Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Seram! Ini Dia 10 Tempat Wisata Horor Banyuwangi yang Membuat Bulu Kudukmu Merinding!

Ada yang jadi tempat uji nyali muda-mudi Banyuwangi, lho!

Bobobox.co.id — Sebelum viralnya kisah horor KKN Desa Penari, Banyuwangi sendiri sebenarnya sudah terkenal akan kisah mistis yang sering terjadi. Julukan ‘kota santet’ pun disematkan pada kota satu ini.

Sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang mampu menarik banyak wisatawan, Banyuwangi memiliki banyak destinasi wisata seperti pantai hingga gunung yang asyik untuk dijadikan sebagai destinasi liburanmu.

Namun, jika kamu termasuk orang yang senang berkunjung ke tempat-tempat horor, tempat wisata horor Banyuwangi tak salah untuk dikunjungi. Malahan, wajib untuk kamu kunjungi jika berlibur ke Banyuwangi.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan 10 tempat wisata horor Banyuwangi yang siap membuat bulu kudukmu merinding. Ada tempat yang sering dijadikan sebagai tempat uji nyali bagi muda-mudi Banyuwangi, lho!

Rowo Bayu

Tempat wisata horor Banyuwangi pertama adalah Rowo Bayu. Lokasi yang heni dan penuh ini misteri ini sendiri merupakan awal mula lahirnya Kabupaten Banyuwangi pada 18 Desember 1771.

Pada tahun 1771, terjadi perang puputan di mana Kerajaan Bayu kala itu berperan melawan belanda. Namun, Belanda berhasil menghabisi hampir seluruh rakyat Kerajaan Bayu dan hanya menyisakan sedikit.

Nah, korban yang berjatuhan tersebutlah yang menghuni wisata horor Banyuwangi ini. Hantu prajurit tersebut berserta hantu perempuan lainnya menjaga sosok penjaga Rowo Bayu yang sering disebut Nyai Resek.

wisata horor Banyuwangi rowo bayu
IG @isunbanyuwangi via blog.misteraladin.com

Keraton Macan Putih

Keraton Macan Putih menjadi destinasi wisata horor Banyuwangi berikutnya. Dengan luas mencapai 2,5 kilometer persegi, keraton yang dididirikan oleh Prabu Tawan Alun ini sendiri disakralkan oleh warga sekitar.

Pasalnya, warga sekitar memercayai bahwa Keraton Macan Putih merupakan tempat di mana Prabu Tawang Alun menghilang jasadnya dan kembali ke Tuhan atau biasa juga disebut dengan muksa.

Konon, tempat ini pun diyakini memiliki penjaga yang berupa makhluk astral. Makhluk tersebut berupa macan putih yang berasal dari hutan Gunung Raung dan bertugas sebagai pengawal gaib Raja Tawang Alun.

nurtanio angkasa putra via kabarin.co

Alas Purwo

Alas Purwo bagi sebagian orang terkenal sebagai salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Memiliki luas 434 kilometer, Alas Purwo menjadi habitat asli bagi ribuan flora dan fauna yang ada di Pulau Jawa.

Dibalik keindahan cagar alamnya, Alas Purwo terkenal sebagai tempat wisata horor Banyuwangi. Beragam kisah angker terjadi di hutan yang hingga saat ini belum terpecahkan. Salah satunya adalah soal orang yang berani datang.

Jadi, orang yang berani datang ke kawasan wisata horor Banyuwangi ini tak ada yang bisa selamat. Bahkan, mayatnya pun tak bisa ditemukan. Jikapun berhasil keluar, orang tersebut akan mendapat musibah.

via blog.misteraladin.com

Pantai Boom

Destinasi wisata horor Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Boom. Pantai yang satu ini sendiri dulunya merupakan pelabuhan utama dari Banyuwangi. Walaupun masih beroperasi, tempatnya tak seramai dulu.

Salah satu tragedi mengerikan yang pernah terjadi di sini adalah tragedi INKAI. Tragedi tersebut memakan banyak korban di mana penyebabnya adalah air laut yang muncul tiba-tiba hingga menyeret karateka yang latihan ke laut.

Setelah diselidiki oleh seorang supranatural, Pantai Boom disebut-sebut sebagai dapur dari sebuah kerajaan besar bangsa jin. Untuk pusatnya sendiri, berada di Alas Purwo atau lebih tepatnya di Goa Istana.

via pantainesia.com

Pantai Watu Dodol

Tak hanya Pantai Boom saja yang terkenal sebagai wisata horor Banyunwagi, Pantai Watu Dodol pun merupakan pantai yang dipercaya memiliki kisah-kisah mistis yang sudah dikenal oleh masyarakat Banyuwangi.

Misalkan saja Patung Gandrung yang bergerak bahkan menari-nari sendiri. Tak hanya itu, ada juga bunker peninggalan Jepang yang dipercaya jika ditelusuri maka kamu akan sampai hingga Alas Purwo.

Hal mistis terakhir adalah batu besar yang berada di tengah jalan. Sempat akan dipindahkan oleh Belanda, batu besar tersebut diyakini sebagai paku bumi Pulau Jawa yang jika dihancurkan maka Pulau Jawa akan tenggelam.

via trans.web.id

Goa Istana

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Alas Purwo menjadi salah satu destinasi wisata horor Banyuwangi. Nah, salah satu spot di taman nasional tersebut disebut-sebut sebagai tempat yang sama angkernya.

Tempat tersebut adalah Goa Istana. Goa yang sering dijadikan sebagai tempat bersemedi ini dipercaya sebagai pusat dari Alas Purwo. Maksudnya adalah Goa Istana ini dianggap sebagai keraton dari sebuah kerajaan (Alas Purwo).

Oleh karenanya, banyak yang percaya jika tempat wisata horor Banyuwangi tersebut dijaga oleh makhluk dari bangsa jin. Ada juga yang memercayai bahwa Bung Karno pernah bersemedi untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

via localguidesconnect.com

Rumah Sakit Inggris Banyuwangi

Tempat peninggalan Belanda seringkali diasosiasikan sebagai tempat angker. Rumah Sakit inggris merupakan salah satunya. Wisata horor Banyuwangi ini menjadi saksi bisu di mana Belanda melakukan pembantaian.

Jangan heran jika bekas rumah sakit ini dianggap tempat angker oleh warga sekitar. Pasalnya, warga sekitar sering mendengar suara jeritan minta tolong dan melihat penampakan noni Belanda di tempat tersebut.

Sebagai salah satu tempat angker yang cukup populer, Rumah Sakit Inggris ini pun sering dijadikan destinasi wisata horor Banyuwangi oleh anak muda. Kebanyakan mereka ingin wisata malam ataupun uji nyali.

via banyuwangibagus.com

Pabrik Saranite

Bangunan tak berpenghuni biasanya memiliki cerita mistis yang datang dari tempat tersebut. Hal tersebut pun terjadi pada salah satu pabrik kapal yang sudah tidak beroperasi lagi di Banyuwangi yakni Pabrik Saranite.

Pabrik Saranite ini sendiri sudah dikenal sebagai tempat wisata horor Banyuwangi. Berbagai kejadian aneh pernah terjadi di tempat ini. Bahkan, kejadian di luar nalar tersebut menjadi salah satu alasan mengapa pabriknya tak beroperasi.

Misalkan saja cerita horor di mana kapal baru yang tiba-tiba berada di dermaga. Cerita horor lainnya adalah cerobong asap pabrik yang menjadi tempat seekor naga dan noni Belanda yang mendiami perumahan tak jauh dari pabrik.

via asliindonesia.net

Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup potensial digali lebih untuk menarik lebih banyak wisatawan. Banyuwangi Tour de Ijen merupakan salah satu acara yang diselenggarakan di tempat ini.

Nah, dari berbagai daya tarik dari tempat wisata Banyuwangi ini, terselip satu kisah misteri dari Pulau Merah yang sudah jadi kisah turun temurun. Kisah tersebut adalah bergesernya Pulau Merah ini.

Warga setempat percaya bahwa tempat wisata horor Banyuwangi ini bisa bergeser. Hal ini terjadi pada saat tsunami yang terjadi di kabupaten ini pada tahun 1994. Kini, pantai dari pulau ini digunakan untuk sesaji laut.

via indonesia.travel

Alas Gumitir

Wisata horor Banyuwangi terakhir adalah Alas Gumitir. Alas Gumitir merupakan daerah yang akan dilewati saat kamu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Banyuwangi dari arah Kabupaten Jember.

Salah satu yang pasti terlihat adalah patung penari Gandrung yang ada di pelataran taman. Hal mistis pun seringkali terjadi pada patung tersebut. Salah satu yang paling terkenal adalah soal patung yang bergerak sendiri.

Beberapa orang percaya bahwa tangan kiri dari patung penari Gandrung tersebut bisa bergerak sendiri. Tak hanya itu, beberapa orang lainnya pun percaya bahwa patung ini dijaga oleh makhluk halus.

via today.line.me

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Sedang liburan dan ingin mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda? Bob menyarankan untuk datang saja ke Bobobox untuk merasakan hal tersebut.

Pasalnya, Bobobox sendiri menawarkan fasilitas yang terintegrasi secara langsung dengan teknologi kekinian seperti QR Code untuk membuka pod yang kamu inapi.

Soal urusan pemesanan podnya pun sudah tinggal tap di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

You might also like