Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Asyik, Nyaman dan Aman: Ini Dia Tips Backpacking Aman ke Jogja di Masa New Normal Ini

Tetap siaga dan waspada saat backpacking.

Bobobox.co.id — Keindahan Jogja tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika Jogja termasuk destinasi yang mengasyikan untuk backpacking. Namun, di masa new normal ini, kamu pastinya perlu tips backpacking aman saat ke Jogja.

Pasalnya, kondisi yang belum sepenuhnya aman membuat rasa tidak aman dan nyaman akan menderamu saat backpacking. Oleh karenanya, mengetahui tips backpacking aman ke Joga menjadi sebuah keharusan.

Tips backpacking aman ini akan berguna untuk membuat backpackingmu menjadi lebih asyik, aman, dan nyaman. Jadi, rasa was-wasmu akan relatif berkurang jika kamu mengikuti semua tips backpacking aman dari Bob ini.

Nah, daripada menunggu berlama-lama lagi, Bob sudah merangkum tips backpacking aman ke Jogja di masa new normal seperti sekarang ini. Catat baik-baik ya untuk keselamatan dan kenyamanmu juga selama backpacking.

Catat Barang Penting yang Harus Dibawa

Tips backpacking aman pertama dari Bob adalah catat barang-barang penting yang harus kamu bawa. Dengan mencatatnya terlebih dahulu, kamu akan mana yang perlu dan tidak perlu kamu bawa ke dalam backpackmu.

Pasalnya, jika kamu tidak mencatatnya terlebih dahulu dan langsung memasukan semua barang, bisa jadi backpackmu justru akan terlalu penuh dengan barang-barang yang seharusnya tidak kamu bawa untuk backpacking.

Bahkan, risiko cedera justru akan meningkat jika beban yang harus kamu pinggul terlalu berat. Jadi, jangan sampai melewatkan untuk mencatat barang-barang penting yang harus dibawa sebagai tips backpacking aman.

Soal catatannya, kamu bisa menggunakan notes kecil atau kertas yang tak terpakai. Jika ingin paperless, smartphonemu bisa dimanfaatkan untuk menulis catatannya. Tak usah terpaku dengan notes yang dilakukan pada umumnya.

tips backpacking aman tulis
@vlada-karpovich via pexels.com

Pilih Tas yang Tepat untuk Menunjang Backpacking

Salah satu barang esensial dalam backpacking adalah tas. Oleh karenanya, jika kamu termasuk orang yang senang backpacking, tidak ada salahnya untuk berinvestasi sedikit lebih mahal soal urusan tas.

Ada rupa, ada harga. Begitulah pepatah yang sering terdengar saat kamu memutuskan untuk membeli sesuatu. Tips backpacking aman ini bukannya tanpa alasan. Keamanan dan kenyamananmu adalah hal yang wajib diprioritaskan.

Pilihlah tas backpack yang memiliki jahitan kuat. Selain itu, pilih juga backpack yang memiliki kantong yang aman untuk menyimpan barang-barang berhargamu seperti dompet, smartphone, dan barang esensial lainnya.

Dengan adanya e-commerce, kamu pastinya bisa dengan mudah mencari pilihan backpack yang kamu inginkan. Namun, jangan lupa untuk sering-sering membandingkan harga backpack pilihanmu dari satu e-commerce ke e-commerce lainnya.

@ravirawat via pexels.com

Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

Tips backpacking aman selanjutnya adalah tetap melakukan protokol kesehatan. Protokol kesehatan sendiri harus kamu patuhi sebagai langkah preventif dalam mencegah hal yang tidak kamu inginkan terjadi kepadamu saat backpacking.

Beberapa protokol kesehatan yang wajib kamu lakukan selama backpacking adalah mencuci tangan selama 20 detik, memakai masker, dan tetap menjaga jarak saat kamu sedang berada di kerumumunan orang banyak.

Khususnya pemakaian masker dan tetap menjaga jarak, tips backpacking aman ini sendiri harus benar-benar kamu perhatikan. Peningkatan kasus yang sekarang banyak terjadi akibat semakin lalainya dalam melakukan protokol ini.

Melakukan beberapa tindak preventif yang masuk tips backpacking aman memiliki peran krusial dalam momen backpackingmu. Selain aman, kamu tetap nyaman dan senang dalam melakukannya di Jogja.

@shvetsa via pexels.com

Utamakan Transaksi Cashless

Teknologi yang semakin berkembang membuat transaksi pun jauh lebih mudah. Kini, kamu tinggal menggunakan beberapa aplikasi pembayaran online yang mampu menghindarkanmu dari sentuhan tangan orang lain.

Tips backpacking aman ini akan sangat berguna untuk kamu lakukan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengisi terlebih dahulu aplikasi pembayaran online untuk bisa melakukan transaksi cashless.

Dengan begini, kamu pun tak perlu melakukan sentuhan langsung saat membeli barang semasa backpacking. Jangan lupa untuk memastikan juga bahwa kamu memiliki koneksi internet saat melakukan transaksi cashless.

@flyerwerk-211573 via pixabay.com

Simpan Uang Tunai di Tempat Berbeda

Tak semua tempat sudah menjangkau yang namanya pembayaran non-tunai atau cashless. Oleh karenanya, kamu pun harus menyiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga siapa tahu nantinya akan dibutuhkan.

Namun, kamu harus pintar-pintar dalam menyimpan uang tunainya. Tips backpacking aman ini ditujukan untuk mengamankan uangmu dari tangan-tangan jahil. Kamu tentu tidak pernah tahu siapa tangan jahil tersebut.

Cara untuk mengamankan uang tunaimu adalah simpanlah uangmu tersebut secara terpisah. Misalkan saja, ada uang yang kamu simpan di dompet dan ada juga uang tunai yang disimpan di saku atau tempat rahasia lainnya.

Ini merupakan cara alternatif yang bisa dilakukan untuk berjaga-jaga siapa tahu dompetmu hilang atau dicopet oleh oknum tak bertanggung jawab. Uangpun nanti tidak langsung ludes karena ada uang yang sudah diamainkan.

@evgphotos via pexels.com

Bawalah Perlengkapan New Normal

Salah satu cara untuk mencegahmu terjangkit COVID-19 adalah dengan sering mencuci tangan setelah menyentuh barang di luar rumah. Kebiasaan baru ini menyebabkan banyaknya perubahan terkait apa yang dilakukan.

Sekarang, banyak orang yang lebih peduli dalam memerhatikan kebersihan mereka. Hal ini yang menimbulkan kebiasaan baru. Salah satunya adalah membawa perlengkapan new normal saat berpergian atau backpacking ke suatu tempat.

Tips backpacking aman ini wajib kamu perhatikan. Pasalnya, perlengkapan new normal menjadi sebuah antisipasi untuk menjadikan backpackingmu lebih aman lagi. Jadi, jangan sampai terlewatkan tips backpacking aman ini.

Beberapa perlengkapan new normal adalah masker, sabun cair, hand sanitizer, tisu, perlengkapan makan, dan perlengkapan ibadah pribadi. Barang-barang tersebut haruslah ada di tas yang kamu bawa selama travelling aman.

via okcommerce.gov

Perhatikan Imbauan Pemerintah

Tips backpacking aman yang Bob sarankan di masa new normal adalah memerhatikan imbauan resmi dari pemerintah dan pihak berwajib seperti rumah sakit terkait. Kamu bisa mengeceknya lewat media sosial seperti Twitter.

Informasi imbauan ini biasanya diberikan dalam bentuk kondisi dan status terkini di kota atau negara tertentu. Konten imbauan tersebut biasanya menyangkut apakah negara tersebut sudah aman untuk dikunjungi atau tidak.

Misalkan saja satu kota tujuan backpackingmu yang awalnya masuk zona hijau tiba-tiba ditetapkan sebagai zona merah. Backpackingmu ke kota tersebut justru membahayakan keselamatan dirimu sendiri.

Jika sudah ada imbauan seperti itu, ada baiknya jika kamu menunda jadwal keberangkatanmu. Jika tidak, kamu bisa mengganti destinasi wisatamu. Andaikan belum ada imbauan khusus, kamu bisa melanjutkan backpackingmu.

@cottonbro via pexels.com

Tempat Menginap saat Backpacking ke Jogja? Datang aja ke Bobobox Malioboro

Saat backpacking, tempat menginap dengan harga terjangkau menjadi pilihan. Salah satu penginapan dengan harga ramah kantong adalah Bobobox Malioboro.

Walaupun harga inap per malamnya termasuk murah, namun fasilitas yang ditawarkan tidak murahan. Jadi, jangan ragu untuk memilih Bobobox sebagai tempat beristirahat sehabis eksplorasi Jogja.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa didapat di aplikasi Bobobox atau jika mau, kamu bisa melihat-lihat bagian dalam Bobobox melalui virtual tour yang bisa diakses di sini.

bobobox malioboro

 

You might also like