Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Berwisata ke Bromo yang Perlu Kamu Siapkan

Punya agenda berlibur ke Bromo? Simak tips berwisata ke Bromo berikut ini!

Tips berwisata yang akan Bob bahas kali ini adalah mengenai tips berwisata untuk kamu yang ingin liburan ke Bromo. Mengingat Gunung Bromo merupakan destinasi wisata alam di tengah pegunungan yang cukup tinggi, ada beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan. Tips berwisata ke Bromo berikut ini harus kamu perhatikan bukan hanya untuk kenyamanan liburan kamu saja namun juga untuk keselamatan kamu selama berlibur.

Sebagai informasi, Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 mdpl yang dikelilingi oleh hamparan pasir dengan luas mencapai 10 kilometer. Dengan ketinggian tersebut, tidak mengherankan jika suhu di Gunung Bromo ini bisa mencapai 2º hingga 20º Celcius. Suhunya yang begitu dingin membuat tempat ini menjadi salah satu pilihan destinasi liburan di Jawa Timur yang bercuaca cukup ekstrim.

Kendati suhunya cukup dingin, Gunung Bromo merupakan wisata paling populer untuk dijadikan destinasi liburan. Keindahan pemandangan matahari terbit yang bisa kamu nikmati diketinggian Gunung Bromo merupakan salah satu fenomena alam yang diburu banyak orang. Selain menjadi tempat favorit untuk melihat terbitnya matahari, Gunung Bromo pun menjadi pos pantau aktivitas gunung berapi.

Sebelum melakukan perjalanan ke Gunung Bromo kamu tentu perlu mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar perjalanan kamu berjalan dengan lancar. Perencanaan yang matang adalah kunci perjalanan yang menyenangkan dan terarah. Langsung saja Bob bahas tips berwisata ke Gunung Bromo seperi berikut ini!

tips berwisata
@kemenpar

Tips Berwisata ke Bromo; Pilih Waktu Yang Tepat

Saat kamu memutuskan untuk berlibur ke Gunung Bromo tips berwisata yang Bob sarankan pertama kali adalah memilih waktu yang terbaik. Mengingat cuaca di Gunung Bromo cukup ekstrim, kamu perlu pintar-pintar memilih waktu berwisata ke Bromo. Tips berwisata ke Bromo yang pertama adalah sebaiknya memilih waktu berlibur di musim kemarau yaitu disekitar bulan Mei hingga September.

Musim kemarau dipilih karena di musim ini kamu dapat menyaksikan fenomena matahari terbit yang lebih jelas, lebih besar, dan bulat kemerahan. Saat kamu berwisata ke Bromo di musim kemarau kamu bisa melakukan eksplorasi wisata Gunung Bromo secara lebih leluasa. Jika kamu memilih waktu berlibur ke Bromo saat musim hujan akan sedikit sulit bagi kamu untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit yang jelas.

Tips Berwisata ke Bromo; Persiapan Fisik

Tips berwisata ke Gunung Bromo berikutnya adalah mempersiapkan fisik dengan baik. Kondisi tubuh yang prima merupakan penentu kelancaran liburan kamu ke Gunung Bromo. Sesampainya kamu di kaki Gunung Bromo tentu kamu harus melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke puncak Gunung Bromo. Pendakian Gunung Bromo tidak bisa dibilang mudah karena kamu harus menaiki sekitar 250 anak tangga untuk mencapai kawah Gunung Bromo.

Pendakian Gunung Bromo memiliki tantangannya tersendiri karena selain perjalanannya yang cukup melelahkan kamu pun harus menahan dinginnya suhu Gunung Bromo. Oleh karena itu kesiapan dan keprimaan tubuh kamu merupakan hal yang penting untuk kamu perhatikan agar daya tahan tubuh cukup kuat. Tentunya kamu tidak ingin jatuh sakit saat kamu berlibur ke Gunung Bromo.

@Luh de Suriyani

Tips Berwisata ke Bromo; Siapkan Pakaian Hangat

Seperti yang sudah Bob sampaikan di atas, tantangan yang kamu harus hadapi saat berada di Gunung Bromo adalah cuaca dan udaranya yang dingin. Selain fisik yang fit, tentu pakaian dan perlengkapan juga harus kamu siapkan dengan baik agar kamu tidak kedinginan selama berlibur di Gunung Bromo. Tips berwisata ke Gunung Bromo kali ini adalah mengenai pakaian yang harus kamu siapkan sebelum melakukan perjalanan ke Gunung Bromo.

Pertama, siapkan jaket yang mampu menahan udara dingin dan bukan sekedar jaket fashion saja. Siapkan juga beberapa kaos berlengan panjang yang bisa kamu pakai sebelum mengenakan jaket. Selain jaket dan kaos panjang jangan lupa kenakan celana panjang yang cukup tebal sehingga bisa membantu melindungi kaki kamu dari udara yang dingin. Jangan lupa mengikuti tips berwisata ke Bromo ini ya agar kamu tidak kedinginan!

Tips Berwisata ke Bromo; Perlengkapan Menuju Bromo

Mengingat jaket tidak dapat menghangatkan seluruh badan kamu dengan sempurna, maka ada baiknya kamu melengkapinya dengan beberapa perlengkapan lainnya. Tips berwisata ke Bromo berikutnya adalah menyiapkan beberapa aksesoris seperti syal, kupluk, kaos kaki, dan sarung tangan. Aksesoris tersebut bisa kamu pilih untuk menghangatkan tubuh kamu. Syal yang kamu gunakan berguna untuk melindungi leher kamu dari hawa dingin.

@Luh de Suriyani

Kupluk yang kamu kenakan pun bisa membantu untuk melindungi kepala agar tidak terasa dingin. Bob sarankan kamu untuk mengenakan kupluk hingga telinga karena selain melindungi kepala penggunaan kupluk ini berguna untuk untuk mengurangi tekanan udara saat berada di puncak Gunung Bromo. Tips berwisata ke Bromo selanjutnya yang bisa kamu siapkan adalah sarung tangan dan kaos kaki.

Jangan khawatir jika kamu lupa membawa perlengkapan ini karena di sekitar Gunung Bromo banyak yang menjual perlengkapan seperti syal, carpus, dan sarung tangan. Penting untuk diingat, Bob sangat tidak merekomendasikan kamu untuk mengenakan sendal saat mendaki Gunung Bromo. Penggunaan sandal saat mendaki Gunung Bromo sangat tidak efisien mengingat udaranya yang dingin dan kontur jalan yang cukup ekstrim.

Kamu akan menemukan beberapa jalan berbatu dan licin sehingga boots atau sepatu hiking akan lebih aman digunakan dibandingkan sneakers. Tips berwisata ke Gunung Bromo selanjutnya adalah mempersiapkan alat penerang. Penerangan dari senter akan sangat membantu kamu menapaki jalan untuk menuju ketinggian di Gunung Bromo terutama untuk kamu pemburu matahari terbit.

Ingat untuk selalu berhati-hati di dalam perjalanan mengingat Gunung Bromo ini dikelilingi oleh hamparan pasir. Oleh karena itu kamu juga bisa menyiapkan masker untuk melindungi hidung dan mulut dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.

Tips Berwisata ke Bromo; Berdoa Sebelum Berangkat

Tips berwisata ke Bromo yang terakhir dan yang paling penting adalah berdoa. Jika semua persiapan telah selesai, kamu tinggal berdoa agar perjalanan kamu menyenangkan, aman, dan sesuai apa yang kamu harapkan. Semoga tips berwisata ke Bromo dari Bob bisa membantu perjalanan kamu ke Bromo menjadi lebih lancar dan seru! Jangan lupa juga untuk pastikan akomodasi kamu selama berlibur nyaman dan sesuai bujet kamu.

Jika kamu masih ragu dengan beberapa pilihan akomodasi yang ada kamu bisa coba unduh aplikasi Bobobox di smartphone kamu. Bobobox meupakan salah satu pilihan akomodasi yang nyaman, unik, dan terjangkau. Bob juga tidak sungkan untuk memberi kamu promo yang menarik untuk kamu bisa menginap di sini dengan cara mengunduh aplikasi Bobobox. Yuk tunggu apalagi segera unduh aplikasinya!

bobobox hotel kapsul

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.