Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Staycation? Inilah 7 Tips Agar Tetap Aman Saat Menginap di Hotel

Hotel aman, kamu nyaman!

Hotel aman merupakan suatu keharusan jika kamu perlu melakukan perjalanan atau sekadar staycation di era new normal ini. Sebagaimana kamu tahu, istilah new normal kini kerap kali digunakan untuk mengacu pada tatanan kehidupan baru dalam berkegiatan di tengah wabah COVID-19 yang masih melanda.

Sebagian orang sudah mulai diharuskan untuk kembali beraktivitas dan bekerja di luar rumah. Karenanya, untuk mengurangi risko membawa virus ke rumah yang dihuni anak-anak serta lansia, hotel aman menjadi pilihan.

Namun, ada juga yang mulai merasa bosan karena sudah beberapa bulan tetap berada di rumah. Maka dari itu, mereka pun berenacana sekadar staycation di hotel untuk mengusir rasa bosan tersebut dengan nuansa baru.

Hotel aman di sini maksudnya adalah keamanan dari penyebaran virus corona COVID-19, yakni dengan memberlakukan standar operasional untuk mencegah dan meminimalisir penularan penyakit tersebut. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk menginap atau staycation, kamu harus terlebih dahulu memastikan apakah hotel yang kamu pilih itu aman atau tidak.

Selain standar operasional, kamu sendiri perlu bersikap proaktif untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan selama di hotel. Nah, biar tidak bingung, yuk simak tips agar kamu tetap aman saat menginap di hotel!

Suhu Tubuh

@yokaew

Salah satu pedoman khusus hotel aman untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 adalah dengan melakukan pengecekan suhu saat check-in. Saat memasuki lingkungan hotel, kamu akan menjumpai petugas yang akan melakukan pengecekan suhu tubuh. Jika suhu tubuh  kamu melebihi 37,5 °C, kamu akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terlebih dahulu.

Selain pengecekan suhu, saat kamu check-in, petugas juga akan meminta informasi tentang riwayat perjalanan dan kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam kurun waktu 14 hari. Patuhilah prosedur pengecekan yang diterapkan di hotel tujuan kamu dan pastikan kamu kamu memberikan data lengkap dan sebenar-benarnya. Selain itu, lakukanlah pengecekan suhu bada secara teratur selama menginap di hotel.

Social Distancing

healthtalk.unchealthcare.org

Sebagaimana kamu tahu, social distancing atau jaga jarak sudah mulai diterapkan tidak lama setelah wabah COVID-19 menyebar ke banyak negara. Upaya pencegahan ini dilakukan mengingat penyebaran COVID-19 yang bisa terjadi dalam jarak dekat antar manusia melalui percikan cairan dari batuk, bersin, dan saat berbicara.

Karena kamu kemungkinan akan berinteraksi dengan staf hotel atau tamu lainnya, terapkanlah social distancing selama berada di lingkungan hotel baik dengan para staf hotel maupun dengan tamu-tamu lainnya.

Selain itu, sebaiknya kamu juga tidak menginap beramai-ramai dalam satu kamar. Selain itu, sebaiknya kamu juga menghindari pertemuan yang melibatkan banyak orang baik di dalam kamar maupun tempat umum.

Selanjutnya, sebisa mungkin kamu juga menghindari aktivitas di fasilitas-fasilitas umum yang ada di hotel seperti restoran, kolam renang, dan sejenisnya. Kalau butuh makanan atau minuman, kamu bisa meminta petugas restoran untuk mengantarnya ke kamar kamu. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan pemesanan takeaway atau dibawa pulang sehingga kamu tidak berlama-lama berada di restoran.

Bersihkan Tangan

@purzlbaum

Selain pengecekan suhu dan keharusan social distancing, hotel aman juga akan menyediakan hand sanitizer di beberapa area misalnya meja resepsionis. Karena itu, bersihkanlah tangan kamu dengan menggunakan hand sanitizer tersebut setelah kamu bersentuhan dengan permukaan benda yang seringkali disentuh orang banyak, misalnya gagang pintu, tombol lift, dan sebagainya.

Selain penggunaan hand sanitizer, kamu juga bisa menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya menggunakan air dan sabun selama kurang lebih 20 detik. Lakukanlah sebelum dan sudah makan serta setelah setelah bersentuhkan dengan permukaan benda yang kotor dan sering tersentuh tangan lain atau setelah menggunakan toilet. Hindari juga menyentuh wajah, mata, dan mulut sebelum mencuci tangan.

Gunakan Masker

Biar staycation kamu tetap aman, penggunaan masker adalah hal yang wajib. Kamu tentu tahu tamu wajib menggunakan masker serta. Penggunaan masker sendiri dinilai dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 hingga 85% dengan dibarengi jaga jarak.

Karenanya, selalu gunakan masker saat keluar kamar dan berada di lingkungan hotel. Jangan segan untuk mengingatkan petugas hotel atau tamu lain yang terlihat tidak mengenakan masker agar status hotel aman tetap terjaga.

Kebersihan Diri

@thecreative_exchange

Meskipun keadaan hotel aman karena adanya pedoman khusus yang dijalankan oleh para staf hotel, kamu harus tetap menjaga kebersihan diri dengan baik. Selain beberapa protokol yang Bob sebut di atas, kamu juga perlu memperhatikan protokol kebersihan lainnya.

Salah satunya adalah selalu jaga kebersihan tubuh kamu dengan mandi secara rutin. Jangan lupa juga untuk segera mencuci pakaian kotor yang telah kamu pakai mengingat virus corona bisa bertahan hidup pada kain dalam waktu tertentu.

Selain itu, selalu tutup mulut dan hidung kamu dengan menggunakan tisu saat batuk atau bersin. Jangan lupa untuk segera membuang tisu tersebut ke tempat sampah. Selalu utamakan kebersihan agar hotel aman!

Bersikap Proaktif

@jankolar

Selain kebersihan diri, kamu juga dianjurkan untuk turut aktif dalam menjaga kebersihan di hotel. Salah satunya adalah kebersihan toilet. Selalu siram toilet setelah digunakan. Kamu juga bisa membersihkan toilet secara mandiri dengan menggunakan cairan disinfektan yang bisa kamu minta kepada petugas hotel.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Kamu juga bisa memperhatikan apakah para staf kebersihan melakukan tugasnya dengan baik sehingga kamu akan merasa yakin dengan status hotel aman pilihan kamu.

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu kondisi kamar yang akan kamu tinggali. Sebagaimana kamu tahu, hotel adalah tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai daerah. Risiko penularan pun cukup besar. Kamar hotel yang sebelumnya sudah dipakai oleh tamu-tamu lainnya memiliki kemungkinan besar menyebarkan kuman, bakteri serta virus termasuk SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19).

Maka dari itu, kamu bisa menanyakan kepada petugas hotel tentang kapan tamu terakhir check-out dari kamar tersebut. Sebisa mungkin, kamu meminta kamar yang sudah lama kosong atau tidak dipakai tamu sebelumnya. Hotel aman, kamu pun nyaman!

Pilih Hotel Aman

Selain menjaga kebersihan, kamu juga perlu memperhatikan kriteria hotel aman agar kamu bisa menjalani staycation kamu dengan nyaman. Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Hotel dengan reputasi yang baik biasanya akan lebih transparan mengenai protokol kebersihan yang mereka lakukan sehingga mendapat predikat hotel aman. Umumnya, mereka akan menyampaikan informasi tentang protokol kebersihan mereka kepada publik.

Karena itu, sebaiknya kamu mengecek akun media sosial atau laman resmi mereka untuk mengetahui protokol hotel aman apa yang mereka lakukan. Selain melihat informasi tentang protokol kebersihan, kamu juga akan dapat membaca testimoni dari para pelanggan sebelumnya yang meyakinkan kamu bahwa yang kamu pilih adalah hotel aman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini menawarkan new normal experience yang tentunya aman dan nyaman. Maka dari itu, Bobobox pun telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rutin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tamu lain, dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi. Ketika memasuki area dalam hotel, kamu juga diwajibkan untuk mengenakan sendal sekali pakai dari Bob.

Tidak hanya itu, Bobobox juga menjaga kebersihan lingkungan hotel dan pods-nya dengan secara rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!