Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mempercantik Rumah? Yuk Intip 7 Tips Agar Tanaman Hias Sering Berbunga!

Bakal semakin mempercantik rumahmu!

Bobobox.co.id — Tanaman hias merupakan salah satu hal yang biasa dipilih untuk mempercantik rumah. Pada pandemi ini, popularitas dari hobi menanam tanaman hias di rumah pun meningkat pesat.

Berdiam diri di rumah terus menerus menjadikan menanam tanaman hias adalah hal yang bisa dilakukan untuk mengusir bosan. Oleh karenanya, tanaman hias menjadi populer disamping kegunaannya untuk mempercantik rumah.

Namun, terkadang beberapa orang kerap kali menyelepakan cara menanam yang baik. Padahal, dengan menanam yang baik dan benar, tanaman hias favoritmu di rumah justru akan lebih sering berbunga dan membuat rumah semakin cantik.

Nah, untuk itu, Bob akan membagikan 7 tips agar tanaman hias sering berbunga yang bisa kamu aplikasikan pada tanaman hiasmu di rumah. Tak usah berlama-lama, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Perhatikan Media Tanam

Tips agar tanaman hias sering berbunga pertama adalah dengan memperhatikan kebutuhan media tanamn untuk masing-masing tanaman hias. Pasalnya, tiap tanaman hias membutuhkan media yang berbeda.

Kamu harus mengetahui sifat dan karakteristik dari tanaman hias yang kamu miliki. Hal ini tentunya dimaksudkan agar tanaman hias cepat berbunga dan juga sebagai cara merawat tanaman agar tumbuh subur.

Walaupun begitu, secara umum, media tanam haruslah mencakup beberapa hal. Mulai dari mengandung unsur hara, tidak terlalu padat, mampu menahan pertumbuhan akar, hingga tidak menjadi sarang hama.

Beberapa hal tersebut menjadi elemen yang wajib diperhatikan. Kamu setidaknya diharuskan untuk menyiapkan media tanaman yang mencakup beberapa hal penting yang wajib ada dalam sebuah media tanam.

tips agar tanaman hias sering berbunga
@markusspiske via unsplash.com

Penyiraman Tiap Bunga Berbeda

Tips agar tanaman hias sering berbunga berikutnya adalah soal penyiraman tanamannya. Sama seperti halnya media tanam, penyiraman untuk tiap tanaman sendiri berbeda-beda tergantung tanamannya.

Misalkan saja, tanaman hias dalam pot dan yang ditanam langsung di tanah, keduanya membutuhkan air dan frekuensi penyiraman yang berbeda. Oleh karenanya, hal ini wajib kamu perhatikan dengan baik.

Tanaman hias dalam pot membutuhkan frekuensi lebih sering namun dengan kuantitas air yang sedikit. Berbeda dengan tanaman yang langsung di tanah yang membutuhkan kuantitas banyak dengan frekuensi lebih sedikit.

Penyiraman ini haruslah dilakukan secara teratur. Tips agar tanaman hias sering berbunga ini bisa dilakukan dengan acuan seperti tingkat kelembapan media tanam yang menjadi patokannya.

@cottonbro via pexels.com

Pengaruh Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan salah satu elemen krusial dalam menanam tanaman hias. Oleh karena itu, habiskan sekitar satu hari untuk mencari area yang tepat untuk lokasi di mana kamu akan menempatkan tanaman hias.

Sinar matahari yang baik sebagai cara merawat tanaman agar tumbuh subur adalah sinar matahari pagi. Dengan sinar matahari pagi ini, tanaman hias akan lebih mudah berfotosintesis agar menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan.

Selain itu, durasi dari sinar matahari pun berpengaruh. Tips agar tanaman hias sering berbunga akan semakin optimal lagi jika tanaman hiasnya tersinari sinar matahari kurang lebih 6 hingga 10 jam sehari.

Bagi kamu yang rumahnya menghadap ke selatan, ada trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sinar matahari yang melimpah. Gunakan talang air yang ditempatkan agar menjorok ke luar dari balon rumahmu.

@pixabay via pexels.com

Penambahan Pupuk

Pupuk merupakan hal penting lainnya yang masuk ke dalam salah satu tips agar tanaman hias sering berbunga. Ditambah dengan penyiraman yang tepat, tanaman hias akan tumbuh dan sering berbunga.

Pupuk yang diberikan untuk tanaman hias sendiri harus mengandung unsur makro dan mikro. Pupuk agar tanaman cepat berbunga ini sebaiknya yang mengandung kandungan nitrogen, fosfat, dan kalium seimbang.

Ketiga kandungan ini ditujukan saat tanaman masih muda. Pupuk agar tanaman cepat berbunga ini akan berbeda saat setelah dewasa dan berbunga. Pilihlah yang kandungan fosfat dan kalium tinggi.

Alasannya sangat sederhana. Kedua kandungan tersebut nantinya yang akan merangsang terbentuknya bunga. Dengan begitu pupuk untuk bunga ini akan menumbuhkan bunga pada tanaman hias menjadi lebih sering lagi.

via monitor.co.id

Pengendalian Hama

Gangguan hama dan penyakit pada tanaman hias adalah dua hal yang paling ditakuti oleh para penanam tanaman hias. Oleh karenanya, kamu wajib untuk meminimalkan kemungkinan keduanya mengganggu tanaman hiasmu.

Tips agar tanaman hias sering berbunga berikutnya adalah mengendalikan gula untuk mencegah gangguan hama dan penyakt. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengendalian ini.

Cara yang pertama adalah menggunakan pot sebagai media tanam tanaman hias. Pemilihan media ini sendiri dapat mengurangi tumbuhnya gulma pada tanaman hias yang sudah kamu tanam.

Tak hanya dengan menggunakan pot, kamu pun bisa melakukan pengendalian dengan bahan kimiawi. Caranya adalah dengan menggunakan pestisida yang tepat sesuai dengan gejala serangan penyakit dan hama.

Antara/Balitbangtan via antaranews.com

Pemangkasan Bunga

Tips agar tanaman hias sering berunga berikutnya adalah pemangkasan. Pemangkasan sendiri dilakukan untuk memenuhi dua tujuan yakni pembentukan tajuk dan pembungaan.

Dengan melakukan pemangkasan bunga secara teratur, hal yang diharapkan adalah bentuk tajuk yang lebih kompak dan dapat dibentuk sesuai selera. Pemangkasan ini pun tak ada aturan bakunya, kok.

Namun, pemangkasan sebaiknya dilakukan pada cabang yang bertumpuk, berimpitan, atau bersilangkan. Pasalnya, jika dibiarkan, cabang-cabang ini akan membuat bentuk tanaman hias kurang indah.

Di sisi lain, pemangkasan untuk pembungaan ini biasa dilakukan pada akar tanaman hias yang ditanam dalam pot. Akar yang sudah tua dan berwarna hitam kecokelatan harus dipangkas agar menumbuhkan akar muda.

via impiana.my

Penggantian Pot

Tips agar tanaman hias sering berbunga terakhir adalah memastikan pergantian pot. Nah, untuk tips ini, hal ini hanya akan dilakukan jika kamu memilih pot sebagai media tanam tanaman hiasmu.

Untuk pergantian pot sebagai cara merawat tanaman agar tumbuh subur ini, lakukanlah pergantian paling tidak dua sampai tiga tahun sekali. Pergantian pot ini ini memiliki tujuan tersendiri.

Tujuan dari pergantian pot ini adalah menyegarkan media tanam dengan yang baru. Jika dilakukan secara berkala sesuai waktunya, tanaman hiasmu akan mendapatkan nutrisi baru yang akan membuatnya lebih sering berbunga.

Untuk pemilihan potnya, sesuaikan dengan besarnya tanaman hais yang dimiliki. Walaupun begitu, semakin besar pot, semakin baik pula karena tanaman hias justru akan mendapatkan nutrisi lebih banyak.

@tomaz-barcellos-999425 via pexels.com

Ingin Staycation? Ya di Bobobox

Salah satu cara yang bisa lakukan untuk melepaskan beban yang sedang kamu pikirkan adalah dengan melakukan staycation. Salah satu tempat menginap yang cocok untuk staycationmu adalah Bobobox.

Hotel satu ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang kece abis sehingga mampu memberikan kualitas menginap dan staycation yang mumpuni.

Tertarik mencoba? Unduh dulu aplikasi Bobobox di sini untuk memesan tiap podnya.

Selamat menginap di Bobobox yapromo bobobox

 

You might also like