Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengapa Aku Sering Cemburu dan Bagaimana Aku Menguranginya?

Segera atasi cemburu butamu sebelum jadi bencana, yuk!

Cemburu memang bisa menjadi bumbu pemanis dalam sebuah hubungan. Namun, jika rasa cemburu itu sudah berlebihan, malah bisa jadi petaka untuk hubungan asmaramu dan pasangan.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk melakukan 10 tips agar tidak mudah cemburu yang sudah Bob rangkum khusus untuk kamu. Check these out!

tips agar tidak mudah cemburu

(Photo by @AlexGreen via Pexels)

1. Positive Thinking

Pikiran yang negatif dan penuh rasa curiga biasanya menjadi salah satu cikal bakal timbulnya rasa cemburu. Padahal, pikiran negatif dan rasa curiga tersebut belum tentu sesuai dengan kenyataan yang ada.

Oleh karena itu, tips agar tidak mudah cemburu yang pertama yang harus kamu lalukan adalah dengan selalu berpikiran positif atau positive thinking. Sebaiknya, buanglah jauh-jauh semua pikiran negatif dan kecurigaan tersebut.

Tidak ada untungnya menaruh rasa curiga terus-menerus. Selain mengganggu kesehatan jiwa, berpikiran negatif terus-terusan juga akan berpengaruh buruh terhadap kesehatan fisikmu.

2. Jangan Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain

Tips agar tidak mudah cemburu yang kedua adalah dengan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Kebiasaan membanding-bandingkan diri ini mungkin memang akan sulit dilakukan di zaman serba social media seperti sekarang ini.

Kamu bisa dengan mudah melihat kehidupan “saingan”-mu dari media sosialnya, dan langsung insecure karena merasa “kalah”. Perasaan inilah yang biasanya jadi pemicu kecemburuan di hatimu.

So, biar nggak memicu rasa cemburu di hatimu ini, lakukanlah tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini. Berhentilah membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, karena setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, begitu pun dirimu.

Cobalah fokus untuk menjadi lebih baik dari dirimu yang kemarin, bukan lebih baik dari orang lain. 😉

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, nih, akar dari rasa cemburu sehingga kamu jadi sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain salah satunya adalah rasa tidak percaya diri. Maka, tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini perlu banget kamu pelajari dan kamu lakukan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya adalah dengan terus meningkatkan value dirimu. Pelajari skill baru, lebih giat lagi mencapai goals dalam hidupmu, dan banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

Bahkan, melakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini juga bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Contohnya dengan lebih rajin merawat diri dan belajar menghargai serta mencintai dirimu sendiri.

4. Membangun Rasa Saling Percaya

Dasar dari sebuah hubungan adalah kepercayaan. Jika tidak ada rasa saling percaya di antara pasangan, maka hubungan yang ada akan jadi tidak karuan, salah satunya bahkan akan timbul rasa cemburu yang terkadang berlebihan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi dalam hubunganmu, cobalah untuk mulai lebih saling percaya satu sama lain. Dijamin, tips agar tidak mudah cemburu satu ini akan membuat hubunganmu dengan si dia lebih harmonis.

Dengan melakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini, hatimu pun akan lebih tenang dalam menjalani hubungan.

tips agar tidak mudah cemburu

(Photo by @AlexGreen via Pexels)

5. Cari Tahu Penyebab Rasa Cemburu

Tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini juga penting banget, lho, untuk kamu lakukan. Yup! Dengan mengetahui sumber kecemburuanmu, kamu tentu saja bisa lebih mudah untuk mencari solusi yang tepat agar rasa cemburumu tidak berlebihan dan masih dalam batas wajar.

Misalnya, jika dengan stalking media sosial si “doi” kamu jadi mudah merasa cemburu, tips agar tidak mudah cemburu yang bisa kamu lakukan adalah dengan sesimpel “jangan stalk media sosialnya melulu”. Jika sulit, coba aja pelan-pelan dulu, ya. 🙂

6. Sembuhkan Luka Masa Lalu

Tidak semua rasa cemburu disebabkan oleh hal-hal yang terjadi di masa sekarang. Bisa saja, rasa cemburu tersebut dikarenakan pengalaman buruk yang pernah menimpamu di masa lalu.

Jika dulu kamu pernah diselingkuhi oleh mantan pacarmu, bukan berarti semua laki-laki tukang selingkuh. Maafkan dan lupakanlah, agar tidak membuat hatimu jadi berat.

Oleh karena itu, tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini penting sekali untuk menjaga keberlangsungan hubunganmu yang sehat dengan siapapun. Sebab, kita harus fokus dan menyambut masa depan yang bahagia, bukan terus larut dalam trauma masa lalu.

Jika tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini dirasa sulit bagimu, kamu bisa kok minta bantuan para ahli dan profesional seperti psikolog, dan nggak perlu merasa malu.

7. Jalin Komunikasi dengan Baik

Selain rasa percaya, komunikasi yang baik juga merupakan pondasi hubungan yang sehat. Jika kamu mudah merasa cemburu terhadap pasanganmu, coba cek lagi deh, siapa tahu ada yang salah dengan komunikasi di antara kamu dan pasanganmu.

So, agar hal seperti ini bisa terhindari, mulailah lakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini, yaitu dengan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pasangan. Untuk mulai melakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini, rasa gengsi dan pikiran buruk yang ada di kepalamu pun harus disingkirkan.

8. Saling Terbuka Satu Sama Lain

Jika komunikasi sudah berjalan dengan baik, maka jalan untuk saling terbuka dengan pasangan pun akan semakin mudah. Dengan begitu, kamu bisa melakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini dan tetap berpikir jernih.

Selain itu, dengan melakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini pun, kamu tentu saja bisa lebih mengenal pasanganmu. Dengan lebih terbuka dan mengenalnya, tentu saja kepalamu tidak akan lagi dipenuhi beribu tanda tanya tentangnya yang bisa membuatmu stress dan cemburu berat.

9. Jangan Terlalu Fokus pada Hal yang Membuatmu Cemburu

Tips agar tidak mudah cemburu yang selanjutnya adalah dengan tidak terlalu fokus atau memikirkan hal-hal yang bisa memicu rasa cemburumu. Cobalah untuk tetap membuat dirimu sibuk dengan hal-hal yang lebih positif daripada terus-terusan memikirkan hal yang sebenarnya tidak perlu dan belum tentu benar adanya.

Selain berpengaruh buruk untuk hubungan asmaramu, terus-menerus memikirikan hal yang bisa memicu rasa cemburumu juga tidak baik untuk kesehatanmu, lho, baik itu kesehatan mental maupun fisik.

Jadi, daripada waktumu terbuang percuma, mending lakukan tips agar tidak mudah cemburu satu ini dan isi waktumu dengan melakukan hal-hal positif, seperti olahraga dan melakukan hobby lainnya.

tips agar tidak mudah cemburu

(Photo by @AlexGreen via Pexels)

10. Bicara Apa Adanya dan Cari Solusi yang Tepat

Tips agar tidak mudah cemburu yang terakhir adalah dengan membicarakan semuanya dengan pasangan dan mencari solusi yang tepat. Sebab, tidak baik jika memendam perasaan yang mengganjal hatimu terlalu lama.

Ungkapkan hal-hal yang kamu tidak suka dan bisa menjadi pemicu rasa cemburumu terhadap pasangan secara baik-baik dan apa adanya. Setelah itu, cobalah untuk menemukan solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

Dengan melakukan tips agar tidak mudah cemburu yang satu ini, masalah yang ada dalam hubunganmu dapat lebih mudah diselesaikan.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Mental yang sehat juga merupakan salah satu faktor penting agar kamu tidak mudah merasa cemburu, lho. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan staycation dan liburan! ;D

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay Happy, Stay Healthy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

kamar bobobox

You might also like