Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tempat Wisata Lokasi Film Laskar Pelangi; Pantai Tanjung Tinggi!

Yuk intip keindahan tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi yang mempesona!

Tempat wisata di Belitung banyak menawarkan keindahan alam. Negeri Laskar Pelangi ini memiliki segudang keindahan alam yang masih terawat dengan baik salah satunya Pantai Tanjung Tinggi. Tempat wisata yang satu ini menjadi primadona di Belitung. Kamu perlu melakukan perjalanan sekitar 45 hingga 60 menit dari bandara Has Hanandjoeddin untuk dapat sampai ke Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanung Tinggi menjadi salah satu lokasi syuting film laskar Pelangi yang tayang pada 2008 lalu, lho! Masih ingat beberapa adegan film Laskar Pelangi dengan setting pantai dipenuhi bebatuan granit besar yang indah? Inilah pantainya! Berkunjung ke Belitung tak lengkap rasanya jika tidak ke Pantai Tanjung Tinggi. Penasaran ada apa saja sih di Pantai Tanjung Tinggi ini? Yuk Bob akan bahas lebih lengkap!

tempat wisata di Belitung
@rackcdn.com

Fasilitas Tempat Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Nama Tanjung Tinggi sendiri berasal dari dua kata yaitu tanjung yang diambil dari kata semenanjung dan tinggi yang memiliki artian pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Saat mengunjungi pantai ini kamu akan dibuat takjub dengan pesona bebatuan granit yang besar yang berukuran kira-kira sebesar rumah!

Air lautnya pun terlihat jernih berwarna biru muda dengan hamparan pasir putih bertekstur lembut, dan ombak yang bergerak tenang. Keindahannya pasti akan membuat kamu semakin betah berada di sini. Pantai ini terkenal dengan salah satu adegan dalam film Laskar Pelangi yaitu saat para pemerannya tengah berenang di pantai yang dikelilingi batu granit. Tentunya kamu juga bisa mempraktikan adegan tersebut di tempat wisata ini dan melakukan aktivitas berenang.

Meskipun tidak dikelola langsung oleh pemerintah daerah namun tempat wisata ini tetap memiliki fasilitas pendukung bagi para pengunjung yang ingin menikmati pantai. Kamu bisa menyewa perahu karet dan ban pelampung di sana. Jangan khawatir kelaparan dan kebingungan untuk membersihkan diri seusai berenang karena di sana pun tersedia warung makan dan toilet. Jam operasional pantai ini dibuka dari sekitar pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore.

Pantai Tanjung Tinggi Tempat Wisata Favorit Wisatawan

Wisatawan yang datang ke tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi ini didominasi oleh wisatawan dari luar Belitung seperti Jakarta. Pantai ini biasanya ramai saat Sabtu dan Minggu. Musim libur peak season tempat wisata ini adalah menjelang dan saat perayaan tahun baru dan saat libur lebaran.

Saat tahun baru wisatawan akan menunggu momen pergantian tahun di tempat wisata ini sambil menyalakan kembang api. Saat hari Sbatu dan Minggu tempat wisata ini didominasi wisatawan lokal dari Belitung. Jumlah pengunjung Pantai Tanjung Tinggi meningkat setelah penayangan film Laskar Pelangi yang sukses mengabadikan keindahan alam Belitung dan tempat wisata ini.

tempat wisata di Belitung
@trivindo.com

Tempat Wisata yang Dirawat oleh Kerja Keras Warga Lokal

Apakah kamu tahu bahwa semua fasilitas yang ada merupakan hasil sukarela dan gotong royong warga lokal untuk memajukan pantai? Seperti yang Bob jelaskan di atas pantai ini tidak dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Oleh karena itu warga lokalnya lah yang merawat langsung pantai ini. Kerja keras para warga lokal dalam memajukan pantai ini tentu saja sangat membantu kalangan wisatawan untuk dapat merasa nyaman saat datang ke pantai ini.

Warga di sana bahkan dengan sukarela memasang karung berisi pasir agar wisatawan dapat melihat bebatuan granit di tempat wisata ini. Di sana pun bisa kamu temukan papan bertuliskan peringatan jangan membuang sampah di area Pantai Tanjung Tinggi, Belitung. Namun masih saja ada banyak wisatawan yang tidak mematuhinya dan membuang sampah sembarangan.

Saat ini para wisatawan masih ada yang tidak menghargai keindahan tempat wisata ini dengan cara membuang sampah sembarangan. Padahal fasilitas tempat sampah tersedia di setiap sudut pantai. Dengan semakin ramainya tempat wisata ini tentu juga diharapkan agar ada upaya berkesinambungan antara pengunjung dengan penjaga pantai agar tetap melestarikan dan menjaga keindahan tempat wisata ini.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Setibanya di tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi kamu bisa menyusuri keindahan pantai dengan berjalan menapaki pasir putihnya yang terasa lembut. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock untuk menghindari kulit kamu terbakar sinar matahari. Setelah puas berjalan menyusuri pantai dengan pasir lembutnya kamu bisa lanjutkan dengan berjalan di sela-sela batu granit yang besar dan menjulang tinggi.

Beberapa batu granit di sana bahkan ada yang besarnya setara dengan rumah dua lantai lho! Besar banget! Saking besarnya kamu bisa gunakan batu-batu granit ini untuk berteduh dari sinar matahari. Lepaskan rasa lelah kamu dari perjalanan panjang menuju pantai ini dengan menikmati air kelapa muda segar yang juga di jual di sana. Kamu bisa menikmatinya sambil berteduh di bawah batu-batu granit dan menikmati angin laut juga deburan ombak. Ah nikmatnya!

tempat wisata di Belitung
@belitunginfo.com

Pemandangan di pantai laskar pelangi ini memang sangat menakjubkan. Laut dan ombaknya juga sangat tenang sehingga kamu bisa bermain air atau bahkan berenang di pantai. Jika kamu mulai kelaparan kamu bisa dengan mudah menemukan aneka camilan ringan yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Pada sore hari kamu dan pengunjung lainnya juga bisa menikmati sunset yang dramatis dan mengagumkan di pantai Laskar Pelangi ini. Kamu bisa mengabadikan berbagai gaya dengan lanskap pantai, laut, dan pulau-pulau kecil yang indah, dan tentunya cahaya sunset yang mempesona. Tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi ini memang sangat Instagramable!

Kuliner Tempat Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Saat malam tiba kamu bisa menemukan sebuah restoran di tepi pantai yang menawarkan beragam hidangan lezat. Restoran ini bernama Lemadang Resto. Berada di tepi pantai kamu bisa menikmati dinner yang hangat bersama teman dan keluarga dengan suara deburan ombak. Kamu bisa menikmati aneka olahan menu seafood yang segar ataupun menu daging panggang ditemani alunan musik yang menenangkan.

Rute Menuju Tempat Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Tertarik melihat keindahan pantai yang dikelilingi batu granit besar ini? Kamu dapat mengambil rute Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Selama melewati jalan tersebut, kamu akan melewati ATM, warung makan sebelum ke pantai. Jika kamu dari Danau Kaolin, kamu bisa melewati Jalan Sudirman menuju Jalan Sijuk hingga menemukan Jalan Tanjung Pandang ke Tanjung Kelayang.

Soal tiket masuk, di pantai ini belum dikenakan atau tidak dipungut biaya masuk. Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Pesona Belitung dan Pantai Tanjung Tinggi yang menakjubkan membuat siapapun ingin berkunjung ke sini. Jika kamu tidak memiliki bujet cukup untuk berlibur ke Belitung kamu bisa manfaatkan waktu liburan kamu untuk staycation di Bobobox! Yuk unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk update promo menariknya. Kemana pun kamu berlibur jangan lupa untuk turut menjaga kebersihannya ya!

You might also like