Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Berada di Magelang? Coba Mampir Ke Tempat Wisata Air Terjun Grenjengan Kembar!

Berwisata yang dekat dengan alam

Bobobox.co.id — Melancong ke kota Magelang memang tidak akan lepas dengan banyaknya tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari yang sudah cukup mainstream hingga yang masih jarang banyak orang ketahui. Jadi tidak heran jika saat kata “Magelang” disebut, mungkin kamu menyebut Candi Borobudur, Bukit Rhema, Gunung Merapi, dan Taman Nasional Lereng Gunung Merbabu.

Nama tempat wisata terakhir ini ternyata mempunyai hidden gem yang jarang banyak orang bicarakan lho. Hidden gem yang dimaksud adalah tempat wisata air terjun dengan aliran ganda yang menarik hati yaitu Air Terjun Grenjengan Kembar. Mau tahu lebih dalam mengenai air terjun satu ini? Coba simak ulasan Bob mengenai tempat wisata yang lekat dengan alam ini.

via liburmulu.com

Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar ini terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Secara spesifiknya sih berada di dalam kawasan hutan konservasi di wilayah Resort Wekas, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Krogowanan, Taman Nasional Lereng Gunung Merbabu.

Sesuai namanya, tempat wisata ini memiliki memiliki dua curug yang bersebelahan. Sumber airnya sendiri berasal dari anak sungai Cebong yang mata airnya berasal dari Gunung Merbabu. Untuk ketinggiannya, ketinggian air terjun pertama sekitar 12 meter dan 18 meter untuk air terjun kedua. Jadi, kamu yang sedang berada di Taman Nasional Lereng Gunung Merbabu, bisa menyempatkan diri untuk menikmati tempat wisata alternatif ini yang berada di kawasan lereng gunung ini.

tempat wisata air terjun grenjengan
via kompas,com

Perjalanan ke tempat wisata Air Terjun Grenjengan Kembar

Nah, menyoal perjalananmu ke Air Terjun Grenjengan Kembar, bagi kamu yang penasaran dengan tempat wisata satu ini, perjalanan yang harus kamu tempuh tidak terlalu terjal kok. Salah satu akses jalan utama yang bisa kamu pilih adalah menggunakan Jalan Raya Magelang – Boyolali. Nah, setelah berada di jalan utama ini, kamu bisa melewati beberapa alternatif yang bisa kamu pilih.

 

Seperti yang sudah terlihat di gambar, setelah kamu berada di Jalan Raya Magelang – Boyolali, kamu bisa memilih tiga jalur alternatif yang bisa kamu gunakan untuk sampai di Air Terjun Grenjengan Kembar. Untuk itulah, sesuaikanlah dengan di mana posisimu berada saat dalam perjalanan agar bisa sampai di tempat wisata ini.

Yang jelas setelah memasuki jalan utama, kamu harus melewati jalanan yang lebih sempit khususnya bagi kamu yang menggunakan kendaraan besar seperti mobil atau kendaraan sewa. Bagi kamu yang menggunakan sepeda motor, ada beberapan jalan alternatif lainnya yang bisa kamu lalui dan tidak bisa lewati oleh mobil karena jalannya yang terlalu semput. Secara umum. kondisi jalannya sudah beraspal dan cukup mulus kok untuk dilalui.

Setelah sampai di area parkir Air Terjun Grenjengan Kembar, bayarlah terlebih dahulu tiket masuk yang dibandrol seharga 10 ribu saja. Harga ini pun sudah termasuk parkir kendaraanmu. Tergolong murah untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh tempat wisata ini.

via eksapedia.com

Untuk menuju ke air terjunnya, kamu harus meneruskan perjalanan ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Durasi sampai ke titik air terjun akan bervariasi dari satu orang lain ke orang lainnya. Kamu yang terbiasa berjalan dengan cepat bisa mencapai lokasi sekitar 5 sampai 7 menit. Tapi, umumnya, kamu akan menghabiskan 10 sampai 20 menit untuk sampai ke lokasi.

Area Air Terjun Grenjengan Kembar

Sesaat setelah kamu memasuki area Air Terjun Grenjengan Kembar, kamu akan melihat hamparan pemandangan hijau yang didominasi oleh pohon pinus dan bambu yang rindang. Tak heran karena air terjun ini memang berlokasi di kawasan area Taman Nasional Lereng Gunung Merbabu. Nah, panorama seperti ini akan menyejukkan matamu dan membawamu untuk kembali berdekatan dengan alam yang menyegarkan.

via beritagar.com

Untuk spot berfoto atau swafoto, titik air terjun memang menjadi favorit para pengunjung untuk mengabadikan momen yang mereka miliki di Air Terjun Grenjengan Kembar ini. Namun, bukan berarti hanya itu saja lho spot yang bisa menjadi latar belakang fotomu. Kamu bisa berfoto di sepanjang jalan setapak dan di daerah hutan pinus. Tinggal tentukan angle yang bagus dan click, foto yang instragramable sudah bisa kamu miliki saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Tips

Nah, karena tidak ada jasa fotografi di sekitaran tempat wisata Air Terjun Grenjengan Kembar, setidaknya kamu harus membawa perangkat fotografimu sendiri. Seminimal-minimalnya, gunakanlah smartphonemu atau jika punya, abadikanlah bisa dengan menggunakan kamera digital.

Tempatnya yang banyak air di mana mana sehingga sangat disarankan untukmu agar berhati-hati saat mengambil foto di sekitar area air terjunnya. Bisa-bisa perangkat fotografimu tercebur ke air jika kamu tidak berhati-hati. Tidak ingin dong, perangkat favoritmu harus menginap di tempat servis akibat keteledoranmu.

via relunglangit.com

Satu tips penting lainnya adalah dengan tidak membuang sampah sembarang. Biasanya memang tidak lengkap jika berpergian tanpa ditemani makanan-makanan ringan saat berada di tempat wisata. Nah, agar tetap asri dan bersih, tentu kesadaran pengunjungnya khususnya kamu menjadi faktor penting untuk tidak membuang sampah sembarang dalam memelihara lingkungan di sekitar air terjun.

Pengalaman Menginap Berbeda

Berlibur memang menguras tenagamu, bukan begitu? Bob pun jadi ingin untuk berlibur lagi bersama orang-orang terdekat Bob. Karena Bob sedang berada di Bandung, sepertinya Bob akan berlibur di tempat-tempat wisata favorit yang ada di kota kembang ini. Untuk menikmati Bandung seutuhnya, sepertinya tidak lengkap jika Bob tidak menginap di salah satu akomodasi penginapan yang kekinian yang ada di kota ini.

Penginapan tersebut menawarkan pengalaman lebih dalam beristirahat karena kamu akan menginap di dalam kapsul laiknya berada di masa depan. Apalagi ditambah fitur-fitur yang ciamik seperti lampu led, pengeras suara Bluetooth, hingga smart check-in sudah terhubung langsung dengan telepon genggam sehingga makin terlihat keren dan kekinian.

Akomodasi penginapan yang Bob maksud adalah Bobobox. Kamu bisa menemukan Bobobox di daerah Paskal, Dago, dan Cipaganti. Soal harga, Bob yakin kalau kamu tidak akan merogoh kocekmu dalam-dalam untuk menikmati istirahat yang menyenangkan di Bobobox. Makin penasaran untuk mencoba menginap di pod kapsul di Bobobox? Segera unduh aplikasinya di sini dan pesanlah pod yang kamu inginkan lewat satu sentuhan jarimu. Promo menarik lainnya sudah menunggu, lho!

You might also like