Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Panggilan Interview Kerja di Luar Kota? Ikuti 5 Tips Ini Supaya Lancar!

Interview kerja memang bikin deg-degan, tapi layak diperjuangkan!

Interview kerja memang sering bikin grogi dan dag-dig-dug! Baik yang sudah beberapa kali mencoba maupun first trier, wawancara menjadi tantangan pertama yang harus dilewati sebelum mencapai level berikutnya. Kesempatanmu mendapatkan pekerjaan impian ditentukan oleh keberhasilanmu meyakinkan interviewer bahwa kamulah the one they’re looking for. Supaya sukses, tentunya kamu perlu mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental.

Saat mendapatkan undangan wawancara kerja, tentunya kamu ingin tampil siap di hadapan bapak atau ibu HRD. Pengetahuan tentang bidang yang dijalani dan perusahaan impianmu hanya sebagian kecil dari bekal yang harus dipersiapkan. Kepercayaan diri, skill berbicara, dan sikap yang baik menjadi aspek yang tidak boleh terlupakan. Dilansir dari Money Smart, penampilan dan sikapmu juga harus diperhatikan, bahkan sejak masuk ke lobi! Kamu memang tidak harus pakai baju yang mewah, tapi pastikan kamu tampil rapi dan decent.

Interview
Sumber foto: https://unsplash.com/@huntersrace

Panggilan interview kerja di luar kota menjadi tantangan berikutnya yang harus kamu hadapi. Kamu mungkin akan merasa bingung, terutama jika belum pernah berkunjung ke kota tersebut sebelumnya. Namun, jangan khawatir! Supaya wawancara berjalan lancar, Bob punya 5 tips yang bisa kamu ikuti. Dengan beberapa kiat ini, wawancara di luar kota bisa kamu tackle dengan mudah!

1. Pilih Jadwal Tiket Berdasarkan Waktu Interview

Interview - Flights
Sumber foto: https://unsplash.com/@whale

Tips pertama dari Bob akan membantumu memanfaatkan waktu seefisien mungkin! Saat mencari tiket untuk pergi ke luar kota, ada baiknya kamu mempertimbangkan waktu interview. Dengan begini, kamu tidak akan terburu-buru menuju tempat wawancara setibanya di kota tujuan. Tentunya, kamu tidak mau dong datang ke tempat wawancara dengan kondisi wajah penuh keringat dan baju yang kusut.

Sebagai contoh, kamu tinggal di Bandung dan mendapatkan undangan wawancara kerja di Jakarta. Kalau wawancara diadakan jam setengah 2 siang, kamu bisa pesan tiket kereta dengan waktu keberangkatan jam 6.30 pagi. Dengan durasi normal, kamu akan tiba di Jakarta pada pukul 9.45. Ini artinya kamu masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan pergi ke tempat wawancara.

Tapi, Bob, aku malas nih kalau harus nunggu lama!”

Untuk urusan wawancara, lebih baik datang awal daripada terlambat. Biasanya, perusahaan juga meminta para interviewee untuk datang lebih awal, lho! Lagi pula, kamu masih bisa menunggu sambil ngopi di kafe, ‘kan? Nah, untuk kamu yang tinggal lebih jauh, ada baiknya kamu datang sehari sebelum hari wawancara. Dengan begini, kamu punya banyak waktu untuk beristirahat agar bisa tampil fit.

2. Pack Light

Interview - Packing
Sumber foto: https://unsplash.com/@sarahdesignsco

Saat pergi ke luar kota untuk wawancara kerja, hal yang perlu kamu ingat adalah tujuan perjalananmu. Ingat! Kamu berkunjung ke luar kota untuk interview kerja, bukan untuk sekadar berlibur. Jika jadwalmu mepet, kamu mungkin harus langsung pergi ke tempat wawancara setibanya di stasiun kereta atau bandara. Ini artinya kamu harus ikut membawa tas berisi pakaian ganti dan perlengkapan lainnya. Duh, pasti berat!

Supaya tidak repot, pertimbangkan barang-barang yang akan kamu bawa dalam ransel. Kamu tidak perlu membawa terlalu banyak barang. Kemas pakaian secukupnya dan jangan lupa bawa produk perawatan pribadi dan obat-obatan. Masukkan berkas-berkas ke dalam folder atau map agar tidak rusak atau terlipat. Dengan begini, kamu tidak akan terlihat seperti akan berkemah di gunung saat tiba di tempat wawancara.

Jika kamu memutuskan untuk menginap di kota tujuan dan masih punya banyak waktu sebelum wawancara, coba kunjungi hotel terlebih dahulu. Kamu bisa menitipkan koper atau ransel berisi pakaianmu di resepsionis, kemudian pergi ke tempat wawancara membawa tas kecil dan perlengkapan secukupnya. Jauh lebih praktis, ‘kan?

3. Cari Tahu Kondisi Lalu Lintas Kota Tujuan

Interview - Traffic
Sumber foto: https://unsplash.com/@a_pranata

Hal yang satu ini terkadang disepelekan. Padahal, tips ini berguna agar kamu tidak sampai terlambat atau tersesat saat pergi ke tempat wawancara. Satu atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan, kamu perlu mencari tahu kondisi lalu lintas di kota tujuanmu. Jika kamu mendapatkan panggilan interview kerja di bilangan Blok M Jakarta Selatan, pertimbangkan kondisi lalu lintas menuju area tersebut. Untuk daerah yang terkenal macet, ada baiknya kamu langsung menuju tempat wawancara setibanya di bandara atau stasiun.

Selain itu, pikirkan pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan sejak awal. Cari tahu juga perpindahan yang perlu diambil dari satu moda ke moda lainnya. Untungnya, kehadiran taksi online menjadi pilihan alternatif yang berguna saat kamu harus pergi ke tempat tertentu. Dengan taksi online, kamu tak perlu repot-repot mencari tahu tempat transit. Cukup pesan mobil atau motor melalui aplikasi, dan pengemudi yang tiba siap mengantarmu sampai tujuan. Simpel, ‘kan?

4. Ambil Perjalanan Pulang-Pergi

Interview - PP
Sumber foto: https://unsplash.com/@mike

Untuk kamu yang concerned mengenai bujet, opsi yang satu ini bisa jadi pilihan. Daripada menginap di kota tujuan, kamu bisa membeli tiket pulang-pergi di hari yang sama. Namun. tentunya kamu harus mempertimbangkan waktu wawancara dan jadwal tiket yang tersedia. Dengan mengambil perjalanan pulang-pergi di hari yang sama, kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membayar akomodasi. Dana yang ada bisa kamu alokasikan untuk hal lain, seperti makan atau ngopi. Lumayan, ‘kan?

Meskipun demikian, perjalanan pulang-pergi dalam satu hari punya downside tersendiri. Jika perusahaan memintamu datang lagi dalam satu atau dua setelah interview, tentunya merepotkan jika kamu harus melakukan perjalanan antarkota lagi. Selain memakan biaya, kamu juga akan merasa lelah. Dalam situasi seperti ini, menginap di kota tujuan wawancara menjadi pilihan yang lebih nyaman.

Sayangnya, keputusan dari pihak perusahaan tidak bisa ditebak. Ini artinya tips ini menjadi semacam gambling untukmu. Untungnya, beberapa maskapai pesawat dan perusahaan kereta api memberikan kebijakan perubahan jadwal. Dilansir dari Kompas, para pengguna jasa kereta api bahkan bisa melakukan reschedule melalui aplikasi KAI, tentunya dengan syarat tertentu. Kebijakan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengganti jadwal tiket pulang sesuai keperluan. Jadi, tiketmu tidak akan hangus!

5. Pilih Hotel Terdekat dari Tempat Wawancara

Interview - Hotel
Sumber foto: https://unsplash.com/@ikhsansdq_

Tips terakhir dari Bob untuk kamu yang mendapatkan panggilan interview kerja di luar kota adalah memilih hotel terdekat. Saat mencari hotel di kota tujuan, lokasi menjadi aspek penting yang harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, kalau kamu mendapatkan panggilan wawancara di kawasan Dago Bandung, tentunya kamu tidak akan memilih hotel di daerah Pasirkaliki, ‘kan? Selain jauh, perjalanan dari hotel menuju kantor pun bisa memakan waktu yang cukup lama.

Dengan jarak yang lebih dekat ke tempat wawancara, jarak tempuh dari hotelmu pun akan menjadi lebih singkat. Ini artinya kamu tidak perlu terburu-buru dan mungkin punya lebih banyak waktu untuk bersiap-siap. Kalau jaraknya sangat dekat, kamu mungkin bisa berjalan kaki dari hotel ke tempat wawancara. Lumayan. ‘kan untuk menghemat ongkos?

Kesimpulan

Kesuksesan interview kerja memang bergantung kepada faktor-faktor seperti kemampuanmu menjawab pertanyaan dan pengetahuan yang mumpuni. Keahlian berbicara, sikap yang baik, dan penampilan juga berperan dalam mendukung keberhasilan wawancara. Saat mendapatkan panggilan wawancara kerja di luar kota, tentunya ada faktor-faktor lain yang harus kamu perhatikan. Nah, dengan tips-tips dari Bob, semoga wawancaramu bisa berjalan dengan lancar.

Oh, ya! Ngomong-ngomong soal luar kota, Bobobox berencana membuka cabang baru di beberapa kota, lho! Nah, cabang yang sebentar lagi akan buka adalah cabang Kebayoran Baru, Jakarta. Wih! Penasaran ‘kan seperti apa? Yang jelas konsepnya masih tetap sama. Fitur-fitur canggih di dalam pod terintegrasi dengan satu aplikasi. Kamu bisa membuka pintu pod dan mengatur pencahayaan lewat ponselmu. Selain itu, interior yang luas dan nyaman bikin kamu betah untuk kerja atau bersantai di dalam pod.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi Bobobox secara gratis dari App Store dan Google Play Store. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi juga, lho! Pokoknya praktis! Selain itu, jangan lewatkan beragam promo menarik dari Bobobox. Dengan Bobobox, menginap di luar kota untuk wawancara kerja jadi lebih ramah di kantong dan tentunya mengasyikkan! Yuk, book sekarang!

You might also like
Comments
Loading...