Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis? Lakukan Tips Hemat Baterai Smartphone Berikut Ini Agar Lebih Tahan Lama

Mulai coba dari sekarang, ya!

Bobobox.co.id — Kebutuhan akan internet membuat smartphone menjadi barang wajib dibawa ke manapun. Namun, kerap kali masalah datang pada smartphonemu seperti baterai yang mudah cepat habis.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk menghindarkan momen yang tak diinginkan terjadi saat baterai smartphone habis total, kamu tentunya membutuhkan tips hemat baterai smartphone.

Nah, berikut merupakan tujuh tips hemat baterai smartphone yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan tips-tips di bawah ini, baterai smartphonemu pun akan bertahan lebih lama lagi.

Berikut Tips Hemat Baterai Smartphone

1. Atur Tingkat Kecerahan dan Refresh Rate

Tips hemat baterai smartphone pertama adalah dengan mengatur tingkat kecerahan dan refresh rate. Semakin tinggi kecerahan dan refresh rate, semakin besar pula daya baterai yang terpakai.

Saat ini, smartphone dibekali dengan fitur auto-brightness yang membuat tingkat kecerahan disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Untuk satu ini, kamu pun wajib mematikannya agar baterai tahan lama.

Atur tingkat kecerahan tips hemat baterai smartphone
Atur tingkat kecerahan via unsplash.com/@rmrdnl

2. Matikan Fitur GPS Jika Tak Diperlukan

Tips hemat baterai smartphone berikutnya adalah mematikan fitur GPS pada smartphone jika tidak diperlukan. Fitur tersebut sendiri termasuk cukup menguras daya jika aktif secara terus menerus.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kapan waktu yang tepat untuk menggunakan fitur tersebut. Jika memang dalam keadaan darurat, tak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur GPS pada smartphonemu.

Matikan fitur GPS tips hemat baterai smartphone
Matikan fitur GPS via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Ingin Hemat? Ini Dia 10 Peralatan Untuk Membuat Furnitur Sendiri Di Rumah!


3. Matikan Konektivitas

Tak hanya GPS, konektivitas seperti Bluetooth, data seluler, dan WiFi wajib dimatikan memang tidak terlalu dibutuhkan. Khususnya Bluetooth, konekvitas ini cukup menyedot daya yang cukup besar, lho!

Manfaatkan airplane mode untuk mematikan semua konektivitas. Mode ini akan sangat bermanfaat di saat kamu sedang berada di daerah sulit sinyal sehingga tidak memaksa smartphone terkuras dayanya saat mencari sinyal.

Matikan konektivitas tips hemat baterai smartphone
Matikan konektivitas via unsplash.com/@stereophototyp

4. Aktifkan Dark Mode

Bagi kamu pemilik smartphone dengan layar OLED atau AMOLED, tips hemat baterai smartphone lainnya adalah dengan mengaktifkan dark mode. Mode ini memang hadir untuk menghemat banyak baterai.

Walaupun begitu, mode ini tidak berlaku pada layar LCD. Pasalnya, warna hitam pada smartphone berlayar LCD dibuat dengan menyalakan setiap warna yang berbeda yang justru lebih menguras baterai.

Aktifkan dark mode tips hemat baterai smartphone
Aktifkan dark mode via unsplash.com/@quincoetzee

Baca Juga: 7 Tips Merawat Dan Menyimpan Carrier Agar Lebih Awet


5. Manfaatkan Power Saving Mode

Tak hanya dark mode, kamu bisa memanfaatkan power saving mode. Seperti namanya, mode ini memang ditujukan untuk memberi daya tahan lebih lama dalam penggunaan smartphone.

Bahkan, beberapa produsen smartphone memberikan fitur tambahan pada mode ini. Fitur tambahannya sendiri benar-benar mematikan semua fitur yang ada kecuali pesan atau panggilan pada smartphone.

Manfaatkan power saving mode tips hemat baterai smartphone
Manfaatkan power saving mode via unsplash.com/@stenslens

6. Tutup Aplikasi Tak Digunakan

Semakin banyak aplkasi yang tak ditutup, semakin besar pula daya yang dibutuhkan saat mengelola aplikasi tersebut di latar belakang. Untuk itu, ada baiknya untuk menutup aplikasi saat tidak digunakan.

Tips hemat baterai smartphone ini bisa kamu lakukan melalui bagian ‘Pengaturan’ pada smartphonemu. Pilih aplikasi yang diizinkan atau tidaknya untuk melakukan aktivitas aplikasi di latar belakang.

Tutup aplikasi tips hemat baterai smartphone
Tutup aplikasi via pexels.com/@cottonbro

Baca Juga: 5 Tips Agar Smartphonemu Tidak Mudah Kebobolan


7. Matikan Fitur Auto-Sync

Tips hemat baterai smartphone terakhir adalah mematikan fitur auto-sync. Fitur ini akan secara otomatis melakukan sinkronisasi pada aplikasi tersebut saat terkoneksi dengan internet.

Nah, hal tersebut justru akan membuat daya baterai mudah habis apalagi jika banyak aplikasi yang memanfaatkan fitur ini. Oleh karenanya, pilih beberapa atau jika mau, matikan fitur auto-sync ini pada semua aplikasi.

Matikan fitur auto-sync tips hemat baterai smartphone
Matikan fitur auto-sync via pexels.com/@cottonbro

Itulah tips hemat baterai smartphone yang bisa kamu lakukan agar baterai smartphonemu tahan lebih lama. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox, ya!

Butuh akomodasi murah namun dengan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

promo bobobox

You might also like