Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Aman Saat Menunggu di Stasiun Kereta Api!

Ingat, ya! Safety comes first!

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang menjadi pilihan favorit banyak orang. Perbaikan dalam dunia perkeretaapian, seperti peningkatan fasilitas kereta dan stasiun, serta online ticketing semakin meningkatkan kenyamanan para pengguna. Selain itu, perjalanan menggunakan kereta api pun lebih terjamin dari faktor waktu. Tentunya, kamu tidak akan ikut terjebak kemacetan di jalan raya saat menggunakan moda transportasi yang satu ini.

Stasiun Gambir
Sumber foto: Jadwal Kereta

Data penumpang kereta api tahun 2006-2019 dari Badan Pusat Statistik menampilkan kenaikan jumlah pengguna yang cukup signifikan. Di tahun 2019 saja, jumlah pengguna kereta setiap bulan sudah memasuki angka tiga puluh ribuan penumpang. Angka ini meningkat di musim Lebaran. Dilansir dari Detik News, jumlah pengguna kereta api pada Operasi Lebaran 2019 menembus angka 6,8 juta orang. Wah! Ini sudah melebihi setengah populasi Jakarta, yaitu 10,3 juta orang di tahun 2017.

Untuk kamu yang sering bepergian menggunakan kereta api, ada beberapa tips dari Bob untuk menjaga keamanan saat menunggu di stasiun. Meskipun ada petugas keamanan yang berjaga, kamu tetap perlu bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri. Dengan begini, perjalananmu tetap aman, nyaman, dan menyenangkan! Berikut adalah tipsnya!

1. Kurangi Penggunaan Perhiasan yang Mencolok

Stasiun Wendy
Red Velvet Wendy | Sumber foto: Official Korean Fashion

Kejahatan bisa terjadi saat ada kesempatan. Untuk meminimalisir kesempatan tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti menghindari penampilan yang mencolok. Bukan berarti kamu tidak boleh mengenakan baju yang bagus ke stasiun, lho! Kamu tetap bisa tampil keren. Namun, ada baiknya kamu tidak mengenakan banyak perhiasan yang mencolok.

Agar kamu tetap tampil stylish, kamu bisa menjadikan tren airport fashion sebagai acuan. Tren yang satu ini menjamur di kalangan selebritas, terutama para idol Korea. Namun, kamu juga bisa mencoba tren ini saat bepergian dengan kereta api, lho! Salah satu artikel di majalah fesyen Harper’s Bazaar menampilkan beberapa figur publik dengan airport outfit-nya yang tidak hanya keren, tetapi juga nyaman. Cozy and stylish? Why not?

2. Manfaatkan Co-Working Space untuk Kerja

Stasiun Bandung
Sumber foto: The Jakarta Post

Perlu periksa e-mail atau kirimkan file ke klien atau rekan kerja? Eits! Hati-hati, lho! Jangan mengeluarkan laptop di sembarang tempat saat menunggu di stasiun kereta api. Meskipun situasi tampak aman, kamu tetap bisa menarik perhatian orang-orang yang mungkin berniat jahat. Namun, jangan khawatir! Kamu bisa tetap bekerja sambil menunggu jadwal keberangkatan.

Beberapa stasiun besar seperti Gambir dan Bandung kini hadir dengan co-working space yang bisa kamu gunakan secara gratis. Cukup tunjukkan tiket atau bukti keberangkatanmu pada hari yang sama ke petugas. Setelah itu, kamu bisa bekerja di tempat yang nyaman dan aman. Mantul, ‘kan? Oh, ya! Kafe juga bisa jadi tempat alternatif untuk kamu pilih. Kamu bisa kerja sambil ngopi cantik.

3. Titipkan Barang di Loker Stasiun

Loker Stasiun
Sumber foto: https://unsplash.com/@moren

Masih ada banyak waktu sebelum jam keberangkatan? Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitar stasiun. Namun, pastinya repot kalau kamu harus selalu membawa koper, ransel, atau barang bawaan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menarik perhatian orang-orang yang mungkin berniat jahat. Solusinya? Titipkan barangmu di loker!

Beberapa stasiun memiliki pusat penyewaan loker yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan barang-barangmu. Biasanya, loker disewakan per jam. Selain itu, ada juga beragam ukuran loker, sesuai jumlah barang bawaanmu. Setelah beres menitipkan barang, kamu bebas deh berkunjung ke tempat-tempat lain. Di Bandung, misalnya, kamu bisa menyambangi mal Paskal 23 untuk makan siang dan berbelanja. Untuk Jakarta, coba kunjungi beberapa museum seperti Galeri Nasional atau Museum Katedral.

4. Waspada Terhadap Orang Asing

Stasiun Orang Asing
Sumber foto: https://unsplash.com/@muiseadam

Menunggu jadwal keberangkatan di stasiun terkadang membosankan, terutama ketika kamu bepergian sendirian. Obrolan dengan penumpang lain yang sama-sama menunggu untungnya bisa membunuh rasa bosan. Setidaknya, kamu ada teman yang bisa diajak bicara. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dan waspada terhadap orang asing. Kita tidak tahu, lho niat orang lain seperti apa.

Pastikan barang bawaanmu tersimpan di tempat yang mudah dijangkau. Kalau perlu, gendong tasmu di depan tubuhmu. Simpan dompet, ponsel, dan dokumen penting di tempat yang aman. Jangan beri tahu informasi pribadi, seperti destinasi tujuan, tempat tinggal, atau informasi kontak. Waspada juga terhadap kontak fisik karena beberapa kasus hipnotis dimulai dari sentuhan. Kalau kamu mulai curiga atau tak nyaman, lebih baik pergi ke tempat lain atau laporkan yang bersangkutan ke petugas keamanan.

5. Tetap Bersama Teman-Teman

Stasiun Teman
Sumber foto: https://unsplash.com/@priscilladupreez

Berlibur bersama teman-teman pasti mengasyikkan. Apalagi saat menggunakan kereta api, rute yang panjang akan terasa lebih seru. Sepanjang perjalanan, kamu dan teman-teman bisa mengobrol, makan bersama, atau bermain game. Bepergian sendiri juga tetap terasa mengasyikkan kok, apalagi saat kamu dimanjakan oleh pemandangan cantik di luar kereta. Namun, seperti kata Anna Kendrick, “but it sure would be prettier with you“.

Kehadiran teman juga bisa menjaga keamananmu saat menunggu di stasiun kereta api. Saat menunggu, pastikan kamu tidak berpencar atau pergi terlalu jauh. Kamu bisa bergantian menjaga barang jika salah satu harus pergi ke toilet. Selain itu, kamu dan temanmu juga bisa saling membantu dan menjaga satu sama lain. Nggak ada yang mau liburan sama Bob, nih?

Kesimpulan

Itulah 5 tips agar kamu tetap aman saat menunggu di stasiun kereta api. Dengan kiat-kiat dari Bob, semoga perjalananmu tetap aman, nyaman, dan mengasyikkan, ya! Jangan lupa jaga kondisi tubuhmu agar bugar sebelum bepergian. Oh, ya! Pastikan kamu juga sudah memesan akomodasi di destinasi wisatamu. Kalau belum, kamu bisa mencoba beberapa opsi yang terjangkau, tapi tetap berkualitas seperti Bobobox.

backpacker di bandung bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang mengintegrasikan fitur-fitur unik dengan satu aplikasi. Praktis! Pengaturan pencahayaan dan kunci pintu pod bisa kamu atur lewat aplikasi Bobobox. Selain itu, ada banyak spot Instagrammable di Bobobox yang bikin kamu betah saat berlibur. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis untuk iOS dan Android, lho!

Proses pemesanan pod bisa kamu lakukan secara langsung lewat aplikasi. Ada beragam metode pembayaran yang tersedia untuk memudahkan transaksimu. Tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan! Jadi, ayo download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang dan pesan pod-mu! Bob tunggu, ya!

You might also like
Comments
Loading...