Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

6 Tempat Wisata Taman Bunga di Indonesia yang Wajib Kalian Sambangi!

Pilihan tempat wisata yang cocok untuk para pecinta flora!

Setiap orang punya caranya sendiri untuk menghabiskan liburan. Dari sekadar malas-malasan di rumah hingga berkunjung ke tempat wisata kekinian, the choice is up to you! Bahkan, kamu juga bisa menyulap waktu liburan menjadi kesempatan usaha, lho! Untuk kamu yang senang berkreasi, momen liburan bisa dimanfaatkan untuk membuat barang-barang inovatif. Senang traveling? Kamu bisa membuka jasa titip. Dilansir dari Cek Aja, bisnis jasa titip ini ternyata menjanjikan dan bisa menarik keuntungan hingga puluhan juta rupiah!

Namun, kamu juga mungkin bosan dengan kegiatan liburan yang sama. Ya, pola yang repetitif lama-lama akan terasa membosankan. Selain itu, pemilihan destinasi liburan pun bisa memberikan dampak ke pengalaman berlibur secara keseluruhan. Untuk kamu yang menyukai suasana tropis, misalnya, objek wisata pantai mungkin jadi pilihan yang tepat. Hobi shopping? Kota atau negara destinasi belanja seperti Singapura bisa kamu sambangi.

Buat kamu yang mungkin bosan dengan ingar bingar perkotaan, destinasi wisata alam perlu dipertimbangkan. Kamu perlu a change of scenery buat menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Berlibur ke tempat wisata alam juga memberimu kesempatan untuk lebih mengapresiasi kekayaan flora dan fauna Indonesia. Seperti dilansir dari Fauna & Flora Internasional, Indonesia merupakan daerah dengan hutan terluas di dunia setelah Amazon. Bahkan, sekitar 11% populasi tanaman dan 13% populasi mamalia di dunia ada di negara kita, lho!

tempat wisata taman bunga
Sumber: Alinea

Nah, sebagai rekomendasi destinasi liburan, Bob punya 6 taman bunga di Indonesia yang bisa kalian coba sambangi. Di taman-taman ini, kalian tidak hanya bisa memanjakan mata dengan kecantikan koleksi bunga dan tanaman yang ada. Kamu juga bisa belajar mengenai koleksi flora yang tersedia. Ingin tahu apa saja rekomendasi tempat wisata dari Bob? Let’s check these out!

1. Taman Bunga Nusantara

Jl. Mariwati KM 7, Desa Kalungluwuk, Sukaresmi, Cianjur – Jawa Barat

tempat wisata taman bunga
Sumber: Situs Resmi Taman Bunga Nusantara

Taman bunga ini bisa dibilang merupakan salah satu taman bunga tertua di Indonesia. Dilansir dari Native Indonesia, Taman Bunga Nusantara dibangun pada tahun 1992 dan diresmikan pada tahun 1995. Hmm… Berarti usianya di tahun 2020 ini sudah menginjak 25 tahun, ya. Karena lokasinya tak jauh dari di kawasan Cipanas, tempat wisata ini menjadi salah satu pilihan favorit warga Jakarta dan Bandung. Seperti yang kalian tahun, kawasan Cipanas sendiri terkenal dengan udaranya yang sejuk dan keindahan bentang alamnya.

tempat wisata taman bunga
Sumber: Situs Resmi Taman Bunga Nusantara
tempat wisata taman bunga
Sumber: Situs Resmi Taman Bunga Nusantara

Dilansir dari situs resminya, Taman Bunga Nusantara memiliki luas 35 hektare. Dari luas total ini, lahan seluas 23 hektare digunakan untuk merawat berbagai bunga dan pohon berbunga. Ada beberapa taman tematik di sini, seperti Taman Jepang, Taman Bali, dan Taman Mediterania. Suka dengan tantangan? Coba cari secret garden yang berada di tengah labirin. Taman Bunga Nusantara juga dilengkapi fasilitas seperti food court, gazebo, menara observasi, dan garden tram.

2. Taman Bunga Poska

Jl. Desa Pematang RT 07, Banua Lawas, Tabalong, Kalimantan Selatan

tempat wisata taman bunga
Sumber: Facebook resmi Taman Bunga Poska

Dari Cianjur, kita beralih ke Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Di sini, ada tempat wisata cantik yang sayang untuk dilewatkan. Taman Bunga Poska adalah salah satu tiga objek wisata buatan yang hadir di Kabupaten Tabalong, dilansir dari Tribunnews Banjarmasin. Eits! Meskipun merupakan objek wisata buatan, bunga dan tanaman yang ada di dalamnya ori ya, guys! Dilansir dari Jangan Lupa Piknik, taman bunga ini sudah ada sejak tahun 2019 awal. Jadi, bisa dibilang umurnya masih baru, ya.

tempat wisata taman bunga
Sumber: Facebook resmi Taman Bunga Poska
tempat wisata taman bunga
Sumber foto: Mediasiana

Taman Bunga Poska punya banyak banget sudut Instagrammable yang akan menghiasi feed Instagram kamu. Ada koleksi bunga matahari dan bunga celosia yang cantik di taman ini. Selain itu, tersedia gazebo atau pondokan kecil di taman untuk bersantai bersama keluarga. Oh, ya! Dilansir dari situs pemerintah Tabalong, kehadiran taman ini membantu ekonomi setempat, lho! Pemasukan per bulan dari taman ini bisa mencapai 150 juta rupiah! Wow! Selain melestarikan flora, ternyata keberadaan taman ini juga mengembangkan perekonomian daerah.

3. Taman Bukit Bougenville

Jl. Pertanian, Desa Sijangkung, Singkawang, Kalimantan Barat

tempat wisata taman bunga
Sumber: KSM Tour

Masih di Pulau Kalimantan, kali ini kita bergeser sedikit ke Kalimantan Barat. Singkawang tidak hanya terkenal dengan kuil dan viharanya. Di kota ini juga terdapat tempat wisata yang cantik bernama Taman Bukit Bougenville. Taman ini berjarak kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Singkawang. Sesuai namanya, bunga bugenvil menjadi primadona taman ini. Kamu pasti sudah nggak asing dengan bunga ini, dong! Dilansir dari TravSharing, ada sekitar 46 spesies bugenvil yang dikembangan di sini.

tempat wisata taman bunga
Sumber: TravSharing
tempat wisata taman bunga
Sumber: Travelmate.web.id

Taman seluas 1,5 hektare ini tidak hanya memiliki koleksi bugenvil. Dilansir dari Pasti ke Singkawang, ada koleksi anggrek dan algonema di taman ini, serta hutan gaharu di belakang taman. Hmm… Pasti sejuk, ya, kalau berkunjung ke sini. Oh, ya! Taman Bukit Bougenville juga punya koleksi tanaman buah-buahan seperti durian, alpukat, dan rambutan. Sentuhan khas Tionghoa juga terasa kuat di taman ini. Berbagai patung naga, seperti naga panjang di dekat jembatan menjadi salah satu ikon taman.

4. Kebun Mawar Situhapa

Jl. Raya Kamojang KM 5, Samarang, Garut, Jawa Barat

tempat wisata taman bunga
Sumber foto: Situs resmi Kebun Mawar Sipatuha

Kalau mendengar kata Garut, mungkin kalian langsung teringat dodol dan jaket kulit. Nah, kota dengan julukan Swiss van Java ini juga punya tempat wisata yang keren banget. Namanya adalah Kebun Mawar Situhapa. Dilansir dari situs resminya, taman ini dibuka pada tahun 2012 dan berdiri di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Sesuai namanya, kebun ini memiliki koleksi mawar yang beragam, termasuk spesies Damask Rose. Spesies ini dikembangkan dan dipanen untuk dijadikan teh mawar, minyak asiri, dan rose water. Hmm… Beauty time, anyone?

tempat wisata taman bunga
Photo credit: Klaus Rachman (Instagram @klausa_)
tempat wisata taman bunga
Photo credit: Klaus Rachman (Instagram @klausa_)

Taman ini tidak hanya memamerkan koleksi mawar. Ada juga beragam spesies kaktus raksasa yang ditanam di sini. Selain itu, untuk penyuka tantangan, coba deh jelajahi labirin yang ada di bagian tengah taman. Oh, ya! Kebun Bunga Sipatuha juga punya restoran yang dikelilingi oleh taman. Pas banget nih buat kalian yang suka afternoon tea. Selain itu, ada juga beberapa vila kayu dengan tiga tipe untuk kamu yang ingin menginap. Tipe terbesarnya memiliki dua lantai dan bisa mengakomodasi 6 tamu. Cocok untuk liburan bareng keluarga!

5. Kebun Bunga Matahari Kediri

Jl. Selomangleng No. 143, Pojok, Mojoroto, Kediri

tempat wisata taman bunga
Sumber foto: Topwisata.info

Bunga matahari memang cantik! Bentuknya yang besar dan bundar, dan warnanya yang cerah bikin suasana hati ikut ceria. Penyanyi asal Jepang, Motohiro Hata bahkan mengabadikan bunga ini dalam lagunya, Himawari no Yakusoku. Nah, di Kediri ada tempat wisata yang menjadi rumah bagi bunga-bunga matahari. Nama tempatnya adalah Kebun Bunga Matahari Kediri atau Sunflower Garden. Dilansir dari Bosnia Travel, ada sekitar 6.000 bunga matahari yang ditanam di sini, lho!

tempat wisata taman bunga
Photo credit: Arif Hidayat
tempat wisata taman bunga
Sumber foto: Demonstran

Dilansir dari Hipwee, kebun dengan luas 900 meter persegi ini ternyata sudah disiapkan sejak tahun 2016. Sunflower Garden juga menjadi destinasi wisata edukatif, terutama bagi anak-anak TK dan SD di Kediri. Ada tiga spesies bunga matahari yang dikembangkan di sini. Sebagai fasilitas umum, tersedia panggung untuk berfoto dengan latar kebun bunga atau pegunungan. Di sini, kamu juga bisa membeli labu madu sebagai oleh-oleh, lho!

6. Taman Galuh Bondowoso

Jl. Sumber Rejo, Giri Mulyo, Sempol, Kab. Bondowoso, Jawa Timur

tempat wisata taman bunga
Sumber: Berita Bondowoso

Apa kamu penggemar The Chronicles of Narnia? Atau pernah menonton drama musikal The Sound of Music? Keduanya sama-sama menggunakan latar pegungunan yang cantik. Nah, di Bondowoso, ada tempat wisata yang menawarkan vista serupa. Namanya adalah Taman Galuh Bondowoso. Dilansir dari iNews, kawasan ini dulunya merupakan tanah bekas penjajahan Belanda. Warga sekitar menyebut area ini sebagai “negeri dongeng” karena pemandangan alamnya yang memang mengagumkan.

tempat wisata taman bunga
Sumber: PegiPegi
tempat wisata taman bunga
Sumber: Berita Bondowoso

Berada di sini, kamu harus siap-siap dibuat takjub dengan hamparan bukit berbunga dan pegunungan permai di latar. Saat cuaca sedang cerah, langit biru berawan akan tampak kontras dengan dataran hijau di bawahnya. Di waktu-waktu tertentu, cuaca terasa lebih dingin dan kamu bisa melihat kabut menyelimuti area perbukitan dan pegunungan. Pemandangan yang surreal!

 

Kesimpulan

Nah, itulah 6 tempat wisata taman bunga rekomendasi dari Bob. Gimana? Adem-adem ‘kan lihat foto-fotonya. Semoga pilihan destinasi wisata dari Bob bisa memberikan pengalaman baru dalam liburanmu, ya! Yang jelas, selalu jaga ketertiban dan kebersihan di area tempat wisata. Jangan memetik sembarangan atau merusak tanaman yang ada, ya! Selain itu, pastikan kamu juga melakukan persiapan yang matang sebelum berlibur, seperti mencari akomodasi dan transportasi.

Di Mana, Ya, Bisa Nginap dengan Harga Terjangkau?

Oh! Kamu lagi cari akomodasi terjangkau? Pastinya cari yang berkualitas, ‘kan? Bob punya jawabannya: Bobobox! Hotel kapsul yang satu ini punya keunggulan tersendiri, lho! Teknologi yang tersedia di pod sudah terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Aduh! Nggak usah repot-repot bawa card kapsul, deh! Mengakses pod dan mengatur pencahayaan bisa kamu lakukan lewat ponselmu. Selain itu, dimensi pod-nya pun cukup luas. Dengan dominasi warna putih dan desain futuristik, dijamin kamu akan betah di dalamnya.

Bobobox juga dilengkapi fasilitas-fasilitas umum seperti shared bathroom, pantry, dan communal space. Ada juga musala sebagai sarana beribadah. Ingin beli minum? Ada vending maching, kok, di lobi. Jadi, kamu nggak perlu meninggalkan hotel. Oh, ya! Bobobox juga punya banyak spot Insta-worthy, lho! Lumayan ‘kan buat isi feed Instagram kamu.

Oh, ya! Aplikasi Bobobox tersedia untuk platform iOS dan Android secara gratis. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan pemesanan pod secara langsung. Eh, ada banyak notifikasi promo menarik juga, lho! So, sudah siap liburan? Yuk download aplikasi Bobobox sekarang.