Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tempat Wisata Semarang yang Bersejarah dan Instagramable

Punya agenda mengunjuni tempat wisata Semarang? Simak infonya berikut ini!

Wisata Semarang menjadi salah satu pilihan destinasi untuk menghabiskan waktu liburan bersama sahabat dan keluarga. Banyak tempat wisata Semarang yang ternyata memiliki sejarah kuat dibaliknya yang menarik untuk ditelusuri. Semarang merupakan kota terbesar di Jawa Tengah yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Banyak orang datang ke Semarang untuk berlibur maupun melakukan kegiatan bisnis.

Tingginya kunjungan wisatawan ke Kota Semarang tidak lain salah satunya adalah karena beragamnya pilihan destinasi yang ada di Kota Semarang. Pilihan destinasi wisata Semarang yang bersejarah di kota ini pun tak kalah menarik. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke tempat wisata Semarang untuk menapaki jejak sejarah Republik Indonesia di kota ini. Bob akan bagikan beberapa pilihan desinasi wisata Semarang yang bersejarah yang menarik untuk kamu jelajahi!

1. Wisata Semarang: Kota Lama Semarang

@CNN Indonesia

Bicara mengenai destinasi wisata Semarang yang bersejarah pasti tempat yang pertama banyak orang-orang rekomendasikan adalah Kota Lama Semarang. Menurut Bob, berkunjung ke Kota Semarang tidak akan terasa lengkap jika tanpa mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Tempat wisata Semarang ini memang dikenal banyak orang sebagai lokasi wisata yang paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Tempat wisata Semarang ini akan cocok kamu kunjungi terutama bagi kamu yang gemar berburu foto. Di Kota Lama Semarang kamu akan menemukan banyak bangunan tua bergaya Eropa klasik yang tentunya menjadi buruan para fotografer. Pastikan untuk membawa serta kamera kamu jika akan bekunjung ke Kota Lama Semarang dan abadikan keindahan bangunan peninggalan kolonial Belanda di sana lewat bidikkan lensa kamera kamu.

Selain itu, kamu pun bisa melihat Gereja Blenduk yang terkenal unik karena atapnya yang berbentuk kubah sehingga sering dikerumuni para wisatawan untuk berfoto. Di bagian depan Gereja Blenduk kamu bisa menikmati pemandangan Taman Srigunting. Kamu pun bisa bersepeda di sekitar kawasan Kota Lama Semarang sambil berfoto dengan menyewa sepeda yag bisa kamu temukan di sekitar gedung Kota Lama Semarang.

Jika perut kamu terasa lapar, kamu bisa memanjakan lidah kamu dengan mencicipi kuliner unik dengan suasana bangunan yang klasik di Kafe Spiegel. Selain Kafe Spiegel terdapat deretan kafe lain di sekitar kawasan Kota Lama Semarang yang juga menawarkan kuliner lezat dan suasana ala zaman kolonial. Beberapa kafe yang bisa kamu coba di kawasan Kota Lama Semarang ini dantaranya adalah Kafe Nuris, Tekodeko, ataupun Retro Cafe.

2. Wisata Semarang: Kampung Batik Semarang

Setelah mengunjungi Kota Lama Semarang kamu bisa menyempatkan untuk berkunjung ke Kampung Batik Semarang yang berada tidak terlalu jauh dari kawasan Kota Lama. Kampung Batik Semarang berlokasi di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur. Kampung Batik Semarang ini adalah tempat wisata Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berbelanja kerajinan batik asal Semarang.

Hal yang membedakan batik Semarang dengan batik dari daerah lainnya adalah coraknya yang unik. Batik Semarang identik dengan pola Tugu Muda, Lawang Sewu, pohon asem, burung blekok, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan batik khas Jawa lainnya, batik Semarang cenderung memiliki warna yang terang. Harga batik di Kampung Batik Semarang pun cukup terjangkau dan dijual dengan harga sekitar Rp50 ribu.

3. Wisata Semarang: Klenteng Sam Poo Kong

@IDN Times

Kota Semarang dikenal sebagai kota multi etnis karena keragaman sukunya dan masyarakatnya yang hidup rukun dan harmonis. Tempat wisata Semarang yang bisa kamu kunjungi untuk mempelajari lebih dekat keragaman suku Kota Semarang adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat beribadah etnis Tionghoa di Kota Semarang yang memiliki ciri khas arsitekturnya yang kental dengan nuansa Tiongkok.

Menurut sejarah, tempat wisata Semarang ini dibangun di lokasi yang sama dengan kedatangan laksamana dari Tiongkok bernama Laksamana Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho merupakan seorang laksamana yang sangat terkenal pada tahun 1400-an. Klenteng Sam Poo Kong ini terletak di kawasan Simongan, Kota Semarang. Warna merah menjadi warna dominan pada bangunan Kelenteng Sam Poo Kong. Klenteng ini memiliki luas mencapai 3,2 hektare.

4. Wisata Semarang: Lawang Sewu

wisata Semarang
@Heritage

Lawang Sewu bisa jadi pilihan persinggahan tempat wisata Semarang yang menarik berikutnya. Lawang Sewu sering disebut sebagai bangunan yang angker mengingat bangunan ini dibangun pada zaman kolonial Belanda. Lawang Sewu adalah sebuah gedung tua yang pada zaman kolinial Belanda digunakan sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). NIS merupakan perusahaan yang bertugas membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Menurut sejarah, gedung Lawang Sewu ini dibangun pada tahun 1904. Lawang Sewu terkenal memiliki bentuk yang sangat unik dengan ciri khas mempunyai banyak pintu dan jendela. Banyaknya pintu dan jendela di bangunan ini membuat masyarakat setempat menyebut bangunan ini sebagi bangunan seribu pintu atau dalam bahasa Jawa disebut lawang Sewu. Walaupun pada faktanya jumlah pintu pada gedung tiga lantai ini tidak mencapai angka 1.000 dan hanya memiliki 429 pintu.

Terdapat banyak kisah mistis mengenai tempat wisata Semarang ini. Beberapa lokasi angker yang bisa kamu temui di dalam kawasan gedung Lawang Sewu di antaranya adalah area sumur tua dan pintu utama. Kebaradaan penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok, serta ruang penyiksaan tawanan menambah suasana mencekam yang terasa di tempat wisata Semarang ini.

5. Wisata Semarang: Masjid Layur Semarang

Selain Klenteng Sam Poo Kong, kota Semarang pun memiliki bangunan ibadah lainnya yang kaya sejarah. Bangunan ini bernama Masjid Layur Semarang yang memiliki kaitan yang cukup lekat dengan sejarah Walisongo. masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia khususnya di kota Semarang. Masjid Layur Semarang ini masuk ke dalam salah satu masjid tertua yang ada di kota Semarang.

Berdasarkan sejarah, bangunan Masjid Layur Semarang ini dibangun pada sekitar tahun 1743. Masjid Layur Semarang dibangun oleh penduduk setempat yang mayoritas merupakan warga Melayu. Masjid ini sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh dan menjadi salah satu masjid kebanggaan masyarakat Semarang. Keistimewaan bangunan masjid ini terletak pada bentuk bangunannya yang didominasi gaya Timur Tengah terutama pada desain menaranya.

Atap Masjid Layur Semarang yang bersusun tiga bercampur dengan arsitektur khas Jawa menjadikan masjid ini memiliki percampuran gaya arsitektur yang cukup unik. Desain arsitektur Masjid Layur Semarang ini merupakan hasil percampuran desain arsitektur dari tiga budaya yaitu Jawa, Melayu dan Arab. Masjid Layur Semarang saat ini masih mempertahankan bentuk bangunan asli dengan sedikit perbaikan.

Jika memiliki agenda mengunjungi tempat wisata Semarang yang bersejarah di atas, jangan lupa untuk menginap di Bobobox ya! Kini Bobobox sudah hadir di Semarang sehingga kamu bisa memesan kamar kapsul pilihan kamu melalui aplikasi Bobobox. Yuk unduh aplikasinya sekarang juga agar tidak ketinggalan informasi menariknya!

bobobox semarang

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.