Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Berbelanja Online yang Wajib Kamu Ketahui

Biar mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan

Bobobox.co.id — Dengan zaman yang semakin maju, satu per satu hal yang dulunya harus dilakukan dengan cara konvensional sudah tergantikan dengan kecanggihan teknologi.

Salah satunya adalah soal berbelanja. Dulu, kamu harus bertatap muka dengan pedagang untuk membeli sesuatu. Sekarang, dengan banyak e-commerce, kamu hanya tinggal menyentuh layar smartphonemu untuk membeli sesuatu.

Sehabis itu, yang perlu kamu lakukan adalah menunggu barang tersebut sampai ke rumah atau kantor. Namun, dibalik kemudahan tersebut, tentu berbelanja secara online ini memiliki risiko yang mungkin tidak didapat dengan bertemu langsung dengan pedagangnya.

Sehingga, untuk menghindari kamu dari kerugian akibat tertipu saat berbelanja online, Bob sudah merangkum 7 tips aman berbelanja online yang pastinya wajib kamu ketahui agar kamu tidak ‘buntung’.

Pilih Toko Online yang Meyakinkan

Tips aman berbelanja online adalah dengan memilih toko online yang meyakinkan. Caranya adalah dengan melihat ulasan, jumlah bintang, hingga jumlah pesanan toko online tersebut.

Biasanya semakin banyak ulasan dan jumlah pesanan membuat toko online tersebut termasuk toko yang dapat dipercaya. Pasalnya, banyak pelanggan lain yang membeli barang di toko tersebut.

Sekarang ini, banyak e-commerce yang mempermudahmu dalam memilih toko mana yang sering melakukan transaksi untuk barang yang kamu ingin beli. Tinggal gunakan fitur rating 4 ke atas, maka toko yang recommended sudah bisa dicari dengan sangat mudah.

Bagaimana dengan toko yang hanya menerima pesanan lewat situs ataupun via WhatsApp? Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek situs toko tersebut hingga ulasan dari konsumen di situs tersebut atau media sosial yang mereka gunakan.

Sekarang ini, toko-toko terpercaya sudah memiliki situs yang dikostumisasi tanpa embel-embel blogspot.com. Untuk media sosial, kamu bisa melihat langsung review di kolom komentar media sosial semisal Instagram.

tips memilih toko

Perhatikan Rincian Produk yang Akan Dibeli

Setelah memilih toko yang recommended dan meyakinkan, tips selanjutnya adalah dengan memerhatikan rincian produk atau barang yang akan kamu beli.

Seringkali, banyak orang tidak terlalu teliti dengan tips ini. Asalkan barangnya catchy di mata, tanpa basa basi, orang-orang tersebut langsung memasukkan barang tersebut untuk langsung dicheckout.

Padahal, rincian produk sendiri termasuk salah satu hal penting yang jangan sampai terlewatkan begitu saja. Rincian produklah yang memberikan gambaran umum mengenai barang yang akan kamu beli.

Beberapa rincian produk yang harus kamu perhatikan adalah ukuran, bahan, baru atau tidaknya, hingga adakah jaminan toko jikalau barang tersebut rusak dalam jangka waktu tertentu.

Dengan melihat rincian barang tersebut, kamu tentu akan lebih memahami barang yang akan kamu beli. Sehingga, saat sudah membeli barang tersebut, kamu tidak akan menyesal.

Waspada dengan Harga yang Jauh dari Pasarannya

Nah, tidak hanya harus mewaspai toko online bodong tetapi kamu pun harus mewaspai harga barang yang di luar nalar. Maksudnya adalah cobalah untuk mencari harga pasaran dari barang yang akan kamu beli.

Tips selanjutnya ini bisa kamu lakukan dengan mencari melalui Google ataupun membandingkannya dengan e-commerce selain yang biasa kamu gunakan sehari-hari.

Membandingkan harga di tiap toko dan e-commerce membuatmu mengetahui harga pasarannya. Sehingga, jika ada toko yang menjual di bawah harga nalar, tentu hal tersebut patut kamu curigai.

Misalkan saja, harga iPhone X 64gb baru berada di kisaran 10 hingga 11 juta. Nah, jika ada toko online yang menjamin bahwa harga jual yang mereka tawarkan di angka 2 juta rupiah. Harga inilah yang patut kamu curigai.

Bisa saja, justru bukan iPhone X yang sebenarnya mereka jual melainkan sebuah smartphone Android yang memiliki tampilan luar yang menyerupai iPhone.

Baca Kebijakan Toko Online

Seperti yang sudah disinggung di tips sebelumnya, membaca kebijakan toko online menjadi tips aman berbelanja online selanjutnya yang wajib kamu ketahui.

Tiap toko online di e-commerce manapun menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. Sehingga, usahakanlah untuk mengecek kebijakan toko untuk mendapatkan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan.

Beberapa kebijakan yang biasanya muncul di toko-toko online di antaranya adalah jika ada kerusakan dan ingin menukarnya, biaya ongkir tidak ditanggung oleh pihak toko ataupun tidak ada sama sekali penukaran jika salah memesan barang.

Bahkan, ada juga kebijakan yang mengatur waktu pengiriman semisal di atas jam 2 siang akan dikirim keesokan hari. Beberapa kebijakan ini yang haruslah kamu ketahui agar mengetahui ekspektasi pengiriman serta jika memang ada kesalahan barang yang diinginkan.

Manfaatkan Promo Menarik

Memanfaatkan promo menarik menjadi tips yang harus kamu lakukan selama berbelanja online. Walaupun sudah tidak segencar dulu, kamu masih bisa kok menikmati beberapa keuntungan dari promo yang ditawarkan.

Beberapa e-commerce bahkan menawarkan gratis ongkir (ongkos kirim) dengan batas minimal pembelanjaan dan juga minimum harga jasa pengirimannya.

Jika memungkinkan, kamu pun bisa mengombinasikan penawaran gratis ongkir dengan kupon yang menawarkan cashback. Dengan memanfaatkan kedua promo ini, kamu pastinya bisa lebih berhemat.

Tak hanya dari e-commerce saja yang menawarkan promo menarik. Kamu pun bisa memperbarui promo menarik lainnya di aplikasi pembayaran cashless yang saat ini bisa diunduh dengan sangat mudah di smartphonemu.

Jangan Memberikan Informasi Pribadi kepada Siapapun

Tips satu ini rasanya sudah kamu ketahui. Tips yang dimaksud adalah jangan memberikan informasi sensitif seperti PIN ATM hingga password untuk akun di e-commerce yang ada.

Mungkin sudah beredar cukup banyak cerita mengenai orang-orang yang memberikan informasi pribadi tersebut. Akhirnya, orang-orang tersebut justru mengalami nasib nahas.

Beberapa di antaranya ada yang tertipu karena mengirimkan sejumlah uang. Bahkan ada beberapa di antaranya yang akun untuk pembayaran cashless dibajak hingga saldonya tidak bersisa.

Sehingga, tips tersebut ini setidaknya bisa membantumu dalam mendapatkan pengalaman berbelanja online yang aman dan nyaman.

Jika Sudah Sampai, Usahakanlah untuk Merekam Barangnya

Tips berbelanja online terakhir adalah mengusahakan untuk merekam barang yang kamu pesan jika sudah sampai di rumahmu.

Hal ini dilakukan sebagai bukti klaim jika sewaktu-waktu barang yang kamu pesan cacat sebelum sampai ke tanganmu. Jadi, kamu bisa menanyakan apakah barang tersebut sudah rusak dari awal atau memang rusak saat berada di kurir.

Dengan bukti rekaman video tersebut, tentu posisimu lebih meyakinkan untuk melakukan klaim barang cacat tersebut. Sehingga, nantinya baik pihak toko ataupun kurir bisa dimintai pertanggungjawaban untuk kerusakan barang yang kamu pesan.

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Tidak hanya berbelanja saja yang bisa dilakukan secara online. Kamu pun bisa memesan pod di Bobobox secara online juga lho!

Caranya mudah dan praktis. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox bagi pengguna Android dan iOS di sini. Jadi, kamu tidak perlu datang langsung ke Bobobox untuk melakukan pemesanan podnya.

Bob tunggu di Bobobox ya!

You might also like