memilih jenis emas apa yang ingin kamu gunakan sebagai investasi. Investasi ini bisa berupa emas Antam yang bersertifikat, emas pasar, emas koin (dinar), atau tabungan emas di Pegadaian. Emas memang sudah dikenal banyak orang menjadi produk investasi andalan. Ada yang emas yang berupa perhiasan ada pula yang berupa emas batangan. Saran Bob sih kamu lebih baik memilih emas batangan.

@Bisnis.com

Emas perhiasaan akan memerlukan biaya yang lebih untuk nilai kadar emas yang sama seperti emas batangan karena ada biaya yang perlu kamu keluarkan untuk pengrajin perhiasaan. Kamu juga perlu hati hati agar tidak membeli perhiasaan emas yang palsu. Emas batangan tidak bisa menjadi aksesoris yang cantik namun menjadi pilihan investasi yang menguntungkan. Emas batangan bisa kamu temui di toko emas, Pegadaian, atau PT Aneka Tambang (Antam) untuk menjaga keaslian emas.

Keaslian emas yang kamu beli bisa dibuktikan oleh adanya setifikat informasi emas seperti nomor id, berat, ukuran, dan tingkat kadar emas. Kamu bisa membeli emas dengan kadar 1 sampai dengan 1000 gram dengan tingkat kadar emas yang mencapai nyaris 100%. Pembelian emas batangan ini pun tidak terkena pajak pertambangan. Lalu apa yang menyebabkan emas bisa menjadi produk investasi yang baik?

2. Tips Investasi Emas: Buat Perencanaan yang Jelas

Harga emas yang cenderung naik ataupun stabil tiap waktunya menjadikan emas pilihan untuk menjaga nilai uang kita tidak ikut turun tiap tahunnya. Kamu bisa menjual emas kamu di saat nilai jualnya sedang tinggi untuk memperoleh keuntungan yang menarik. Penting juga bagi kamu untuk mengetahui bahwa tips investasi emas yang paling penting untuk kamu lakukan  adalah memiliki perencanaan atau tujuan yang dibuat dengan jelas.

Dengan memiliki perencanaan yang jelas maka kamu dapat mensiasati cara agar mendapatkan keuntungan. Hal ini dikarenakan jika kamu hanya mengikuti tren membeli emas kemudian dijual sewaktu-waktu, justru hanya akan membuat investasi kamu cenderung rugi. Oleh karena itu kamu harus menentukan tujuan investasi emas kamu terlebih dahulu. Tentukan tujuan invetasi kamu untuk apa. Apakah untuk tabungan pendidikan masa depan, biaya naik haji, atau lainnya.

tips investasi emas
@Tirto.ID

3. Tips Investasi Emas: Pantau Harga Emas Secara Berkala

Tips investasi emas berikutnya adalah dengan memantau harga logam mulia tersebut dan pergerakannya di pasar global secara berkala. Dengan melakukan pemantauan harga emas maka kamu akan mengetahui kapan waktu yang tepat bagi kamu untuk membeli maupun menjual emas kamu. Pasalnya harga emas dapat berubah setiap harinya baik itu mengalami kenaikan maupun penurunan harga.

Namun kamu tak perlu khawatir karena umumnya perubahan harga yang menurun tidak akan telalu signifikan sehingga resikonya pun bisa dibilang cukup rendah. Dilansir dari laman Sahabat Pegadaian, tips investasi emas berkaitan waktu terbaik bagi kamu melakukan pembelian emas adalah sekitar bulan April hingga pertengahan Juni. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut harga emas akan cenderung menurun sementara permintaannya sendiri meningkat.

Selain itu tips investasi emas berkaitan dengan waktu yang sebaiknya kamu hindari saat membeli emas adalah periode bulan November hingga Desember. Pasalnya pada penghujung tahun, harga emas cenderung mengalami kenaikan. Tentunya perkiraan ini belum tentu sama setiap tahunnya. Oleh karena itu jangan malas melakukan pemantauan harga emas secara berkala sebagai salah satu tips investasi emas dari Bob ya!

4. Tips Investasi Emas: Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Tips investasi emas yang menguntungkan berikutnya adalah dengan menyesuaikan kemampuan keuangan yang dimiliki kamu saat akan berinvestasi emas. Seperti halnya investasi lain, investasi emas juga membutuhkan sejumlah dana yang harus kamu siapkan. Kamu bisa emulainya sejumlah dana yang kamu miliki meskipun tidak banyak. Mulailah dengan nominal yang mampu kamu keluarkan. Beberapa lembaga penyedia investasi emas bahkan menerapkan aturan investasi dengan iuran yang cukup terjangkau.

5. Tips Investasi Emas: Pastikan Memilih Jenis Emas yang Sesuai

Tips investasi emas berikut ini pun penting kamu perhatikan karena jenis investasi emas ada banyak jenisnya. Kamu bisa investasi emas dalam bentuk logam mulia hingga emas kuno. Emas-emas tersebut pun tentunya memiliki nilai yang berbeda-beda.

Tips investasi emas bagi pemula kali ini Bob sangat menyarankan kamu untuk mulai berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Hal ini dikarenakan investasi logam mulia akan jauh lebih menguntungkan dan lebih tepat sebagai simpanan masa depan dibandingkan perhiasan.

6. Tips Investasi Emas: Investasi Emas Jangka Pendek

Tips investasi emas yang terakhir adalah memanfaatkan investasi emas sebagai investasi jangka pendek kamu. Daripada membiarkan uang kamu tersimpan di rekening, kamu bisa menambah nilai uang kamu dengan menginvestasikannya di emas. Siap bilang jika investasi emas ini hanya cocok dilakukan bagi investor yang ingin investasi jangka panjang? Faktanya kamupun bisa mendapatkan keuntungan dengan investasi jangka pendek, lho!

Emas menjadi salah satu instrumen investasi jangka pendek yang tepat karena .kemampuannya bertahan terhadap inflasi sehingga dapat digunakan sebagai jaminan saat kamu membutuhkannya. Cara mencairkan emas pun dapat dilakukan dengan cepat. kamu bisa menjual emas kamu ataupun menggadaikannya untuk sementara waktu untuk selanjutnya dapat kamu tebus kembali. Dengan begitu kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan uang dari emas yang kamu tukarkan.

Istirahat yang berkualitas juga merupakan investasi yang sangat berharga. Bobobox hadirsebagai penginapan dengan konsep teknologi yang tidak hanya memberikan kamu pengalaman menginap yang nyaman namun juga tak terlupakan. Dijamin kamu akan mendapatkan istirahat yang berkualitas. Pastikan kamu pantau terus aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi terbaru dan promo dari Bob lewat link berikut ini!

 

You might also like