Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ikuti Tips Berikut Ini Agar Bunga Potong Kamu Lebih Tahan Lama

Perhatikan air hingga sinar matahari

Kehadiran bunga potong di dalam vas dapat memberikan keindahan dan kesegaran pada rumah kamu. Sayangnya, bunga-bunga yang sudah dipotong itu perlahan akan kehilangan kesegaran dan keharumannya. Hal ini memang tidak bisa dihindarkan karena pada akhirnya bunga-bunga tersebut memang akan layu dan mati.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya bertahan lebih lama. Bob memiliki sejumlah tips agar bunga potong tahan lama yang bisa kamu coba. Apa saja tips agar bunga potong tahan lama? Simak di bawah ini yuk!

Pilih Jenis Bunga yang Tahan Lama

@magdapawluczuk via Unsplash

Salah satu tips agar bunga potong tahan lama bermula dari jenis bunga yang kamu pilih. Jika sudah masuk ke dalam vas, masa hidup bunga tentu tidak sama lagi dengan masa hidup saat masih menempel pada tanaman. Nah, dari sekian banyak bunga potong, beberapa di antaranya ternyata bisa bertahan lebih lama dari yang lain. Contohnya adalah:

  • Anyelir (dua hingga tiga minggu)
  • Krisan (dua hingga tiga minggu)
  • Anggrek (biasanya awet hingga dua minggu, namun jenis anthurium dan cymbidium bisa bertahan hingga empat minggu atau lebih)
  • Zinnia (dapat bertahan hingga 12 hari)
  • Alstroemeria (bisa bertahan hingga dua minggu)
  • Lili (pilihlah yang belum mekar sehingga saat terbuka di dalam vas, bunga dapat bertahan hingga dua minggu)
  • Allium (hingga dua minggu)
  • Freesia (hingga tiga minggu terutama jika didapat saat masih belum mekar)
  • Ornithogalum (hingga 2,5 minggu)

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Taman Bunga Tercantik Yang Wajib Kamu Kunjungi!


Singkirkan yang Tidak Perlu

via thegardeningcook.com

Kehadiran daun pada bunga tentu semakin mempercantik tampilan bunga secara keseluruhan. Sayangnya, daun-daun yang kemudian terendam dalam air vas justru memiliki risiko menjadi media pertumbuhan bagi para mikroba yang akan mempercepat kelayuan bunga dan membuat air menjadi bau.

Untuk itu, sebaiknya kamu pangkas terlebih dahulu daun-daun yang kira-kira berada di bawah garis air sebelum memasukkan bunga tersebut ke dalam vas. Gunakan gunting agar potongan rapi dan tidak meninggalkan bekas noda. Meskipun terasa merepotkan, memangkas daun-daun pada bunga adalah salah satu tips agar bunga potong tahan lama dan tampak lebih rapi.

Selain itu, beberapa jenis bunga seperti mawar biasanya memiliki kelopak pelindung yang berupa dua atau tiga kelopak terluar. Dengan menyingkirkan bagian tersebut, kamu juga akan membantu membuar bunga mekar sepenuhnya. Setelah melakukan pemangkasan tersebut, jangan lupa untuk selalu mengecek keberadaan daun atau kelopak yang mati atau rontok agar tidak terjadi pembusukan.

Potong Batangnya

via thejewishlady.com

Selain memangkas dedaunan pada bunga, kamu juga perlu memastikan bahwa ujung batang bunga yang nantinya akan terendam air telah dipotong. Potonglah ujung batang dengan kemiringan 45 derajat dengan panjang sekitar 2-3 cm. Pastikan kamu memotongnya di bawah air mengalir untuk mencegah masuknya udara dan gunakan pisau, gunting atau gunting kebun yang tajam agar batang tidak rusak.

Ulangi hal tersebut setiap beberapa hari sekali. Tips agar bunga potong tahan lama ini memungkinkan bunga untuk memperoleh asupan air yang cukup. Jika dipotong secara mendatar, air yang terserap tidak akan maksimal karena ujung batang biasanya tertutup oleh dasar vas.

Gunakan Vas Bersih dan Beri Air Secukupnya

@angelinajlv via Unsplash

Tips agar bunga potong tahan lama selanjutnya adalah menggunakan vas yang bersih dan memastikan kamu memasukkan air secukupnya ke dalam vas. Bunga potong tidak bisa bertahan lama tanpa air namun bukan berarti kamu bisa memberikan air berlebih.

Setelah kamu selesai memangkas daun dan memotong batang, pastikan kamu mencuci vas dan membersihkannya secara menyeluruh. Kamu bisa menggunakan air hangat dan sabun antibakteri agar kebersihan vas terjamin. Dengan tips agar bunga potong tahan lama ini, vas bunga pun siap menjadi rumah bunga-bunga kamu.

Jauhkan dari Hal-Hal Berikut ini

Garreth Paul via Unsplash

Paparan sinar matahari langsung atau panas dari peralatan tertentu dapat membuat bunga cepat layu dan kering. Maka dari itu, sebaiknya hindarkan bunga dari sinar matahari langsung dan jangan tempatkan bunga di dekat peratan yang mengeluarkan panas. Bunga akan lebih tahan lama jika kamu letakkan di ruangan yang bersuhu lebih sejuk.

Selain itu, sejumlah bunga juga memiliki kecenderungan untuk tumbuh mengikuti cahaya matahari seperti bunga tulip dan matahari. Jika dibiarkan dekat dengan sumber cahaya, bunga tersebut bisa saja membengkok atau meliuk untuk mendekati cahaya tersebut. Akibatnya, rangkaian bunga jadi berantakan dan tidak satu garis lagi.

Bob sarankan kamu juga menghindari penempatan di dekat jendela, ventilasi untuk pemanas atau pendingin, serta kipas langit-langit. Tips agar bunga potong tahan lama ini akan menghindarkan bunga dari dehidrasi.

Selain itu, jauhkan juga bunga kamu dari buah-buahan. Pasalnya, buah matang akan melepaskan gas etilen yang berfungsi mempercepat proses pematangan sehingga berpengaruh pada kesegaran dan umur bunga potong kamu. Gas etilen tersebut akan memicu penuaan pada jaringan tanaman yang akan kamu lihat dalam bentuk bunga layu dan mulai berubah kecokelatan serta kelopak bunga yang berguguran. Gas etilen tersebut juga bisa dikeluarkan oleh sumber lainnya seperti asap rokok dan knalpot mobil.


BACA JUGA: Tak Hanya Indah, Berikut Fakta-Fakta Tentang Bunga Tulip Yang Perlu Kamu Ketahui


Gunakan Pengawet

@kdghantous via Unsplash

Tips agar bunga potong tahan lama lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan memanfaatkan bahan pengawet. Kandungan biosida di dalam bahan pengawet akan membunuh bakteri dan jamur yang menginfeksi bunga dengan botrytis.

Sukrosa dalam bahan pengawet dapat berperan sebagai karbohidrat bagi bunga yang kini harus jauh dari sumber energinya yakni sinar matahari. Selain itu, bahan pengawet asam akan bertugas menyerupai pH getah tanaman dengan sehingga warna bunga tetap cerah dan stabil. Kamu bisa membeli bahan pengawet tersebut atau memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah seperti hairspray, soda, dan cuka.

Penggunaan hairspray sama fungsinya dengan saat digunakan pada rambut. Dengan menyemprotkan hairspray pada bagian bawah bunga, kelopak akan lebih kaku sehingga tidak mudah loyo. Kamu bisa mengambil jarak sekitar 30 cm saat menyemprotkan bahan tersebut.

Sementara itu, menambahkan soda dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bunga karena kandungan gula di dalamnya. Kamu bisa menambahkan sekitar ¼ cangkir soda ke dalam vas yang sudah diisi air untuk membuat bunga lebih awet.

Jika ingin menggunakan cuka, kamu bisa menambahkan dua sendok makan cuka dan dua sendok makan gula ke dalam satu liter air hangat. Penggunaan cuka di sini berfungsi sebagai antibakteri sehingga bunga dapat bertahan lebih lama.


BACA JUGA: Ingin Mempercantik Rumah? Yuk Intip 7 Tips Agar Tanaman Hias Sering Berbunga!


Ganti Air

@non_creation via Unsplash

Meski sudah menggunakan pengawet, kamu harus tetap mengganti air dalam vas secara berkala. Setelah beberapa hari, air biasanya akan keruh dan licin. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan bakteri dan jamur. Kamu tentu tidak mau hal itu terjadi kan?

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengganti air dalam vas dua hari sekali. Selain itu, jangan lupa untuk kembali menambahkan pengawet dan buang saja bunga, daun atau batang yang mulai layu  agar kualitas air tidak menurun. Bunga layu juga biasanya akan mengeluarkan gas etilen yang dapat memengaruhi ketahanan bunga lainnya. Pastikan gunakan gunting agar bunga tetap terlihat rapi.

Hindari Kombinasi yang Tidak Cocok

@laurentzziu via Unsplash

Sejumlah bunga akan mengeluarkan getah yang dapat mempercepat umur bunga lainnya. Jika kamu mendapatkan bunga dari toko bunga, hal ini biasanya tidak akan menjadi masalah karena getah bunga sudah berhenti mengalir. Namun, jika kamu mengambil bunga segar dari kebun sendiri, getah bunga akan menimbulkan masalah di beberapa jam pertama setelah pemotongan.

Salah satu contoh bunga dengan getah bermasalah adalah bunga daffodil. Jika kamu berniat menggabungkan daffodil dengan bunga-bunga lainnya, pisahkan terlebih dahulu bunga tersebut dari bunga lain selama semalam. Tips agar bunga potong tahan lama ini akan mencegah getah segar merusak keseluruhan rangkaian bunga kamu. Sebelum didiamkan sendiri, jangan lupa untuk tetap memotong daun serta ujung batang bunga tersebut.

Untuk mengusir jenuh dan penat, kamu bisa sesekali meluangkan waktu untuk sekadar staycation. Bingung dengan akomodasinya? Jangan ragu untuk memilih Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu.

Tempatnya nyaman dan Instragammable, pelayanannya ramah, kebersihan dan keamanan terjamin, dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa menemukan hotel kapsul berlogo koala ini di beberapa kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Medan.

Sudah siap? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk booking dan dapatkan informasi terupdate serta promo-promo menarik dari Bob!

You might also like