Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Hemat

Tiket di tangan, dompet tetap aman

Bobobox.co.id — Saat berlibur, kamu tentu merancang terlebih dahulu pengeluaran selama berada di destinasi liburan. Salah satu pengeluaran yang biasanya cukup menguras alokasi dana pengeluaran adalah untuk keperluan tiket pesawat. Solusi yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket pesawat murah.

Sekarang ini, setelah ditetapkannya harga atas bawah, mencari tiket pesawat murah relatif sulit. Walaupun tergolong cukup sulit, bukan berarti tidak bisa lho. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya. Jika kamu masih kebingungan, berikut ini merupakan tips mencari tiket pesawat murah untuk liburanmu.

Beli Jauh-Jauh Hari

Tips pertama adalah belilah tiket jauh-jauh hari jika memang waktu liburan sudah bisa kamu pastikan sebelumnya. Hindarilah untuk memesan tiket pesawat kurang dari 30 hari sebelum keberangkatanmu. Hal ini karena biasanya tiket yang dijual yang jauh lebih lebih mahal.

Menurut riset dari Airlines Reporting Corporation (ARC) dan Expedia Group, pemesanan tiket pesawat di hari selasa akan jauh lebih mahal dibandingkan hari lainnya. Selain itu juga, jam 11 malam diklaim menjadi waktu yang tepat untuk memesan tiket pesawan. Sekarang kamu mempunyai hari tabu untuk memesan tiket pesawat, bukan?

Teliti Jadwal Penerbangan

Sudah menjadi rahasia umum jika waktu keberangkatan liburanmu akan berpengaruh dengan harga tiket pesawat yang kamu pesan. Jadwal keberangkatan di akhir pekan atau hari libur akan cenderung lebih mahal. Hal ini karena banyak orang yang memilih waktu tersebut untuk melakukan liburannya.

Solusinya adalah dengan melakukan keberangkatan pada pertengahan minggu dengan menginap di Sabtu malam. Cara ini bisa menghemat harga tiket pesawat yang kamu pesan. Lumrahnya, para wisatawan akan pulang dari liburan mereka pada hari senin atau selasa setelah berakhir pekan di tempat wisata.

Perhatikan Tujuan Liburan

Jika kamu memang berniat mendapatkan tiket pesawat murah, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah melakukan survei kecil-kecilan dari kota ataupun negara tujuan liburanmu. Nah, beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah kapan musim liburan dan seberapa populerkah kota atau negara tujuan tersebut.

Untuk yang pertama, biasanya tiap destinasi liburan memiliki high dan low season yang berbeda-beda. Semisal, kamu yang ingin menjelajah Eropa, musim libur sekolah, musim semi, atau libur Natal dan tahun baru termasuk ke dalam high season karenanya tak heran banyak wisatawan yang datang ke negara-negara di Eropa di sekitaran bulan Mei hingga Juli dan November hingga Desember. Sehingga, kamu bisa memilih bulan lainnya untuk mendapatkan harga lebih terjangkau.

Selanjutnya, semakin populer kota atau negara yang kamu tuju, semakin mahal pula tiket yang harus kamu bayarkan. Jangan heran jika harganya yang bisa berubah hanya dalam hitungan jam sehingga dibutuhkan kegesitanmu dalam mencari harga termurah yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa membuka beberapa situs penjual tiket online untuk mengetahui perbedaan harganya.

Jangan Beli Tiket Rombongan

Kalau kamu memiliki rencana untuk berlibur bersama teman-temanmu, usahakanlah untuk tidak membeli tiket pesawat dengan jumlah rombongan. Dengan membeli rombongan, justru tiket yang harus kamu bayarkan jauh lebih mahal dibandingkan saat kamu membelinya secara terpisah.

Biasanya, letak tempat duduk mempengaruhi harga yang ditawarkan. Sebagai contoh, kamu akan mendapati harga tiket kursi yang berada di dekat mesin cenderung lebih murah karena relatif bising saat berada di area tersebut. Sehingga, saat kamu membelinya secara terpisah, kamu bisa membeli tiketnya satu persatu hingga available seatnya sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa memilih kursi lainnya bagi temanmu yang belum mendapatkan kursi pesawat.

Teliti Soal Maskapai Penerbangan

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapat tiket pesawat murah adalah dengan memilih maskapai penerbangan jenis LCC (Low Cost Carrier). Bagi kamu yang belum tahu, maskapai penerbangan ini menawarkan harga tiket yang cenderung lebih murah khususnya bagi kamu yang memesannya jauh-jauh hari.

Bandingkan dengan maskapai full service, yang biasanya menganut sistem year-round fare. Harga tiket pesawat yang ditawarkan maskapai ini cenderung stabil dan tidak banyak berubah dari waktu ke waktu. Nah, setelah sudah mengetahui mana saja maskapai LCC, teliti juga rekam jejak maskapai tersebut demi keselamatan dan kenyamananmu juga.

Pilih Penerbangan Transit

Nah, memilih penerbangan transit menjadi tips lainnya yang wajib kamu tahu. Seringkali, tiket pesawat terusan (tanpa transit) biasanya dijual lebih mahal dibandingkan dengan tiket penerbangan transit. Artinya, kamu akan mendarat terlebih dahulu di bandara alternatif sebelum berangkat kembali ke bandara utama di kota yang menjadi destinasi liburanmu.

Tiket penerbangan transit dijual lebih murah karena maskapai pada saat transit mencari penumpang untuk mengisi kekosongan kursi di pesawat. Alternatif lainnya, gunakan transportasi darat jika setelah kamu transit ternyata jarak dari bandara ke tempat liburan tidak terlalu jauh. Hanya saja, hitung kembali ongkos yang harus kamu keluarkan. Jangan sampai malah jadi lebih boros.

Cek Promo Online dan Offline

Tips terakhir dari daftar ini adalah cobalah untuk mengikuti newsletter OTA (Online Travel Agent) dan maskapai penerbangan juga datang ke travel fair yang ada di kotamu. Dengan mengikuti newsletter OTA dan maskapai penerbangan, kamu bisa mendapatkan update terbaru soal harga tiket pesawat yang sedang promo. Jadi, kamu bisa langsung memesan tiketnya jika kamu rasa sudah sesuai dengan bujet yang kamu tentukan.

Kamu bisa sering-sering datang ke travel fair yang diselenggarakan di kotamu. Cara ini menjadi alternatif bagi kamu yang tidak menginginkan akun emailmu mendapatkan banyak newsletter. Cukup datang ke travel fair dan banyak promo menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat menyoal tiket pesawat yang harus kamu beli.

pesawat newsletter
via crazyegg.com

Pergi Liburan? Ingat Bobobox!

Setelah sibuk mencari tiket pesawat murah untuk liburanmu, tidak ada salahnya jika kamu mencari juga akomodasi penginapan yang kamu butuhkan selama berlibur. Nah, kalau kamu mengalami kesulitan untuk menemukan akomodasi penginapan yang sesuai di kantong, Bobobox adalah jawaban untuk segala keresahan yang menghantuimu.

Hotel kapsul berkonsep futuristik ini menawarkan harga yang terjangkau untukmu. Harganya yang terjangkau tidak membuat fasilitas yang diberikan murahan. Malah kamu akan benar-benar dimanjakan oleh fasilitas penunjang dari Bobobox. Sebut saja, pengeras suara Bluetooth yang kamu gunakan untuk mendengarkan lagu dari musisi favoritmu atau menonton film-film terkini ditemani lampu led yang bisa kamu atur sesuka hatimu.hotel kapsul bobobo

Kalau kamu masih ragu soal keamanannya, tiap podnya dilengkapi oleh QR Code yang hanya bisa diakses langsung lewat smartphonemu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ada orang yang tidak diinginkan masuk ke pod yang kamu sudah sewa karena hanya kamu sendirilah yang mempunyai akses podmu. Selain itu, ada pantri yang bisa kamu gunakan untuk bercengkrama bersama teman-temanmu saat berada di luar pod. 

Pemesanannya pun tergolong mudah dan praktis. Cukup unduh aplikasi Bobobox secara gratis melalui Playstore ataupun Appstore. Beragam metode pembayaran bisa kamu pilih menyesuaikan dengan transaksi yang biasa kamu lakukan sehingga tidak membuatmu repot. Tunggu apalagi? Ayo menginap di Bobobox karena promo menarik sudah menunggumu.

 

Comments
Loading...