Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Dehidrasi Saat Puasa? Ikuti 5 Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa Berikut Ini

Biar ibadah puasa tetap lancar!

Bobobox.co.id — Seperti yang sudah pernah Bob bahas, manfaat air putih bagi kesehatan tak terelakkan lagi. Hal tersebut didukung dengan fakta bahwa 60 persen komposisi tubuh manusia adalah air.

Selama berpuasa di bulan suci Ramadan, umat Muslim akan menahan haus dan lapar selama sehari penuh. Dengan begitu, kemungkinan umat Muslin mengalami dehidrasi pun akan semakin meningkat.

Nah, jika kamu termasuk yang sering mengalami dehidrasi saat puasa, ikuti lima tips cegah dehidrasi saat puasa dari Bob berikut ini. Asupan cairan tetap terpenuhi di bulan Ramadan tanpa harus membuatmu lemas!

Penuhi Kebutuhan Cairan

Tips cegah dehidrasi saat puasa pertama adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Secara umum, kebutuhan cairan harian seseorang adalah dua liter per hari atau delapan hingga dua belas gelas per hari.

Nah, pemenuhan cairan tubuh saat puasa pasti berbeda dengan hari-hari biasa. Oleh karena itu, kamu bisa mengakalinya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memanfaatkan waktu sahur dan berbuka.

Kamu bisa mengikuti pola 2-4-2 dalam memenuhi kebutuhan cairan harian yang dibutuhkan tubuh. Pola minum ini sendiri terdiri dari dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

tips cegah dehidrasi saat puasa
Minum air via pexels.com/@daria

Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa dengan Hindari Minuman Berkafein

Saat berpuasa, ada baiknya untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, ataupun cokelat. Pasalnya, minuman tersebut memiliki efek samping yang justru akan membuatmu mudah terkena dehidrasi.

Alasan utama minuman berkafein wajib dihindari adalah sifat diuretik pada minumannya. Sifat diuretik ini akan membuatmu sering bolak-balik ke toilet untuk pipis karena meningkatnya pengeluaran kencing.

Nah, jika tidak diseimbangkan dengan asupan cairan cukup, potensi dehidrasi pun meningkat. Untuk itu, usahakanlah untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein selama bulan Ramadan.

Minuman berkafein via pexels.com/@freestocks

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Ikuti 7 Tips Efektif Diet Saat Puasa Ini. Jangan Sampai Salah Langkah!


Hindari Minuman dengan Kandungan Gula Tinggi

Tak hanya minuman berkafein, minuman mengandung gula tinggi pun wajib dihindari. Beberapa minuman seperti sirup atau soft drink tentu memberikan sensasi tersendiri saat diminum saat berbuka.

Namun, jenis minuman ini justru dapat membuatmu rasa haus semakin terasa. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba berbuka puasa dengan meminum infused water yang terbuat dari buah yang kamu sukai.

Minuman bergula tinggi via pexels.com/@karolina-grabowska

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Selama bulan Ramadan, rasanya akan sulit untuk bergantung pada air putih sebagai satu-satunya sumber pemenuh cairan harian. Untuk itu, ada baiknya jika kamu memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Pasalnya, banyak sayur dan buah yang secara alami mengandung jumlah cairan. Mulai dari semangka, timun, tomat, dan lainnya bisa jadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa.

Di samping itu, makan berkuah hangat pun tak ada salahnya untuk dipilih. Tak hanya menjadi sumber pemenuh cairan, rasa nyaman dari kuah hangat tersebut mampu dirasakan oleh perut.

Makan sayur via pexels.com/@catscoming

Baca Juga: Mulai Lemas Saat Puasa, Coba Lakukan 7 Tips Tidak Lemas Saat Puasa 2021 Ini!


Hindari Beraktivitas di Luar Ruangan di Siang Hari

Tips cegah dehidrasi saat puasa terakhir dari Bob adalah menghindari aktivitas di luar ruangan di siang hari. Aktivitas yang wajib dihindari sendiri adalah aktivitas yang benar-benar menguras tenaga seperti berolahraga.

Cairan tubuh hilang, selain lewat urin, akan hilang melalui keringat. Saat melakukan kegiatan berat, cairan tubuh akan hilang melalui keringat. Untuk mencegah hilangnya cairan secara berlebih, lakukan olahraga menjelang berbuka.

Aktivitas luar ruangan via pexels.com/@mary-taylor

Itulah tips cegah dehidrasi saat puasa yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

lorong bobobox kamar

You might also like