Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

4 Tipe Ruang Kantor yang Banyak Digunakan Di Indonesia

Yang manakah tipe ruang kantor di tempatmu bekerja?

Bobobox.co.id — Seorang karyawan tanpa disadari menghabiskan sebagian besar waktu kerja di ruang kantor. Tak pelak, untuk memberikan rasa nyaman bagi para karyawannya, sebuah perusahaan tentu mendesain sedemikian rupa ruang kantor yang digunakan.

Khususnya di Indonesia, ada beberapa tipe ruang kantor yang banyak digunakan selama ini. Tentunya, pemilihan tersebut disesuaikan dengan kondisi, budaya, dan bujet keuangan yang dimiliki oleh tiap perusahaan. Mau tahu tipe ruang kantor apa saja yang banyak digunakan di Indonesia? Simak ulasan lebih lengkapnya dari Bob berikut ini.

Ruang Kantor Terbuka (Open Plan Office)

Tipe ruang kantor yang pertama adalah yang bertipe terbuka. Biasanya, pemilihan tipe ini agar ruangan terasa lebih luas dan lega. Tak hanya itu, kamu akan dimudahkan dalam berkolaborasi dan bekerjasama dengan divisi lainnya. Khususnya terkait bujet, instalasi pertama dan pemeliharaannya tergolong lebih murah dibandingkan tipe kubikel.

Hanya saja, untuk tipe kantor seperti ini, kurangnya privasi antar karyawan, kegaduhan bisa sering muncul akibat komunikasi orang lain, dan konsentrasimu sebagai karyawan terkadang buyar saat melihat banyaknya karyawan lain yang hilir mudik di depan meja kerjamu.

ruang kantor open space
via techhq.com

Ruang Kantor Kubikel (Cubicle Office)

Kantor dengan tipe ruangan selanjutnya bisa jadi termasuk salah satu yang relatif tua. Kantor tipe ini memang didesain untuk memberikan privasi yang lebih terjamin dibanding tipe terbuka. Para pegawainya pun biasanya bisa lebih berkonsentrasi karena tidak terganggu dengan hilir mudik orang.

Penerapan tipe ruang seperti ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah stabil soal bisnisnya. Berbicara soal kekurangannya, kantor kubikel sendiri lumayan menghambat komunikasi antar pegawainya karena adanya sekat pemisah dan juga untuk perusahaan, butuh area yang luas dan juga kurang fleksibel.

ruang kantor kubikel
via thefiscaltimes.com

Ruang Kantor Klaster (Cluster Office)

Jika kamu melihat yang satu ini, kamu tentu akan mengetahui secara jelas bahwa ruang kantor klaster ini adalah perpaduan antara tipe kubikel dan terbuka. Penerapannya sendiri biasanya didasarkan pada tiap divisinya. Jadi, satu klaster diisi oleh anggota pada satu divisi yang sama.

Salah satu alasan perusahaan mengaplikasikan kantor dengan ruang tipe ini adalah komunikasi dan kerja internal tim atau divisinya meningkat dengan privasi yang tetap terjaga dengan adanya sekat yang memisahkan antar karyawannnya.

ruang kantor kluster
via made-in-china.com

Ruang Kantor Coworking Space (Coworking Space Office)

Yang terakhir adalah tipe coworking space. Tipe satu ini menjadi tipe ruangan kantor yang banyak disukai oleh generasi milenial. Konsepnya yang membebaskan tiap orangnya bekerja di mana sesuai keinginan dan tersedia fasilitas pendukung seperti tenis meja menjadi daya tariknya tersendiri.

Walaupun begitu, soal privasi dan distraksi bisa menjadi beberapa gangguan yang akan dihadapi jika perusahaan mengadopsi ruangan kantor seperti ini. Selain itu juga, bisa juga orang yang tidak terbiasa dengan situasi kerja seperti ini tidak akan terlalu kerasan saat bekerja.

ruang kantor coworking space
via wework.com

Apapun Tipe Ruang Kantor yang Digunakan, Menginap Tetap di Bobobox

Nah, mau apapun tipe ruangan kantor yang digunakan di tempatmu bekerja, soal menginap, Bobobox memang ahlinya. Fasilitas yang keren ditambah dengan spot yang instagramable siap membuatmu semakin betah untuk berlama-lama menginap di Bobobox.

Pemesanan tiap podnya pun tergolong simpel dan tidak ribet. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox melalui link ini. Kemudian, dengan beberapa sentuhan saja, voila, pod yang kamu inginkan sudah bisa terpesan dalam hitungan detik. Ada promo menarik yang sudah menunggu di aplikasinya lho!

business traveler bobobox

Leave A Reply

Your email address will not be published.