Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Bersepeda yang Perlu Diketahui agar Kamu Aman di Jalan Raya

Agar keselamatan selama berkendara terjamin!

Bobobox.co.id — Bersepeda sekarang ini menjadi salah satu olahraga yang sedang ngetren saat ini. Tak heran jika kamu bisa menemukan orang-orang bersepeda di jalan raya sekarang-sekarang ini.

Namun, belakangan ini, olahraga pembakar kalori ini cukup sering dikecam oleh warganet di media sosial seperti Twitter. Pasalnya, banyak pesepeda yang justru tidak menaati peraturan hingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Bob akan berusaha memberikan beberapa tips bersepeda yang patut diketahui oleh para pesepeda. Hal ini dimaksudkan agar kamu aman saat melakukan olahraga ini di jalan raya.

Tidak usah berlama-lama lagi, berikut ini merupakan 7 tips bersepeda rekomendasi dari Bob yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa terapkan saat kamu akan bersepeda di jalan raya ya!

Cek Kondisi Sepeda

Tips bersepeda pertama adalah mengecek kondisi sepeda dalam kondisi prima sebelum menggunakannya. Bahkan, tips bersepeda satu ini sebenarnya merupakan sebuah keharusan yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kondisi sepeda yang prima akan menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa merawat kondisi sepedamu secara berkala misalkan saja tiga hari sekali ataupun seminggu sekali.

Kegiatan merawat kondisi sepeda sendiri meliputi pengecekan rantai sepeda yang bersih dari kotoran dan tidak kendor, rem yang pakem, hingga mengecek apakah ban sepeda tidak kempes bahkan bocor.

Untuk menjaga kondisi sepeda agar tetap baik, jangan lupa juga untuk sesekali membawa sepedamu ke bengkel khusus sepeda. Tenaga profesional tentunya dibutuhkan untuk benar-benar memastikan sepedamu tetap dalam kondisi baik.

tips bersepeda cek kondisi sepeda

Gunakan Perlengkapan yang Disarankan

Sama seperti halnya saat mengendarai sepeda motor, kamu pun harus menggunakan perlengkapan yang disarankan untuk menjaga keselamatan dan keamananmu saat bersepeda.

Pada tips bersepeda ini, ada beberapa perlengkapan yang wajib kamu gunakan. Beberapa perlengkapan tersebut antara lain helm khusus bersepeda, sarung tangan, pelindung lutut, dan barang tambahan seperti botol minum.

Dalam menggunakan perlengkapan bersepeda, pastikan juga medan yang akan kamu lewati selama bersepeda. Maksudnya adalah perlengkapan akan berbeda menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Misalkan saja, kamu akan bersepeda di malam hari. Kamu tentu membutuhkan perlengkapan tambahan seperti lampu di bagian belakang sepeda untuk menjaga keselamatanmu saat bersepeda.

Antisipasi Hal Berbahaya

Hampir di banyak jalan raya sudah ditandai adanya jalur sepeda. Walaupun begitu, hampir seluruh jalur sepeda di Indonesia hanya sebuah tanda saja bukan jalur khusus yang dibangun untuk pesepeda.

Oleh karenanya, tidak heran jika banyak jalur sepeda yang diakupansi oleh mobil untuk parkir. Kamu pun tentunya diharuskan untuk mengantisipasi hal berbahaya yang masuk ke tips bersepeda selanjutnya.

Misalkan saja, ada orang yang tiba-tiba membuka pintu mobil yang sedang parkir. Kamu pun bisa saja menabrak pintu mobil yang terbuka tersebut atau bahkan mungkin orang yang baru saja menutup pintu mobilnya.

Untuk itu, Bob sarankan untuk mengambil jarak 1,5 meter dari mobil yang sedang parkir. Asumsi ini ditujukan untuk memastikan apakah ada orang di dalam mobil tersebut.

via velonews.com

Pastikan selalu Terlihat Pengendara Lain

Tips bersepeda selanjutnya adalah memastikan bahwa kamu selalu terlihat oleh pengendara lainnya mulai dari pengendara mobil ataupun motor. Hal ini ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terlihat oleh pengendara lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian berwarna cerah dan atau pakaian yang memiliki permukaan reflektif.

Warna cerah dengan permukaan efektif pada sepeda akan membantumu untuk terlihat dengan baik oleh orang lain. Hal ini akan semakin bermanfaat saat kamu bersepeda di jalan raya saat malam hari atau cuaca berkabut.

Selain dengan menggunakan pakaian dengan warna cerah, kamu pun bisa memasang lampu di depan dan belakang sepeda untuk memastikan pengendara lain selalu bisa melihatmu.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Seperti yang sudah kamu ketahui, jalan raya merupakan milik semua orang baik itu pejalan kaki hingga pesepeda. Hal ini tentunya menjadikanmu yang ingin bersepeda di jalan raya untuk menaati aturan rambu lalu lintas.

Tips bersepeda satu ini sendiri pastinya harus dilakukan karena mampu menghindarkanmu dari hal-hal yang akan merugikanmu dan bahkan pengendara lainnya jika kamu melanggar aturan yang ada.

Beberapa aturan yang harus kamu perhatikan adalah tidak menerobos lampu merah, menyalip kendaraan dari kiri, dan menggunakan trotoar atau bahu jalan karena akan membahayakan pejalan kaki.

Semua hal tersebut pastinya dilakukan untuk kenyamanan dan keamananmu selama bersepeda di jalan raya. Jadi, jangan sampai mengindahkan tips bersepeda rekomendasi dari Bob yang satu ini ya.

Gunakan Isyarat Tangan untuk Tips Bersepeda Lainnya

Tanpa adanya lampu penanda untuk berbelok seperti yang ada di sepeda motor, para pesepeda tentunya akan kesulitan dalam memberikan tanda kepada kendaraan yang ada di belakangnya.

Untuk itu, isyarat tangan menjadi salah satu hal paling hal bermanfaat untuk bersepeda untuk kamu ketahui. Pasalnya, beberapa isyarat tangan ini mampu membantumu dalam mengindikasikan sesuatu hal saat bersepeda.

Salah satu yang harus kamu ketahui adalah isyarat tangan untuk berbelok. Kamu bisa mengangkat tangan kirimu untuk memberikan aba-aba bahwa kamu akan berbelok atau pindah jalur sepeda.

Selain itu, ada beberapa isyarat tangan lain dari tips bersepeda ini yang wajib kamu ketahui. Mempelajari isyarat tangan memang perlu dilakukan agar aktivitas bersepedamu menjadi lebih aman dan nyaman.

via sigmasports.com

Jangan Menggunakan Earphone

Tips bersepeda terakhir untuk bersepeda dengan aman di jalan raya adalah dengan tidak menggunakan earphone atau perlengkapan musik lainnya yang sejenis. Pasalnya, hal ini termasuk hal berbahaya untuk dilakukan.

Harus diakui jika menggunakan earphone saat berkendara seperti sepeda motor dan sepeda tentu mengasyikkan. Lagu-lagu favoritlah yang menghapus rasa bosan yang mungkin hinggap saat bersepeda di jalan raya.

Walaupun mengasyikkan, nyatanya menggunakan earphone untuk mendengarkan musik saat bersepeda bakal membuatmu justru tidak fokus. Kamu akan kesulitan dalam mendengarkan klakson atau isyarat dari pengendara lainnya.

Alhasil, risiko terjadinya kecelakaan justru akan semakin meningkat. Kamu tentu tidak ingin hal tersebut terjadi kepadamu, bukan? Untuk itu, Bob sarankan untuk tidak menggunakan earphone saat bersepeda nantinya ya!

via bicyclelawyer.com

Menginap dengan Kualitas Istirahat Mumpuni? Ya di Bobobox

Setelah bersepeda di jalan raya dengan aman, kamu tentunya membutuhkan kualitas beristirahat yang mumpuni. Pasalnya, energimu sudah habis terkuras untuk bersepeda selama berjam-jam.

Salah satu penginapan yang recommended dalam memberikan kualitas istirahat yang kamu butuhkan adalah Bobobox. Hotel kapsul ini sendiri menawarkan fasilitas yang mumpuni dan dijamin bakal memberikan kenyamanan yang mumpuni.

Penasaran seperti apa kenyamanan yang akan kamu dapatkan? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan dan mendapatkan informasi lebih lanjut soal fasilitas lain yang akan didapat selama menginap di Bobobox.

suasana kamar bobobox