3 Strategi Jitu untuk Negosiasi Gaji bagi Para Fresh Graduate

Tips Interview Kerja dan Hal yang Harus Dihindari Agar Kamu Lolos

Tips interview kerja berikut ini akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki agenda interview dalam waktu dekat ini. Sangat pernting bagi kamu untuk menyiapkan dengan baik apa saja yang akan kamu sampaikan selama sesi interview kerja. Dengan memahami tips interview kerja secara seksama kamu bisa mencoba menghindari beberapa sikap dan jawaban yang seharusnya tidak kamu sampaikan maupun tampilkan seama sesi interview berjalan.

Interview kerja sebenarnya tidak semengerikan yang mungkin kamu duga. Sesi interview pada dasarnya adalah proses perusahaan untuk mengenal diri kamu lebih dekat. Lalu mengapa ada beberapa orang yang seringkali mengalami penolakan kerja karena gagal saat sesi interview ? Hal ini bisa saja terjadi karena ada beberapa kesalahan yang membuat lamaran dan proses interview kerja di tolak. Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak tips interview kerja di bawah ini!

1. Tips Interview Kerja: Jangan Menjawab Pertanyaan dengan Bertele-tele

Tips interview kerja yang pertama adalah pastikan kamu menjawab pertanyaan dengan padat dan singkat agar mudah untuk dipahami pewawancara. Menjawab pertanyaan pewawancara dengan bertele-tele hanya akan membuat penjelasan kamu terlalu panjang dan membuatnya menjadi tidak jelas. Improvisasi dalam bicara itu memang penting namun kamu juga harus bisa memilih saat yang tepat dalam menggunakannya. Sikap tersebut hanya akan membuatmu jadi kelihatan kurang menarik.

Baca Juga: Sebentar Lagi Wawancara Kerja? Ini Lah 7 Inspirasi Pakaian yang Akan Membuatmu Percaya Diri Saat Interview!

2. Tips Interview Kerja: Hindari First Impression yang Buruk

Tips interview kerja selanjutnya adalah memastikan bahwa kamu meninggalkan first impression atau kesan pertama yang baik. First impression yang buruk saat sesi interview hanya akan membuat lamaran kerja kamu selalu ditolak. Beberapa faktor yang memengaruhi first impression adalah pemilihan pakaian, cara bicara, pembawaan diri, dan hal lainnya yang membuat kesan kamu di mata pewawancara menjadi terbentuk.

3. Tips Interview Kerja: Jelaskan Kemampuan Diri Sendiri dengan Baik

Tips interview kerja berikutnya adalah memastikan kamu mampu menjelaskan kemampuan diri kamu sendiri dengan baik berdasarkan apa yang tercantum di dalam CV milikmu. Biasanya di awal sesi interview pewawancara akan meminta kamu untuk mengenalkan diri kamu sendiri.

Kesempatan ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin dan tunjukkan kepada mereka sampai sejauh mana kamu mengenal diri kamu sendiri terlebih tentang kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu sendiri tak bisa menjelaskannya maka sama saja membuat dirimu sendiri gagal di depan mereka.

4. Tips Interview Kerja: Jangan Bersikap Angkuh dan Sombong

Menjelaskan kemampuan diri sendiri dengan penuh percaya diri memang merupakan hal yang baik namun pastikan kamu tidak berlebihan saat menyampaikannya. Pastikan kamu bisa tetap percaya diri sekaligus rendah hati saat kamu menyampaikan kemampuan kamu. Tak peduli seberapa banyak wawasan dan kualitas diri yang kamu miliki, jangan pernah bersikap angkuh maupun sombong di hadapan senior atau orang-orang di tempat kerja terutama jika sedang interview kerja.

Sikap ini hanya akan membuat orang-orang di sekitar kamu merasakan aura yang buruk dari kamu. Sebaliknya, menyebutkan bagaimana orang-orang di sekitar kamu atau di tempat kerja kamu sebelumnya membantu kamu adaah hal yang sangat baik dilakukan. Hal tersebut menunjukkan betapa kamu menghargai dan mengakui kontribusi orang lain dalam perjalanan karir kamu sebelumnya. Sikap ini akan menunjukkan mana saja orang yang memiliki ego yang besar dan tak bisa bekerja dalam sebuah tim.

5. Tips Interview Kerja: Hindari Datang Terlambat dan Tak Meminta Maaf

3 Strategi Jitu untuk Negosiasi Gaji bagi Para Fresh Graduate

Ilustrasi Pewawancara Kerja / Foto oleh Icons8 Team dari Unsplash

Tak kalah penting dengan tips interview kerja di atas, tips interview kerja ini juga sangat penting untuk kamu perhatikan. Sikap kamu saat interview kerja merupakan hal yang penting kamu perhatikan. Rasa sopan santun ini bisa dimulai dari bagaimana kamu hadir di tempat interview kerja. Saat akan melakukan interview kerja kamu pastinya sudah mengetahui kapan kamu harus datang ke tempat interview dan memastikan untuk datang tepat waktu.

Namun tak menutup kemungkinan kamu datang terlambat atas beberapa alasan yang mungkin terjadi. Alasan kuat kenapa kamu bisa terlambat datang dari waktu interview yang ditentukan mungkin terdengar wajar. Namun jika kamu merasa bahwa merasa keterlambatan kamu itu benar dan tak meminta maaf sama sekali maka hal tersebut menunjukkan sikap yang buruk dan tidak sopan. Sebaliknya minta maaflah dan jelaskan alasan kamu terlambat dengan penuh penyesalan.

6. Tips Interview Kerja: Hindari Mengatakan Hal-hal negatif

Pewawancara mungkin akan menanyakan alasan kamu berhenti dari tempat kamu bekerja sebelumnya. Jika pertanyaan ini ditanyakan pastikan untuk tidak terlalu cepat untuk menunjukkan kekurangan pada boss dan rekan kerja kamu sebelumnya. Tips interview kerja ini dibuktikan dengan Survei CareerBuilder yang menunjukkan bahwa 62 persen pengusaha cenderung tak mempromosikan karyawan yang memiliki sikap negatif atau pesimistis.

Baca Juga: 3 Tips Ampuh untuk Lolos Interview di Perusahaan Startup

7. Tips Interview Kerja: Gunakan Opini yang Kuat

Salah satu hal yang disukai perusahaan adalah karyawan yang kreatif dan mampu menyampaikan berbagai opini-opini yang inovatif. Saat kamu mampu menawarkan berbagai ide-ide dan opini yang kuat hal ini akan membuat pewawancara tertarik dengan kemampuan kamu. Jangan lupa terapkan tips interview kerja yang satu ini ya!

8. Tips Interview Kerja: Jangan Membanggakan Tak Pernah Bolos Kerja

Tips Interview Kerja

Kedisiplinan dan kehadiran di tempat kerja itu penting. Namun tentunya perusahaan pun ingin memastikan karyawan mereka cukup disiplin dan pintar untuk memprioritaskan kesehatan mereka. Saat kamu menyombongkan bagaimana kamu tidak pernah bolos kerja sebelumnya tanpa menunjukkan gaya hidup yang sehat hal ini hanya akan membuat perusahaan khawatir akan kesehatan kamu jika kamu bergabung dengan perusahaan mereka. Tentunya perusahaan mengingkan karyawan yang sehat.

9. Tips Interview Kerja: Jangan Terlihat Sibuk

Selain datang terlambat untuk interview pastikan juga agar kamu tidak terlihat sibuk saat sedang melakukan interview kerja. Beberapa sikap terlihat sibuk ini di antaranya adalah bagaimana kamu memegang handphone di tangan terutama tepat sebelum pewawancara keluar untuk menyambut kamu. Ada baiknya kamu tidak mengeluarkan handphone selama proses wawancara maupun melirik ponsel, jam tangan, atau jam di dinding. Hal ini membuat kamu terlihat sedang memikirkan hal-hal lebih penting dibandingkan interview kerja tersebut.

Tenangkan Dirimu di Bobobox

Interview kerja memang selalu membuat nervous. Tapi, kamu tidak perlu khawatir jika dipanggil interview di luar kota, kamu bisa menginap di Bobobox sambil mempersiapkan diri untuk interview. Pods Bobobox yang nyaman akan membuatmu lebih tenang dan membuat istirahatmu lebih berkualitas sebelum waktu wawancara tiba. Lokasi Bobobox yang terletak di pusat kota-kota besar pun akan membuatmu lebih mudah untuk pergi ke tempat wawancara. Tunggu apalagi, cari tahu tentang Bobobox dan promo-promonya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles