Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tempat-tempat Bersepeda Di Kota Solo

Bersepeda memang hal yang sangat menyenangkan, apalagi sambil menjelajahi kota Solo yang bersejarah.

Semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya olahraga untuk kesehatan, semakin banyak pula yang mencari hobi baru untuk berolahraga yang lebih menyenangkan. Salah satu jenis olahraga yang tidak hanya menyehatkan namun juga bisa sebagai sarana untuk refreshing adalah bersepeda.

Olahraga bersepeda kini semakin mudah dan murah. Kamu bisa memilih beragam jenis sepeda sesuai seleramu, mulai dari sepeda lipat, pixy, bahkan kini ada sepeda yang tak kalah unik yaitu sepeda bambu.

Selain memilih jenis sepeda yang cocok untukmu, tempat untuk bersepeda pun kini bisa dengan mudah ditemukan dimana-mana. Kota-kota besar seperti Bandung, Jogja, dan Solo sudah memiliki jalur khusus untuk bersepeda.

Nah, kali ini Bob akan membahas satu kota yang sangat pas untuk bersepeda. Untuk kamu yang hobi bersepeda, jangan lupa nikmati juga bersepeda di Kota Solo. Namun, apa sih kira-kira istimewanya bersepeda di Kota Solo?

Bersepeda di Kota Solo

bersepeda di kota solo

Siapa yang tidak tahu Kota Solo. Kota Solo merupakan salah satu kota yang ikonik di Jawa Tengah. Selain karena budaya Jawanya yang kental, Kota Solo juga memiliki sejarah panjang berdirinya kerajaan yang cukup terkenal di Indonesia, Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Selain budayanya, Kota Solo juga merupaka salah satu kota di Indonesia dengan pengguna sepeda terbanyak. Kalau kamu tidak percaya, kamu bisa mengunjungi Kota Solo dan melihat masih banyaknya penduduk yang menggunakan sepeda untuk mobilisasi.

Mulai dari anak sekolah hingga penduduk lansia sepertinya gemar sekali bersepeda di Kota Solo ini. Hal ini bisa dimengerti karena kota ini sendiri merupakan kota yang berada di dataran rendah. maka dari itu jangan ragu untuk  bersepeda di Kota Solo.

Nah, untuk tahu lebih lanjut tempat-tempat apa saja yang bisa disinggahi saat bersepeda di Kota Solo, mari simak tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi saat bersepeda di Kota Solo ala Bob.

Stadion Manahan

bersepeda di kota solo
https://www.kompas.com/sport/read/2020/02/10/084326967/intip-layout-stadion-manahan-solo-sebagai-venue-piala-dunia-u20-2021?page=all

Jika kamu bersepeda di Kota Solo, jangan lupa untuk mengunjungi Stadion Manahan. Stadion ini merupakan stadion kebanggaan warga Solo, loh. Jika kamu mengikuti liga sepakbola Indonesia, kamu akan tahu bahwa stadion ini merupakan stadion tim sepak bola andalan kota Solo, PERSIS Solo.

Untuk menuju stadion Manahan, kamu tidak perlu bingung. Stadion ini terletak cukup strategis di pusat Kota Solo. Kamu tinggal bertanya pada siapapun yang kamu temui di jalan, mereka pasti akan menunjukkan letak stadion ini. Kalau tidak mau ribet, kamu juga bisa mengaktifkan GPS dan mencari letak stadion ini saat bersepeda di Kota Solo.

Kalau ada waktu, sempatkan untuk melihat ke dalam Stadion Manahan ini. Stadion ini baru saja selesai direnovasi dan rencananya akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 di tahun 2021 mendatang. Pokoknya, bersepeda di Kota Solo akan semakin seru sambil menjelajah Stadion Manahan.

Keraton Surakarta Hadiningrat

bersepeda di kota solo
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-tengah/keraton-surakarta-tempat-wisata-mempesona-di-solo-jawa-tengah.html

Ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke Kota Solo tanpa mampir ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Nah, jika kamu bersepeda di Kota Solo, kamu bisa sambil mengunjungi keraton yang lebih dikenal dengan nama Keraton Solo.

Di wilayah Keraton yang luas ini, kamu bisa mengunjungi Museum Keraton Solo sambil belajar sejarah berdirinya Keraton Surakarta Hadiningrat. Namun, untuk mengunjungi Keraton Solo, ada beberapa syarat yang tidak boleh dilanggar, loh.

Pertama, saat mengunjungi Keraton Solo, kamu dilarang menggunakan sandal. Kamu juga tidak diizinkan untuk bercanda berlebihan untuk menghormati kesakralan keraton ini. Kaca mata hitam dan topi pun harus dilepas. Jadi yang menggunakan atribut saat bersepeda di Kota Solo ini, mohon dilepas dulu ya.

Terlepas dari segala aturan di keraton ini,  mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat saat bersepeda di Kota Solo akan menjadi pengalaman baru yang super seru buatmu.

Alun-alun Selatan Solo

Masih di seputaran Keraton Surakarta Hadiningrat, kamu bisa bersepeda di Kota Solo sambil mengelilingi Alun-alun Selatan. Alun-alun ini istimewa karena disinilah kandang kerbau albino atau yang lebih dikenal dengan Kerbau Bule milik keraton berada.

Selain Kandang Kerbau Bule, kamu juga bisa mendatangi ikon Alun-alun Selatan lainnya, yaitu kereta jenazah serta gerbong kereta pesiar. Kereta jenazah yang diletakkan di Alun-alun Selatan ini dulunya adalah kereta jenazah yang membawa Paku Buwono X, loh. Sangat bersejarah, bukan?

Alun-alun Selatan bisa juga dijadikan opsi tempat istirahat karena terdapat banyak penjaja kuliner, mulai dari makanan dan minuman ringan hingga angkringan-angkringan yang terkenal seantero Kota Solo. jadi, kalau kamu lelah bersepeda di Kota Solo, rehat sejenak di Alun-alun Selatan Solo juga asyik, loh.

Pasar Triwindu

bersepeda di Kota Solo
https://kumparan.com/bengawannews/berburu-barang-barang-antik-di-pasar-triwindu-solo-1rLiCVM32aJ

Bagi para pecinta barang antik, jangan sampai lewatkan pasar yang satu ini saat bersepeda di Kota Solo. Pasar Triwindu terkenal sebagai pasar yang menjual barang-barang antik. Letaknya tidak jauh dari Pura Mangkunegaran.

Di pasar ini, kamu akan menemukan barang-barang antik yang usianya bahkan bisa lebih dari 200 tahun, loh. Koleksinya pun macam-macam, dari mulai dari koin, keramik, topeng, radio, jam kuno, hingga patung-patung artistik bisa kamu temukan di sini.

Selain itu, tidak hanya barang antik Indonesia saja yang dijual, namun kamu akan menemukan beragam barang antik dari berbagai negara. Barang antik asli Tiongkok, hingga negara-negara di Benua Eropa ada juga di sini. Lengkap kan, koleksi barang antik di Pasar Triwindu?

Saat kamu bersepeda di Kota Solo, mampirlah ke Pasar Triwindu. mungkin kamu akan menemukan aksesoris sepeda jadul yang sangat cocok jadi hiasan di sepedamu.

Pura Mangkunegaran

bersepeda di Kota Solo
https://puromangkunegaran.com/sejarah-singkat-puro-mangkunegaran/

Kalau tadi kamu sudah bersepeda di Kota Solo sambil berkunjung ke Keraton Solo, sekarang saatnya mampir ke Pura Mangkunaegaran atau sering juga disebut sebagai Istana Mangkunegaran. Istana yang dibangun pada pertengahan tahun 1700an ini masih sangat megah dan sayang sekali jika tidak dikunjungi saat bersepeda di Kota Solo.

Sesaat setelah memasuki kompleks Pura Mangkunegaran, kamu akan merasakan suasana yang sukup berbeda dengan Keraton Solo. Pura Mangkunegaran memiliki sedikit gaya Eropa yang kemudian disandingkan dengan bangunan bergaya Jawa yang megah. Perpaduan ini membuat Pura Mangkunegaran memancarkan keanggunan tersendiri.

Dengan membayar Rp10.000 saja, kamu akan langsung ditemani pemandu untuk berkeliling Museum Pura Mangkunegaran. Seru dan terjangkau, kan. Pura Mangkunegarana juga menawarkan paket wisata bagi yang masih penasaran dengan budaya dan gaya hidup kerajaan.

Setelah bersepeda di Kota Solo, kamu bisa mendaftar paket wisata Mangkunegaran Royal Dinner dimana kamu akan dijamu makan malam dengan menu-menu yang biasa disantap oleh para raja. Sudah cukup penasaran dengan Pura Mangkunegaran? Jangan lupa mampir saat bersepeda di Kota solo ya.

Bobobox, Tempat yang Nyaman Untuk Beristirahat Setelah Bersepeda

bersepeda di Kota Solo

Istirahat di tempat yang super nyaman sangat diperlukan untuk mengembalikan energimu. Nah, buat kamu yang berencana travelling ke Kota Solo, tidak usah bingung mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat karena Bobobox akan segera hadir di Kota Solo!

Bobobox merupakan hotel kapsul berkonsep futuristik yang menawarkan kenyamanan dan keamanan maksimal selama kamu menginap di sana. Meskipun berkonsep hotel kapsul, pods Bobobox bisa untuk dua orang, loh. Kenyamanan pods Bobobox pun tidak kalah dengan kenyamanan hotel bintang lima.

Selama menginap di Bobobox, keamananmu sangat terjamin karena pods Bobobox yang sudah terintegrasi IoT ini hanya bisa diakses melalui telepon pintarmu setelah kamu check-in.

Bagaimana? Sudah makin penasaran dengan Bobobox? Datang dan temukan keseruan-keseruan lainnya selama staycation di Bobobox. Jangan lupa download aplikasi Bobobox hanya di sini.

 

 

 

 

 

 

You might also like