Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gajian Masih Lama tapi Ingin Refreshing? Ini Tips Hematnya!

Walaupun tanggal gajian masih jauh, kamu bisa refreshing dengan cara hemat berikut!

Gajian masih lama dan nominalnya pun tidak seberapa besar, memangnya bisa ya digunakan sebagian untuk refreshing? Bisa banget! Kuncinya adalah menghemat dan komitmen kuat dari kamu untuk menabung. Setelah lelah setiap hari bekerja banting tulang kamu membutuhkan momen beristirahat yang maksimal di luar istirahat seperti tidur.

Berjalan jalan di luar rumah tanpa memikirkan beban pekerjaan, bersosialisasi bersama kawan dan keluarga, menikmati kuliner enak, berolahraga, dan berwisata, layak kamu dapatkan setelah kamu bekerja keras! Lalu bagimana caranya agar uang gajian tetap cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk mencukupi untuk refreshing? Bob akan berikan beberapa tips menghemat uang gajian untuk refreshing seperti berikut!

Nabung dulu baru jajan, bukan sisa jajan dipakai nabung!

Banyak orang yang menabung dengan menggunakan uang sisa gajian. Jika kamu menabung dengan cara ini kamu memiliki peluang besar lebih konsumtif dalam menghabiskan uang gajian kamu. Jika sudah seperti itu, Bob jamin deh uang yang kamu tabung akan lambat pertumbuhannya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan kamu menabung di awal setelah uang gajian kamu terima.

Buatlah rekening tabungan terpisah dari tabungan utama yang biasa kamu gunakan untuk transaksi. Tabungan ini akan kamu gunakan khusus untuk refreshing. Kamu bisa sisihkan berapa persen dari uang gajian untuk ditabung ke dalam rekening refreshing kamu. Buatlah komitmen yang kuat dengan diri kamu sendiri saat menabung agar kamu bisa menahan diri untuk mengambil uang dari rekening tersebut

Jika kamu termasuk seseorang yang sulit disiplin dalam menabung, kamu bisa memasukkan uang yang akan ditabung ke dalam rekening deposito. Dengan mengikuti salah satu produk investasi ini kamu tak akan bisa menarik uang tabungan kamu sesuka hati. Saat kamu menarik uang tabungan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati maka akan ada sejumlah denda yang harus kamu bayar.

Ada banyak pilihan program deposito di berbagai bank yang bisa kamu pilih dan atur jangka waktunya. Jika kamu berencana ingin refreshing dalam 6 bulan atau 1 tahun ke depan, kamu dapat mengatur jatuh tempo tabungan depositomu sesuai dengan jadwal refreshing kamu. Dengan begitu uang terkumpul tepat waktu sesuai dengan agenda refreshing kamu tanpa khawatir uang gajian tidak mencukupi!

Kelola rencana keuangan refreshing kamu

Gajian
Photo by Sabine Peters on Unsplash

Kamu harus perhitungkan dengan baik pengeluaran bulanan kamu seperti apa untuk dapat mengalokasikan uang yang bisa kamu tabung untuk refreshing. Dimulai dari beberapa pengeluaran pokok seperti makan, bayar kontrakan, listrik, dan lifestyle. Setelah itu tentukan rencana refreshing apa yang ingin kamu lakukan.

Kamu bisa agendakan rencana refreshing yang simpel seperti sekedar belanja di pusat perbelanjaan, mengunjungi spa and sauna, berkunjung ke tempat wisata dalam kota, luar kota, atau bahkan luar negeri. Penting untuk kamu menentukan destinasi refreshing kamu untuk menentukan seberapa banyak uang yang ingin kamu kumpulkan dan berapa uang yang kamu perlu sisihkan setiap bulannya.

Kurangi pergi ke mall atau makan di luar

Rasanya pasti sulit ya untuk kamu menolak ajakan teman-teman kantor atau sahabat yang sudah lama tidak bertemu untuk nongkrong di mall atau makan di restoran fancy. Ayo ingat-ingat kembali tujuan kamu menabung dan komitmen yang sudah kamu buat. Jika kamu sudah melakukan banyak upaya penghematan termasuk menabung, kamu tidak boleh mudah terbujuk dan harus tegas pula dalam menolak ajakan-ajakan seperti ini.

Memang jumlahnya tidak seberapa namun jika dilakukan berulang-ulang, jumlahnya lumayan loh jika digunakan untuk biaya tabungan refreshing kamu. Kurangilah melakukan pengeluaran dari uang gajian kamu untuk hal-hal yang tidak perlu. Solusi agar kamu mampu menahan diri untuk makan di luar kamu bisa menyiapkan bekal makanan dari rumah. Selain lebih hemat kamu juga bisa menyiapkan makanan yang lebih sehat dengan meraciknya sendiri.

Beli tiket pesawat lebih awal

Jika kamu memutuskan untuk refreshing ke luar kota atau ke luar negeri dengan menggunakan moda transportasi udara, kamu dapat menghemat uang gajian untuk refreshing kamu dengan cara ini. Membeli tiket pesawat beberapa bulan sebelum tanggal pemberangkatan terbukti mampu memangkas uang gajian untuk refreshing kamu cukup besar. Tiket pesawat yang dijual jauh-jauh hari sebelumnya biasa di tarif dengan harga yang murah dibandingkan yang berdekatan dengan tanggal pemberangkatan.

Refreshing bersama keluarga atau sahabat

Jika kamu pergi refreshing sendirian kemungkinan kamu perlu mengeluarkan uang gajian lebih besar. Agar kamu bisa menghemat uang gajian, kamu bisa mengajak partner refreshing kamu. Ajaklah orangtua, keluarga, atau sahabat kamu untuk patungan. Kamu bisa hitung pengeluaran transportasi, menginap, makan, dan tempat wisata dan membaginya rata.

Dengan cara ini kamu bisa menghindari uang gajian kamu terpotong banyak dan menghindari membengkaknya pengeluaran. Jangan sampai sepulang refreshing kamu tidak bisa menjalani hari-hari dengan nyaman karena uang gajian terkuras habis.

Liburan dengan cara backpacker atau one day tour

Jika uang gajian kamu belum mencukupi untuk kamu mengagendakan rencana refreshing, kamu bisa siasati dengan merencanakan liburan backpacker! Tidak selamanya refreshing harus berarti liburan yang mewah. Walaupun uang gajian kamu tidak seberapa kamu masih bisa refreshing dengan mengubah cara liburan kamu!

Liburan dengan gaya backpacker mampu memangkas cukup banyak bujet liburan kamu sehingga kamu tidak perlu memaksakan diri mengumpulkan uang gajian sebanyak mungkin. Apabila kamu masih keberatan dengan ongkos transportasi untuk refreshing ke luar kota, kamu bisa kunjungi destinasi liburan terdekat dengan kamu. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi tentu biaya yang perlu kamu keluarkan pun semakin hemat.

Dengan konsep one day tour atau liburan pulang pergi, kamu bisa memangkas cukup banyak biaya transportasi dan kamu tidak perlu repot mencari tempat penginapan. Kamu juga bisa siapkan bekal makanan dan minuman dari rumah yang cukup untuk disantap siang, sore, dan malam hari menjelang perjalanan pulang.

Untuk bisa refreshing kamu tidak perlu menyiksa diri dengan sekelumit rencana yang terasa mengekangmu. Kamu tinggal sesuaikan agenda refreshing kamu dengan kemampuan kamu. Ingat bahwa kunci liburan adalah untuk menenangkan pikiran kamu bukan sebaliknya menambah beban pikiran kamu. Liburan hemat, pikiran tenang, hati senang!

Pilih penginapan dengan harga terjangkau

Pilihlah penginapan dengan harga terjangkau yang menawarkan penginapan murah namun juga nyaman. Akomodasi adalah salah satu biaya refreshing terbesar kedua setelah transportasi yang bisa kamu pangkas dengan memilih penginapan yang terjangkau.

Salah satu penginapan dengan harga terjangkau dan nyaman adalah hotel kapsul bernama Bobobox. Bobobox kini hadir di beberapa kota di Indonesia sebagai salah satu destinasi penginapan dengan harga terjangkau yang kamu bisa pilih. Konsepnya yang kekinian dan terintegrasi dengan teknologi menjadi daya tariknya tersendiri. Rasakan pengalaman yang belum penah kamu alami sebelumnya di sini! Unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like
Comments
Loading...