Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tempat Wisata Menarik di Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Tempat wisata

Bumi Anoa, sebutan khusus untuk Provinsi Sulawesi Tenggara, memang memiliki sejuta pesona yang tidak ada habis-habisnya. Berbagai tempat wisata alternatif yang masih asri dan alami tersebar di berbagai sudut tempat ini.

Seperti permata tersembunyi yang  akan Bob bahas kali ini adalah sebuah kota besar yang memiliki tempat wisata yang tersebar disekelilingnya yaitu Kota Baubau. Kota Baubau, merupakan sebuah kota administratif di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara dengan kekayaan sejarah dan tempat wisata.

Apa sih yang istimewa dari kota ini? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kesultanan Buton

tempat wisata
https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/XxsZQn/benteng-keraton-buton-objek-wisata-bersejarah-bau-bau

 

Kota Baubau pernah menjadi pusat Kesultanan Buton, loh. Kesultanan Buton adalah salah satu Kerajaan Islam besar di Sulawesi Tenggara. Bukti kebesarannya pun masih bisa dilihat hingga saat ini. Apa sih yang membuat kesultanan ini menjadi besar dan berjaya di zamannya?

Ternyata jawabannya adalah masyarakat dan pemerintahnya yang solid dan kuat sehingga Kesultanan Buton menjadi salah satu kerajaan yang tidak pernah dijajah. Kesultanan Buton juga memiliki pertahanan wilayah yang sangat kuat dan diakui dunia hingga saat ini.

Kota Baubau sendiri masih menyimpan sisa kejayaan Kesultanan Buton yang bisa kamu kunjungi dan kamu kagumi kemegahannya sebagai tempat wisata unggulan. Selain itu, Kota Baubau juga masih menyimpan tempat wisata lainnya yang tidak tidak kalah keren dan unik dari tempat wisata lain di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bagaimana, sudah penasaran? Kalau sudah, yuk kita bahas satu-satu.

Benteng Wolio

Salah satu tempat wisata andalan Baubau yang paling wajib kamu kunjungi adalah Benteng Wolio atau Benteng Keraton Buton. Benteng inilah yang tadi Bob sebut sebagai warisan sejarah dan budaya masyarakat Buton.

Gak main-main, loh. Benteng Wolio sudah diakui oleh Guiness Book of Record sebagai benteng terbesar di dunia! Wih, sebagai orang Indonesia kita harus bangga loh budaya kita mewariskan sesuatu yang sangat berharga bagi dunia.

Nah, untuk kamu yang mau mengunjungi tempat wisata benteng dengan luas lebih dari 20 ribu hektar ini, mudah saja. Kamu bisa bertanya dengan penduduk setempat atau mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia. Letak benteng Wolio sangat strategis dan berada di puncak bukit sehingga jangan tanya deh pemandangannya. Keren banget!

Jejeran Meriam Diatas Bukit

Benteng Wolio terbuka untuk umum dan masuknya gratis! Karena sebetulnya, di dalam lingkungan benteng ini adalah pemukiman warga, sehingga akses keluar masuk tempat wisata ini sudah menjadi jalan umum. Konon katanya, mereka yang tinggal di dalam benteng adalah keturunan raja.

Setelah kamu memasuki kompleks tempat wisata Benteng Wolio, kamu akan disambut oleh pemandangan laut yang sangat cantik dari atas bukit. Kamu pun bisa berfoto di dinding benteng dengan jejeran meriam yang menghiasi setiap sisi benteng.

Kamu bisa menikmati setiap sudut benteng dengan bebas. Kamu akan merasakan suasana abad ke 15 saat keluar masuk dan berjalan-jalan di sekitar tempat wisata ini. Bagi pecinta serial Game of Thrones, Bob jamin, imajinasimu akan kastil-kastil tua akan terbayar di Benteng Wolio.

Invisible Fortress

Satu lagi yang unik dari tempat wisata ini. Dengan luasnya yang ribuan hektar dan bangunannya yang masif, benteng ini memang berfungsi debagai benteng pertahanan Kesultanan Buton. Dari dalam tempat wisata ini terhampar pemandangan laut dan Pulau Muna, pulau di seberang Pulau Buton.

Namun, jika kamu mencoba melihat benteng dari arah laut, jangan harap deh kamu akan menemukan benteng ini!. Benteng Wolio seperti tersembunyi sepenuhnya dari pandangan. Sehingga bajak laut zaman dulu tidak akan menyadari kalau mereka dipantau dari jauh!

Lalu tiba-tiba BOOM! Meriam Kesultanan Buton akan menyerang tanpa aba-aba membuat perompak kocar-kacir. Maka dari itu, Kesultanan Buton selalu menjadi tempat yang aman dari serangan musuh.

Museum Kebudayaan Wolio

tempat wisata
http://butonpos.fajar.co.id/pertahankan-pusat-kebudayaan-wolio/

Perjalananmu mengeksplorasi tempat wisata di Benteng Wolio belum selesai, loh. Kalau kamu berkesempatan untuk datang ke tempat wisata ini, jangan lupa mampir ke Museum Kebudayaan Wolio.

Museum Kebudayaan Wolio pernah menjadi istana Kesultanan Buton. Bangunannya pun masih sangat otentik khas budaya Buton. Kamu pun boleh masuk ke dalam dan melihat-lihat koleksi museum hanya dengan menyumbang uang seikhlasnya.

Disini,kamu bisa mempelajari budaya Buton lebih jauh lagi. Kamu akan melihat bagaimana gaya hidup masyarakat adat tempo dulu di kerajaan ini. Dan ada satu fakta menarik lagi, ternyata pemimpin pertama Kerajaaan Buton sebelum Islam masuk adalah seorang perempuan!

Pemandu wisata pun akan menjelaskan pada zaman dahulu, suku Buton memiliki kaitan erat dengan bangsa Mongolia! Menurut mereka, nenek moyang mereka berasal dari Mongolia. Menarik kan mempelajari kekayaan Bangsa Indonesia di Baubau?

Pantai-pantai Cantik di Baubau

tempat wisata
http://beacbaubau.blogspot.com/2012/10/pantai-kamali.html

Mendengar kata pulau pasti tidak akan jauh-jauh dari tempat wisata pantainya. Kota Baubau di Pulau Buton pun menawarkan pantai-pantai spesial yang harus kamu kunjungi saat kamu mampir kesini. Beberapa pantai di Baubau yang paling ikonik adalah pantai Kamali dan Pantai Nirwana

Pantai Kamali terletak di pusat keramaian Baubau. Di tempat wisata ini kamu bisa nongkrong santai sambil menikmati senja. Untuk mencari Pantai Kamali, tidak perlu bingung, kamu akan menemukan pantai ini dengan mudah karena ada Patung Naga besar yang menjadi simbol Kota Baubau tepat di pantai ini.

Yang kedua adalah Pantai Nirwana, meskipun letaknya cukup jauh dari Baubau, sekitar 10 kilometer, Pantai Nirwana benar-benar tidak bisa kamu lewatkan.Pantai berpasir putih dengan laut biru yang jernih akan menyapamu saat kamu datang. Disini kamu juga bisa berkemah dan melakukan aktivitas seperti berenang dan snorkelling. Mantap kan?

Akses Menuju Baubau

Bagi kamu yang ingin mencoba Baubau menjadi tempat wisata tujuan liburanmu, mudah saja. Dari Jakarta, kamu bisa ambil penerbangan ke Kendari. Nah, dari Kendari, kamu punya dua opsi untuk ke Baubau yaitu dengan menggunakan pesawat atau kapal cepat.

Tips Liburan ke Baubau

Nah, kali ini, Bob akan bagi-bagi pengalaman saat liburan ke Baubau. Untuk kamu yang akan mengunjungi tempat wisata di Baubau, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Angkutan umum sedikit sekali. Bob sarankan untuk menyewa sepeda motor supaya keliling tempat wisata menjadi lebih maksimal. Disekitar pelabuhan setelah kamu turun dari kapal cepat, akan banyak transportasi ojek yang menawarkan jasanya. Namun kamu harus hati-hati, kadang ada beberapa oknum yang akan memberi harga yang terlalu tinggi untuk pejalanan jarak dekat kepada wisatawan. Jangan lupa tawar-menawar ya.
  1. Meskipun Baubau adalah kota besar, namun untuk menuju tempat wisata yang terletak dipinggiran atau sedikit keluar Kota Baubau, akan cukup sulit untuk dilakukan di malam hari karena penerangan yang masih minim. Maka dari itu, Bob sarankan supaya menjelajah tempat wisata disekitar Baubau di siang hari saja.

Coba Hal Baru Staycation di Hotel Kapsul

Mengeksplorasi berbagai tempat wisata baru memang menjadi tantangan tersendiri untuk traveller sejati. Ada rasa deg-degan, ragu, penasaran, dan kepuasan yang berlipat-lipat saat menemukan bahwa tempat wisata tujuan kamu lebih keren dari yang kamu bayangkan.

Ingin merasakan sensasi yang sama juga saat menginap? Nah, sekarang Bob tantang kamu untuk menginap di hotel kapsul paling modern di Indonesia. Dengan fasilitas di dalam pods yang sudah terintegrasi IoT, kamu akan merasakan sensasi baru staycation yang hanya bisa dicoba di Bobobox..

Dijamin betah deh, mau coba? Cek promo Bobobox disini.

 

 

 

 

 

You might also like