Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Jitu Mengatasi Gangguan Cemas saat Memasuki New Normal

Bisa dilakukan jika kamu sedang merasa cemas.

Bobobox.co.id — Seperti yang sudah kamu ketahui, pemerintah pusat telah memutuskan untuk menerapkan kebijakan new normal di beberapa daerah. Kebijak ini sendiri membuat aktivitas masyarakat mulai kembali seperti sedia kala.

Walaupun begitu, Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini tentu tidak bisa dilakukan semua orang. Banyak orang yang masih merasa cemas dengan situasi yang ada. Pasalnya, penyebaran virus corona masih belum menunjukkan kabar baik.

Masyarakat yang berada di daerah zona merah hingga hitam tentu merasakan gangguan cemas saat terpaksa harus keluar rumah. Alhasil, orang-orang yang mengalami gangguan cemas secara berlebihan akan merasa paranoid dan mengganggu proses adaptasi.

Di sini, Bob berusaha memberikan 7 tips jitu yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi gangguan cemas saat memasuk new normal yang diputuskan oleh pemerintah pusat.

Coba Bersosialisasi dengan Lingkungan Terdekat

Tips jitu pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan cemas saat memasuki new normal adalah mencoba terlebih dahulu bersosialisasi dengan lingkungan terdekat yang dianggap relatif aman.

Sosialisasi dengan lingkungan terdekat seperti dengan keluargamu bisa menjadi sebuah awal yang baik. Dibandingkan langsung berkumpul bersama teman-temanmu, kamu bisa terlebih dahulu bercengkrama ke luar rumah bersama keluarga.

Pasalnya, kamu biasanya mengetahui kegiatan apa saja yang keluargamu lakukan. Hal tersebut semakin meyakinkan tatkala keluargamu termasuk orang-orang yang disiplin dalam menjalankan kebiasaan baru seperti sering mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dengan berkumpul dengan orang yang kamu ketahui apa yang mereka lakukan, kamu pun akan sedikit demi sedikit mengatasi gangguan cemas yang kemungkinan besar akan terjadi jika kamu langsung berkumpul dengan teman-temanmu.

Pahami rasa cemasmu

Rasa cemas sangatlah wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Rasa cemas sendiri dapat membawa hal baik yaitu menjadikan kita lebih berhati-hati. Maka dari itu, sangatlah penting bagi kamu untuk memahami rasa cemasmu. Berhenti sejenak dan mulai berdialog dengan dirimu sendiri. Pahami hal apa sebenarnya yang membuatmu merasa cemas. Kemudian, kamu dapat mengatakan dan terus berusaha meyakini kalimat-kalimat positif pada dirimu sendiri setiap saat kecemasan tersebut itu muncul.

Untuk mengurangi pengaruh dari luar juga sebisa mungkin hindari hoax virus corona yang beredar. Kamu juga bisa melakukan detox dari hal-hal yang berpotensi meningkatkan rasa cemasmu, bisa dari media sosial, dan juga kabar berita yang terkesan “menakuti-nakuti”. Dengan memahami rasa cemasmu, kamu akan tahu dimana celah untuk menekan rasa cemas tersebut dan menyisakan sikap kehati-hatian saja.

gangguan cemas mengontrolnya

Salurkan energimu pada hal lain

Pada saat kamu merasa cemas kemungkinan kamu akan mengalami gejala seperti: berkeringat, jantung berdetak kencang, bernafas dengan cepat. Gejala-gejala tersebut juga terjadi disaat kamu sangat bersemangat terhadap suatu hal. Yang menjadi faktor pembeda ialah pada saat kamu merasa bersemangat akan suatu hal, kamu diselimuti dengan rasa senang.

Karena itu, saat kamu merasa cemas, kamu dapat melakukan hal yang sama dengan apa yang kamu lakukan disaat kamu sangat bersemangat akan suatu hal. Tidak perlu dilawan, akan lebih baik jika kamu mengarahkan energi tersebut pada hal-hal yang membuatmu bersemangat.

Mulai secara perlahan dengan menentukan langkah yang ingin kamu lakukan satu persatu, kemudian mulai menjalani langkah tersebut. Kamu bisa menyalurkan energi tersebut melalui kegiatan fisik seperti berbicara, bernyanyi, dan melakukan gerakan fisik (seperti: menggenggam stress ball, berolahraga, dan lain-lain). Serta yang terpenting, kembangkan sugesti dalam diri kamu bahwa kamu sangat bersemangat dalam melakukan hal tersebut.

Menjaga Kedisiplinan Diri

Sebelumnya, Bob menyingung soal adaptasi kita dalam mengatasi gangguan cemas yang mungkin terjadi saat new normal. Tips lainnya dari Bob adalah disiplin terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

Seperti yang sudah kamu ketahui, protokol kesehatan harus bisa dilakukan secara disiplin oleh banyak orang. Dibanding harus mengandalkan orang lain untuk menjaga kedisiplinan diri, coba terlebih dahulu menjaga untuk diri sendiri.

Cara paling sederhananya adalah mencuci tangan setelah ke luar rumah. Usahakanlah untuk tidak menyentuh terlalu sering fasilitas publik yang memungkinkan dipegang oleh banyak orang setiap harinya.

Tidak hanya itu, bawalah barang-barang pendukung protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan dalam bentuk kecil ketika kamu melakukan aktivitas di luar rumah baik itu bekerja atau berbelanja.

Jagalah Kesehatan Tubuh

Kondisi new normal seperti sekarang mungkin masih membuat banyak orang merasa cemas. Hal tersebut sendiri bisa dianggap wajar mengingat kasus penyebaran virus COVID-19 di Indonesia belum menunjukkan hasil yang baik.

Salah satu anjuran yang Bob tekankan adalah untuk selalu menjaga kesehatan tubuh khususnya daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh memiliki peran yang krusial pada situasi new normal seperti sekarang ini.

Kamu pastinya sudah mengetahui bahwa daya tahan tubuh menjadi benteng terakhir sebelum akhirnya penyakit menyerangmu. Untuk itulah, kamu disarankan untuk melakukan aktivitas yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu, kamu bisa menyeimbangkannya dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Hal inilah yang nantinya bisa mengatasi gangguan cemas yang mungkin saja kamu alami.

Lakukan Hal yang Membuatmu Senang

Gangguan cemas tentu tidak mudah untuk diatasi. Ketidakpastian di masa pandemi virus corona ini seringkali memaksamu untuk memikirkan sesuatu yang belum terjadi saat ini dan di masa yang akan datang.

Kondisi tersebut membuat gangguan cemas justru semakin meningkat. Cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan cemas tersebut adalah dengan melakukan hal atau aktivitas yang biasanya membuatmu senang.

Aktivitas yang dilakukan tiap orangnya mungkin saja akan berbeda-beda tergantung mood dan kebiasaan yang dilakukan. Kamu bisa menentukan sendiri hal atau aktivitas apa saja yang membuatmu menjadi lebih senang. Mulai dari mendengarkan musik, menonton film favoritmu, berolahraga, hingga bermain video games, lakukanlah hal-hal yang membuat kamu merasa senang.  

Jika Masih Kesulitan, Konsultasi dengan Tenaga Profesional

Tips jitu terakhir dari Bob untuk mengatasi gangguan cemas adalah konsultasikanlah masalah tersebut jika tips jitu sebelumnya dirasa kurang mempan dalam mengatasi masalah yang sedang kamu alami.

Tips satu ini menjadi alternatif paling terakhir yang bisa kamu lakukan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pandangan ahli yang pastinya memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih soal gangguan cemas.

Teknologi yang semakin maju membuat konsultasi dengan tenaga profesional ini jauh lebih mudah. Banyak aplikasi untuk Android ataupun iOS yang menyediakan konsultasi gratis dan berbayar untuk mengatasi masalah yang dialami.

Kamu bisa memilih aplikasi konsultasi dokter mana yang sesuai selera. Setelah terunduh, pilihlah yang dirasa cocok dan ungkapkan kegelisahanmu yang akhirnya menjadi sebuah gangguan cemas yang kamu alami sekarang ini.

Menginap Tanpa Gangguan Cemas? Bobobox Ahlinya!

Takut barang-barang bawaanmu hilang saat menginap? Tidak perlu khawatir lagi karena ada Bobobox yang menjamin keamanan barang-barang bawaanmu dari tangan usil.

Tiap podnya dilengkapi kunci keamanan QR Code yang di mana QR Code tersebut hanya diperuntukkan bagi orang yang menginap di pod tersebut.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh secara gratis di sini.

You might also like