Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Enak Disop, Ini Dia 10 Manfaat Okra!

Beragam manfaat yang bikin sehat

Okra mungkin tidak sepopuler sayuran-sayuran seperti wortel, brokoli, kol, buncis, bayam, kangkung, dan semacamnya. Teksturnya memang lunak dan cenderung lengket serta berlendir saat dipanaskan dan hal tersebut menjadi salah satu alasan sayuran ini kurang diminati.

Okra sendiri bukan sayuran yang dengan mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional karena memang minat pembelinya masih kurang. Sayuran ini lebih umum ditemui di supermarket modern atau restoran yang menawarkan menu masakan India atau Timur Tengah.

Meski begitu, tidak sedikit orang-orang yang memasukkan okra ke dalam menu makanan mereka, misal untuk diolah menjadi sayur sop atau ditumis. Selain itu, segudang manfaat sayuran okra juga bisa kamu dapat jika kamu rajin mengonsumsi sayuran yang memiliki kemiripan rasa dengan terong karena kelembekannya itu. Lalu, apa saja manfaat sayuran okra itu? Yuk simak informasinya berikut ini!

Apa itu Okra?

@sujeethpotla via Unsplash

Sebelum mengetahui apa saja manfaat sayuran okra, yuk kenali lebih dekat tentang beberapa fakta tentang okra. Okra ini merupakan tanaman yang termasuk ke dalam golongan buah polong-polongan karena terdapat biji-bijian putih di dalamnya. Hanya saja, tidak adanya rasa manis yang umum ditemukan dalam buah membuat orka lebih sering dianggap sebagai sayuran.

Bentuk okra ini panjang dan bagian ujungnya meruncing seperti jari-jari lentik seorang wanita. Karena itu, okra juga dikenal dengan nama lady’s finger. Warnanya yang hijau serta tekstur dan bentuk dari okra ini membuatnya terlihat seperti sayuran oyong, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sekilas okra juga dianggap menyerupai cabai hijau karena ukurannya yang kecil serta bentuknya yang meruncing.

Tanaman bernama ilmiah Abelmoschus esculentus ini dipercaya berasal dari benua Afrika, tepatnya di Ethiopia. Okra sendiri dibudidayakan di iklim yang hangat dan tropis karenanya tidak heran jika kamu menjumpainya di negara-negara seperti India, Nigeria, Sudan, Pakistan, Ghana, Mesir, Arab Saudi, Amerika bagian selatan, Meksiko hingga Kamerun.

Untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis, okra juga sudah mulai dibudidayakan untuk dikirm ke supermarket, restoran bahkan diekspor dalam bentuk olahan seperti keripik di kawasan provinsi Jawa Timur.

Manfaat Sayuran Okra

@pikisuperstar via Freepik

Meskipun masih kurang peminatnya, bukan berarti kamu tidak bisa mencoba mengolah tanaman yang satu ini dan memperoleh beragam manfaat sayuran okra yang baik untuk tubuh. Manfaat sayuran okra tersebut dapat kamu peroleh baik dari biji, daun, bunga, hingga bijinya.

Kandungannya yang kaya akan berbagai mineral, vitamin, antioksidan serta serat mebuat manfaat sayuran okra pun beragam. Lalu apa saja manfaat sayuran okra ini? Berikut adalah 10 di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah risiko pertumbuhan kanker
  • Mengontrol gula darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Menghilangkan racun dalam tubuh
  • Baik untuk kehamilan dan menyusui
  • Menguatkan tulang
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Agar manfaat sayuran okra dapat dirasakan secara maksimal, kamu tentu perlu membarenginya dengan konsumsi makanan sehat lainnya, olahraga teratur serta tidur yang cukup dan berkualitas. Pastikan juga kamu bebas dari stres yang kerap membuat tidur hingga makan kamu berantakan.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres kamu adalah mengambil jeda dari rutinitas kamu yang padat. Bisa dengan liburan, staycation atau melakukan hobi. Jika liburan atau staycation adalah pilihan kamu, jangan lupa menginapnya di Bobobox saja!

Hotel kapsul berlogo koala ini menawarkan akomodasi nyaman dengan harga terjangkau. Selain itu, ada berbagai fasilitas menarik yang siap membuat hari-hari kamu bersama Bob terasa menyenangkan dan bikin kamu malas pulang. Ada  keyless access untuk kamar, Bluetooth speaker, moodlamp, area bermural, communal area, kamar mandi bersih, dan masih banyak lagi. Sebelum menikmati itu semua, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store!

You might also like