Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tempat Wisata Gratis Semarang yang Tak Bikin Kantong Jebol

Senangnya maksimum, bujetnya minimum

Bobobox.co.id — Selain memiliki tempat wisata Semarang yang mengharuskanmu untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, kamu pun bisa menikmati tempat wisata gratis Semarang yang tentunya tidak akan membuat kantongmu jebol.

Nah, walaupun minim biaya, tempat wisata gratis Semarang yang direkomendasikan Bob ini tidak kalah kok dengan tempat wisata Semarang yang relatif mahal. Tempat sajakah yang masuk ke dalam daftar rekomendasi tempat wisata gratis Semarang kali ini? Langsung saja simak kesepuluh tempatnya berikut ini.

Kawasan Kota Lama

Alamat: Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang

Tempat wisata gratis Semarang yang pertama adalah kawasan Kota Lama. Kota Lama Semarang ini siap memanjakanmu dengan banyak bangunan berarsitektur Eropa peninggalan Belanda. Dulunya, beberapa bangunan yang ada di kawasan ini digunakan sebagai pusat pemerintahan dan pemukiman bagi orang-orang Belanda pada jaman dulu.

Dengan banyaknya bangunan yang instagramable, kamu pun bisa menambah stok foto untuk media sosialmu selama di kawasan Kota Lama. Beberapa spot yang bisa kamu jadikan sebagai spot berfoto adalah Gedung Marba, Spiegel Bistro, Gedung Asuransi Jiwasraya, dan spot akar beringin di dekat Keris Cafe.

wisata gratis semarang kota lama
via pesona.travel

Monumen Tugu Muda

Alamat: Jalan Yudistira No.5, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang

Lawang Sewu seringkali diidentikkan dengan Kota Semarang, padahal ada Monumen Tugu Muda yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah masyarakat Semarang melawan Belanda. Monumen Tugu Muda ini memiliki lokasi yang dekat dengan Lawang Sewu.

Monumen yang berbentuk menyerupai lilin ini dibangun sebagai simbol penghormatan perjuangan pahlawan yang gugur pada Pertempuran Lima di Semarang yang terjadi pada tanggal 15 hingga 19 Oktober 1945. Untuk bisa menikmati keindahan yang mumpuni, datanglah di malam hari ketika banyak lampu yang menambah keindahannya.

via travelingyuk.com

Taman Tabanas Bukit Gombel

Alamat: Jalan Setia Budi No.12, Kecamatan Banyumanik, Semarang

Tempat wisata gratis selanjutnya adalah Taman Tabanas Bukit Gombel. Seringkali disebut sebagai Gardu Pandang Gombel Semarang, selama di sini, kamu bisa menikmati keindahan panorama Semarang dari daerah ketinggian. Apalagi jika kamu senang mencari sunrise dan sunset.

Sehingga, banyak orang-orang senang untuk datang ke tempat wisata gratis ini menjelang sore dan malam hari. Namun, dibalik keindahan yang disuguhkan, Taman Tabanas Bukit Gombel ini mempunyai mitos-mitos mistis. Salah satunya adalah soal makhluk gaib yang menjadi penunggu taman ini.

via klikalkautsar3.blogspot.com

Vihara Buddhagaya Watugong

Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banyumanik, Semarang

Buat kamu yang ingin tempat wisata gratis Semarang dengan tema wisata religi, kamu tinggal datang saja ke Vihara Buddhagaya Watugong. Selain menjadi tempat wisata yang ada di Semarang, Vihara Buddhagaya Watugong ini masih digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Buddha di Semarang.

Bangunan sejarah ini bisa didatangi secara gratis karena pengurus salah satu tempat wisata gratis Semarang ini tidak mematok tarif tertentu untuk pengunjung yang datang. Jadi, kamu sebenarnya boleh kok menyumbang sebagai pengganti tiket masuk. Dua bangunan yang paling terkenal di sini yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

via ohayo.co.id

Pelabuhan Tanjung Mas

Alamat: Jalan Coaster, Kecamatan Semarang Utara, Semarang

Ingin mencari pemandangan yang tidak biasa, agak jauh dari keramaian, dan tidak harus merogoh kocek? Jika iya, cobalah untuk datang ke Pelabuhan Tanjung Mas. Jaraknya yang sekitar lima kilometer dari Tugu Muda membuatnya opsi tempat wisata gratis yang tidak terlalu jauh dari pusat keramaian.

Pelabuhan Tanjung Mas ini menyuguhkan suasana pantai yang gratis. Apalagi ditambah dengan pemandangan kapal-kapal besar yang berlabuh di pelabuhan ini menjadikan tempat wisata gratis Semarang mempunyai daya tarik sendiri. Fakta menarik dari tempat ini adalah menjadi tempat yang pernah disebut dari lagu Ninggal Janji dari penyanyi legendaris, Didi Kempot.

via republika.co.id

Simpang Lima

Alamat: Jalan Simpang Lima, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang

Jalan-jalan di Semarang rasanya tidak afdal jika tidak dibarengi dengan menjajal kuliner khas Semarang. Untuk itulah kamu wajib untuk mampir ke Simpang Lima yang ada di Pleburan. Beraneka macam kuliner baik khas Semarang ataupun kota lainnya bakal dengan mudah kamu temukan di tempat wisata gratis ini.

Beberapa yang rekomendasi yang wajib kamu coba adalah Soto Ayam Mbak Lin, Nasi Pecel Yu Suri, Tahu Gimbal Pak Edy, dan Nasi Pecel Mbok Sador. Untuk masuk ke area Simpang Lima, sebenarnya tidak dipungut biaya. Namun, jika bosan, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya seperti menyewa becak hias dan sepeda tandem.

via blog.airpaz.com

Gereja Blenduk

Alamat: Jalan Letjen Suprapto No. 32, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang

Di Kawasan Kota Lama, kamu bisa berwisata santai untuk menikmati tempat wisata sejarah yang ada di sini. Tempat wisata sejarah tersebut adalah Gereja Blenduk. Tempat wisata gratis Semarang satu ini merupakan salah satu peninggalan Belanda yang wajib dikunjungi.

Daya tarik dari Gereja Blenduk ada dari kubah cokelat yang berpadu padan dengan manis bersama dengan eksteriornya yang berwarna putih. Dengan begitu, gereja yang memiliki nama asli GPIB Immanuel Semarang seringkali dijadikan sebagai background berfoto bagi para wisatawan yang datang ke sekitaran gereja.

wisata sejarah daya tarik
via orangesmile.com

Taman Srigunting

Alamat: Jalan Letjen Suprapto 32, Kecamatan Semarang Utara, Semarang

Tidak jauh dari Gereja Bleduk, kamu bisa bersantai atau sekadar beristirahat setelah lelah mengelilingi kawasan Simpang Lima. Ada Taman Srigunting. Suasananya yang nyaman dan rindang menjadikan lokasinya cocok untuk berdiam diri selagi menikmati berbagai jenis jajanan khas yang dijual oleh pedagang sekitar taman.

Dulunya, pada zaman kolonial Belanda, taman ini seringkali digunakan sebagai panggung parade. Setelah mengalami beberapa kali renovasi seperti pada tahun 2001 dan 2004. Nah, sekarang ini, tempat wisata gratis Semarang ini dialihfungsikan sebagai tempat berkumpul keluarga dan rekreatif.

via goodpiknik.com

Komplek Pecinan

Alamat: Desa Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang

Tempat wisata gratis terakhir di daftar ini adalah Komplek Pecinan. Tempat yang seringkali disebut kawasan Gang Baru oleh masyarakat lokal ini siap memberikan pemandangan dan suasana khas Tionghoa di tengah-tengah kota Semarang. Tak mengherankan jika warna merah dan kuning mendominasi tempat ini.

Tak hanya bisa menikmati suasana khas Tiongkok, kamu bisa melihat keindahan beberapa klenteng tua yang memiliki nilai sejarahnya sendiri. Jadi, di Komplek Pecinan, kamu bisa berwisata sekaligus belajar sejarah soal budaya-budaya Tiongkok.

via jejakpiknik.com

Menginap Saat Liburan Bujet di Semarang? Coba aja di Bobobox Pods Kota Lama

Jika sudah mengelilingi tempat wisata gratis Semarang yang direkomendasikan oleh Bob, tidak ada salahnya jika kamu pun menginap di hotel yang Bob akan rekomendasikan. Pasalnya, hotel yang satu ini akan cocok bagi kamu yang sedang jalan-jalan murah di Semarang.

Nah, hotel yang direkomendasikan oleh Bob adalah Bobobox Pods Kota Lama. Hotel kapsul ini menyediakan fasilitas-fasilitas keren yang siap memanjakanmu selama menginap. Walaupun ada fasilitas-fasilitas keren, namun harga yang ditawarkan tetap terjangkau dan sesuai bujet.

Buat pemesanan podnya, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Bobobox secara gratis melalui link ini. Jadi tunggu apalagi? Unduh aplikasinya dan selamat menginap di Bobobox ya!

You might also like