Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Aman Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi

Perayaan natl tahun baru di tengah pandemi pun bisa kamu buat asyik, lho!

Perayaan natal tahun baru di tengah pandemi harus dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dan berlaku. Hal ini dilakukan salah satunya karena Kementerian Agama telah menerbitkan panduan Perayaan natal tahun baru di tengah pandemi di tahun 2021 ini.

Kementerian Agama bukan pertama kalinya menerbitkan panduan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi. Sebelumnya di tahun 2020 Kementrian Agama juga meneribitkan panduan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi sebagai uaya menghindari penyebaran infeksi virus corona.

Setelah satu tahun berlalu tentu ada perubahan aturan dalam panduan panduan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi  yang ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas daripada sebelumnya. Yuk simak oanduan panduan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi 2021 yang diterbitkan pada 29 November 2021 ini.

Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi: Surat Edaran Menteri Agama

Berikut ini rincian aturan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama SE 31 Tahun 2021:

  • Pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal hendaknya dilakukan secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan, serta lebih menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga.
  • Pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal dilaksanakan di ruang terbuka.
  • Apabila dilaksanakan di gereja, diselenggarakan secara hybrid (offline dan online), yaitu secara berjamaah/kolektif di gereja dan secara daring dengan tata ibadah yang telah disiapkan oleh para pengurus dan pengelola gereja.
  • Jumlah umat yang dapat mengikuti kegiatan lbadah dan Perayaan Natal secara berjamaah/kolektif tidak melebihi 50%.
  • Gereja membentuk satgas Covid-19 yang berkoordinasi dengan satgas Covid-19 daerah setempat. Mereka bertugas mengingatkan dan mengawasi peserta untuk menerapkan Protokol Kesehatan 5M.
  • Pengurus dan pengelola gereja berkewajiban menyediakan alat pengecek suhu, hand sanitizer atau sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir di pintu masuk dan pintu keluar.
  • Pengelola gereja melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala di area gereja.
  • Penggunaan aplikasi PeduliLindungi pada saat masuk (entrance) dan keluar (exit) dari gereja serta hanya yang
    berkategori kuning dan hijau yang diperkenankan masuk.
  • Pengelola gereja mengatur arus mobilitas jemaat dan pintu masuk (entrance) dan pintu keluar (exit) gereja guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan, serta menjaga jaga jarak dan tidak membiarkan kerumunan.
  • Tidak mengadakan jamuan makan bersama.
  • Pendeta, pastur, atau rohaniwan memakai masker dan pelindung wajah (faceshield) dengan baik dan benar serta diharap selalu mengingatkan jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Persiapkan Perayaan Natal dengan Ornamen-Ornamen Natal Penuh Makna Berikut Ini!

Selain panduan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi di aatas, pemerintah juga mengimbau masyarakat dari berbagai kalangan untuk selalu menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Namun kamu tak perlu khawatir perayaan natal tahun ini akan berbeda. Bob sudah menyiapkan beberapa tips panduan perayaan natal tahun baru di tengah pandemi yang asyik dan aman.

1. Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi: Menonton Film bersama Keluarga

Tips perayaan natal tahun baru di tengah pandemi yang pertama adalah dengan melakukan kegiatan seru bersama keluarga seperti menonton film. Ada banyak sekali pilihan film keluarga yang sangat pas untuk kamu tonton bersama keluarga di hari natal agar hari natal semakin berkesan.

2. Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi: Menghias Pohon Natal

Tips perayaan natal tahun baru di tengah pandemi selanjutnya adalah dengan mengisi kegiatan menghias pohon natal bersama keluarga di rumah. Keberadaan pohon natal akan membuat peryaan hari natal terasa lebih meriah dan berkesan meskipun kita merayakannya di tengah situasi pandemi.

Baca Juga: Untuk Sambut Natal dan Tahun Baru, Tonton Rekomendasi Netflix Desember Versi Bob Ini

3. Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi: Mengadakan Pesta Keluarga

Tips perayaan natal tahun baru di tengah pandemi berikutnya adalah dengan mengadakan pesta keluarga dengan aman di rumah, Tak perlu mengundang banyak orang, kamu cukup mengundang satu hingga dua teman untuk bergabung dengan catatan harus dalam keadaan sehat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

4. Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi: Lakukan Video Call dengan Keluarga atau Teman

Tak kalah menarik dengan tips perayaan natal tahun baru di tengah pandemi, tips perayaan natal tahun baru di tengah pandemi ini juga sangat penting kamu terapkan. Cara paling aman untuk merayakan natal bersama keluarga dan kerabat adalah dengan merayakannya secara online. Kamu bisa berinteraksi melalui Zoom, WhatsApp, Skype atau aplikasi panggilan video lannya.

5. Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi: Atur Ventilasi dengan Baik

Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi

Tips perayaan natal tahun baru di tengah pandemi yang terakhir adalah dengan mengatur ventilasi ruangan dengan baik. Faktanya ruangan yang tidak memiliki ventilasi yang baik akan membuat penyebaran infeksi virus dapat lebih mudah terjadi. Untuk menghindari risiko ini kamu bisa memanfaatkan beberapa ruang terbuka di rumah seperti taman, teras, dan beranda yang luas sebagai tempat terbaik untuk merayakan natal.

Jika kamu akan berkumpul bersama tamu di dalam ruangan kamu bisa memastikan untuk membiarkan semua jendela terbuka. Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyebutkan bahwa salah satu strategi yang dapat membantu adalah menggunakan kipas angin yang ditempatkan dengan aman di depan jendela untuk membuang udara dari dalam ke luar ruangan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

bobobox aplikasi

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like