Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Alami Mengatasi Radang Tenggorokan

Bisa jadi alternatif selain obat kimia lho!

Bobobox.co.id — Peradangan adalah mekanisme tubuh dalam merespon infeksi virus atau bakteri yang masuk. Salah satu respon imun alami tersebut bisa terjadi di bagian tenggorokan atau biasa disebut radang tenggorokan.

Penyakit satu ini biasanya menyerang di saat musim hujan datang selain batuk dan flu. Pasalnya, saat musim hujan, ada kemungkinan daya tahan tubuh kamu tidak bekerja secara optimal yang membuatmu akhirnya jadi lebih mudah sakit.

Beberapa gejala dari radang tenggorokan adalah rasa sakit, kering dan gatal pada tenggorokan. Jika sulit untuk teridentifikasi, kamu biasanya akan merasa kesulitan dalam menelan makanan dan minuman.

Nah, selain dengan menggunakan obat-obatan kimia, kamu pun bisa mengatasi masalah radang tenggorokan dengan cara alami. Berikut ini merupakan 7 tips alami yang Bob rekomendasikan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Madu

Tips pertama dari Bob untuk mengatasi radang tenggorokan adalah mengonsumsi madu. Madu sendiri dikenal sebagai salah satu bahan pereda radang tenggorokan yang aman untuk dikonsumsi semua umur.

Madu terbukti ampuh sebagai cara alami dalam menyembuhkan radang tenggorokan karena mampu menurunkan produksi lendir dalam tenggorokan. Tak hanya itu, madu pun berfungsi sebagai anti bakteri yang mampu membunuh penyebab sakit tenggorokan.

Cara mengonsumsi madunya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa meminum langsung madu tersebut atau juga bisa dengan mencampurkannya dengan secangkir teh hangat untuk meredakan sakit tenggorokan.

Kemampuan madu dalam meredakan batuk saat radang tenggorokan terbukti lebih ampuh dibandingkan dengan mengonsumsi obat batuk hitam yang umum dianjurkan untuk mengobati penyakit tersebut.

Teh Kamomil

Teh menjadi salah satu jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Penyajiannya yang cepat dan mudah menjadi salah satu alasannya. Dari sekian banyak jenis teh, ada satu teh yang bisa kamu pilih untuk meredakan radang tenggorokan.

Jenis teh tersebut adalah teh kamomil. Teh kamomil sebenarnya sudah sejak lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti meredakan rasa sakit yang biasa dialami oleh pasien radang tenggorokan.

Bukan tanpa alasan, jenis teh satu ini digunakan untuk tujuan pengobatan. Kandungan anti-inflamasi, anti-oksidan dan astrigen yang terdapat pada teh kamomil memiliki peran yang krusial dalam mengatasi masalah tenggorokan tersebut.

Tidak hanya disajikan sebagai teh, kamu pun bisa merebus bunga kamomil untuk di dihirup uangnya. Uap tersebut mampu meredakan gejala pilek dan juga radang tenggorokan yang mungkin dialami.

Air Garam

Jika madu dan kamomil relatif sulit untuk ditemukan di kebanyakan dapur orang Indonesia, kamu bisa menggunakan bahan masakan yang Bob yakin ada di hampir semua dapur di Indonesia.

Bahan masakan yang dimaksud adalah garam. Tips alami untuk mengatasi radang tenggorokan ini termasuk salah satu cara yang murah meriah dan sangat mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu melarutkannya dalam air.

Larutan air garam yang sudah kamu siapkan sebelum tinggal kamu gunakan untuk berkumur. Jangan lupa bahwa air yang digunakan untuk larutan air garam haruslah air hangat untuk bisa membantu meredakan radang tenggorokan.

Larutan air garam mampu mengatasi sakit pada tenggorokan karena larutan air tersebut mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. Berkumurlah sebanyak dua kali hingga tenggorokan dirasa membaik.

Bawang Putih

Tidak hanya garam, bawang putih menjadi bumbu dapur yang sudah umum ditemukan di banyak dapur. Bawang putih biasa digunakan untuk memperkaya cita rasa makanan yang sedang dimasak.

Nah, selain terkenal sebagai penyedap alami dalam makanan, bawang putih dikenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti radang tenggorokan.

Sifat anti bakteri alami dari kandungan alicin, senyawa yang dikenal melawan infeksi, yang dimiliki oleh bawang putih menjadikan bahan alami ini sebagai salah satu pereda radang tenggorokan.

Untuk menjadikannya sebagai bahan pereda radang tenggorokan, kamu bisa menambahkan bawang putih ke dalam makanan yang akan kamu makan atau meminum suplemen bawang putih setiap hari.

Pepermin

Tips alami selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan adalah mengonsumsi pepermin. Pepermin mungkin lebih dikenal sebagai bahan alami untuk menyegarkan napas.

Padahal, pepermin memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat lainnya dari pepermin adalah meredakan rasa sakit akibat peradangan pada tenggorokan.

Kandungan mentol pada pepermin dapat membantu dalam mengencerkan lendir. Tidak hanya itu, mentol tersebut pun disinyalir mampu meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang menyerang saat radang tenggorokan.

Proses penyembuhan radang tenggorokan nantinya akan dibantu oleh sifat alami pepermin seperti anti-inflamasi, anti bakteri, dan anti virus. Cara pemakaiannya sendiri tinggal dicampur dengan minyak zaitun untuk dijadikan aromaterapi.

pepermin radang tenggorokan

Cuka Apel

Jika kamu merasakan sakit yang hebat akibat radang tenggorokan, kamu bisa mengatasinya dengan tips alami satu ini. Tips alami kali ini adalah berkumur dengan menggunakan cuka apel.

Kamu mungkin mengerutkan dahi saat mendengar hal tersebut. Faktanya, cuka sari apel memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan anti-bakteri alami yang relatif banyak.

Efek anti-mikroba yang teradapat pada cuka sari apel mampu memerangi infeksi yang terjadi di tenggorokan. Sifatnya yang asam pulalah yang membantu dalam memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, cobalah mencairkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam satu gelas air putih. Kemudian, kumurkan dan minum sedikit air tersebut satu hingga dua kali perjamnya.

via timesofindia.indiatimes.com

Air Lemon untuk Redakan Radang Tenggorokan

Tips alami terakhir yang Bob rekomendasikan untuk meredakan radang tenggorokan adalah dengan meminum air lemon. Bahan alami satu ini memiliki rasa yang segar dan mudah dibuat di rumah.

Seperti yang kamu ketahui lemon memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Tak heran jika buah berawarna kuning ini dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mempertahankan hingga meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi.

Kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang melimpah mampu melindungi tubuh dari serangan infeksi yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Hasilnya rasa sakit akibat peradangan tersebut akan berkurang dengan meminum air lemon tersebut.

Cara membuat air lemon ini pun mudah. Kamu cukup mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air hangat. Bahkan, kamu pun bisa menambahkannya dengan madu atau garam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Ahlinya

Sulit mencari penginapan yang nyaman dan aman? Tidak perlu khawatir karena sekarang ada Bobobox yang bisa menjamin kedua hal tersebut selama kamu menginap di hotel kapsul ini.

Fasilitas super keren di Bobobox seperti QR Code, lampu LED, WiFi super cepat, hingga pod yang luas menjadi alasan mengapa kamu akan bisa menginap dengan nyaman dan aman.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasinya di sini untuk memesan pod serta informasi lebih lanjut.

You might also like