Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Lebih Produktif? Ubah Pola Pikir dan Kebiasaan-Kebiasaan Berikut

Semoga harimu selalu produktif, ya! 

Manajemen waktu yang baik merupakan salah satu skill paling penting yang dibutuhkan untuk dapat menjalani hidup dengan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, waktumu tidak akan terbuang sia-sia dan kamu juga akan menjadi lebih produktif setiap harinya. Nah, ada beberapa kebiasaan serta pola pikir yang sebaiknya kamu ubah agar hari-harimu menjadi lebih produktif. Yuk, simak langsung 12 tips agar lebih produktif berikut ini!

1. Malas Bangun Pagi

Tips agar lebih produktif yang pertama tentunya adalah dengan membuang kebiasaan burukmu yang sering bangun siang atau malas bangun pagi. Mengapa? Sebab, bangun terlalu siang malah cenderung akan membuat kamu jadi malas beraktivitas dan kurang termotivasi untuk menjadi produktif di hari itu.

BACA JUGA: Simak 10 Alasan Kamu Harus Mulai Bangun Pagi Dan Berbagai Manfaatnya

Dengan melakukan tips agar lebih produktif yang satu ini, kamu juga tentunya bukan hanya akan menjadi lebih produktif, tetapi juga lebih sehat. Sebab, dengan tidur cukup dan bangun pagi secara teratur, badanmu akan menjadi lebih segar. Bangun pagi juga dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya seperti membantu meningkatkan daya ingat, melancarkan peredaran darah, bahkan menjaga paru-paru tetap sehat.

2. Mengerjakan Banyak Pekerjaan Sekaligus

Tips agar lebih produktif berikutnya adalah dengan mengurangi dan menghindari kebiasaan mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Tidak selamanya produktif itu berarti kamu harus mengerjakan pekerjaan sebanyak-banyaknya sekaligus.

tips agar lebih produktif

(Photo by @oliadanilevich from Pexels)

Dengan melakukan pekerjaan melebihi porsi dan kapasitasmu, bukan tidak mungkin jika semua pekerjaanmu malah akan berakhir berantakan. Untuk itu, usahakanlah untuk lebih aware dengan kapasitas diri. Ingat, yang penting kerjakanlah pekerjaanmu dengan fokus dan sungguh-sungguh.

3. Tidak Berusaha Menyicil Pekerjaan yang Menumpuk

Sebagian orang memang memiliki kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan. Namun, jika kebiasaan buruk ini diikuti serta oleh kemalasan untuk menyicil pekerjaan yang perlu diselesaikan, maka ini akan jadi malapetaka di kemudian hari!

Untuk itu, lakukanlah tips agar lebih produktif yang satu ini, yakni mulailah menyelesaikan pekerjaanmu sedikit demi sedikit. Yang terpenting dari tips agar lebih produktif satu ini hanyalah satu: MULAI! Kamu bisa mulai menyicil dari pekerjaan yang paling mudah dan paling kamu sukai dulu, lalu lanjut ke yang lebih sulit atau rumit.

4. Kerja Terus Tanpa Henti

Tips agar lebih produktif selanjutnya adalah dengan membuang jauh-jauh pikiran bahwa produktif itu artinya kamu harus kerja terus-menerus tanpa henti. No! Itu salah besar!

BACA JUGA: Tidak Punya Energi Untuk Produktif? Ini Dia Ciri-Ciri Dan Cara Terbaik Untuk Mengatasi Burnout!

Produktif justru berarti saat kamu dapat melakukan semua pekerjaan secara efektif dan efisien, serta tahu kapan saat harus bekerja dan kapan waktunya istirahat. Janganlah memaksakan diri untuk terus bekerja tanpa istirahat. Sebab, hasil pekerjaanmu pun tidak akan maksimal jika dilakukan dengan fisik dan otak yang kelelahan.

5. Mengerjakan Semua Pekerjaan Sendiri

Biasanya, orang yang cenderung selalu ingin mengerjakan semua pekerjaan sendiri adalah orang yang perfeksionis dan ambisius. Mereka biasanya cenderung berpikir bahwa hanya merekalah yang mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan sempurna.

Atau, bisa jadi mereka adalah orang yang pemalu dan sering merasa ragu untuk meminta bantuan orang lain. Untuk menghindari hal seperti ini, lakukanlah tips agar lebih produktif yang satu ini, yakni dengan menghindari kebiasaan untuk mengerjakan semua pekerjaan sendiri.

Meskipun kamu sangat percaya diri dapat menyelesaikan semuanya sendiri, nyatanya kamu hanya akan membuat pekerjaan tersebut selesai lebih lama dibandingkan dengan jika pekerjaan tersebut dilakukan bersama. Dan lagi, ada beberapa pekerjaan yang memang idealnya dilakukan secara berkelompok. Maka, jangan lupa untuk melakukan tips agar lebih produktif yang satu ini, ya!

6. Tidak Mau Membuat “To Do List”

Merasa mampu melakukan semua pekerjaan secara lancar tanpa perencanaan yang matang merupakan salah satu kebiasaan serta pemikiran yang juga perlu dihindari, loh. Maka, lakukanlah tips agar lebih produktif yang satu ini, yakni dengan membuat “to do list”!

tips agar lebih produktif

(Photo by @MARTPRODUCTION from Pexels)

Dengan melakukan tips agar lebih produktif yang satu ini, kegiatan pekerjaanmu jadi lebih terstruktur rapi. Kamu juga bisa menentukan pekerjaan mana saja yang jadi prioritasmu terlebih dahulu dan menyelesaikannya secara teratur.

7. Terlalu Banyak Mengerjakan Hal-Hal Tidak Penting

Tips agar lebih produktif selanjutnya adalah dengan mengontrol diri agar tidak terlalu banyak mengerjakan hal-hal yang tidak penting. Ingat, hindarilah kegiatan yang hanya akan membuang waktumu sia-sia, seperti rebahan dan bermain gadget atau media sosial.

8. Tetap Fokus!

Tips agar lebih produktif berikutnya adalah dengan berusaha untuk tetap fokus! Fokus di sini bukan berarti hanya fokus dengan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan saja, melainkan juga dengan value dirimu sendiri.

tips agar lebih produktif

(Photo by @ChristinaMorillo from Pexels)

Fokuslah untuk terus membuat dirimu berkembang dan maju. Jangan cepat puas dengan apa yang telah kamu raih sekarang. Dengan menerapkan tips agar lebih produktif yang satu ini di kehidupan sehari-hari, dijamin deh hari-harimu selanjutnya akan lebih produktif dan berkualitas.

9. Terlalu Banyak Mengeluh

Terlalu banyak mengeluh merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menularkan vibes negatif terhadap dirimu dan sekitar. Walaupun sebenarnya mengeluh sekali-sekali tentu boleh saja, sebab itu adalah hal yang wajar dan manusiawi.

Sayangnya, terlalu sering mengeluh ternyata memiliki berbagai dampak negatif, mulai dari memperkeruh suasana, memperburuk keadaan, bahkan hingga memperpendek usia dan membuatmu terlihat lebih tua. Untuk itu, lakukanlah tips agar lebih produktif yang satu ini, yakni dengan mengurangi kebiasaan terlalu banyak mengeluh.

BACA JUGA: Tips Produktif WFH Berikut Ini Dijamin Bikin Kamu Semangat Terus!

Dengan banyak mengeluh, pekerjaanmu akan tersendat untuk diselesaikan, sebab kamu terlalu sibuk mengeluh. Lebih baik, tetaplah semangat dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan upaya maksimal.

10. Meditasi dan Olahraga Setiap Pagi

Membiasakan melakukan meditasi dan olahraga di pagi hari sebelum beraktivitas juga merupakan salah satu tips agar lebih produktif, loh. Tips agar lebih produktif ini juga berguna untuk membuat otakmu lebih seimbang, juga melatih fokusmu.

tips agar lebih produktif

(Photo by @ElinaFairytale from Pexels)

11. Tetap Luangkan Waktu untuk Refreshing

Nah, kalau tips agar lebih produktif yang satu ini sih tujuannya untuk membuat tubuh dan pikiranmu terhindar dari lelah. Mana bisa produktif kalau dirimu saja kelelahan? Untuk itu, kamu bisa melakukan kegiatan kesukaanmu di sela-sela aktivitas kerja atau WFH, contohnya seperti membaca novel, bernyanyi, dan lain-lain.

12. Disiplin!

Tips agar lebih produktif yang terakhir adalah disiplin! Sebab, disiplin merupakan kunci agar segala tujuanmu dapat terlaksana. Ingat, bukan sekadar produktif, namun goals-mu pun harus tercapai! Semangat!

Pasti happy staycation di Bobobox!

Being productive bukan berarti kamu nggak boleh liburan, loh. Kamu tetap wajib refreshing untuk melepas segala penat dan stress sehari-hari. Ada berbagai cara asik untuk melepas stress, salah satunya adalah dengan staycation!

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk staycation-mu? Tenang, ada Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

business traveler bobobox

You might also like