Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Aman dan Nyaman Naik Angkutan Umum di Lokasi Wisata

Bobobox.co.id — Saat pertama kali menginjakkan kakimu di lokasi wisata yang kamu inginkan, selain mencari akomodasi penginapan yang aku gunakan, kamu juga memikirkan moda transportasi apa yang akan kamu gunakan untuk berpindah dari satu destinasi wisata ke destinasi lainnya.

Terdapat banyak cara yang bisa kamu pilih diantaranya dengan berjalan atau dengan menggunakan transportasi baik pribadi maupun angkutan umum. Kamu bisa memilih untuk berjalan kaki saja jika destinasi wisatamu tidak jauh dari penginapanmu. Sehingga, menggunakan transportasi pribadi dan angkutan umum menjadi pilihan logis yang bisa kamu pilih.

Berbicara transportasi pribadi seperti taksi, kamu tentu diuntungkan dengan kenyamanan dan keamanan yang diberikan oleh moda transportasi satu ini. Namun, kamu juga harus merogoh kocek yang cukup dalam apabila kamu menggunakannya berkali-kali.

Sedangkan, dengan angkutan umum, kamu bisa traveling hemat untuk beberapa kali perjalanan. Soal kenyamanan dan keamanannya tidak kalah kok dengan taksi. Bahkan, kini sudah banyak angkutan umum yang diperbaiki demi memberikan rasa nyaman bagi penggunanya.

Jika kamu masih ragu untuk menggunakan angkutan umum di lokasi wisata? Coba simak beberapa tips aman dan nyaman dari Bob berikut ini.

Jangan Asal Pilih Angkutan Umum

Tips aman dan nyaman naik angkutan umum di lokasi wisata adalah yang pertama adalah dengan untuk tidak sembarangan memilih angkutan umum. Lihatlah dengan seksama seberapa padat angkutan umum yang akan kamu gunakan untuk menuju ke lokasi wisata yang diinginkan.

Jangalah untuk memilih kondisi angkutan umum yang terlalu kosong dan terlalu padat. Jika terlalu kosong, saat terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu akan sulit untuk meminta pertolongan. Sedangkan jika terlalu padat, para pencopet bisa dengan leluasa melakukan aksinya karena kamu tidak menyadari pencopetan akibat terlalu berdesak-desakan.

Selanjutnya, usahakan juga untuk menyimpan tasmu di bagian depan. Hal ini dimaksudkan agar kamu mengetahui dengan pasti kondisi dari barang-barang berharga yang ada di tasmu.

lokasi wisata angkutan umum
via zetizen.com

Pilihlah Kendaraan yang Menggunakan Kaca Transparan

Demi memberi rasa aman, pilihlah angkutan umum yang menggunakan kaca transparan. Hal ini dimaksudkan agar apa yang terjadi di dalam angkutan umum terlihat jelas dari luar sehingga bisa mengurangi modus kejahatan yang memanfaatkan kondisi yang gelap dan senyap.

Sekarang ini, sudah banyak razia yang dilakukan untuk menindak angkutan umum yang masih menggunakan kaca film. Penggunaan kaca film sendiri memang sudah diatur dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI yang menyebutkan kaca film kendaraan bermotor baik pribadi maupun angkutan umum maksimal 60 persen. Jadi, jangan takut untuk menggunakan angkutan umum lagi.

Jika kamu masih ragu dengan angkutan umum yang menggunakan kaca transparan dan kaca film secara bersamaan, pilihlah angkutan umum yang secara keseluruhan menggunakan kaca transparan sehingga kamu pun merasa benar-benar aman saat menaikinya.

lokasi wisata kaca transparan
via tempo.co

Perhatikan Rute atau Trayek

Memutuskan untuk menggunakan angkutan umum sebagai moda transportasimu ke lokasi wisata yang kamu tuju berarti kamu juga harus mengetahui rute atau trayek dari tiap-tiap angkutan umum. Masalahnya akan datang saat kamu tidak mengetahui apa-apa dengan banyaknya pilihan jurusan dari angkutan umum di lokasi wisata tujuanmu.

Misalkan untuk daerah Bandung, perbedaan warna angkutan umumnya menandakan berbedanya trayek yang mereka emban walaunpun hanya satu warna yang berbeda. Jika kamu ragu, kamu bisa menanyakannya langsung kepada supir angkutan umum yang sedang ngetem atau kepada orang di sekitarmu.

Maka dari itu, pastikanlah untuk mencari sebanyak-banyak informasi baik lewat internet ataupun orang yang sering traveling sebelum sampai di lokasi wisata yang kamu inginkan. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan liburan yang nyaman dan tentu saja menyenangkan.

lokasi wisata rute
via townsquare.media

Selalu Siapkan Uang Pas

Kamu sering melihat ribetnya orang yang tidak membawa uang pas saat naik angkutan umum? Menyebalkan, bukan? Apalagi kalau terjadi di lokasi wisata, tentu hal tersebut bisa membuat moodmu berantakan. Untuk menghindari kondisi tersebut, cobalah untuk membawa uang pas di setiap perjalananmu yang menggunakan angkutan umum.

Selain tidak membuatmu ribet sendiri, kamu bisa terbebas dari supir dan juga kernet yang sering mengurangi kembalian yang harusnya kita dapat. Bahkan, lebih parahnya, terkadang mereka dengan seenaknya untuk tidak memberikan kembalian dengan alasan yang tidak logis.

Nah, usahakanl untuk menukarkan terlebih dahulu uangmu ke warung terdekat jika memang dibutuhkan. Jika kamu masih merasa sungkan, cobalah untuk membeli makanan atau minuman dengan harga yang relatif murah. Setelah itu, kamu pun mendapatkan kembalian dengan nominal yang lebih kecil dari sebelumnya.

lokasi wisata receh
via brilio.net

Jangan Terlalu Menarik Perhatian

Untuk merasa nyaman dan aman saat menggunakan angkutan umum, hindarilah berpenampilan mencolok dan memakai perhiasan yang berlebihan. Hal ini perlu kamu hindari demi keamanan dirimu sendiri karena bisa mengundang perhatian para pelaku kejahatan.

Sebaiknya kenakan pakaian yang menurutmu nyaman. Pilihlah pakaian dengan warna netral dan yang bisa menyerap keringat dengan cepat saat cuaca sedang panas-panasnya. Kamu pun bisa membawa jaket jika kamu menaiki angkutan umum yang menggunakan AC di dalamnya sehingga kamu tidak akan terlalu kedinginan saat dalam perjalanan.

lokasi wisata menarik perhatian
via flickr.com

Jangan Sampai Tertidur

Traveling seharian ke sana ke mari memang akan membuatmu lelah. Hal diperparah jika jarak lokasi wisatamu cukup jauh dari tempat penginapanmu berada. Istirahat sejenak memang menjadi satu-satunya untuk mengisi energi yang sudah terkuas seharian.

Namun, hati-hati jangan sampai istirahat sejenak di saat kamu berada di angkutan umum. Selain meningkatkan kemungkinan terjadinya tindak kejahatan, kamu bisa tersesat karena turun bukan di daerah tujuanmu semula dan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk sampai ke tempat wisata tujuanmu.

Oleh karena itu, jika rasa kantuknya sudah tidak tertahankan lagi, kamu sebaiknya turun terlebih dahulu dan mencari tempat yang cukup aman untuk istirahat sejenak, semisal masjid yang cukup banyak orang. Sehingga, kamu tetap merasa aman dan mendapatkan istirahat yang kamu butuhkan.

lokasi wisata tertidur
via thenewdaily.com.au

Catat Nomor-Nomor Penting

Nah, sebelum melakukan perjalanan ke lokasi wisata tujuanmu, ada baiknya jika kamu mencatat nomor-nomor penting yang bisa kamu di waktu mendesak. Nomor telepon polisi setempat menjadi salah satu nomor penting yang harus kamu catat di smartphonemu. Hal ini berguna jika terjadi tindak kejahatan terjadi seperti kehilangan dompet.

Selain itu, catat pula nomor telepon akomodasi menginapmu karena bisa saja sewaktu-waktu kamu kehilangan kunci dan harus menanyakan terlebih dahulu prosedur yang harus kamu lalui untuk mendapatkan kunci pengganti.

lokasi wisata catat
via theodysseyonline.com

Membawa Alat Pelindung Diri

Untuk tips satu ini, pertama-tama, cobalah untuk mencari informasi terkait lokasi wisata yang tuju. Jika lokasi wisata tersebut memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi, bawalah alat pelindung diri seperti pisau lipat, parfum, atau pepper spray. 

Alat-alat pelindung diri bisa sewaktu-waktu kamu gunakan jika terjadi tindak kejahatan di sekitarmu. Selain itu juga, letakanlah alat-alat tersebut di daerah yang mudah kamu jangkau untuk memudahkanmu saat menggunakannya di saat genting.

lokasi wisata spray
via phimeno.com

Menguasai Sedikit Bahasa Lokal

Tips yang terakhir agar kamu merasa aman dan nyaman naik angkutan umum adalah dengan belajar menguasai sedikit bahasa lokal lokasi wisata yang kamu singgahi. Tak perlu benar-benar mendalam, yang penting beberapa percakapan sederhana seperti saat bertransaksi atau menanyakan alamat.

Beberapa manfaat yang kamu bisa dapatkan dengan menguasai sedikit bahasa lokal tentu saja perjalananmu jauh lebih mudah. Selain itu, percakapanmu dengan supir angkutan umum akan terasa akrab dan dekat sehingga bisa saja kamu mendapatkan diskon untuk biaya naik angkutan umum.

via businessinsider.com

Itulah tips-tips aman dan nyaman yang bisa kamu lakukan saat memutuskan untuk menggunakan angkutan umum di lokasi wisata. Nah, jika kamu masih bingung di mana tempat yang cocok untukmu menginap? Bobobox menjadi tempat yang Bob rekomendasikan.

Hotel kapsul satu ini menawarkan harga yang relatif murah. Walau harganya yang relatif murah, Bobobox selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua yang tamu yang datang. Soal kenyamanan dan keamanan, tidak usah diragukan lagi. Dengan QR code, hanya kamu sendiri yang bisa mengakses kamar yang sudah kamu pesan. Ditambah dengan koneksi Wi-Fi, lampu LEDdan pengeras suara menunjang kenyamananmu saat berisitirahat.

Pemesannya pun terbilang mudah. Kamu tinggal mengunduh aplikasinya di sini dan bersiaplah untuk mendapatkan kualitas istirahat yang mumpuni pada liburanmu kali ini!

You might also like