Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tempat Ngabuburit di Bandung yang Dekat dengan Bobobox Cipaganti

Tempat ngabuburit di Bandung Bulan puasa bisa dibilang bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh para umat Muslim. Pasalnya, di bulan suci ini, keluarga biasa berkumpul untuk menikmati nikmatnya berpuasa dan menyediakan hidangan buka puasa. Selain itu, bulan puasa juga melahirkan berbagai tradisi yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang. Makan sahur sambil menonton acara hiburan di berbagai stasiun TV, buka puasa bersama keluarga tercinta, serta buka bersama teman dan kerabat terdekat.

Ada satu lagi tradisi bulan puasa yang selalu dilakukan oleh hampir semua umat Muslim di Indonesia. Tradisi tersebut adalah ngabuburit. Sambil menunggu buka puasa, umat Muslim di Indonesia biasanya menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai aktivitas yang dianggap sebagai ngabuburit, seperti jalan-jalan ke taman, melakukan hobi, atau berbelanja kebutuhan lebaran.

Nah, kalau kamu sedang menginap di Bobobox Cipaganti, ada beberapa tempat asik yang bisa dijadikan destinasi ngabuburit-mu. Tenang saja, karena tempat-tempat ini berlokasi tidak jauh dari Bobobox Cipaganti! Yuk, simak artikel di bawah ini untuk tahu tempat ngabuburit asik di Bandung!

apa itu ngabuburit

Bob, ngabuburit itu apa sih?

Ngabuburit adalah kata yang cukup populer di Indonesia. Kata ini berasal dari istilah dalam Bahasa Sunda. Di dalam kata ngabuburit, terdapat kata “burit” yang berarti “sore” dalam Bahasa Sunda. Jadi, jika diterjemahkan, ngabuburit adalah kegiatan menunggu sore tiba.

Saking populernya, kata ngabuburit sudah dimasukkan ke dalam KBBI, lho! Menurut KBBI, ngabuburit adalah kegiatan “menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan”.

Meskipun tidak ada waktu yang ditentukan untuk ngabuburit, biasanya orang-orang melakukannya pada pukul 3 sampai 5 sore. Ngabuburit identik dengan berkeliling naik motor, mencari berbagai hidangan takjil untuk buka puasa nanti, atau sekadar jalan-jalan.

Namun, kamu juga bisa melakukan hobimu, seperti membaca novel, melukis, atau menulis, dan menganggapnya sebagai ngabuburit. Jika kamu ingin lebih memperdalam ilmu keagamaanmu, kamu juga bisa mengikuti pengajian atau mendengarkan ceramah keagamaan untuk ngabuburit.

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Sekitar Bobobox Cipaganti

1. Skywalk Cihampelas

ngabuburit di teras cihampelas

Buat kamu yang ingin ngabuburit sambil jalan-jalan sore, kamu bisa coba ngabuburit di Skywalk Cihampelas. Destinasi wisata ini berada tepat di atas Jalan Cihampelas Bandung yang berlokasi tidak jauh dari Bobobox Cipaganti. Di sana, kamu bisa berjalan mulai dari RS Advent Bandung hingga Cihampelas Walk dan sebaliknya tanpa terganggu dengan lalu lintas Jalan Cihampelas.

Sywalk Cihampelas cocok sekali menjadi tempat ngabuburit karena kamu bisa menikmati pemandangan kota Bandung sambil mencari-cari takjil untuk berbuka puasa atau berbelanja pernak-pernik yang dijual oleh para pedagang kaki lima di sana. Dengan ketinggian hampir 5 meter, kamu bisa menikmati kerla-kerlip lampu kota Bandung dan pemandangan indah saat matahari terbenam.

2. Alun-Alun Kota Bandung

ngabuburit di alun alun

Tujuan ngabuburit selanjutnya adalah alun-alun Kota Bandung yang berlokasi tepat di depan Masjid Agung. Sekarang ini, alun-alun Kota Bandung sudah direnovasi menjadi jauh lebih cantik. Sambil ngabuburit, kamu bisa berfoto dan mengobrol menikmati sore hari yang sejuk di tengah Kota Bandung.

Alun-alun Kota Bandung dihias dengan rumput sintetis dan memiliki berbagai atraksi untuk anak-anak. Jadi, jika kamu dan keluarga kecilmu ingin menunggu waktu berbuka sambil mengasuh si kecil. Kamu bisa mengajaknya bermain kereta api mini, motor-motoran, atau mobil-mobilan.

Di sekitar alun-alun juga terdapat banyak penjual yang menjajakan produknya. Kamu juga bisa membeli takijl karena banyak juga penjual jajanan kaki lima yang menjual berbagai jenis kuliner seperti gorengan, kolak, bakso, batagor, dan lain-lain!

3. Ciwalk

ngabuburit di ciwalk

Cihampelas Walk adalah salah satu pusat perbelanjaan di Bandung yang berlokasi dekat dengan Bobobox Cipaganti. Cihampelas Walk, atau lebih populer disebut Ciwalk, menjadi tempat favorit bagi warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau ngabuburit di bulan puasa.

Jalan-jalan di Ciwalk memang bisa membuat waktu berjalan dengan cepat. Suasana yang rindang dan beragam toko-toko menarik di dalam mall akan membuatmu lupa waktu! Ditambah lagi, jika kamu datang ke Ciwalk di sore hari, suasananya sangat romantis dengan sinar dari lampu di setiap gerai. Selain itu, pepohonan di daerah Ciwalk pun dihias dengan lilitan lampu hias yang membuat suasana semakin syahdu.

4. Paris Van Java

ngabuburit di pvj

Siapa sih yang tidak tahu Paris Van Java atau PVJ? Mall yang sangat luas ini berlokasi di Jl. Sukajadi, cukup dekat dengan Bobobox Cipaganti. Bukan hanya sekadar tempat berbelanja, PVJ memiliki beberapa atraksi yang tidak ditemukan di pusat perbelanjaan lainnya.

Nah, jika kamu ingin ngabuburit di PVJ, kamu bisa melakukan banyak hal. Tidak perlu pergi ke luar negeri, kamu bisa mencoba bermain ice skating di PVJ. Bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa ikut ngabuburit dengan bermain ice skating. Selain itu, rooftop PVJ dengan luas sekitar 1 hektar juga memiliki taman dengan berbagai jenis bunga dan pohon yang rindang. Jadi, kamu bisa menikmati kesegaran taman rooftop ini sambil melihat pemandangan Kota Bandung.

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan di tempat ngabuburit sambil cuci mata, PVJ memiliki deretan toko branded yang siap menyambut kamu. Kamu bisa melihat fashion kekinian di H&M, Stradivarius, atau ZARA, dan membeli makeup terbaru seperti The Face Shop, The Body Shop, Bath and Body Woeks, atau Innisfree.

5. Taman Film

ngabuburit di taman film
anggiabonyta.com

Kalau kamu malas jalan-jalan tetapi ingin tetap pergi ke tempat ngabuburit, Taman Film bisa jadi solusinya. Lokasinya berada di bawah Jembatan Pasopati yang tentunya tidak jauh dari Bobobox Cipaganti. Di sini, kamu bisa ngabuburit sambil nonton film. Tetapi, sebelumnya, kamu harus tahu jadwal pemutaran film di sini.

Pemutaran film dilakukan setiap hari. Di hari Senin sampai Jumat, pemutaran film akan dilakukan pada pukul 18.30 sampai 21.00. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, jadwal pemutaran film adalah pukul 17.00 sampai 21.00.

Taman Film biasa memutarkan berbagai genre film, mulai dari film Indonesia, indie, Hollywood, Bollywood, dan Korea. Bahkan, di sini juga sering diadakan acara nonton bareng pertandingan sepak bola, khususnya saat Persib Bandung bermain.

Nah, kira-kira mau ngabuburit kemana hari ini?

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...