Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tips Agar Buka Puasa “Bersama” Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19

Cara agar kamu tak kehilangan suasana kebersamaan di bulan Ramadan

Bulan Ramadan sudah datang kembali. Umat Muslim di seluruh dunia terbiasa menyambut bulan suci ini dengan sukacita karena bulan ini dipercaya sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Namun sayangnya, suasansa bulan Ramadan tahun ini terasa jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Animo masyarakat di Indonesia tak seantusias biasanya akibat dari pandemi Covid-19 yang belum juga reda.

Di Indonesia, banyak bentuk ibadah yang biasanya dikerjakan secara berjamaah atau beramai-ramai harus dilakukan di rumah masing-masing. Sebagian besar kegiatan beribadah yang dilaksanakan di masjid ditiadakan. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

5 Tips Agar Buka Puasa Bersama Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Rumman Amin dari Unsplash

Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. Hasanuddin, A.F., M.A., juga sudah menandatangani Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 16 Maret 2020. Fatwa ini berisi tentang pelaksanaan salat sunah tarawih yang tidak diperkenankan untuk dilaksanakan secara berjamaah di masjid.

Kegiatan lain yang melibatkan banyak orang juga dihimbau untuk tidak dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan physical distancing. Pemerintah bahkan sudah mengarahkan untuk tidak melaksanakan kegiatan buka puasa bersama.

Padahal buka puasa bersama biasanya dijadikan momen meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dan bercengkrama dengan keluarga besar, berbagi cerita dengan sahabat yang biasanya sibuk, atau reuni dengan teman lama.

5 Tips Agar Buka Puasa “Bersama” Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Ambroo dari Pixabay

Jangan khawatir dan berpikiran bahwa bulan Ramadanmu kali ini akan membosankan, karena Bob punya tips agar kamu bisa tetap melaksanakan buka puasa “bersama” yang super menyenangkan dan aman tentunya.

Lakukan buka puasa bersama secara online

Karena physical distancing yang diterapkan di berbagai tempat saat ini, rasanya tidak memungkinkan apabila kamu mengadakan acara buka bersama di kafe atau restoran kesayangan.

Buka puasa bersama yang biasanya dihadiri oleh lebih dari dua orang ini ditenggarai akan menyebabkan masifnya penyebaran virus corona.

Tentu ini menjadi sangat berbahaya karena kamu mungkin tidak tahu jika ada teman atau keluargamu yang kurang sehat, atau bahkan memiliki riwayat perjalanan ke daerah zona merah Covid-19.

Cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Kamu bisa menggunakan platform seperti Zoom atau Skype sebagai alternatif untuk mengadakan buka puasa bersama.

5 Tips Agar Buka Puasa Bersama Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Mati Flo dari Unsplash

Selain dipakai untuk rapat kerja secara online, platform berbasis konferensi video ini bisa digunakan untuk berinteraksi sosial dengan keluarga atau sahabatmu. Kamu bisa bertatap muka dan mengobrol meskipun tidak bertemu secara langsung.

Meskipun rasanya akan tetap berbeda jika tidak bertemu langsung, namun ini akan membantumu untuk mengobati rasa rindu kepada orang-orang kesayanganmu di tengah pandemi ini.

Pastikan untuk membuat agenda buka puasa bersama terlebih dahulu

Meskipun dilakukan secara online, sebaiknya kamu membuat agenda terlebih dahulu dengan keluarga atau teman-temanmu. Hal ini bertujuan agar orang yang kamu ajak untuk buka puasa bersama sudah mempersiapkan diri sebelumnya.

5 Tips Agar Buka Puasa Bersama Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Eric Rothermel dari Unsplash

Dengan membuat janji terlebih dahulu, mereka bisa memasak menu makanan untuk berbuka lebih awal. Teman-temanmu juga akan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan mereka lebih dulu.

Jadi, ketika waktunya melakukan video call sudah tidak disibukkan lagi dengan urusan dapur atau urusan domestik dan kerjaan lainnya.

Ini juga berguna untuk membuat suasana kebersamaan dan kehangatan lebih terasa dan mengurangi gangguan ketimbang diadakan secara mendadak.

Menentukan tema menu yang sama saat buka puasa bersama

Hal seru dan menyenangkan yang bisa kamu coba adalah dengan menyelaraskan menu masakan saat berbuka puasa bersama.

Ini bisa dicoba saat kamu ingin mengagendakan buka puasa bersama dengan keluarga tapi tidak memungkinkan untuk pulang, misalnya.

Kamu bisa mencoba membuat janji dengan anggota keluargamu yang lain untuk memasak menu makanan kesukaan yang menjadi andalan keluarga.

5 Tips Agar Buka Puasa Bersama Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Elle Morre dari Unsplash

Jangan takut kalau rasa makanan buatanmu tidak enak, namanya juga belajar. Akan ada saatnya rasa masakan buatanmu bisa sama persis dengan yang dimasak langsung oleh ibumu.

Dijamin, selain kemampuanmu dalam memasak resep keluarga yang semakin terasah, kamu juga bisa melepas kerinduan untuk memakan makanan favorit keluarga meskipun pandemi sedang melanda.

Selain dengan keluarga, hal ini juga mungkin dilakukan dengan teman-temanmu, lo.

Bersiap layaknya bertemu secara langsung saat buka puasa bersama

Meskipun buka puasa bersama ini dilakukan di rumah masing-masing, namun tidak ada salahnya untuk sedikit berdandan dan memakai baju yang bisa kamu pakai jika bertemu dengan keluarga atau temanmu secara langsung.

Berdandan dan bersiap layaknya akan berpergian bisa membuatmu sedikit bersemangat karena situasi di rumah saja mungkin membuatmu bosan. Momen ini tentu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kejenuhan tersebut.

5 Tips Agar Buka Puasa Bersama Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Rendiansyah Nugroho dari Unsplash

Selain itu, berdandan akan membuat kamu terlihat lebih segar dan jauh dari kesan muram meskipun harus beraktivitas di rumah saja. Ini akan menimbulkan aura positif bagi keluarga dan teman-temanmu ketika buka puasa bersama.

Siapa tau, kan, suasana positif yang kamu timbulkan bisa menular kepada yang lain? Apalagi di situasi pandemi seperti ini setiap orang pasti membutuhkan energi positif juga untuk kesehatan mentalnya.

Siapkan permainan seru saat acara buka puasa bersama

Setelah obrolan yang panjang, ada saatnya ketika sudah bingung harus mengobrol tentang apa lagi tapi masih merasa rindu dengan sahabatmu.

Bermain game sederhana bisa menjadi solusinya. Misalnya, kamu bisa bermain untuk menguji kekompakan satu sama lain dengan mengadakan kuis. Pertanyaannya bisa seputar kenangan masa sekolah, atau kejadian lucu yang pernah menimpa kamu dan teman-temanmu.

5 Tips Agar Buka Puasa Bersama Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19
Foto oleh Afif Kusuma dari Unsplash

Tebak profesi dengan menirukan gerakan-gerakan yang khas dari setiap profesi juga bisa menjadi permainan yang seru untuk dilakukan. Kamu dan teman-temanmu akan banyak tertawa dan bersenang-senang karena akan ada gerakan lucu yang mungkin dilakukan oleh kamu atapun temanmu.

Selain itu, ada juga permainan yang tak lekang oleh waktu, yaitu tebak lagu atau menyanyikan lirik yang hilang pada sebuah lagu. Permainan ini tergolong permainan yang sederhana dan seru untuk bersenang-senang saat momen buka puasa bersama.

Dengan melakukan berbagai permainan seru tersebut, dijamin suasana buka puasa “bersama” ini akan sangat menyenangkan, persis seperti jika bertemu secara langsung.

 

5 Tips Agar Buka Puasa “Bersama” Terasa Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19

Ingin dapat suasana berbeda untuk buka puasa bersama tapi terkendala physical distancing? Menginap di Bobobox bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan suasana baru yang terasa menyenangkan. Bobobox memiliki kamar-kamar unik yang didesain berbentuk pod bernuansa modern.

Dengan teknologi modern yang diaplikasikan demi kenyamanan pengunjungnya, Bobobox memiliki fitur dalam aplikasinya lewat ponselmu. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran otomatis, mengakses kunci kamar, dan mengatur sendiri lampu di podmu sesuai dengan suasana hati.

Ini tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan yang tak akan pernah kamu lupakan. Unggah aplikasinya dan cek ketersediaan kamar di sini.

You might also like