Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Turunkan Berat Badan? Ikuti 7 Tips Efektif Diet Saat Puasa Ini. Jangan Sampai Salah Langkah!

Agar berat badan tidak naik!

Bobobox.co.id — Saat bulan suci Ramadan datang, banyak orang yang menggangap bahwa menjalankan puasa di bulan ini dapat membuat menurunkan berat badan. Apalagi, bagi kamu yang sedang dalam program diet.

Namun, tak sedikit dari orang-orang tersebut yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Orang-orang ini kerapkali salah langkah dalam beberapa hal yang justru berefek buruk pada berat badan.

Untuk itu, Bob, di sini, akan memberikan tujuh tips efektif diet saat puasa. Ketujuh tips ini wajib diaplikasikan secara optimal agar berat badan yang kamu idamkan bisa terwujud selama menjalankan ibadah ini.

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Tips efektif diet saat puasa pertama adalah dengan menghindari makanan dan minumas manis. Makanan dan minuman manis ini kerapkali menjadi pilihan banyak orang sebagai salah satu menu untuk berbuka.

Walaupun begitu, ada baiknya untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minumas manis. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi keduanya justru akan mengacaukan program diet selama puasa.

Bukannya mengurangi rasa lapar, kamu justru akan semakin merasa lapar. Dengan begitu, berat badanmu justru akan semakin bertambah berbanding terbalik dengan niatan awal untuk bisa mengurangi berat badan.

Oleh karenanya, cara menurunkan berat badan dengan puasa ini haruslah diaplikasikan selama bulan Ramadan. Berbukalah dengan kurma sebagai solusi saat ingin berbuka dengan yang manis.

tips efektif diet saat puasa makanan manis
Makanan manis via unsplash.com/@anastasiiachepinska

Hindari Makanan Berminyak

Selain menghindari makanan dan minumas manis, makanan berminyak seperti gorengan pun wajib kamu hindari. Makanan berminyak ini termasuk salah satu menu berbuka yang mudah dibuat.

Tak jarang, kamu menghabiskan banyak gorengan saat berbuka. Namun, hal tersebut justru tak baik untuk berat badanmu. Oleh karenanya, menghindari gorengan termasuk tips efektif diet saat puasa.

Tips menurunkan berat badan saat bulan Ramadan ini sendiri bukannya tanpa alasan. Makanan berminyak mengandung lemak khususnya lemak jenuh yang mampu menyebabkan terjadi peningkatan berat badan.

Tak hanya itu, lemak jenuh ini pun dapat memicu kolestrol jahat (LDL). Semakin meningkatnya kadar kolestrol jahat justru akan meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Hindari gorengan via unsplash.com/@mrthetrain

Mencukupi Asupan Air Putih

Tips efektif diet saat puasa berikutnya adalah mencukupi asupan air putih yang dibutuhkan tubuh. Untuk tips ini, setiap orang memiliki perbedaan terkait asupan air putih yang wajib dikonsumsi setiap harinya.

Paling tidak, kamu mengonsumsi delapan gelas air putih per hari. Di bulan suci Ramadan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memenuhi asupan air putih guna berat badan turun saat puasa.

Misalkan saja, kamu bisa mengikuti pola 2-4-2. Tips menurunkan berat badan saat bulan Ramadan ini sendiri terdiri dari dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

Selain itu, kamu bisa mengikuti pola lain. Tips kurus saat puasa Ramadan ini membagi delapan gelas saat bangun tidur, sebelum dan setelah sahur, saat azan selesai, sebelum dan setelah berbuka, setelah tarawih, dan sebelum tidur.

Penuhi asupan air putih via pexels.com/@daria

Tetap Berolahraga

Saat berpuasa, banyak orang yang mempunyai alasan ‘valid’ untuk bermalas-malasan. Padahal, bergerak aktif selama bulan Ramadan bisa jadi cara menurunkan berat badan dengan puasa sebagai tambahannya.

Melakukan olahraga ringan seperti jogging atau lari bisa jadi pilihan. Di samping itu, kamu pun tak perlu mengurangi aktivitas yang biasa kamu lakukan hanya karena kamu berpuasa seharian penuh.

Hal yang harus diperhatikan adalah waktu dalam berolahraga. Tips kurus saat puasa Ramadan ini baiknya dilakukan satu jam sebelum waktu berbuka puasa tiba. Kamu bisa mengatur sendiri soal hal ini.

Pasalnya, tiap daerah memiliki jadwal berbukanya masing-masing. Dengan melakukan olahraga satu jam sebelum berbuka, kamu nantinya tidak akan merasa lemas, haus, ataupun kelaparan akibat olahraganya.

Berolahraga via pexels.com/@cottonbro

Tidur yang Cukup

Tips efektif diet saat puasa Ramadan adalah tidur yang cukup. Menjaga durasi serta kualitas tidur adalah salah satu tips menurunkan berat badan saat bulan Ramadan yang seringkali sulit dilakukan.

Hal ini terjadi karena banyak orang kerap merasakan kesulitan dalam mengubah pola tidur yang biasa dilakukan. Apalagi, bagi orang-orang yang belum bisa tidur sebelum tengah malam misalkan.

Fakta ini bisa diakali dengan berbagai cara. Mulai dari tidak memainkan smartphone satu jam sebelum tidur hingga mengatur di jam tertentu untuk berada di kasur dan tidak bergantung pada kondisi tertentu.

Di saat kamu kurang tidur, hormon ghrelin dalam tubuh justru akan meningkat. Meningkatnya hormon ini justru menyebabkan nafsu makan bertambah dan kemungkinan lingkar pinggang melebar.

Tidur yang cukup via pexels.com/@olly

Perbanyak Serat dan Protein Saat Sahur dan Buka Puasa

Perbanyak serat dan protein saat sahur dan buka puasa adalah tips efektif diet saat puasa. Tips efektif saat puasa ini termasuk salah satu tips yang mampu membuat berat badan turun saat puasa.

Untuk tips satu ini, pastikan makanan sahur dan berbuka puasamu memiliki nutrisi lengkap dan seimbang. Jadi, makanan untuk sahur dan buka tidak hanya sekadar enak di lidah tetapi juga baik untuk tubuh.

Pemenuhan karbohidrat untuk cara menurunkan berat badan dengan puasa ini bisa berasal dari gandum, utuh, kentang, atau nasi merah. Tambahkan lemak sehat dari daging merah tanpa lemak dan ikan salmon.

Di samping itu, konsumsi juga makanan berprotein tinggi seperti telur, tahu, ayam, dan lainnya. Usahakan juga untuk mengonsumsi serat yang berasal dari sayuran hijau dan buah agar berat badan turun saat puasa.

Asupan nutrisi terjaga via pexels.com/@catscoming

Jangan Berbuka secara Berlebihan

Tips efektif diet saat puasa terakhir dari Bob adalah berbukalah secara wajar. Saat waktu buka telah tiba, tak sedikit orang yang justru makan secara berlebihan setelah menahan lapar dan haus seharian.

Tak ayal jika momen berbuka ini justru dijadikan ajang balas dendam. Semua makanan yang ada dihidangkan untuk berbuka dilahap dalam waktu singkat hingga menyebabkan kekenyangan.

Padahal, hal tersebut justru tidak akan membuat puasa menurunkan berat badan. Hal yang terjadi justru sebaliknya. Berat badanmu akan terjadi peningkatan berat badan yang pastinya kamu hindari.

Pastikanlah untuk menyantap hidangan secara perlahan. Tak perlu terburu-buru untuk menyantap semua menu yang ada. Pengendalian diri ini tentunya akan membuat berat badan turun saat puasa.

Makan berlebihan via unsplash.com/@jarritos

Pusing Mencari Akomodasi Penginapan selama Puasa? Ya di Bobobox

Pusing dalam memilih akomodasi penginapan selama puasa seperti sekarang ini? Tidak usah khawatir karena ada Bobobox yang bisa menjadi pilihan untuk menginap.

Fasilitas yang kekinian dengan harga inap per malamnya yang tergolong murah menjadi beberapa alasan yang pastinya bisa menjadikanmu untuk memilih Bobobox sebagai tempat menginap yang nyaman.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like