Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Pelihara Ikan Cupang? Ikuti Tips Agar Ikan Cupang Selalu Sehat dan Cantik Berikut Ini!

Jangan lupa aplikasikan di rumah ya!

Bobobox.co.id — Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang menjadi favorit banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang memiliki keinginan untuk memelihara ikan cupang sebagai hewan peliharaan.

Walaupun begitu, masih banyak yang belum mengetahui cara memelihara ikan cupang yang benar. Memelihara ikan cupang dengan benar mampu menjaga ikan cupang yang dipelihara selalu sehat dan cantik.

Bob di sini akan membagikan 6 tips agar ikan cupang selalu sehat dan cantik. Cukup mudah untuk diikuti kok semua tipsnya. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada ikan cupangmu ya!

Ganti Air secara Rutin

Tips agar ikan cupang selalu sehat dan cantik pertama adalah rutin mengganti air wadah ikan tersebut. Pasalnya, air merupakan hal yang krusial yang perlu diperhatikan dengan baik saat memelihara ikan cupang.

Kamu bisa mengganti airnya dengan air minum isi ulang jika air sumurmu tak terlalu jernih. Jangan lupa juga untuk menganti air tempat tinggal ikan cupangmu nantinya secara rutin minimal tiga hari sekali. Oh iya, kamu juga sangat disarankan untuk menghindari air dengan campuran kaporit atau zat kimia penjernih air yaa. Pasalnya, air dengan kandungan tersebut sangat tidak baik untuk ikan cupang bahkan dapat memperpendek umurnya.

@timothycdykes via unsplash.com

Pindahkan Ikan Cupang dengan Sangat Hati-Hati

Tips agar ikan cupang selalu sehat satu ini wajib dilakukan dengan sangat hati-hati. Pasalnya, ikan cupang akan lebih mudah mati jika kamu merawatnya asal-asalan. Salah satunya adalah saat memindahkan ikan cupang.

Jangan mengganti air wadah ikan cupang secara dratis. Ada baiknya buang sedikit demi sedikit air yang lama dan campur dengan yang baru. Hal ini demi mempermudah ikan cupang untuk beradaptasi dengan air baru tadi.

Selain itu, saat memindahkan ikan cupang ke tempat sementara saat pergantian air, jangan menggunakan jaring pengambil ikan. Pasalnya, hal tersebut justru akan merusak sirip ikan cupangmu.

@huyphan2602 via unsplash.com

Obati Ikan Cupang Jika Terlihat Lemas

Tips agar ikan cupang selalu sehat berikutnya adalah mengobati ikan cupang jika terlihat lemas. Ikan yang terlihat lemas dan malas bergerak merupakan beberapa gejala yang kerap muncul dari ikan yang sedang sakit.

Untuk mengobatinya, kamu bisa memberikan beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, pomate, dan obat tetra clor secukupnya. Aduk hingga rata untuk kemudian masukkan kembali ikan cupang ke dalam air campuran obat tersebut.

@fad_lan via unsplash.com

Menambah Garam pada Air Wadah Ikan

Salah satu tambahan yang tepat dalam tips agar ikan cupang selalu sehat dan cantik adalah garam ikan hias. Jenis garam satu ini berfungsi untuk menyeimbangkan osmosis di dalam tubuh ikan cupang.

Selain itu, garam ini dapat membantu menyembuhkan luka dan menstabilkan tubuh ikan cupang akibat metabolisme yang tidak bekerja dengan benar. Takarannya sendiri 0,1 dari volume air wadah ikan.

tips agar ikan cupang selalu sehat
@bru-no-1161770 via pixabay.com

Berikan Metil Biru Saat Sirip Ikan Cupang Patah atau Luka

Bagi yang baru pertama kali memelihara ikan cupang, patahnya sirip atau ekor ikan hias ini tentu akan membuatmu panik. Namun, kamu tak perlu khawatir karena kamu ada cara yang mampu membantu perkaramu ini.

Metil biru adalah solusinya. Kamu tinggal memberikan metil biru secukupnya pada air wadah ikan cupang. Nantinya, proses tumbuhnya kembali ekor atau sirip ikan cupang akan berlangsung lebih cepat.

Getty Images via thesprucepets.com

Beri Pakan Hidup dan Hindari Pakan Kering

Tips agar ikan cupang selalu sehat dan cantik adalah pemberian makanan untuk ikan cupangmu. Makanan yang biasa dimakan ikan cupang antara lain kutu air, udang daun jati jauh lebih dibanding pelet kering.

Tips merawat ikan cupang lainnya adalah berilah makan cupang sedikit demi sedikit. Jika terlihat sudah habis, tambahlah sedikit untuk melihat apakah ikan cupangmu hanya membutuhkan makanan yang relatif sedikit.

Penerapan tips merawat ikan cupang ini demi menjaga kemungkinan wadah ikan cupangmu kotor akibat makanan yang tidak habis. Risiko ikan terkena penyakit jadi lebih besar jika kondisi wadahnya tidak bersih.

@yancabrera-3521614 via pixabay.com

Itulah tips agar ikan cupang selalu sehat yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

You might also like