Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Atasi Mata Lelah dengan Terapi Mata Alami Menggunakan 5 Bahan Alami Ini!

Terapi mata alami dengan bahan natural supaya mata kembali segar!

Tentunya mengesalkan saat kita sedang sibuk kerja atau dikejar deadline, tapi kita nggak bisa berkonsentrasi. Aduh! Mana pekerjaan harus segera diselesaikan pula! Ada banyak hal yang mengganggu konsentrasi kita saat bekerja. Baik internal maupun eksternal, faktor-faktor tersebut tentunya mengacaukan produktivitas kita. Kamu mungkin kurang beristirahat, sedang sakit, atau mengalami mata lelah.

Untuk kalian yang selalu bekerja depan komputer, mata lelah mungkin kondisi yang sudah tak asing. Kondisi ini nggak hanya mengganggu penglihatanmu, tetapi juga bisa menyebabkan gejala seperti pusing. Dilansir dari Halodoc, menatap gadget atau komputer bukanlah satu-satunya penyebab mata lelah. Membaca di tempat remang, terpapar cahaya yang intens, atau berkendara dalam jangka waktu lama juga bisa memicu mata lelah.

terapi mata alami
Credit: Tiger Lily via Pexels

Baca Juga: Mata Lelah dan Tegang? Coba Gerakan Yoga Mata Berikut Ini


Selain pusing, mata lelah juga ditandai dengan beberapa gejala lain. Dilansir dari Alodokter, saat lelah, mata bisa terasa gatal, perih, atau berair. Mata juga akan terasa kering. Pandanganmu menjadi berbayang atau tidak jelas. Selain itu, sensitivitas mata terhadap cahaya juga menjadi bertambah. Bahkan, mata lelah juga bisa membuat bagian tubuh lain seperti leher, bahu, dan punggung nterasa nyeri.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Lelah?

Ada banyak solusi yang bisa kamu ambil untuk mengatasi mata lelah. Namun, solusi yang paling mudah sebenarnya adalah menyesuaikan kebiasaan. Masih sering kerja di ruang gelap? Dilansir dari Health Kompas, pencahayaan yang baik dan posisi duduk saat kerja membantu mencegah mata lelah. Atur pencahayaan di ruangan agar tidak terlalu silau atau redup. Kamu juga bisa memosisikan meja dan kursi agar menghadap ke jendela.

terapi mata alami
Credit: cottonbro via Pexels

Sirkulasi udara di ruangan juga ternyata memegang peran, lho! Dilansir dari Mayo Clinic, aliran udara kering dari kipas angin atau AC berisiko memicu mata lelah. Kamu juga perlu menyediakan obat tetes mata dan mengistirahatkan mata secara berkala. Coba deh luangkan waktu 10-20 menit untuk melihat objek selain layar komputer atau gadget. Kamu juga bisa memeriksakan kondisi mata secara berkala.


Baca Juga: 7 Kelebihan Tablet yang Perlu Diketahui Dibandingkan dengan Gadget Lain


Coba Juga Terapi Mata Alami dengan Bahan Berikut!

Selain langkah-langkah di atas, kamu bisa mencoba terapi mata alami. Dengan terapi ini, kamu bisa merilekskan dan memanjakan kembali matamu yang lelah. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba terapi mata alami, Bob punya rekomendasi bahan yang dapat dicoba. Dengan bahan atau biaya terjangkau, kamu bisa menyegarkan kembali jendela duniamu! Yuk simak apa saja bahannya!

1. Susu

Siapa sangka kalau penyempurna gizi ini juga baik untuk mata? Selama ini, kita sering dengar bahwa susu baik untuk kesehatan tulang. Namun, susu juga bermanfaat untuk penglihatanmu. Dilansir dari CNN, susu diperkaya dengan vitamin A yang dapat menyehatkan mata. Selain itu, susu juga merupakan sumber riboflavin yang bisa menurunkan risiko katarak.

terapi mata alami
Credit: Cats Coming via Pexels

Sebagai bahan terapi mata alami, susu bisa dimanfaatkan untuk mengompres mata. Dilansir dari Share Care, tuangkan susu ke mangkuk berisi es, kemudian celupkan waslap ke campuran susu. Kompres mata dengan waslap selama 15 menit. Basahi lagi waslap jika kering. Untuk terapi ini, pilih susu yang mengandung lemak agar kekuatan pereda nyerinya lebih terasa.

2. Kentang

Suka french fries? Bahas dasar goreng-gorengan lezat ini ternyata bisa jadi bahan terapi mata alami yang ampuh! Dilansir dari Femina India, kentang kaya akan enzim katekolase yang mengurangi retensi air. Kandungan patinya juga mengandung zat antiperadangan. Iris kentang, dinginkan irisannya di kulkas, dan tempelkan pada mata selama 15-20 menit.

terapi mata alami
Credit: Antara Verma via Pexels

Nggak hanya meredakan mata lelah, kentang juga bisa mengurangi kantung mata. Haluskan mentimun dan kentang, kemudian peras sarinya. Celupkan kapas ke campuran sari mentimun dan kentang dan tempelkan pada mata. Campuran ini bisa mengecilkan kantung mata dan menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Bye bye, mata panda!


Baca Juga: Mata Terasa Pegal atau Perih? Ini Dia 5 Tanda Harus Ganti Kacamata!


3. Teh Kantung

Setelah ngeteh cantik, jangan langsung buang kantung teh! Kamu bisa memanfaatkannya untuk terapi mata alami! Dilansir dari Medical News Today, teh kantung bisa kamu manfaatkan untuk kompres dingin dan hangat pada mata. Sebagai kompres dingin, teh bisa meredakan mata merah, mengecilkan kantung mata, dan menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

terapi mata alami
Credit: freestocks.org via Pexels

Sebagai kompres hangat, teh bisa menyegarkan mata kering dan mengatasi blefaritis. Kondisi ini merupakan peradangan pada kelopak mata akibat bakteri, minyak, atau bahkan ketombe. Seduh dua kantung teh dengan air panas dan peras. Dinginkan di kulkas untuk kompres dingin, atau tunggu hingga suhunya turun untuk kompres hangat. Tempelkan kantung teh di setiap mata selama 15 menit.

4. Stroberi

Buah yang satu ini, selain cantik juga segar dinikmati! Mau dijus atau dimakan langsung, perpaduan manis dan asam stroberi memang bikin ketagihan! Buah yang satu ini, dilansir dari Eat Right, kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan. Kandungan vitamin C dalam stroberi bermanfaat menurunkan risiko katarak. Wah! C better with vitamin C!

terapi mata alami
Credit: Jenna Hamra via Pexels

Selain itu, dilansir dari Liputan 6, stroberi juga mengandung asam alfa hidroksi yang dapat melembutkan kulit. Zat ini juga dapat meremajakan kulit sehingga menjadi awet muda! Sebagai bahan terapi mata alami, stroberi hanya perlu diiris tipis. Tempelkan stroberi pada mata dan kompres mata selama 15-20 menit. Jangan lupa membilas wajah setelahnya, ya!


Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Coba Kenali dan Ikuti 5 Contoh Konsumsi Superfood Ini!


5. Tomat

Bahan terapi mata alami yang terakhir adalah tomat. Buah yang satu ini segar dinikmati sebagai salad maupun pelengkap makanan utama. Dilansir dari Medical News Today, tomat mengandung likopen, lutein, dan beta karoten. Zat-zat tersebut merupakan antioksidan ampuh yang terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan cahaya. Pas buat kamu yang sering kerja depan komputer!

terapi mata alami
Credit: Jason Deines via Pexels

Untuk terapi mata alami menggunakan tomat, cukup potong satu buah tomat. Tempelkan irisan tomat pada mata dan diamkan selama beberapa menit. Kamu juga bisa melumatkan tomat dan mengoleskannya sebagai masker pada kulit di sekitar mata. Dilansir dari Woman Talk, kandungan fitokimia pada tomat bisa menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Terapi mata alami ternyata bisa dilakukan dengan bahan-bahan sederhana, ‘kan? Kalau kamu sering mengalami mata lelah, nggak ada salahnya memanjakan mata dengan perawatan dan terapi ini. Yang jelas, jangan lupa menyesuaikan atau mengubah kebiasaan burukmu, ya. Mulai atur pencahayaan yang optimal di ruang kerja. Istirahatkan mata secara berkala. Periksakan juga kondisi matamu kalau gangguan penglihatan yang dialami tidak kunjung membaik.

Istirahatkan Juga Tubuh dan Pikiran di Bobobox!

Nggak hanya mata yang perlu dimanjakan, tubuh dan pikiranmu juga butuh TLC! Kamu bisa menikmati staycation singkat di Bobobox sebagai penyegaran. Di Bobobox, kamu bisa merasakan pengalaman menginap di pod dengan teknologi yang terintegrasi aplikasi ponsel. Fasilitas pendukung seperti pantry, communal space, shared bathroom, dan musala juga akan memenuhi kebutuhanmu saat menginap.

Sebelum menginap, download dulu yuk aplikasi Bobobox! Lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan beragam promo menarik! Metode pembayaran yang tersedia juga variatif untuk memudahkan transaksimu. Dan yang pasti, aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android, gratis!

You might also like