Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tempat Rafting Terbaik di Indonesia

Kamu bakal ketagihan rafting di tempat-tempat ini!

Bobobox.co.id — Jika kamu sedang merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja dan ingin mencoba hal yang memacu adrenalinmu? Seperti mencoba arung jeram atau rafting menjadi pilihannya. Selain memacu adrenalin, kamu bisa memiliki momen bersenang-senang bersama teman-temanmu saat arung jeram.

Nah, jika kamu memang ingin mencoba rafting, Bob akan memberikanmu 10 tempat rafting terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba. Tidak usah banyak basa basi lagi, yuk langsung aja simak kesepuluh tempatnya berikut ini.

Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Berbicara soal tempat rafting terbaik di Indonesia, tidak afdal jika tidak menyebut sungai yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Sungai Citarik ini sendiri menawarkan pengalaman arung jeram yang menyenangkan. Debit air yang cukup dengan kondisi air yang cukup bersih menjadi beberapa alasannya.

Soal jarak tempuhnya, ada beberapa jarak tempuh sungai yang bisa dipilih saat akan mencoba arung jeram di Sungai Citarik ini. Mulai dari 5 kilometer sebagai yang paling dekat hingga yang paling jauh mencapai 17 kilometer menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan rombonganmu saat di salah satu tempat rafting terbaik di Indonesia ini.

tempat rafting sungai citarik
via traveloka.com

Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Tidak kalah dengan dua provinsi lainnya yakni Jawa Tengah dan Jawa Barat, Jawa Timur pun memiliki salah satu tempat rafting terbaik yang ada di Indonesia. Di Provinsi ini, atau lebih tepatnya di Kabupaten Probolinggo, Sungai Pekalen menjadi destinasi wajib bagi para pencinta arung jeram.

Sungai Pekalen ini memiliki kedalam sekitar 3 meter dan tiga spot yang memiliki tingkat kesulitan dan jarak tempuh yang berbeda. Pakelan atas berjarak 12 kilometer dianjurkan untuk para profesional karena terkenal dengan arusnya yang deras. Sedangkan pakelan bawah yang memiliki jarak 10 kilometer dengan arus yang stabil sangat cocok untuk para pemula.

via songa-rafting.com

Sungai Progo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Tempat rafting terbaik di Indonesia selanjutnya ini berada di antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai Progo ini membentang sepanjang 26 kilometer yang berawal dari Magelang. Tak heran, dengan jarak 26 kilometer, Sungai Progo termasuk tempat rafting terpanjang yang ada di Indonesia.

Nah, soal tingkat kesulitan di Sungai Progo, sungainya terbagi ke dalam dua lokasi rafting yaitu Progo Atas dan Progo Bawah. Nah, untuk bagi para pemula disarankan untuk mencoba Progo Atas karena memiliki tingkat kesulitan II hingga III. Sedangkan bagi yang sudah berpengalaman, bisa mencoba di Progo Bawah dengan tingkat kesulitan V.

via phinemo.com

Sungai Alas, Aceh

Di ujung barat Indonesia, kamu pun bisa mencoba salah satu tempat rafting terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan, tempat rafting ini termasuk yang menawarkan rute terekstrem yaitu di tingkat kesulitan III dan IV. Apalagi kalau bukan Sungai Alas yang berada di Aceh.

Wajar saja jika Sungai Alas sendiri terkenal akan keekstreman tempatnya. Di tingkat kesulitan III dan IV, tidak hanya arus yang deras, tapi juga belok-belokan tajam siap memacu adrenalin saat arung jeram di tempat rafting satu ini. Bagi kamu yang masih pemula, jangan khawatir karena kamu bisa memilih rute dari Muara Situlan hingga Kota Gelombang saja.

via kba.one

Sungai Elo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Sungai Elo merupakan sungai kedua di Jawa Tengah ini menjadi salah satu tempat rafting terbaik yang ada di Indonesia. Lokasi tempat rafting ini sendiri bisa ditempuh kurang lebih sekitar 45 menit dari Candi Borobudur. Sehingga, bagi kamu yang sudah berwisata di Candi Borobudur, bisa menguji adrenalinmu di Sungai Elo.

Memiliki tingkat kesulitan II hingga III, kondisi debit air Sungai Elo terbilang cukup stabil dan terkenal dengan arusnya yang deras. Walaupun begitu, Sungai Elo sendiri tetap ramah bagi para first-timer. Selain arung jeram, beberapa permainan air lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah flip-flop dan spinning.

via verticalrafting.com

Sungai Nimanga, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

Nah, tempat rafting terbaik satu ini berada di Pulau Sulawesi, lebih tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara. Di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, ada Sungai Nimanga yang sudah terkenal sebagai tempat arung jeram yang tidak hanya menyenangkan bagi pemula, namun juga menantang untuk yang sudah berpengalaman.

Pasalnya, Sungai Nimanga ini memiliki tingkatan kesulitan dari III hingga V. Bahkan, di saat musim hujan, debit airnya semakin deras hingga tingkat kesulitannya mencapai grade VI. Untuk rute arung jeramnya, kamu bisa menikmatinya hingga 5 jam. Jadi, bakal terpuaskan deh selama di tempat rafting Minahasa ini.

via flowerslane.com

Sungai Ayung, Bali

Saat kamu liburan di Bali pun, kamu bisa menemukan tempat rafting yang bisa jadi pilihan liburanmu. Berada di Desa Rafting Bongkasa, Sungai Ayung sendiri menawarkan pengalaman arum jeram yang mengasyikkan. Pasalnya, tempat rafting ini menyediakan beberapa tingkat kesulitan.

Sehingga, bagi kamu yang merasa masih pemula, tinggal sesuai tingkat kesulitannya dengan yang kamu inginkan saja. Mempunyai rute sejauh 12 kilomter, Sungai Ayung ini pernah dijajal oleh mantan Presiden Amerika Serita, Barack Obama yang menyelesaikan tantangan 12 kilometer tersebut pada Juni 2017 silam.

via visitbalitour.com

Sungai Asahan, Sumatera Utara

Jika kamu merasa Sungai Alas di Aceh masih terasa kurang menantang, kamu bisa datang ke Sumatera Utara di mana kamu bisa menantang dirimu di Sungai Asahan. Tempat rafting terbaik di Indonesia seringkali dielu-elukan sebagai tempat rafting terbaik nomor tiga di dunia.

Dengan tingkat kesulitan IV hingga 5 dan ditunjang dengan jarak tempuh arung jeram sepanjang 22 kilometer, kamu tentunya adrenalinmu akan diuji untuk menaklukkan Sungai Asahan ini. Sungai ini memang ditujukan untuk para profesional atau berpengalaman. Sehingga, tak jarang, Sungai Asahan menjadi lokasi kompetisi arung jeram.

via penjelajah.com

Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

Sungai Serayu menjadi tempat rafting terbaik terakhir yang ada di Jawa Tengah yang masuk rekomendasi Bob kali ini. Walaupun masih kalah populer dibandingkan Sungai Elo dan Sungai Progo, bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan arus sungai yang bisa menyenangkanmu.

Memiliki rute sepanjang 24 kilometer, kamu bisa memilih tingkat kesulitan dari II hingga IV di tempat satu ini. Jadi, baik untuk para pemula dan yang sudah berpengalaman, tempat satu ini sepertinya wajib untuk dicoba. Apalagi tempat satu ini tidak terlalu banyak diketahui oleh wisatawan, jadi kamu bisa bersenang-senang dengan bebas.

via thepikas.com

Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

Lokasi tempat rafting terbaik terakhir di daftar kali ini menawarkan pengalaman yang dijamin berbeda dibandingkan tempat-tempat lainnya. Pasalnya, jika biasanya arung jeram di sungai-sungai menggunakan perahu karet, namun menggunakan ban atau pelampung.

Untuk mendapatkan pengalaman unik tersebut, kamu hanya perlu datang ke Green Canyon yang ada berada dekat dengan tempat wisata Pantai Pangandaran. Dengan jarak tempuhnya sejauh 10 kilometer dan ditempuh selama 4 hingga 5 jam, kamu juga bakal disuguhi pesona alam dengan keindahan sungainya yang masih bersih dan berwarna hijau ini.

via sukmadede.com

Menginap dengan Kenyamanan Terbaik? Ada di Bobobox

Setelah mendapatkan pengalaman terbaik saat mencoba arung jeram di tempat-tempat yang direkomendasikan oleh Bob, pastinya kamu membutuhkan tempat menginap yang terbaik untuk kamu inapi.

Nah, salah satu tempat menginap terbaik adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas penunjang yang bakal memanjakanmu saat menginap di Bobobox. Jika penasaran, langsung aja unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan pod yang kamu mau.

suasana kamar bobobox

You might also like