Capture

7 Tempat Wisata Nyeleneh di Indonesia yang Bisa Membuatmu Ngakak

Bobobox.co.id — Liburan ke berbagai tempat wisata di Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya. Pasalnya, dengan luasnya negara ini, ada saja daerah yang destinasi wisatanya belum terlalu terkenal.

Sehingga, jika kamu memang menyuka tempat wisata di Indonesia, banyak yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya bisa jadi adalah tempat wisata dengan nama yang nyeleneh.

Maksudnya adalah tempat-tempat wisata ini akan membuatmu tertawa saat pertama kali mendengar nama-nama tempat wisata yang akan Bob informasikan di bawah ini. Beberapa di antaranya mungkin ada di dekat tempat tinggalmu.

Maka dari itu, langsung aja yuk berkenalan dengan 7 tempat wisata nyeleneh di Indonesia yang siap membuatmu ngakak dan tertawa. Kamu bisa mengajak temanmu saat membaca artikel mengenai destinasi wisata di Indonesia ini lho.

Candi Asu Sengi, Magelang, Jawa Tengah

Tempat wisata nyeleneh pertama di Indonesia adalah Candi Asu Sengi. Asu jika diterjemahkan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia memiliki arti anjing. Mungkin saat pertama kali mendengar tempatnya, kamu berpikir bahwa ada candi yang berbentuk menyerupai anjing.

Padahal, alasan kenapa tempat wisata ini disebut dengan nama Candi Asu Sengi sendiri karena banyaknya anjing yang berkeliaran di sekitar kawasan candinya.

Walaupun banyak anjing yang berkeliaran di sekitar candinya, nyatanya anjing-anjing tersebut cukup bersahabat kok dengan para pengunjung yang datang ke Candi Asu Sengi. Asalkan, kamu tidak menakut-nakuti mereka saja.

Untuk asal nama sengi pada Candi Asu Sengi, nama ‘sengi’ sendiri diambil dari nama desa di mana candi tersebut barada. Sebagai informasi tambahan, Candi Asu Sengi ini termasuk ke dalam cagar budaya lho.

via flickr.com

Pantai Kutang, Lamongan, Jawa Timur

Dari Magelang, Jawa Tengah, kita beranjak menuju ke Lamongan, Jawa Timur. Di sini, kamu pun bisa menemukan tempat wisata nyeleneh yang berupa sebuah pantai yang sebenarnya memiliki pemandangan yang indah.

Nama tempat wisata di Lamongan ini adalah Pantai Kutang. Ya, kamu tidak salah melihat nama pantai yang berada di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Dalam bahasa Jawa, kutang sendiri memiliki arti pakaian dalam. Alasan tempat wisata ini disebut demikian adalah dulunya warga setempat sering menemukan pakaian dalam wanita berserakan di sekitaran pantai.

Dengan jumlah pakaian dalam yang cukup banyak, maka dari itu warga sekitar pun memutuskan untuk menamai pantai dengan nama Pantai Kutang. Untuk masuk ke Pantai Kutang, kamu tidak akan dipungut tiket masuk. Hanya tinggal membayar parkir kendaraan sebesar Rp2.000.

tempat wisata pantai kutang

via cyberstep.co.id

Goa Pocong, Pacitan, Jawa Timur

Masih berada di Provinsi Jawa Timur, kamu pun masih menemukan tempat wisata nyeleneh selama di provinsi ini. Namun, kamu harus mengarahkan pandanganmu ke kota 1.001 goa yakni Kota Pacitan.

Sesuai dengan julukannya, tempat wisata nyeleneh ini merupakan sebuah goa. Goa yang dimaksud sendiri diberi nama Goa Pocong. Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa bisa goa tersebut dinamai demikian? Apakah ada kaitannya dengan yang berbau mistis?

Nah, untuk yang satu ini ternyata bukan termasuk yang berbau mistis. Pasalnya, penamaan goa ini sendiri didasarkan pada batu yang bentuknya menyerupai pocong.

Walaupun namanya cukup menyeramkan, goa ini sendiri sebenarnya sama seperti goa-goa pada umumnya. Kamu bisa berpetualang dengan masuk semakin ke bagian dalam goa yang bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk dilakukan.

via dictio.id

Air Terjun Siluman, Medan, Sumatera Utara

Tak hanya Goa Pocong saja yang memiliki nama nyeleneh namun juga menyeramkan. Ada juga air terjun dengan nama yang cukup menyeramkan yang ada di Desa Garunggang, Kecamatan Langkat, Medan, Sumatera Utara.

Nama dari tempat wisata nyeleneh di Medan ini adalah Air Terjun Siluman. Air terjun ini diberi nama tersebut bukannya tanpa alasan yang jelas lho. Salah satu alasan kenapa dinamai seperti adalah menyoal arus air terjunnya.

Arus air terjun di Desa Garunggang ini percaya tidak percaya kadang muncul kadang juga bisa menghilang. Sehingga, akhirnya warga setempat pun memberi nama tempat wisata ini dengan sebutan Air Terjun Siluman.

Sebenarnya, Air Terjun Siluman ini memiliki nama lain yang biasa disebutkan juga. Nama lain tersebut adalah Air Terjun Nabu Belanga Alam. Namun, banyak yang lebih mengenalnya dengan sebutan Air Terjun Siluman karena dianggap unik.

via kmstour.com

Pantai Sandal Jodoh, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu

Masih berada di Pulau Sumatera atau lebih tepatnya di Provinsi Bengkulu, ada sebuah pantai yang sepertinya akan cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang sekarang ini sedang single atau jomblo.

Pasalnya, nama tempat wisata yang dimaksud oleh Bob adalah Pantai Sandal Jodoh. Penamaan ini sendiri karena banyak sandal bekas yang hanyut terbawa ombak. Sehingga, sandal-sandal tersebut akhirnya dikumpulkan oleh para nelayan.

Nah, untuk bisa lebih menarik wisawatan, maka salah satu bagian pantai dijadikan sebagai tempat khusus yang di mana wisatawan banyak meninggalkan sandal mereka sehabis berkunjung dari pantai ini.

Sebenarnya, pantai ini memiliki nama lain yang lebih ‘formal’. Jadi, selain seringkali disebut dengan nama Pantai Sandal Jodoh, pantai ini pun seringkali dikenal dengan nama Pantai Tapak Paderi.

via travel.detik.com

Dusun Gendeng, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Setelah puas menjelajah tempat wisata nyeleneh di Pulau Sumatera, tempat wisata nyeleneh lainnya berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata yang dimaksud adalah Dusun Gedeng.

Bagi kamu yang pertama kali mendengar tempatnya, jangan salah mengira jika dusun satu ini ditinggali oleh orang gila semua. Yang ada masyarakat di Dusun Gedeng sendiri merupakan para pembuat wayang dan pelestari kebudayaan.

Namun, yang sangat disayangkan adalah Dusun Gendeng sendiri saat ini sedang kekurangan anak-anak muda yang bersedia meneruskan industri kerajinan wayang kulit yang dimiliki oleh Dusun Gendeng.

Salah satu alasan kurangnya regenerasi adalah kurangnya minat anak muda terhadap kerajinan wayang kulit. Tak hanya itu, tuntutan zaman membuat banyak anak muda yang beralih profesi.

via beepdo.com

Green Kenyot, Bandung, Jawa Barat

Tempat wisata nyeleneh terakhir berada di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Destinasi wisata Bandung yang dimaksud oleh Bob kali ini adalah Green Kenyot, nama yang cukup nyeleneh untuk sebuah destinasi wisata.

Green Kenyot, atau biasa juga disebut Sungai Cikahuripan ini menawarkan dua tebing yang tinggi menjulang dan mengapit aliran sungainya. Hal ini tentunya mengingatkanmu pada Green Canyon yang ada di Pangandaran.

Nah, nama Green Kenyot sendiri diambil karena sulitnya penyebutan Green Canyon. Sehingga, akhirnya disebutlah dengan nama Green Kenyot untuk pengganti penyebutan Green Canyon.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Green Kenyot, sangatlah disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini sendirian. Pasalnya, aliran sungainya sewaktu-waktu bisa sangat deras.

via bicarajabar.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Setelah mengunjungi Green Kenyot, biasanya kamu akan merasa kelelahan dan membutuhkan tempat beristirahat yang nyaman sepulang dari tempat wisata nyeleneh tersebut.

Salah satu tempat beristirahat yang nyaman untuk kamu kunjungi di Bandung adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas yang wah namun dengan harga yang murah. Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles