Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Budget Mepet? Ini 7 Tips dari Bob untuk Menghemat Biaya Penginapan!

Penginapan

Packing? Sudah. Daftar atraksi wisata? Sudah. Nah, tinggal akomodasi nih yang perlu kamu siapkan. Kamu pun langsung mencari penginapan di situs pemesanan online, tapi terkejut karena harga-harga untuk tanggal pilihanmu jauh di atas anggaran. Sementara itu, opsi-opsi yang lebih terjangkau ternyata tidak sesuai keinginan. Pilihanmu adalah nombok atau mengganti tanggal liburan. Sayangnya, tiket perjalanan sudah di tangan dan tidak bisa dibatalkan. Mau tidak mau, kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

Penginapan - Stressed
Sumber foto: https://unsplash.com/@jeshoots

Skenario seperti itu tentunya bukan hal yang asing. Fluktuasi harga memang menjadi tantangan tersendiri saat kamu sedang hunting hotel untuk berlibur. Saat kamu ingin berkunjung ke kota-kota dengan biaya hidup yang lebih tinggi, bujet untuk penginapan harus lebih diperhatikan. Dilansir dari 99.co, Jakarta, Surabaya, dan Makassar termasuk ke dalam 10 kota termahal di Indonesia. Ini artinya bukan hanya bujet hotel saja yang harus kamu perhatikan, tetapi juga living cost. Duh! Mau liburan kok susah sih?

But fear no more! Kamu tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman, kok! Dengan penyesuaian biaya hidup, kamu masih bisa makan dan berkunjung ke atraksi-atraksi wisata tanpa menguras dompet. Selain itu, Bob juga punya 7 tips yang bisa diikuti untuk menekan bujet hotel. Apa saja tipsnya? Berikut adalah ulasannya!

1. Pesan Hotel pada Waktu yang Tepat

Penginapan - Booking
Sumber foto: https://unsplash.com/@nordwood

Kamu mungkin sering mendengar bahwa early booking membantumu mendapatkan rate hotel yang lebih terjangkau. Saat memesan hotel secara mendadak, terutama pada hari kedatangan yang sama, biasanya kamu akan disuguhi harga yang “lumayan” tinggi. Di sisi lain, pemesanan yang terlalu awal juga justru tidak disarankan. Dilansir dari Worldroamer, reservasi hotel terlalu awal tidak menjamin harga yang lebih murah.

Jadi, kapan dong?

Waktu pemesanan yang tepat biasanya bergantung juga kepada kota tujuan. Dilansir dari Tripadvisor, kamu bisa menghemat hingga 39% melakukan pemesanan sekitar 3 bulan sebelumnya untuk hotel-hotel di Jakarta. Untuk hotel-hotel Singapura, biaya penginapan bisa dipangkas hingga 26% saat kamu melakukan reservasi 2 minggu lebih awal! Wah, lumayan tuh!

2. Pilih Hotel dengan Lokasi Strategis

Penginapan - Pusat Kota
Sumber foto: https://unsplash.com/@jezael

Nah, faktor yang satu ini sering kali terabaikan. Kamu mungkin keburu tergoda dengan harga hotel murah dan interior yang lumayan. Setelah melakukan pembayaran, kamu baru sadar bahwa hotelmu ternyata lumayan jauh dari pusat kota dan atraksi wisata pilihan. Selain itu, moda transportasi yang tersedia di sekitar hotel pun kurang bisa diandalkan. Akhirnya, kamu harus merogoh kocek lagi untuk biaya transportasi.

Kalau kamu ingin menghemat biaya penginapan, perhatikan lokasi hotel pilihanmu. Pilih hotel yang berjarak lebih dekat ke destinasi wisata di itinerary. Hotel-hotel di pusat kota atau yang dekat dengan transportation hub bisa jadi pilihan cerdas. Di Kuala Lumpur, misalnya, akomodasi di sekitar KL Sentral memberimu akses mudah ke berbagai moda transportasi untuk berkeliling kota. Untuk Bandung, hotel-hotel di kawasan Pasir Kaliki lebih mudah diakses dari stasiun kereta dan bandara.

3. Bandingkan Harga

Penginapan - Best Rates
Sumber foto: https://unsplash.com/@frenchieeye

Di era internet seperti sekarang, ada banyak sekali situs dan aplikasi OTA atau online travel agent yang bisa kamu temukan. Situs-situs ini berlomba memberikan harga termurah dan promo-promo menarik. Sayangnya, rate hotel yang tersedia di setiap situs atau aplikasi sering kali berbeda. Katakanlah kamu memesan hotel dengan harga 1 juta rupiah dari aplikasi A. Ternyata, temanmu bisa dapat hotel yang sama dengan harga 500 ribu rupiah dari situs B. Duh! Geregetan rasanya.

Supaya kamu tidak menyesal, lebih baik kamu membandingkan harga terlebih dahulu. Catat hotel-hotel yang kamu taksir. Setelah itu, bandingkan harga untuk setiap hotel di platform yang berbeda. Kalau kamu malas bolak-balik dari satu aplikasi ke aplikasi berikutnya, ada beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan. Situs seperti Trivago atau Kayak memudahkanmu untuk membandingkan harga-harga hotel. Bahkan, beberapa layanan juga menawarkan promo menarik yang akan semakin menekan bujetmu.

4. Manfaatkan Promo

Penginapan - Promo
Sumber foto: https://unsplash.com/@timothymuza

Aduh! Siapa sih yang nggak suka diskon? Untuk kamu para hotel hunter, kehadiran promo menarik tentunya bisa menghemat biaya penginapan yang harus dikeluarkan. Promo yang berlaku dapat berupa diskon atau paket menginap. Biasanya, ada syarat tertentu yang harus diikuti, seperti share post ke teman-teman. Namun, demi promo menarik, apa sih yang nggak? No pain, no gain, right? 

Agar tetap updated dengan promo dari hotel-hotel pilihanmu, coba ikuti Instagram atau media sosial hotel. Hotel kapsul futuristik Bobobox, misalnya, sering mengadakan promo menarik yang diinfokan melalui Instagram resminya. Selain itu, beberapa platform OTA juga menawarkan ajang sale besar-besaran yang sayang untuk dilewatkan. Traveloka, misalnya, punya ajang epic sale yang menghadirkan harga-harga fantastis selama beberapa hari.  Kalau bisa dapat harga yang lebih murah, kenapa tidak?

5. Pilih Opsi No-Breakfast

Penginapan - Breakfast
Sumber foto: https://unsplash.com/@danielcgold

Saat berburu hotel, biasanya kamu akan melihat penawaran seperti free breakfast. Ini artinya harga yang tertera sudah mencakup sarapan. Namun, di beberapa hotel, sarapan merupakan add-on yang menjadi biaya tambahan. Tentunya, bukan rahasia lagi jika biaya makan di restoran hotel bisa bikin dompetmu bolong. Niatnya mau hemat, eh, justru kena jebakan Batman.

Untungnya, ada opsi no-breakfast yang bisa kamu pilih untuk menekan biaya penginapan. Dengan opsi ini, pemesanan hotelmu tidak akan mencakup sarapan gratis. Namun, rate yang kamu dapatkan biasanya menjadi lebih terjangkau. Tidak mau perutmu kosong? Solusinya, kamu bisa mencari informasi restoran atau kafe yang buka sejak pagi di sekitar hotel sejak awal. Situs-situs seperti Zomato dan Pergikuliner biasanya menampilkan daftar menu beserta harga yang bisa dijadikan referensi. Perut kenyang, dompet tenang, hati senang!

6. Hindari Peak Season

Penginapan - Seoul
Sumber foto: https://unsplash.com/@rawkkim

Musim liburan memang berimbas pada harga hotel yang memuncak. Banyaknya wisatawan yang berkunjung berdampak pada peningkatan permintaan akomodasi. Walhasil, harga hotel pun meroket dan mungkin melewati anggaran yang kamu siapkan. Agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, hindari peak season atau musim liburan. Dengan tingkat okupansi yang lebih rendah di low season, hotel-hotel biasanya menawarkan rate yang lebih bersahabat.

Masih mendapatkan harga yang tinggi di low season? Sebentar! Mungkin kamu terpaku kepada low season di kota asalmu, dan bukan kota tujuan. Perlu kamu ingat bahwa low season di satu kota mungkin merupakan peak season di kota atau negara lain. Namun, jika tujuanmu berlibur ke suatu tempat adalah untuk menyaksikan event tertentu, sepertinya kamu harus bersiap melihat harga hotel yang lebih tinggi.

7. Pilih Budget Hotel

Penginapan - Budget
Sumber foto: https://unsplash.com/@themorganlane

Kalau prioritasmu adalah menghemat anggaran penginapan, say goodbye to fancy hotels! Tahan dulu keinginanmu untuk menikmati liburan mewah. Atur filter pencarian agar menampilkan hotel-hotel dengan rate maksimal sesuai bujetmu. Agar lebih hemat, jangan malas berburu promo dan cari hotel yang menawarkan sarapan gratis dalam rate-nya. Oh, ya! Jangan lupa bandingkan harga yang kamu temukan di satu platform dengan platform lainnya, ya!

Untuk kamu yang concerned mengenai keamanan dan kenyamanan, tak usah khawatir. Sekarang ada banyak sekali hotel budget yang tetap mempertahankan kenyamanan para tamu. Beberapa properti bahkan memiliki fasilitas yang tak kalah mewah, seperti kolam renang dan gym. Cocok deh untuk kamu yang ingin flashpacking. Jadi, istirahatmu tetap nyaman, dan dompetmu tetap aman!

Kesimpulan

Itulah 7 tips yang Bob kasih supaya kamu bisa menekan pengeluaranmu untuk berlibur. Untuk menikmati liburan yang mengesankan, kamu nggak harus merogoh kocek dalam-dalam, kok! Strategi pemesanan dan tanggal yang tepat, serta kiat-kiat sederhana saat menginap bisa membuat saldomu tetap aman. Yang terpenting adalah pastikan kamu sudah mempersiapkan semua kebutuhanmu dan menjaga kondisi kesehatanmu. Jadi, kamu bisa menikmati liburan secara maksimal!

Cari Penginapan Murah dan Berkualitas? Bobobox Aja!

Pilihan akomodasi bujet yang bisa kamu temukan sangat banyak, tapi tidak semuanya memberikan pengalaman menginap yang berkesan! Di Bobobox, kamu tidak hanya bisa menekan bujet penginapan, tetapi juga mencoba sensasi beristirahat di hotel kapsul yang unik! Hotel kapsul ini bukan hotel dorm, ya! Setiap pod yang ada dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas keren yang terintegrasi dengan aplikasi. Mau ganti pencahayaan atau buka pintu pod, semua ada di ujung jari. Canggih, deh!

Bobobox Paskal
Sumber foto: https://www.instagram.com/klausa/

Selain itu, interior pod bergaya futuristik dan fasilitas publik yang tersedia akan melengkapi liburanmu. Ada banyak spot yang Instagrammable juga, lho! Oh, ya! Aplikasi Bobobox bisa kamu unduh untuk iOS dan Android secara gratis. Pemesanan juga bisa dilakukan secara langsung lewat aplikasi. Semuanya dalam satu aplikasi. Mantuls, ‘kan? Jadi, segera unduh aplikasi Bobobox ke ponselmu dan nikmati liburan yang berkesan di Bobobox!

You might also like
Comments
Loading...