Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips belanja bulanan hemat ini bikin pengeluaran kamu jadi irit!

Yuk, mulai berhemat mulai sekarang!

Mengatur keuangan merupakan hal yang gampang-gampang susah. Bisa saja kamu berhasil berhemat di bulan yang satu, namun kebablasan belanja di bulan lainnya. Nah, biar nggak terus-terusan boros apalagi sampai over budget, simak dulu, yuk, 10 tips belanja bulanan hemat yang udah Bob rangkum berikut ini!

1. Kebutuhan Dulu, Lalu Keinginan

 

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @freestocks.org from Pexels)

Saat pergi belanja, rasanya memang sangat menyenangkan jika semua bisa dibeli. Namun, tentunya kita harus menyesuaikan semuanya dengan kemampuan kita. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Oleh karena itu, kamu harus tahu mana yang jadi kebutuhanmu dan mana yang hanya keinginanmu saja. Tips belanja bulanan hemat ini tentunya bertujuan agar kamu lebih memprioritaskan berbelanja barang-barang dan keperluan yang utama dulu saja.

Fokuslah pada apa yang jadi kebutuhanmu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu tergoda untuk membeli sebuah tas baru hanya karena sedang diskon, sementara biaya untuk cicilan atau belanja keperluan rumah tangga menjadi terganggu.

2. Membuat Catatan Rencana Pengeluaran Bulanan

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @VladaKarpovich from Pexels)

Tips belanja bulanan hemat ini sangat cocok untuk kamu yang cenderung mudah tergoda atau lapar mata saat berbelanja. Dengan menyusun anggaran belanja bulanan, kamu jadi memiliki acuan daftar belanjaan dan kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Selain itu, tips belanja bulanan hemat ini juga akan membantumu mengetahui seberapa besar jumlah biaya yang perlu kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setiap bulannya. Tentunya hal ini akan membantumu terhindar dari keinginan belanja atau membeli barang-barang yang tidak perlu.

3. Belanja di Pasar Tradisional

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @DariaShevtsova from Pexels)

Untuk kamu yang terbiasa belanja bulanan di pasar swalayan modern namun ingin berhemat, maka ini artinya kamu harus mulai melakukan tips belanja bulanan hemat yang satu ini, yakni berbelanjalah di pasar tradisional. Mengapa? Sebab kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah di sana.

Bahkan, di pasar tradisional kamu bisa melakukan satu hal yang tak bisa kamu lakukan di pasar swalayan modern, yaitu tawar menawar. Kamu juga tidak akan terjebak oleh tawaran-tawaran diskon toko atau pasar swalayan modern yang akan membuatmu membeli barang-barang di luar daftar belanjamu.

Dengan melakukan tips belanja bulanan hemat satu ini, kamu bisa menghemat uang belanjamu hingga 30 persen setiap bulannya. Tentu saja kamu juga tak perlu khawatir dengan kualitasnya, sebab kualitas sayuran, buah, daging, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang ada di pasar tradisional nggak kalah oke dengan yang ada di pasar swalayan modern!

4. Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @LisaFotios from Pexels)

Selain membuat anggaran pengeluaran belanja bulanan, mencatat semua pengeluaran dan pemasukan juga merupakan hal penting yang harus kamu lakukan jika ingin mulai berhemat. Tips belanja bulanan hemat yang satu ini akan membantumu mengetahui berapa dan untuk apa uang yang sudah kamu keluarkan, serta berapa banyak sisa uang yang kamu miliki.

Selain itu, tips belanja bulanan hemat ini juga dapat membantumu mengontrol arus pengeluaran uang belanjamu setiap bulannya, biar nggak over budget! Kamu bisa mencatat semua detail pemasukan, pengeluaran, dan sisa uangmu di buku catatan, atau menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Excel, MoneyLover, dan lain-lain.

5. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @AnnaShvets from Pexels)

Siapa di sini yang sering tergoda promo kartu kredit? Ayo ngaku! Duh, menggunakan kartu kredit terkadang membuatmu tanpa sadar berbelanja di luar batas, loh. Hal ini biasanya disebabkan oleh mindset yang salah dalam menggunakan kartu kredit.

Banyak orang yang berpikir bahwa menggunakan kartu kredit berarti punya uang lebih untuk belanja lebih banyak. Padahal, semua itu adalah hutang yang harus dibayar di bulan-bulan berikutnya. So, biar kamu bisa tetap hemat dan terhindar dari belanja-belanja yang nggak perlu, lakukanlah tips belanja bulanan hemat yang satu ini, ya!

6. Pintar-Pintar Mencari Diskon

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @PolinaTankilevitch from Pexels)

Jika tips belanja bulanan hemat sebelumnya menganjurkanmu untuk berbelanja di pasar tradisional agar mendapat harga yang lebih murah, namun bukan berarti kamu nggak boleh lagi berbelanja di toko atau pasar swalayan modern, loh. Belanja kebutuhan sehari-hari di pasar swalayan modern juga bisa jadi sangat menguntungkan jika kamu bisa memanfaatkan diskon-diskon yang ada.

Jangan ragu untuk membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari dalam jumlah besar selama barang tersebut sedang diskon. Tips belanja bulanan hemat ini tentunya akan membantu mengurangi anggaran pengeluaran belanjamu di bulan berikutnya.

7. Belilah Produk-Produk Private Label

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @MehradVosoughi from Pexels)

Apa sih produk private label itu? Saat kamu berbelanja di sebuah minimarket atau pasar swalayan, kamu mungkin sering melihat produk-produk berlogo sama dengan logo minimarket atau pasar swalayan tersebut. Produk tersebut merupakan produk yang dikeluarkan sendiri oleh toko-toko tersebut atau disebut juga dengan produk private label.

Jika diamati, produk private label biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada merk biasa. So, kamu bisa membeli produk-produk private label yang ada di pasar swalayan kesayanganmu sebagai salah satu tips belanja bulanan hemat.

Nggak perlu terlalu memikirkan merk. Jika fungsi, kualitas, dan manfaatnya sama saja, maka nggak ada salahnya untuk melakukan tips belanja bulanan hemat yang satu ini.

8. Belanja Online

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @Andrea Piacquadio from Pexels)

Untuk kamu yang hobby belanja online, maka ini adalah kabar baik buat kamu! Nggak hanya praktis dan mengasyikan, berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online pun bisa menjadi salah satu tips belanja bulanan hemat, loh.

Tips belanja bulanan hemat ini bisa memangkas biaya yang biasanya kamu keluarkan untuk beli bensin, bayar parkir, dan godaan-godaan lainnya seperti jajan di luar. Harga yang ditawarkan oleh beberapa marketplace pun biasanya terbilang lebih murah daripada yang ada di toko konvensional. Belum lagi promo gratis ongkir yang bertebaran di mana-mana.

Tips belanja bulanan hemat satu ini juga cocok banget dilakukan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Selain hemat biaya, tenaga, dan waktu, kesehatanmu juga jadi lebih terlindungi karena belanja dari rumah.

9. Belanja Bahan Masakan untuk Seminggu

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @GustavoFring from Pexels)

Tips belanja bulanan hemat selanjutnya adalah dengan berbelanja kebutuhan dapurmu untuk seminggu penuh. Dengan melakukan hal ini, pengeluaranmu akan jadi lebih terkontrol, serta terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu.

Tips belanja bulanan hemat satu ini juga membantumu meminimalisir frekuensi beli makanan jadi atau makan di luar. Dengan memasak semua makanan sendiri, kamu bisa memangkas biaya makan bahkan hingga 50 persen, loh. Selain itu, tips satu ini juga bikin kamu nggak boros ongkos dan repot bolak-balik tempat belanja setiap hari.

10. Sisihkan Pendapatan untuk Menabung

tips belanja bulanan hemat

(Photo by @maitreerimthong from Pexels)

Nah, kalau tips belanja bulanan hemat yang satu ini wajib banget kamu lakukan setiap bulannya. Apa lagi kalau bukan nabung nabung nabung!

Dengan menyisihkan sebagian dari pendapatanmu, maka otomatis uang belanja bulananmu pun akan terpangkas dan kamu akan terhindar dari belanja barang-barang yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. So, mulailah dan biasakan untuk melakukan tips belanja bulanan hemat yang satu ini, ya!

Pasti happy staycation di Bobobox!

Bagi sebagian orang, belanja bisa menjadi sebuah kegiatan yang mampu mengurangi stress sehari-hari. Selain belanja, ada banyak cara lainnya yang bisa membantumu melepas stress, salah satunya adalah staycation.

Bosan dengan staycation di hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu mencoba sensasi menginap di cabin dengan pemandangan alam yang asri dan menyegarkan namun tetap dilengkapi fasilitas canggih dan futuristik.

Kabar baik untuk kamu, sebab sebentar lagi ada Bobocabin yang akan segera launching! Salah satu terobosan baru milik Bobobox ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan dari ketenangan alam dan sentuhan teknologi mumpuni.

So, langsung download aja aplikasinya, dan jadilah orang pertama yang merasakan serunya bobo di Bobocabin. Pssstt, kamu juga bisa mendapatkan promo menariknya, loh!

You might also like