Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tempat Wisata Kutai Kartanegara Terbaik untuk Dikunjungi

Wajib masuk wishlistmu!

Bobobox.co.id — Kutai Kartanegara menjadi pusat perhatian semenjak pengumuman ibu kota negara baru. Alhasil, banyak orang yang penasaran juga dengan tempat wisata Kutai Kartanegara.

Jika kamu termasuk salah satu yang penasaran, kamu berada di tempat yang tepat. Pasalnya, Bob sendiri sudah merangkum 10 tempat wisata Kutai Kartanegara terbaik yang wajib kamu kunjungi.

Daripada penasaran, simak kesepuluh tempat wisata Kutai Kartanegara terbaik versi Bob berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Kutai Kartanegara

1. Pulau Kumala

Rekomendasi tempat wisata Kutai Kartanegara pertama adalah Pulau Kumala. Pulau kecil yang berada di tengah-tengah Sungai Mahakam ini terbilang salah satu favorit wisatawan yang datang.

Untuk bisa sampai ke objek wisata tersebut, kamu perlu melewati Jembatan Repo-Repo. Jembatan tersebut adalah jembatan di Kutai Kartanegara yang terkenal akan struktur berwarna kekuningan.

Saat sampai, ada berbagai fasilitas serta kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan. Beberapa di antaranya adalah bermain wahana permainan dan mengunjungi Sky Tower setinggi 75 meter.

tempat wisata kutai kartanegara Pulau Kumala
Pulau Kumala via Om Theo/Google Maps

2. Taman Kota Raja

Ingin mengunjungi tempat wisata Kutai Kartanegara yang buka selama 24 jam? Taman Kota Raja adalah tempat yang cocok untuk kamu kunjungi karena bisa kamu kunjungi kapan saja.

Ruang terbuka publik tersebut berlokasi di tepian Sungai Mahakam. Oleh karenanya, kamu dipastikan tak akan sulit untuk bisa sampai di salah satu rekomendasi tempat wisata Kutai Kartanegara ini.

Sambil berjalan-jalan santai, kamu pun bisa melihat keindahan Jembatan Tenggarong. Akan lebih asyik jika kamu datang saat malam di mana ada cahaya lampu warna warni menyinari tempatnya.

Taman Kota Raja tempat wisata kutai kartanegara
Taman Kota Raja via Lodya/Pusaranmedia.com

3. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman adalah salah satu museum paling terkenal di Kalimantan. Alhasil, tak afdal rasanya jika Bob tak merekomendasikan tempat wisata Kutai Kartanegara satu ini.

Museum ini menyimpan kurang lebih 5.373 koleksi benda sejarah yang menarik untuk disimak. Beberapa di antaranya adalah peninggalan dari Dinasti Ming, Qing, dan juga Yuan.

Menurut catatan Museum Mulawarman, koleksi yang ditampilkan di tempat wisata tersebut 50 persennya terbuat dari bahan organik. Sisa koleksi barulah terbuat dari bahan anorganik.

Museum Mulawarman tempat wisata kutai kartanegara
Museum Mulawarman via sepinggan-airport.com

Baca Juga: Seru Dan Ngehits, 7 Rekomendasi Tempat Wisata Batam Yang Ini Wajib Dikunjungi!


4. Bukit Bangkirai

Berada di Kawasan Samboja, terdapat tempat wisata Kutai Kartanegera wajib kamu kunjungi. Tempat wisata yang Bob maksud adalah Bukti Bangkirai yang dikelola oleh PT. Inhutani.

Destinasi wisata Kutai Kartanegara ini menjadi habitat bagi beragam floran dan fauna. Total mulai dari 3.000 jenis jamur-jamuran, 13 jenis rotan, hingga 113 jenis burung berada di bukit ini.

Ada juga canopy bridge yang menjadi favorit para wisatawan. Jembatan tersebut sendiri adalah jembatan yang menjadi penghubung antara puncak pohon satu dengan pohon lainnya.

Bukit Bangkirai tempat wisata kutai kartanegara
Bukit Bangkirai via borneo24.com

5. Pantai Ambalat Samboja

Pantai Ambalat Samboja adalah satu dari dua pantai yang masuk ke dalam rekomendasi tempat wisata Kutai Kartanegara. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Samboja.

Dikenal juga dengan nama Amborawang Laut, pantai ini terkenal akan pasir kecokelatan dan kontur yang landai. Tak hanya itu, ada juga barisan pohon pinus yang tumbuh dengan lebat.

Sambil menikmati keindahan alam, kesejukan dari udara sepoi-sepoi bakal menemanimu. Kamu bisa bersantai di gazebo yang ada di tepi pantai atau sekadar berjalan-jalan santai di pantai yang bersih ini.

Pantai Ambalat Samboja tempat wisata kutai kartanegara
Pantai Ambalat Samboja via Ezagren/id.wikipedia.org

6. Ladaya

Ladang Buaya atau memiliki nama lain Ladaya adalah tempat wisata Kutai Kartanegara recommended lainnya. Tempat wisata tersebut berada di Jalan H. Bachrin Seman No.RT.12.

Objek wisata ini menawarkan sebuah kebun binatang mini yang bisa kamu kunjungi. Berbagai binatang seperti Burung Enggang, Beruang Madu, dan Uwa-uwa bisa kamu lihat di kebun binatangnya.

Di samping itu, tersedia pula area outbound untuk kegiatan bersenang-senangmu. Kamu bisa memain berbagai permainan dan berkemah jika kamu tertarik untuk berlama-lama di sini.

Ladaya tempat wisata kutai kartanegara
Ladaya via jemari-organizer.com

Baca Juga: Liburan Ke Tanah Laskar Pelangi, Jangan Lewatkan 7 Rekomendasi Tempat Wisata Belitung Ini!


7. Danau Semayang

Jika bosan dengan pantai, kamu pun bisa mengunjungi Danau Semayang. Rekomendasi tempat wisata Kutai Kartanegara ini memiliki jarak sekitar 65 mil dari pusat Kota Tenggarong.

Saat berenang di danau yang berada di aliran Sungai Mahakam, kamu bisa menemukan beberapa biota laut. Ikan pesut dan lumba-lumba air tawar bisa kamu temukan di danau satu ini.

Di samping itu, keindahan alam danaunya jangan sampai terlewatkan untuk kamu abadikan. Kamu pun bisa mengabadikan pula aktivitas para nelayan yang tengah menangkap ikan.

Danau Semayang via borneo24.com

8. Bukit Biru

Menikmati panorama alam Kutai Kartanegara adalah hal yang sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa merasakan sensasi tersebut, ada baiknya jika kamu mengalih pandanganmu ke Bukit Biru.

Tempat wisata Kutai Kartanegara ini bakal cocok untuk kamu kunjungi saat sore menjelang petang. Pasalnya, kamu dapat menyaksikan keindahan matahari tenggelaman yang begitu memesona.

Tak hanya itu, panorama alam yang indah dari Kutai Kartanegara menjadikan momen liburanmu di Bukit Biru akan jauh lebih menyenangkan. Wajib kamu rasakan sendiri sensasinya!

Bukit Biru via profil.digitaldesa.id

9. Museum Kayu

Selain Museum Mulawarman, kamu pun bisa mengunjungi Museum Kayu. Memiliki nama lengkap Museum Tuah Himba, objek wisata ini sudah lama berdiri karena dibangun sejak tahun 1990.

Keunikan dari tempat wisata Kutai Kartanegara ini adalah penggunaan kayu sebagai ornamen arsitekturnya. Sesuai namanya pula, koleksi di musum ini pun kebanyakan berupa kayu.

Misalkan saja, museum tersebut menyimpan beragam sampel jenis kayu yang terdapat di hutan kabupaten ini. Total lebih dari 200 jenis kayu dan 200 jenis daun kayu yang dikeringkan ada di museum ini.

Museum Kayu via ibukotakita.com

Baca Juga: Sedang Di Sumatra Utara? Ini Dia Tempat Wisata Hits 2022 Medan Anti-Mainstream!


10. Pantai Tanah Merah

Tempat wisata Kutai Kartanegara terakhir adalah Pantai Tanah Merah. Hamparan pasir putih dengan pohon cemara putih adalah dua daya tarik yang membuat tempat ini menyita perhatian wisatawan.

Alhasil, Pantai Tanah Merah bakal cocok untuk menjadi destinasi wisata keluarga, berkemah, hingga bermain air. Namun, kegiatan menarik yang wajib kamu lakukan tak hanya itu saja.

Kamu pun bisa bersantai ditemani oleh udara sejuk di sekitar pantai. Pantai yang bersih membuat kamu sebagai wisatawan wajib menjaga kebersihan pantai ini sama saat pertama kali mengunjungi.

Pantai Tanah Merah via ibukotakita.com

***

Itulah tadi rekomendasi tempat nongkrong di Malang yang bisa kamu pertimbangkan.

Harga yang tadi sudah Bob sebutkan bisa saja sewaktu-waktu berubah, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap yang Wajib Dicoba? Ya di Bobobox

Jika tadi berbicara soal wahana yang wajib dicoba, sekarang waktunya untuk akomodasi penginapan yang wajib kamu coba saat liburan. Tempat yang dimaksud adalah Bobobox.

Hotel kapsul satu ini siap memanjakan para pengunjung yang datang dengan berbagai fasilitas keren yang ada di Bobobox.

Walaupun fasilitasnya keren, harga inapnya justru ramah di kantong. Ingin memesan podnya?

Langsung unduh aplikasi Bobobox di sini dan kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan di manapun dan kapanpun kamu mau. Lorong Pods bobobox bandung

You might also like