belajar bahasa asing

7 Tips Belajar Bahasa Asing untuk Pemula agar Cepat Mahir

Bobobox.co.id — Guna membuka peluang dan kesempatan lebih luas, mempelajari bahasa asing menjadi salah satu cara terbaik. Pasalnya, dengan menguasai bahasa asing, kamu bisa menemukan hal baru di luar sana.

Nah, jika kamu termasuk yang sedang ingin belajar bahasa asing, Bob memiliki tips belajar bahasa asing untuk pemula. Tips yang Bob bagikan ini bisa jadi awal guna mempercepat kemahiranmu dalam menguasai bahasa tertentu.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan Bob mengenai tujuh tips belajar bahasa asing untuk para pemula.

Berikut adalah Tips Belajar Bahasa Asing Untuk Pemula

1. Bangun Kegiatan dengan Bahasa Asing

Tips belajar bahasa asing untuk pemula pertama adalah membangun kegiatan dengan bahasa asing. Kegiatan yang dilakukan bisa berbagai macam asalkan memang berkaitan dengan mempelajari bahasa asing.

Kamu bisa memulainya dari hal yang kamu suka. Jika kamu suka menonton film dan series, kamu bisa menonton film dan series berbahasa asing yang kamu sedang pelajari. Kamu boleh menggunakan subtitle pada awal-awal.

Di samping itu, masih banyak kegiatan lain yang bisa jadi pilihan. Membaca buku ataupun lirik menarik untuk jadi tips belajar bahasa asing untuk pemula apalagi banyak buku dan lagu yang beredar di pasaran.

Mendengarkan siniar juga tak salah untuk kamu coba. Sekarang ini, kamu bisa dengan mempelajari elemen-elemen penting seperti tenses, kosakata, dan masih banyak lainnya saat mendengarkan siniar.

Bangun kegiatan dengan bahasa asing tips belajar bahasa asing untuk pemula

Bangun kegiatan dengan bahasa asing via pexels.com/@freestocks

2. Buat Kamus untuk Hafal Kosakata

Tips belajar bahasa asing untuk pemula berikutnya adalah membuat kamus khusus untuk hafal kosakata. Buku yang digunakan tak perlu buku baru dan bisa memanfaatkan buku yang sudah lama tak digunakan.

Kosakata yang dikumpulkan bisa dari kegiatan-kegiatan yang jadi tips belajar bahasa asing untuk pemula sebelumnya. Kamu tentu tidak ingin usahamu dalam mempelajari bahasa asing-asing dengan effort yang sudah dikeluarkan.

Nah, oleh karena itu, menghafal kosakata asing yang sudah dikumpulkan adalah hal wajib. Metode mnemonik bisa kamu manfaatkan agar kamu bisa lebih mudah dalam menghafal kosakata asing yang sudah dikumpulkan.

Metode mnemomik sendiri adalah metode yang memanfaatkan otak manusia dalam memaksimalkan ingatan. Metode tersebut dapat membantumu nantinya dalam mengingat informasi untuk jangka panjang.

Buat kamus untuk hafal kosakata tips belajar bahasa asing untuk pemula

Buat kamus untuk hafal kosakata via pexels.com/@pixabay


Baca Juga: Ingin Memperbaiki Diri? Ini Dia 10 Rekomendasi Buku Self Improvement Wajib Dibaca!


3. Tambah Kosakata Setiap Hari

Sebenarnya, tips satu ini bisa kamu aplikasikan sebelum tips belajar bahasa asing untuk pemula. Walaupun begitu, tidak akan terlalu menjadi masalah jika kamu mencoba tips ini setelah membuat kamus khusus kosakata.

Setelah menghafal kosakata, alangkah baiknya jika kamu terus menambah kosakata baru setiap harinya. Semakin banyak kosakata yang dimiliki, kamu pun akan semakin mudah dalam mengucapkan kalimat dalam bahasa asing.

Jumlah penambahan kosakata untuk tips belajar bahasa asing untuk pemula ini bervariasi. Tak akan jadi masalah jika kamu hanya menambahkan satu atau dua kosakata baru setiap harinya untuk dihafal.

Namun, sangat disarankan untuk menguasai lebih dari dua kosakata tiap harinya. Selain dicatat, cobalah untuk menyusun atau menuliskan sebuah kalimat dengan kosakata yang baru kamu kuasai sebelumnya.

Tambah kosakata setiap hari tips belajar bahasa asing untuk pemula

Tambah kosakata setiap hari via unsplash.com/@lilartsy

4. Aplikasikan dalam Kegiatan Sehari-Hari

Hanya mempelajari kosakata dan menerapkannya dalam kalimat belumlah cukup. Pasalnya, bahasa sendiri tak hanya dikomunikasikan lewat tulisan saja tetapi juga dalam lisan seperti percakapan sehari-hari.

Untuk itu, tips belajar bahasa asing untuk pemula lainnya adalah mengaplikaskan dalam kegiatan sehari-hari. Jika kamu masih belum percaya diri, kamu bisa melakukan monolog dalam bahasa asing yang dipelajari.

Pada fase ini, jangan terlalu memikirkan grammar benar atau salahnya. Hal terpenting adalah kamu mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari seperti cara pengucapan, penekanan tiap kosakata yang sudah dikuasai.

Nah, setelah cukup percaya diri, barulah coba kata-kata tersebut kepada teman. Akan semakin baik jika teman yang kamu ajak bicara sudah menguasai bahasa asing sehingga bisa kamu mintai feedback.

Aplikasikan dalam kegiatan sehari-Hari tips belajar bahasa asing untuk pemula

Aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari via unsplash.com/@linkedinsalesnavigator


Baca Juga: Butuh Tantangan Baru? Yuk Kuasai 5 Bahasa Paling Sulit Dipelajari Di Dunia!


5. Ikut Komunitas Bahasa Asing

Mengikuti komunitas bahasa asing merupakan tips belajar bahasa asing untuk pemula lainnya yang wajib kamu lakukan. Tips satu ini memungkinkanmu untuk mengetahui lebih lanjut soal hal lain yang belum kamu ketahui.

Kamu tak hanya akan belajar banyak mengenai elemen-elemen penting dalam sebuah bahasa. Kamu pun bisa saja mendapatkan ilmu bermanfaat lain seperti budaya dari negara yang bahasanya sedang dipelajari.

Di samping itu, kamu pun bisa menambah koneksi. Siapa tahu orang-orang yang awalnya tak dikenal di komunitas bahasa asing bisa menjadi teman dekat bahkan menjadi teman berbagi untuk urusan pembelajaran.

Biasanya, komunitas bahasa asing ini kerap mengadakan pertemuaan offline tiap minggunya. Namun, untuk saat ini, rasanya banyak komunitas bahasa asing yang mengadakan pertemuaannya lewat online meeting.

Ikut komunitas bahasa asing tips belajar bahasa asing untuk pemula

Ikut komunitas bahasa asing via pexels.com/@growthgal

6. Jaga Kuantitas dan Kualitas Belajar

Tips belajar bahasa asing untuk pemula lainnya menjaga kuantitas dan kualitas belajar. Pasalnya, tak sedikit orang yang akhirnya menyerah di tengah jalan setelah memutuskan untuk mempelajari bahasa tertentu.

Kebanyakan dari orang-orang tersebut mengibarkan bendera putih akibat banyak aspek bahasa yang begitu menyulitkan mereka. Selain itu, kesibukan seperti kuliah atau bekerja bisa jadi alasan lain yang jadi penyebab.

Untuk itu, jika kamu memang serius dalam mempelajari sebuah bahasa, konsisten adalah kunci. Caranya adalah dengan mempersenjatai diri dengan jadwal belajar yang kamu anggap efektif untuk belajar.

Tips belajar bahasa asing ini akan berbeda untuk tiap orang. Oleh karenanya, cobalah berbagai metode yang cocok sehingga kamu tahu metode mana yang bakal mampu menjaga kuantitas dan kualitas belajarmu.

Jaga kuantitas dan kualitas belajar tips belajar bahasa asing untuk pemula

Jaga kuantitas dan kualitas belajar via unsplash.com/@annikamaria


Baca Juga: 10 Tips Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Atasi Rasa Bosan Ketika Sendirian


7. Tetap Percaya Diri

Tips belajar bahasa asing untuk pemula terakhir adalah tetap percaya diri. Pasalnya, kepercayaan diri menjadi modal penting dalam mengatasi masalah-masalah yang mungkin membuatmu merasa kerdil.

Tak semua orang akan mampu menguasai bahasa asing dengan cepat setelah mengaplikaskan tips belajar bahasa asing untuk pemula tersebut. Ada beberapa orang yang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan orang kebanyakan.

Untuk itu, jangan minder dan tetap percaya diri. Jangan sampai kamu terlalu memikirkan progress teman yang belajar bahasa asing di waktu yang bersamaan tanpa melihat progress yang sudah kamu lampaui.

Kesalahan adalah sesuatu yang wajar dalam mempelajari hal-hal baru. Hal terpenting yang perlu kamu tanamkan adalah percaya diri dan bisa belajar dari kesalahan yang kamu lakukan agar tidak terulang lagi.

Tetap percaya diri tips belajar bahasa asing untuk pemula

Tetap percaya diri via pexels.com/@moose-photos-170195

Menginap dengan Tenang di Bobobox

Belajar bahasa asing tentu membutuhkan ketenangan agar konsentrasi tetap terjaga. Jika itu yang kamu butuhkan, Bob sarankan untuk mencoba menginap di Bobobox untuk beberapa kesempatan selama belajar.

Selain mampu menunjang ketenangan yang kamu butuhkan, fasilitas yang ditawarkan oleh hotel kapsul ini mampu menunjang proses pembelajaranmu seperti koneksi WiFi super cepat yang sangat reliable.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles