Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Bersepeda Jarak Jauh bagi Seorang Pemula

Agar kamu tidak kelelahan di tengah jalan.

Bobobox.co.id — Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah melakukan olahraga. Dari sekian banyak olahraga, bersepeda menjadi olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan.

Pasalnya, selama bersepeda, kamu bisa menemukan hal yang menarik saat di perjalanannya. Tidak heran jika sekarang ini, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang diminati oleh orang banyak.

Nah, bagi kamu yang baru ingin memulai olahraga ini, kamu tentu harus mengetahui beberapa tips bersepeda yang berguna untuk nantinya diaplikasikan saat kamu bersepeda jarak jauh.

Bob sudah merangkum 10 tips bersepeda jarak jauh yang dapat dilakukan bagi kamu yang termasuk kategori pemula dari olahraga satu ini. Tidak usah berlama-lama, langsung saja simak kesepuluh tips bersepeda berikut ini.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Tips bersepeda pertama yang harus diketahui bagi pemula saat bersepeda jarak jauh adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Hal ini sendiri ditujukan demi menunjang stamina saat nantinya bersepeda.

Sebelum bersepeda jarak jauh, hindarilah kondisi perut kosong atau kekenyangan. Isilah perutmu secukupnya saja. Cara yang tepat untuk mengisi perut secukupnya ini adalah dengan makanan kaya serat.

Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan di malam hari sebelum kamu berencana untuk bersepeda jarak jauh. Tips bersepeda ini ditujukan karena makanan kaya serat bisa menjadi pasokan energi saat olahraga.

tips bersepeda mengonsumsi makanan serat

Usahakan untuk Mencukupi Asupan Minum

Tidak hanya asupan makanan saja yang perlu kamu perhatikan saat akan bersepeda jarak jauh. Tips bersepeda lainnya adalah mengusahakan untuk mencukupi asupan minum air putih yang diperlukan setiap harinya.

Bagi kamu yang baru ingin bersepeda, nutrisi dan hidrasi menjadi dua kunci utama dalam mempertahankan tenaga saat bersepeda jarak jauh. Oleh karenanya, air minum perlu dibawa saat kamu akan bersepeda nantinya.

Pastikanlah untuk mengonsumsi minimal 2 gelas air kurang lebih 15 menit sebelum kamu akan bersepeda. Setelah itu, minumlah kira-kira satu botol air mineral per jamnya untuk memperbaiki tenaga yang sudah terkuras.

Tips Bersepeda tentang Camilan

Nah, bagi kamu yang tidak sempat memakan makanan yang berserat tinggi, kamu pun bisa menggantinya dengan makanan tips bersepeda satu ini. Makanan yang Bob maksud kali ini adalah camilan.

Makanan memang menjadi elemen yang cukup krusial dalam menyediakan energi bagi tubuh saat akan bersepeda jarak jauh. Dalam posisi terdesak, camilan seperti kue kering dan energy bar bisa menjadi solusi jangka pendek.

Kedua camilan tersebut biasanya memiliki kalori mulai dari 100 hingga 500 kkal. Kamu bisa mengonsumsi camilan sebagai penyedia energi ini antara satu hingga dua jam selama perjalanan bersepedamu.

Tips Bersepeda dengan Istirahat yang Cukup

Tips bersepeda jarak jauh bagi para pemula adalah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup ini sendiri tidak hanya satu hari sebelum kamu akan bersepeda. Kamu harus memiliki jam tidur yang teratur minimal beberapa sebelumnya.

Tubuh memang akan mendapatkan keuntungan dari berolahraga seperti bersepeda. Walaupun begitu, tubuh yang tidak fit karena kurang tidur justru tidak baik untuk dipaksakan untuk latihan fisik.

Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup dan baik, kebugaran tubuhmu nantinya akan tetap terjaga saat kamu melakukan latihan fisik. Bugarnya tubuh bisa jadi membuat momen bersepeda jarak jauhmu jadi lebih menyenangkan.

Membagi Rute saat Bersepeda

Membagi rute saat bersepeda menjadi tips selanjutnya yang Bob sangat rekomendasikan untuk para pemula ketahui. Pasalnya, para pemula seringkali melakukan kesalahan saat menentukan rute saat bersepeda jarak jauh.

Bagilah rute perjalanan bersepedanya sesuai dengan kemampuan. Kamu bisa melakukan latihan rutin dengan rute yang berbeda untuk melatih pernapasan serta otot agar nantinya tidak terlalu kaget saat melakukan perjalanan jauh.

Jarak yang disarankan untuk latihan dan rute perjalanan bersepedanya adalah kurang lebih dua kilometer. Setelah terbiasa, kamu bisa menambah jarak dan rute perjalanannya secara bertahap hingga jarak yang kamu inginkan.

Mengayuh dengan Tetap dan Stabil

Kunci dalam bersepeda jarak jauh adalah ketahanan fisik atau endurance yang baik. Oleh karenanya, cara mengayuh sepeda yang benar dan stabil menjadi tips bersepeda yang perlu diperhatikan oleh para pemula.

Cara mengayuh sepeda yang salah akan mengakibatkan terkurasnya energi dengan sangat cepat. Teknik mengayuh sepeda yang benar adalah 70 persen dari detak jantung optimal dari tubuhmu.

Cara paling mudah untuk mengecek angka tersebut adalah dengan berbicara saat lelah. Jika kamu tidak bisa menyelesaikan satu kalimat saat berbicara pada kondisi tersebut, berarti kamu terlalu keras dalam mengayuh sepeda.

 Atur Posisi Gir Sepeda

Performa seorang pesepeda bisa ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu faktor penentunya adalah posisi gir sepeda. Kamu harus menentukan posisi gir sepeda saat kamu memang berencana untuk bersepeda jarak jauh.

Tips bersepeda ini sangat dianjurkan karena akan berpengaruh pada stamina atau tenagamu. Kayuhan yang terasa berat akan mengakibatkan energi yang dikeluarkan haruslah besar dan tidak baik untuk bersepeda dalam jangka waktu lama.

Oleh karena itu, kamu bisa mengatur posisi gir sepedamu jika memang dirasa sudah berat. Kamu bisa mengganti posisi gir tersebut ke gir yang lebih ringan sehingga nantinya kamu tidak akan tersiksa karena kayuhan yang berat.

Mengganti Posisi Duduk

Selain posisi gir sepeda, posisi duduk saat bersepeda jarak jauh pun menjadi hal yang harus kamu perhatikan secara cermat. Pasalnya, jika salah duduk maka tubuhmu justru akan cepat lelah dan tidak betah saat bersepeda.

Cobalah untuk melakukan tips bersepeda ini beberapa kali dalam satu jam perjalanan bersepedamu. Bahkan, kamu pun disarankan untuk mengubah posisi tanganmu untuk menghindari rasa pegal yang cepat datang.

Jika kamu melakukan kedua tips bersepeda ini, tubuhmu pun akan menjadi lebih tenang dan lebih betah selama bersepeda khususnya saat kamu akan bersepeda jarak jauh di akhir pekan.

Jangan Terlalu Lama untuk Jeda Istirahat

Istirahat memang diperlukan saat berolahraga apalagi jika olahraga tersebut seperti bersepeda jarak jauh. Tips bersepeda lainnya yang Bob rekomendasikan untuk para pemula adalah jangan terlalu lama dalam mengambil jeda istirahat.

Seperti yang Bob singgung, istirahat memang penting namun akan terasa pas untuk tubuh jika dilakukan dengan durasi yang tepat. Hal tersebut berkaitan erat dengan kebugaran dan otot kaki saat bersepeda.

Jika kamu beritirahat terlalu lama, hal tersebut mengakibatkan tubuh kesulitan dalam mengembalikan kondisi otot kaki optimal untuk mengayuh sepeda. Dengan durasi yang tepat, kamu pun tidak mudah loyo.

Mengetahui Kemampuan Diri

Tips bersepeda jarak jauh terakhir untuk para pemula ketahui adalah tahu batas kemampuan diri dalam bersepeda. Penting rasanya untuk mengetahui kemampuan diri ini karena bersepeda jarak jauh tidaklah mudah.

Kamu perlu berlatih secara teratur untuk mengasah stamina. Konsistensi dan stabilitas menjadi dua kunci utama dalam bersepeda jarak jauh. Keduanya sendiri berperan penting dalam menjaga stamina agar tidak lelah di tengah jalan.

Saat kamu tidak mengetahui kemampuan diri, bisa jadi kamu akan terlalu bersemangat dalam mengayuh sepedamu sehingga fisikmu justru lebih cepat lelah bahkan saat masih berada di setengah perjalanan bersepeda jarak jauh.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Selesai bersepeda jarak jauh, akan terasa nikmat jika kamu bisa beristirahat dengan nyaman. Salah satu penginapan yang bisa kamu pilih adalah Bobobox.

Bobobox sendiri menawarkan fasilitas keren yang mampu menjaga kualitas beristirahat yang kamu butuhkan setelah bersepeda jarak jauh.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk informasi pemesanannya.

kamar bobobox